Connect with us

Rupa-rupa

Dihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sultra dan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sukses menggelar expo, seminar kewirausahaan dan inklusi keuangan OJK Tahun 2019 se-Indonesia Timur. Kesuksesan kegiatan yang merupakan bagian rangkaian dalam Bulan Inklusi Keuangan (BIK), dengan mengusung slogan Carnival of EMAS Sulawesi Tenggara Inklusi Keuangan (CETAR-Ku) tersebut dapat dilihat dari jumlah masyarakat yang mayoritas anak-anak muda hadir sebanyak 4000.

Kehadiran masyarakat ini terbagi untuk kegiatan expo kewirausahaan dan inklusi keuangan OJK, dari tanggl 18-20 Oktober 2019 sebanyak sekitar 3.000 orang, dengan menghadirkan 57 peserta booth entrepreneur muda untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa hasil kreatifitas mereka.

Alhasil, Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih Juara I kompetisi business plan dan produk tingkat perguruan tinggi se-Indonesia Timur, sedangkan di posisi kedua dan ketiga masing-masing diraih UMI (Makassar) dan IAIN Kendari.

OJK Sultra dan UHO Kendari berkolaborasi mendorong minat para pemuda menjadi entrepreneur, melalui Seminar Kewirausahaan Universitas se-Indonesia Timur. Foto: Dok. OJK Sultra for bursabisnis.id.

Untuk Lomba Business Plan kategori SMA se-Sultra, Juara 1 diraih dari SMAN 4 Kendari, Juara 2 dari SMAN 1 Kendari dan Juara 3 dari SMKN 2 Kendari.

Selanjutnya akan hadir Kampung Kuliner Inklusi Keuangan (Kampung Kuliner-Ku) yang berkolaborasi dengan Forum UKM-IKM Sultra dengan mengahadirkan 70 UMKM.

“Total kegiatan-kegiatan yang bersinergi dengan Literasi dan Inklusi Keuangan bulan Oktober ini sebanyak 27 Kegiatan dan Puncak acara pada tanggak 27 Oktober 2019 nanti di Area Car Free Day Kendari” ujar Ridhony M.H. Hutasoit selaku Kasubbag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra, Senin (21/10/2019).

Dia juga menambahkan, acara puncak CETAR-Ku pada 27 Oktober 2019 yaitu Gowes Literasi dan Inklusi Keuangan (Go-Link) yang berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), BI, Forum UKM-IKM, TPAKD, SWI, dan berbagai sponsor.

Kegiatan ini, kata dia, menghadirkan Gowes bersama, senam bersama, lomba dan parade sepeda hias, lomba mewarnai 1.000 pelajar, Dilan Awards dan ratusan doorprize.

“Hadiah dan doorprize bernilai puluhan juta rupiah. Ayo hadiri dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan Bulan Inklusi Keuangan ini. Inklusi Keuangan milik kita bersama,” ucapnya.

Liputan: Ikas

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rupa-rupa

Stafsus Presiden Edukasi Peserta Dilan Class : Penerapan Mindfulness dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Staf Khusus (Stasus) Presiden RI, Ayu Kartika Dewi mengedukasi ratusan peserta Duta Inklusi dan Literasi Keuangan (Dilan Class) terkait terkait penerapan mindfulness dalam
pengelolaan keuangan pribadi, Senin (24/8/2020).

Dilan Class yang mengusung tema special “Keberagaman yang Merayakan Indonesia” ini dibuka langsung oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sultra, Mohammad Fredly Nasution, dan dihadiri 140 peserta dengan pendaftar mencapai 200 orang lebih.

Dilan Class spesial ini dipandu oleh Kepala
Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra, Ridhony Marisson H. Hutasoit.

Ayu menjelaskan, prinsip mindfulness
dapat digunakan saat memilih atau memilah dalam berbagai aktivitas keuangan, misalnya dalam berbelanja.

“Kita bisa menggunakan kesadaran penuh sebelum membuat keputusan (jeda), misalnya dengan mempertanyakan apakah kita butuh beli barang tersebut, apakah kita sudah punya produk/barang yang sama sebagai bahan pertimbangan, dan sebagainya,” ujar co-founder gerakan SabangMerauke ini.

Sementara itu, Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution mengatakan, bahwa pihaknya terus berupaya menyelenggarakan Dilan Class untuk memberikan manfaat, khususnya mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik melalui
literasi keuangan atau hal-hal lain yang bermanfaat demi kemajuan Indonesia, khususnya di Bumi Anoa.

“Komitmen ini terbukti dengan “hattrick” atau sudah tiga kali berhasil menghadirkan narasumber yang merupakan staf khusus Presiden Republik Indonesia, karena salah satu kebutuhan daerah adalah akses terhadap narasumber dan pembelajaran yang berkualitas,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dikolaborasikan dengan program unggulan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sultra dan Program Budaya Kerja OJK.

Peserta pada kegiatan Dilan Class kali ini cukup beragam, diantaranya para pengajar mahasiswa dari lintas perguruan tinggi di Sultra madrasah aliyah, SMA, pesantren, Generasi Baru Indonesia (GenBI) di bawah
binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra, KLC, Gerakan
Kendari Mengajar (GKM), guru sekolah minggu di beberapa gereja, pendakwah di
beberapa masjid, hingga berbagai komunitas pemuda berbasis agama seperti dari HMI, Perkantas, GMKI, Ikatan Mahasiswa Hindu (KMHDI), Pemuda NU dan pemuda Muhammadiyah.

 


Liputan: Ikas

Continue Reading

Rupa-rupa

Semarak HUT Antam, Dua Komunitas Penyelam Bersihkan Laut

Published

on

By

KOLAKA, bursabisnis.id –  Antam Diving Club (ADC) melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan pesisir dan  dasar laut (Coastal and Sea Bed Clean Up), dari sampah-sampah yang merusak lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan dua komunitas penyelam yaitu Kolaka Diving Club (KDC) dan Komunitas Pencinta Alam Laut (KAPAL ) Kolaka.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam perayaan ulang tahun PT. Antam, Tbk. yang ke 52, tepatnya tanggal 5 Juli  2020.

Pelaksanaan Coastal and Sea Bed Clean Up 2020 ini dilakukan di Pulau Padamarang serta dasar laut sekitarnya. Kegiatan ini dilakukan dengan membersihkan satu segmen pantai selebar 100 meter serta melintang ke arah laut sampai dengan  kedalaman 8 meter.

Dari kegiatan ini diperoleh 7 kantong sampah yang didominasi sampah plastik sebanyak 121.2 kg. Selain sampah plastik, berbagai sampah kaca, kaleng maupun karet juga ditemukan. Sampah ini kemudian dibawa ke Pomalaa untuk di buang pada fasilitas  pengelolaan sampah di TPA Antam.

Lebih lanjut, Taufik Ahmady ketua ADC, yang juga sehari-hari bertugas melakukan pengelolaan lingkungan di area Tambang PT. Antam, Tbk. sebagai Mine Environmental Mngt. Asistant Manager mengatakan,  membawa kembali sampah yang kita hasilkan ketika menikmati alam, merupakan bentuk tanggung jawab kita sebagai manusia.

“Seandainya semua orang melakukan hal tersebut,  tentu saja semua tempat wisata akan tetap bersih, karena tidak semua tempat ada petugas kebersihan maupun tempat sampahnya,” jelas Taufik.

Setelah melaksanakan kegiatan pembersihan pantai dan dasar laut, kegiatan dilanjutkan dengan pembentangan spanduk ucapan selamat ulang tahun untuk PT. Antam, Tbk. yang ke 52 Tahun.

“Harapan dari kami semua, semoga Antam semakin sukses, maju serta senantiasa

berwawasan lingkungan.  Mari kita jaga laut senantiasa sehat dan bersih, sebagaimana rumah kedua kita.  Dunia bawah laut adalah habitat kedua kami atau Underwater world is our second habitat,” tutupnya.

Laporan : Deri

Continue Reading

Rupa-rupa

300 Warga Binaan Lapas Kendari Dilatih

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Sekitar 300 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari, mengikuti pelatihan keterampilan sebagai tindak lanjut program nasional. Melalui pelatihan ini diharapkan warga binaan mampu menerapkan untuk meningkatkan taraf perekenomian.

Program tersebut, pelatihan pertukangan, pelatihan las pabrikan, pertanian, perikanan, pembuatan batako dengan menggunakan mesin. Kemudian pelatihan bercocok tanam sistem hidroponik dan sistem peternakan.

Menurut Kepala Lapas Kelas IIA Kendari, Abdul Samad Dama, dalam pelatihan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan serta instansi terkait lainnya.

“Ada tujuh jenis keterampilan yang akan diberikan kepada warga binaan,” ujarnya, saat ditemui usai pembukaan pelatihan keterampilan.

Lebih lanjut, Abdul Samad Dama menjelaskan, setiap peserta hanya bisa mengikuti satu jenis keterampilan. Pelatihannya akan digelar selama sepekan.Dia juga menambahkan, adapun jenis keterampilan yang akan diajarkan adalah pertukangan, las pabrikan, pertanian, perikanan, pembuatan batako menggunakan mesin, hidroponik dan peternakan.

Dari 300 warga binaan yang akan mengikuti pelatihan, kata Abdul Samad Dama akan dibagi per 20 orang atau satu paket dengan durasi pelatihan selama tujuh hari sesuai bidang keterampilan.

“Ya kita harapkan paling lambat Oktober pelatihan sudah selesai, tapi kalau nggak,ya Desember,” katanya, Senin 29 Juni 2020.

Di tempat yang sama, Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu menerangkan, pelatihan ini merupakan hasil kerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Sultra.

Harusnya, lanjut La Ode Haji Polondu, pelatihan keterampilan kerja kepada 300 warga binaan Lapas Kelas IIA Kendari itu dilaksanakan sekitar Februari lalu, hanya terkendala dengan penetapan masa darurat pandemi Virus Corona atau Covid-19 oleh pemerintah pusat.

“Harusnya berjalan di bulan Februari, karena ada wabah Covid-19 ini, akhirnya diundur dan baru kita laksanakan mulai hari ini. Dan pelatihan ini akan rutin dilakukan setiap tahun,” ungkapnya.

La Ode Haji Polondu menambahkan bagi mereka yang mengikuti pelatihan keterampilan kerja, akan diberikan sertifikat dari BLK.

“Sertifikat ini akan sangat berguna, karena mereka sudah profesional dan terampil dibidangnya. Sehingga kita harapkan keterampilan ini dapat menjadi bekal mereka setelah bebas dari hukuman masa penjara,” pungkasnya.

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.