Connect with us

OTOMOTIF

Kalla Toyota Ajak Pelanggan Jelajahi Agya Youth Fest: Drive In Style dengan Penawaran Terbaik dan Event Sportainment

Published

on

Kalla Toyota Kendari menggelar event Agya Youth Fest. -foto:ist-

KENDARI, Bursabisnis. Id – Memasuki pertengahan tahun, Kalla Toyota Kendari terus gencar membagikan promo-promo spesial untuk pelanggan setianya melalui event yang diselenggarakan.

Spesial dibulan Juni ini, Kalla Toyota Kendari menggelar event Agya Youth Fest: Drive In Style di Looka, Laika, Anoa Car wash tanggal 20 – 22 Juni 2025.

Pada event kali ini Kalla Toyota menawarkan beragam keuntungan dan kesempatan memenangkan hadiah menarik sepanjang bulan Juni.

Adapun penawaran pada event Agya Youth Fest: Drive In Style ini meliputi pelanggan bisa mendapatkan keuntungan pembayaran DP 2 kali, Gratis Cicilan 2 kali, dan Program Spektakuler dengan Free Asuransi hingga 2 Tahun.

Selain itu, kita masih ada lagi Program yang tidak kalah menariknya yaitu Program Smart Cash Nyicil rasa Tunai dengan Bunga 0%, Diskon PPnBM untuk Hybrid hingga 10 Juta-an, serta Ekstra Diskon Hingga 5 Juta untuk yang melakukan Tukar Tambah.

Agusalim selaku Branch Manager Kalla Toyota Kendar Tendean mengungkapkan, Kalla Toyota bertujuan untuk membuat kepemilikan Toyota baru menjadi lebih mudah diakses dan menguntungkan bagi pelanggan.

Program dengan berbagai benefit terus digencarkan untuk kenyamanan pelanggan yang ingin melakukan pembelian Toyota di kami. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat berkendara dengan tenang dengan memiliki cakupan asuransi gratis yang diperpanjang.

Adapun benefit tambahan dari pembelian Toyota dibulan Juni ini adalah pelanggan berkesempatan memenangkan doorprize 1 unit MX 1200 hanya untuk Customer yang melakukan transaksi selama periode event 20-22 Juni 2025.

Dengan lokasi dealer Kalla Toyota yang tersebar di 4 Provinsi Sulawesi yakni ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara, diharapkan akses pelanggan untuk pembelian unit Toyota semakin mudah, aman, dan nyaman. Karena di Kalla Toyota tidak hanya melakukan transaksi pembelian mobil baru, namun juga melakukan transaksi pembelian tukar tambah atau trade in.

Sebagai rangkaian dari Event Agya Youth Fest-Drive in Style, Kalla Toyota juga menggelar event 3×3 Agya Basketball Competition di SMAN 1 Kendari pada tanggal 16 hingga 17 Juni 2025.

Kegiatan ini menjadi bagian dari promosi Toyota AGYA STYLIX yang menyasar segmen anak muda dengan tampilan sporty, fitur canggih, dan kenyamanan berkendara.

Berbagai aktivitas seru ditawarkan pada event ini, antara lain Stand Up Comedy, Reels Competition, Free Taksasi, Free Car Wash, Games, dan Test Drive. Kedepannya, Kalla Toyota akan terus menghadirkan aktivitas yang menginspirasi anak muda untuk berani tampil beda dan aktif mengejar prestasi.

Laporan : Kas

Editor : Tam

 

Continue Reading

OTOMOTIF

Toyota Tegaskan Realisasi Multi-Pathway: World Premiere New Veloz Hybrid EV dan Perkuat Produk Elektrifikasi Dalam Negeri di GJAW 2025

Published

on

By

JAKARTA, Bursabisnis.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) membuka GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 dengan momentum penting bagi industri otomotif Indonesia – World Premiere New Veloz Hybrid EV yang diproduksi secara lokal di Indonesia.

Di momen ini Toyota juga secara resmi memulai penjualan New bZ4X Battery EV produksi lokal dan New Urban Cruiser Battery EV, yang sebelumnya telah diperkenalkan di GIIAS 2025.

Kehadiran tiga model ini melengkapi lini elektrifikasi Toyota yang semakin luas, memperkuat komitmen Toyota dalam menghadirkan solusi mobilitas inklusif, berkelanjutan, dan relevan bagi masyarakat Indonesia.

“Di Toyota, kami memahami bahwa tidak ada satu produk pun yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang dengan cara yang sama. Dengan semangat “Toyota Ada Untuk Indonesia” kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan setiap masyarakat Indonesia, termasuk pada model elektrifikasi. Karena itu, kami memperluas pilihan elektrifikasi dan mendorong produksi lokal, agar mempermudah akses pelanggan terhadap teknologi ramah lingkungan, sekaligus berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional.” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

World Premiere New Veloz Hybrid EV Jadi Sorotan di GJAW 2025
Sebagai MPV andalan keluarga Indonesia, New Veloz Hybrid EV kini memasuki era baru elektrifikasi. Diproduksi secara lokal, model ini memadukan efisiensi bahan bakar tinggi dan performa tangguh, menjadikannya pilihan ideal bagi keluarga modern yang ingin bertransisi ke kendaraan ramah lingkungan tanpa perlu mengubah kebiasaan berkendara.

“Dengan sistem self-charging hybrid atau pengisian daya dilakukan secara otomatis saat kendaraan melaju, New Veloz Hybrid EV bukan hanya menawarkan efisiensi bahan bakar dan kemudahan perawatan, tetapi juga pengalaman berkendara yang ramah lingkungan. Sehingga dengan hadirnya model MPV Hybrid baru di segmen yang paling besar di Indonesia, akan lebih menjangkau masyarakat yang lebih luas untuk beralih ke kendaraan elektrifikasi, serta dapat turut berkontribusi dalam pengurangan emisi,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Di GJAW 2025, Toyota membuka pemesanan indent untuk New Veloz Hybrid EV, dengan harga spesial khusus pemesanan hingga Desember 2025. Dengan performa tangguh di berbagai medan, efisiensi bahan bakar yang maksimal, serta kenyamanan optimal, New Veloz Hybrid EV hadir sebagai pilihan paling ideal bagi keluarga Indonesia.

New bZ4X Battery EV Produksi Lokal dan New Urban Cruiser Battery EV Resmi Dijual di Indonesia
Pada momen GJAW 2025 ini Toyota juga secara resmi memulai penjualan New bZ4X Battery EV Produksi Lokal dan New Urban Cruiser Battery EV. Kedua model ini memperkuat pilihan elektrifikasi. Toyota untuk memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat, serta menjadi bagian dari strategi mewujudkan ekosistem mobilitas ramah lingkungan di Indonesia.

New bZ4X Battery EV yang kini diproduksi di dalam negeri, hadir dengan sejumlah penyempurnaan signfikan, termasuk peningkatan kapasitas dan performa baterai, yang memungkinkan jarak tempuh lebih jauh, akselerasi yang lebih responsif, serta pembaruan desain eksterior-interior yang terintegrasi penuh dengan New T-Intouch.

“Dengan berbagai peningkatan, New bZ4X Battery EV menjadi pilihan ideal bagi pelanggan yang ingin merasakan pengalaman berkendara listrik sebagai pelengkap kendaraan yang sudah dimilik,” tambah Henry.
Sementara itu, New Urban Cruiser Battery EV menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang mendambakan kendaraan elektrifikasi yang stylish, dengan performa andal untuk menemani rutinitas harian di berbagai kondisi lalu lintas.

Komitmen Jangka Panjang: Toyota Ada Untuk Indonesia
Sejak awal kehadirannya, Toyota berkomitmen mendukung mobilitas masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupan dan lintas generasi. Selama lebih dari 54 tahun, semangat “Toyota Ada untuk Indonesia” terus berkembang dan menjadi dasar dari setiap langkah Toyota dalam berkontribusi nyata bagi bangsa.

“Komitmen kami untuk berkontribusi dan tumbuh bersama Indonesia tercermin dari investasi lebih dari Rp100 triliun yang kami tanamkan di Indonesia. Investasi tersebut bukan hanya untuk memperkuat ekosistem otomotif nasional yang berdaya saing dan berkelanjutan, serta untuk pengembangan R&D, inovasi lokal, dan pengembangan industri pendukung. Bersama para mitra, kami juga telah menciptakan lebih dari 360.000 lapangan kerja di Indonesia,” kata Ueda.

Beberapa waktu lalu, Toyota Indonesia Group juga merayakan pencapaian penting dengan mencapai volume ekspor tiga juta unit kendaraan dari Indonesia ke lebih dari 100 negara. Pencapaian ini mencerminkan kekuatan dan kemampuan industri otomotif nasional sekaligus menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menciptakan kendaraan yang kompetitif di pasar global.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan masyarakat Indonesia, yang menjadi fondasi utama dari semangat “Toyota Ada untuk Indonesia”,” tambah Ueda.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

OTOMOTIF

Pemerintah Kaji Penggunaan Bensin Campur Etanol Nabati Tahun 2027

Published

on

By

Ilustrasi.

JAKARTA, Bursabisnis.id – Pembangunan pabrik etanol yang memanfaatkan bahan baku lokal seperti singkong, jagung, dan tebu dinilai tidak hanya mendukung ketahanan energi tetapi juga membuka lapangan pekerjaan dan menggerakkan ekonomi daerah.

Penggunaan etanol dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan contoh terbaik yang telah diterapkan secara internasional.

Langkah itu sejalan dengan upaya global untuk menekan emisi karbon, meningkatkan kualitas udara, sekaligus mendukung transisi energi yang berkelanjutan.

Untuk mewujudkan transisi energi, pemerintah tengah menyiapkan kebijakan pencampuran bensin dengan etanol nabati 10 persen atau E10 pada 2027.

“Pasti ada insentif. Bisa ada tax holiday, kemudian pasarnya ada,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia di lansir dari laman indonesia.go.id.

Insentif itu diharapkan dapat memacu iklim investasi di sektor energi terbarukan. Dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan baku untuk program E10, pemerintah aktif menjaring investor, termasuk dari Brasil yang telah berpengalaman luas dalam industri bioetanol.

Untuk mendukung program mandatori E10, Indonesia membutuhkan pasokan etanol setidaknya sejumlah 1,4 juta kiloliter (kl) per tahun. Pembangunan pabrik etanol yang memanfaatkan bahan baku lokal seperti singkong, jagung, dan tebu dinilai tidak hanya mendukung ketahanan energi tetapi juga membuka lapangan pekerjaan dan menggerakkan ekonomi daerah.

Kebijakan mandatori E10 itu telah mendapat persetujuan dari Presiden RI Prabowo Subianto dan kesiapan penuh dari PT Pertamina. Direktur Utama Pertamina, Simon Aloysius Mantiri, menyatakan kesiapannya untuk menjalankan program pemerintah tersebut guna menjamin ketahanan energi nasional.

Dukungan juga datang dari kalangan pakar, seperti pendapat Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Wahyudi.

Berdasarkan keterangan resmi, Wahyudi mengungkap keunggulan etanol yang memiliki angka oktan lebih tinggi daripada bensin murni, sehingga mampu menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, efisien, dan beremisi rendah.

Meski berprospek cerah, Wahyudi mengingatkan pentingnya uji coba yang komprehensif terhadap performa berbagai merek dan tipe kendaraan sebelum implementasi massal.

Data hasil uji coba itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk membangun kepercayaan. Kesiapan pasokan bioetanol dalam negeri juga menjadi kunci sukses program ini.

Wahyudi juga mendorong pemanfaatan bahan baku lokal seperti tebu dan singkong, yang tidak hanya dapat diproduksi oleh industri besar tetapi juga dikelola secara lokal untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

Strategi Global untuk Energi Bersih

Kebijakan E10 itu menempatkan Indonesia pada jalur yang sama dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat yang telah lama menggunakan E10 sebagai standar nasional, sebagai bagian dari strategi global menuju transisi energi bersih.

Brasil menjadi pelopor penggunaan etanol berbasis tebu, dengan implementasi skala nasional hingga mencapai campuran E27 (27 persen etanol) pada bensin, sehingga membuat Brasil dikenal sebagai salah satu negara dengan kendaraan berbahan bakar etanol terbesar di dunia, dan masyarakatnya sudah terbiasa mengisi BBM dengan etanol sejak puluhan tahun lalu.

Uni Eropa juga mengadopsi campuran etanol dalam BBM melalui kebijakan Renewable Energy Directive (RED II), dengan target bauran energi terbarukan di sektor transportasi.

Campuran E10 juga telah menjadi standar di banyak negara Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Inggris, sebagai standar untuk mengurangi polusi udara.

Seperti dilansir dari laman Pertamina, etanol merupakan senyawa kimia yang dikenal dengan nama lain etil alkohol atau alkohol.

Senyawa itu memiliki rumus kimia C₂H₅OH yang merupakan salah satu jenis alkohol yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada pula bioetanol, yaitu etanol yang dihasilkan melalui proses fermentasi gula dari bahan alami seperti tebu, jagung, ubi jalar, kentang, atau jerami. Tidak hanya glukosa yang bisa difermentasi, tetapi juga fruktosa dan beberapa jenis gula lain.

Proses fermentasi itu melibatkan pemecahan molekul gula menjadi etanol dengan bantuan energi dari sinar matahari yang diperoleh melalui fotosintesis.

Etanol banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam bahan bakar kendaraan bermotor. Campuran itu dikenal dengan istilah gasohol, yaitu gabungan antara bensin (gasoline) dan alkohol (etanol).

Sumber : indonesia.go.id
Laporan : Icha
Editor : Tam

Continue Reading

OTOMOTIF

Kalla Toyota Raih Prestasi Gemilang

Published

on

By

Dua cabang Kalla Toyota sukses menyabet gelar juara. -foto:ist-

KENDARI, Bursabisnis. Id – Kalla Toyota kembali membuktikan komitmennya dalam menghadirkan inovasi dan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Dua cabang Kalla Toyota sukses menyabet gelar juara dalam ajang Regional Kaizen & amp; Innovation
Marathon (RKIM) dan Regional Delight Program (RDP) Contest 2025 yang diselenggarakan oleh PT. Toyota
Astra Motor (TAM) di Four Points by Sheraton Manado, pada hari Selasa, 21 Oktober 2025.

Diketahui, peserta RKIM dan RDP adalah 4 finalis dari seluruh cabang toyota wilayah Kalimantan, Nusa
Tenggara, dan Indonesia Timur yang diwakili oleh Krida Toyota, Auto2000 Balikpapan, Hasjrat Toyota Palu,
dan Kalla Toyota Kendari sebagai finalis dari Kategori RKIM.

Sedangkan untuk Kategori RDP diwakili oleh Kalla Toyota Kolaka, Kalla Toyota Urip Sumoharjo, Kalla Toyota Maros, dan Wira Megah Banjarmasin
Kalla Toyota Kendari berhasil menjadi pemenang Regional Kaizen & Innovation Marathon (RKIM) Area 5,
menyisihkan 3 dealer dalam memaparkan project improvement.

Sementara itu, Kalla Toyota Urip juga
meraih kemenangan dalam Regional Delight Program (RDP) setelah unggul dari tiga peserta lainnya.

Andi Aswar selaku Branch Manager Kalla Toyota Kendari menanggapi kemenangan RKIM,

“Melalui kegiatan RKIM yang diselenggarakan oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM), bahwa setiap ide improvement yang kami
lakukan tentu berdasar pada perspektif pelanggan dimana menciptakan sebuah sistem yang terintegrasi dan
memiliki value demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia Kalla Toyota,” ujarnya.

Sementara itu, Indri Wahdiah Rosyadah B selaku CRC Kalla Toyota Urip Sumoharjo terkait RDP menyatakan, tidak menyangka juga bisa menjadi salah satu yang terbaik mewakili Area 5 di National Delight Program nanti dan juga Kalla Toyota, feedback dari tim juri sangat baik untuk kami agar terus melakukan improve di cabang khususnya mengutamakan POV customer.

RKIM dan RDP merupakan program pengembangan dan inovasi berkelanjutan yang melibatkan seluruh
dealer Toyota untuk menghadirkan ide dan perbaikan nyata di berbagai lini layanan — mulai dari penjualan
hingga purna jual.

“Kalla Toyota akan terus berinovasi dalam memberikan layanan yang lebih efisien, personal, dan sesuai
dengan kebutuhan pelanggan. Kedua pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen Kalla Toyota dalam
menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan serta memperkuat budaya perbaikan berkelanjutan di
seluruh cabang Kalla Toyota, ” ujar Mifta Farid S. Putra – Customer First Manager Kalla Toyota.

Kedua pencapaian ini membuktikan komitmen Kalla Toyota dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan serta memperkuat budaya perbaikan berkelanjutan di seluruh cabang Kalla Toyota.

“Kami berharap pelaksanaan RKIM dan RDP Contest 2026 dapat konsisten menjadi wadah bagi seluruh dealer untuk terus menumbuhkan semangat perbaikan berkelanjutan yang berawal dari kebutuhan pelanggan, memberikan solusi nyata bagi pelanggan, sekaligus menjadi sarana untuk bertukar pikiran dan menyebarkan kebermanfaatan antar dealer, ” tutup M. Noor Iqbal Yafie selaku Aftersales & Customer
Experience General Manager Kalla Toyota.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Trending