FASHION
Digelar Lima Hari, Wedding Expo Claro 2020 “Banjir” Penawaran Spesial
KENDARI, bursabianis.id – Sebagai satu-satunya hotel berbintang empat yang ada di Kota Kendari, Claro Hotel selalu memberikan inovasi terbaru setiap tahunya. Kali ini giliran vendor-vendor pernikahan yang akan menjadi partnership dalam gelaran pameran vendor pernikahan.
General Manager Claro Hotel Kendari, Syahrir Ramadan mengatakan, wedding expo merupakan gelaran tahunan yang di buat oleh management Claro. Pada tahun ini, management hotel termegah di bumi anoa ini membuat event tersebut tepat pada perayaan hari valentine atau hari kasih sayang.
“Moment ini sengaja di buat oleh pihaknya untuk semakin membuat semarak penyelenggaraan event tersebut,” katanya, saat menggelar press conference, Senin (3/2/2020).
Syahrir menambahkan, wedding expo Claro Kendari akan di selenggarakan mulai 14-17 Februai 2020. Event tersebut akan dihadiri oleh vendor-vendor pernikahan, mulai dari dekorasi, make up artist, photografer, jasa karangan bunga, wedding organizer dan masih banyak lagi.
“Kegiatan ini akan diselenggarakan di area lobby Claro, mulai pukul 10.00 – 19.00 Wita,” tambahnya.
Pada kesempatan ini, lanjut Syahrir, Claro juga memberikan penawaran spesial bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, dan melakukan transaski pada periode tanggal event wedding expo tersebut, antra lain discount paket pernikahan hingga Rp5 juta untuk paket Kyoto Rp.60 juta per 500 pax dan Paris Rp65 juta per 500 pax
Discount berlaku untuk harga paket, tidak berlaku pada akumulasi total transaksi.
Untuk paket venice, dengan harga Rp49 juta per 500 pax akan mendapatkan free tiket pesawat Kendari-Makassar pulang-pergi, dan voucher Mlmenginap di hotel The Rinra Makassar berlaku untuk 1 pasangan.
“Nikmati pula cicilan nol persen bagi pengguna kartu kredit dari bank partner kita, yang nantinya digunakan untuk pembayaran paket pernikahan anda,” jelasnya.
Penyelenggaaan event ini menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan-perusahan jasa pernikahan. Di mana kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari sponsor yaitu Prodia Laboratorium, klinik kecantikan Riyena Kendari, Kalbe Nutrition, Surya Galeri Pengantin, Adhyn Make UP dan menyelenggarakan hiburan serta kegiatan pendukung didukung oleh ARTpro The Organizer Artpro & ASPEDI Sultra.
Menurut Syahrir, event ini bentuk perhatian Claro Kendari utntuk mengakomodir vendor-vendor jasa pernikahan, sehingga dapat mengeksplor kreativitasnya dan nantinya untuk di pormosikan pada wedding expo 2020.
Ketua Aspedi Sultra, Anwar menyampaikan berberapa hal terkait penyelengaraan event kali ini, salah satunya adalah wedding expo 2020 akan dijadikan sebagai ajang silaturahmi sesama vendor jasa pernikahan yang ada di Kota Kendari, dan nantinya akan semakin memperat tali silaturahmi antar pelaku usaha jasa pernikahan.
“Kami berharap dengan terselenggaranya event ini bisa menjadikan hal baru dalam industri jasa pernikahan yang ada di Kota Kendari, dan menjadi ajang promosi agar peserta vendor yang tergabung dapat semakin dikenali oleh masyarakat luas, serta sukses dalam bersaing di insdustri jasa pernikahan,” harapnya.
Liputan: Ikas
FASHION
Desainer Julie Kaimuddin Sukses Membawa Mahakarya Tenun Sultra ke Dunia Internasional
JAKARTA, Bursabisnis. Id – Tenun Mahakarya Sulawesi Tenggara Tenun Sobi, sebuah brand fashion lokal Indonesia Juka Studio, berhasil mengukir prestasi gemilang dengan membawa tenun Sulawesi Tenggara (Sultra) menembus pasar internasional.
Keberhasilan ini tidak hanya mendongkrak popularitas wastra tradisional, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi para perajin lokal di Sultra.
Tenun Sobi memang sudah pernah mempromosikan budaya ke Internasional. Namun kali ini berbeda, karena Berpartisipasi sebagai delegasi resmi Discovering the Magnificence of Indonesia (DMI) Expo 2025 bertempat di Jaarbeurs, Utrecht – Belanda,
pada 30 Oktober – 2 November 2025.
Julie Kaimuddin membawa dan mempromosikan Karya produk kerajinan Sulawesi Tenggara dalam program business matching dan forum ekspor Diantaranya B2B (business to business) dan B2C (business to consumer).
Inovasi menjaga tradisi
Juka Studio didirikan pada
tahun 2023, dengan bisnis inti
produksi pakaian industri kreatif untuk usaha kecil dan menengah.
Sebagai pemilik merek, Julie Kaimuddin adalah seorang perancang busana dengan 10 tahun karier di industri mode.
Dalam menciptakan dan mengembangkan desain mode, pengalaman kami secara konsisten mencakup partisipasi dalam mempromosikan warisan budaya Indonesia.
“Mahakarya tenun Sobi” berangkat dari visi Mewujudkan interaksi dan promosi produk dan karya Sulawesi Tenggara di Pasar Eropa Berkomitmen untuk menciptakan produk dan desain yang menghargai keindahan estetika dan seni
Peragaan busana Julie kaimuddin berkolaborasi dengan Lily Tenun Galeri, koleksi LINTAS SENJA
adalah mengharmonisasikan garis-garis tegas dengan pola geometris dalam palet warna musim gugur yang hangat.
Koleksi ini menampilkan mantel yang terbuat dari kain warisan dari Sulawesi Tenggara, Indonesia bagian timur, yang motifnya melambangkan kebanggaan suku Tolaki. Siluet-siluet yang dinamis dan minimalis menciptakan nuansa modern dan abadi, menciptakan efek yang kuat dan tertata.
Untuk melestarikan tenun Sulawesi Tenggara yang diwariskan secara turun-temurun, sambil mengadaptasinya dengan selera mode kontemporer. Melalui desain inovatif yang memadukan motif tradisional dengan potongan modern, brand ini sukses menarik perhatian konsumen global yang menghargai keunikan dan kualitas produk etnik.
Respon Positif
Produk mantel Heritage berhasil terjual dengan baik dan mendapat respons positif dari konsumen di Belanda, menunjukkan penerimaan pasar internasional terhadap desain dan keunikan produk wastra tenun Sobi Sulawesi Tenggara.
Dampak Bagi Perajin Lokal
Kesuksesan ini membawa dampak langsung yang signifikan bagi komunitas perajin mitra.
“Kami bekerja sama dengan beberapa perajin, UMKM tenun di Sulawesi Tenggara. Dengan adanya permintaan global, produksi kami meningkat yang secara langsung meningkatkan kesejahteraan perajin dan keluarga mereka,” ujar Julie.
” Ini membuktikan bahwa dengan inovasi, kualitas produk yang terjaga, dan pemanfaatan teknologi, warisan budaya nusantara memiliki potensi besar untuk bersinar di panggung dunia. Hal ini adalah membangun masa depan wastra Indonesia di pasar global, ” tutup Julie Kaimuddin.
Laporan : Tam
FASHION
Menkeu Dialog Dengan Asosiasi Produsen Perhiasan Indonesia
JAKARTA, Bursabisnis. Id – Menteri Keuangan (Menkeu) Purbaya Yudhi Sadewa menegaskan bahwa kebijakan pemerintah yang berjalan efektif akan menjadi motor penggerak bagi dunia usaha untuk semakin maju dan berdaya saing, termasuk sektor industri perhiasan nasional.
Dalam upaya memperkuat sektor tersebut, Menkeu menggelar dialog bersama Asosiasi Produsen Perhiasan Indonesia (APPI) di Kementerian Keuangan.
Pertemuan tersebut menjadi ajang bagi pemerintah untuk mendengar berbagai aspirasi dan masukan dari pelaku usaha, khususnya terkait implementasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48 Tahun 2023.
Menkeu menyampaikan bahwa pemerintah terus berkomitmen menciptakan iklim usaha yang kondusif melalui kebijakan yang tepat sasaran serta komunikasi yang terbuka dengan para pelaku industri.
“Melalui kebijakan yang tepat dan dialog yang konstruktif, pemerintah berharap industri perhiasan nasional dapat terus berkembang serta memberikan kontribusi nyata terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Menkeu dalam laman instagramnya.
Sumber : kemenkeu.go.id
Laporan : Tam
FASHION
Kementerian UMKM Perkokoh Posisi Indonesia Sebagai Pusat Modest Fashion Dunia
JAKARTA,Bursabisnis.Id-
Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus memperkuat ekosistem modest fashion nasional melalui ajang IN2MOTIONFEST 2025 sebagai bagian dari strategi memperluas pasar UMKM kreatif, sekaligus memperkokoh posisi Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.
Sekretaris Kementerian UMKM, Arif Rahman Hakim, menyampaikan industri modest fashion di Indonesia menunjukkan perkembangan pesat, seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap gaya busana yang elegan, nyaman, dan sesuai nilai-nilai budaya.
“Hal ini menjadi peluang besar bagi UMKM di bidang modest fashion untuk memperluas akses pasar,” ujar Sesmen UMKM Arif saat membuka Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2025 di JIExpo Kemayoran, Jakarta sebagaimana dilansir dari laman umkm.go.id.
Festival hasil kolaborasi antara Kementerian UMKM dan Bank Indonesia ini berlangsung hingga 12 Oktober 2025 kemarin.
IN2MOTIONFEST tidak hanya menjadi ajang afirmasi dan branding Indonesia di kancah global, tetapi juga bagian dari penguatan ekonomi syariah nasional.
Arif menekankan bahwa keberhasilan penyelenggaraan IN2MOTIONFEST mencerminkan kuatnya sinergi lintas sektor antara pemerintah, lembaga keuangan, asosiasi fesyen, dan para pelaku usaha.
“Ekosistem modest fashion tidak bisa tumbuh sendiri. Diperlukan kolaborasi dari hulu hingga hilir, mulai dari produsen bahan baku, perajin, desainer, hingga pengusaha ritel,” jelasnya.
Tahun ini, Parade 6 IN2MOTIONFEST 2025 menghadirkan karya dari 12 desainer nasional.
Di antaranya lima desainer binaan Kementerian UMKM, yakni Tepa Selira, Netaly, Selira, Intresse, Meta Fauzan, dan Lia Afif; empat desainer binaan Bank Indonesia; serta tiga desainer dari Indonesia Fashion Chamber (IFC).
Arif menambahkan bahwa pengembangan ekosistem modest fashion merupakan bagian dari implementasi Asta Cita 3, yang mencakup peningkatan lapangan kerja berkualitas, penguatan kewirausahaan, pengembangan industri kreatif, serta keberlanjutan infrastruktur.
“Parade fesyen IN2MOTIONFEST adalah bukti nyata kolaborasi antara Kementerian UMKM, Bank Indonesia, para desainer, dan UMKM. Melalui karya kreatif ini, Indonesia membuktikan kemampuannya menembus pasar global,” ungkapnya.
Menurut Arif, komitmen Indonesia untuk menjadi pusat modest fashion dunia semakin diakui secara internasional. Sejumlah merek fesyen Tanah Air telah masuk ke pasar mancanegara, sementara pusat perdagangan seperti Thamrin City dan Pasar Tanah Abang semakin sering dikunjungi wisatawan asing, terutama dari Malaysia.
“Ini membuktikan produk fesyen kita telah dipercaya pasar luar negeri. Ke depan, ekosistem modest fashion Indonesia harus diarahkan pada produk premium bernilai tambah tinggi agar lebih berdaya saing,” katanya.
Kementerian UMKM optimistis, melalui kolaborasi lintas sektor, inovasi, dan peningkatan kapasitas pengusaha, industri modest fashion akan menjadi salah satu motor penggerak utama ekonomi kreatif nasional.
Melalui IN2MOTIONFEST 2025, Indonesia tidak hanya menampilkan karya terbaik desainer dan pengusaha UMKM, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai pusat modest fashion dunia yang berakar pada budaya, kolaborasi, dan pemberdayaan ekonomi nasional.
Sumber : umkm.go.id
Laporan : Icha
Editor : Tam
-
ENTERTAINMENT6 years agoInul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa6 years agoDihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR6 years agoJelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur6 years agoRumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus6 years agoTenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE6 years agoOJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Fokus6 months agoUsai Harumkan Nama Wakatobi, Pelatih Atlit Peraih Medali Emas Jual Hp Untuk Ongkos Pulang
-
PERTAMBANGAN3 months ago25 Perusahaan Tambang di Sultra Dihentikan Sementara Operasinya
