Connect with us

KOMUNITAS

Perry Warjiyo Ajak Pengurus ISEI Kendari Berkontribusi Terhadap Perekonomian Sultra

Published

on

KENDARI – Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Perry Warjiyo mengajak seluruh pengurus ISEI Cabang Kendari untuk bersama memajukan organisasi tersebut di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini saat melantik Ketua ISEI Cabang Kendari, Prof. Muhammad Syarif beserta pengurus periode 2018-2021, Senin 4 Januari 2019 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

“Pelantikan pengurus adalah bagian dari transformasi ISEI, dengan kesadaran atas peran serta ISEI yang sangat diperlukan bagi kemajuan ekonomi bangsa,” ujar Perry Warjiyo.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, untuk mampu memberi kontribusi nyata dalam perekonomian, khususnya di Sultra, ISEI Cabang Kendari perlu memperkuat organisasi, dengan keanggotaan yang meliputi akademisi, pelaku usaha, dan pengambil kebijakan.

Masing-masing unsur, kata dia, dapat memberi masukan dan keahlian, untuk menghasilkan solusi konkret atas permasalahan di daerah. Selain itu, dia juga mengingatkan agar ISEI dapat bersinergi dengan lembaga-lembaga terkait di daerah, serta lebih proaktif mendorong komunikasi melalui berbagai lini.

Selanjutnya, dalam kapasitas sebagai Gubernur Bank Indonesia, Perry menyampaikan kuliah umum di hadapan 1000 mahasiswa Fakultas Ekonomi berbagai perguruan tinggi di Sultra.

Dalam kuliah umum, Perry menyampaikan bahwa 2019 masih akan dipenuhi dengan tantangan global. Dengan pertumbuhan ekonomi dunia yang melandai, perdagangan dunia dan harga komunitas global yang diperkirakan menurun, serta normalisasi kebijakan moneter yang masih berlangsung, meski tak sekuat sebelumnya. Meski demikian, dengan melaksanakan sinergi kebijakan, ekonomi Indonesia diperkirakan masih akan tumbuh cukup baik pada 2019, dengan stabilitas terjaga.

Secara khusus, Perry menyampaikan apresiasi atas pencapaian pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi di Sultra, yang lebih baik dibandingkan nasional.

 

Laporan: Azka Fausan
Editor: Rustam

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMUNITAS

Secara Aklamasi, Rujuwati Harun Diamanahkan Pimpin PW IPEMI Sultra

Published

on

By

Musyawarah Wilayah PW IPEMI Sultra

KENDARI, bursabisnis.id – Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke 1 Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menghasilkan kepengurusan yang baru.

Adalah Hj Rujuwati Harun SE, Dip.,Ciptac terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PW IPEMI Provinsi Sultra untuk periode 2022-2027 di Gedung Center Dachtraco Raya Kota Kendari pada Kamis, 6 Oktober 2022 .

“Alhamdulillah Musyawarah Wilayah PW IPEMI Sultra sudah selesai dilaksanakan dengan baik. Jalannya Muswil diikuti pengurus dan anggota, termasuk dari pengurus DPP IPEMI,” ujar Rujuwati.

Sebelumnya, Rujuwati Harun diberi amanah memimpin PW IPEMI Sultra untuk masa kepengurusan 2017-2022. Saat dilantik sebagai ketua PW IPEMI pada tanggal 26 Oktober 2017, Rujuwati menggandeng Dra.Hj. Megawati Mahmud,M.Pd sebagai sekretaris.

Namun melalui forum Muswil tahun ini, Rujuwati bersama mid formatur lainnya sepakat mengamanahkan Hawaera, S.Pd sebagai sekretaris PW IPEMI Sultra periode 2022-2027. Hawaera menggantikan posisi Megawati Mahmud.

“Insya Allah bersama pengurus PW IPEMI Sultra dan PD IPEMI yang sudah terbentuk di kota dan kabupaten seSultra, akan terus bekerjasama dengan pemerintah dan semua pihak dalam memberdayakan pelaku UMKM dibawah binaan IPEMI,” ujar Rujuwati.

Dalam forum Muswil yang dibuka secara resmi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Sultra Sitti Saleha, PW IPEMI Sultra juga memberikan penghargaan kepada pelaku UMKM binaan IPEMI.

Ke 10 yang diberi penghargaan dengan berbagai kategori, yakni :

1. UMKM Inspiratif  : Bakso Uda.

2. UMKM Tangguh  : Abon Nindi

3. UMKM Tertib Administrasi : Aufa

4. UMKM Usia Produktif : Nasi Juara

5. UMKM Inovatif : Superstore Oleh-oleh Bombana

6. UMKM Humanis : Raisya Craft

7. UMKM Ramah Lingkungan : Indo Herbal

8. UMKM Muda : Nasi Kebuli Mba Nada

9. UMKM Kreatif : Eco Print AA Twins

10. UMKM Peduli Sosial : Donat Ayumi

 

Laporan : Rustam

Continue Reading

Ekonomi Mikro

Dorong Gerakan Peduli Pangan Lokal, ISMI Muda Gelar Silabis Bersama Komunitas Sepeda di Kendari

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dan ISMI Muda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengkampanyekan gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan, dengan pemanfaatan bahan lokal.

Dalam rangka mendorong gerakan tersebut, ISMI dan ISMI Muda Sultra bersama beberapa komunitas sepeda menggelar silaturahmi bisnis (Silabis) menyambut HUT RI ke-76, Minggu (15/8/2021), di Cafe Langit, Jalan Martandu nomor 99, Anduonohu. Dimana pemilik cafe tersebut merupakan salah satu pengurus ISMI Sultra, Rachmi Nurma SP (Owner Angkasa Nikmat).

Agenda tersebut diawali dengan bersepada bersama komunitas sepeda di Kendari. Ketua ISMI Sultra, Hugua nampak hadir dalam Silabis menyambut HUT RI itu.

Ketua ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, sebagai organisasi yang menaungi pengusaha muslim, ISMI Muda terus bergerak dalam mendorong eksistensi para pelaku usaha.

Lebih lanjut, alumni SMAN 1 Kendari ini menjelaskan, ISMI Muda terus memikirkan dan berupaya mendorong sinergitas antara pengurus dan masyarakat umum, untuk saling mendapatkan pelatihan upgrade produk sehingga mendapatkan nilai lebih yang dapat bersaing dengan produk lain di pasaran.

“Dan tak kalah pentingnya, anggota (pengurus ISMI Muda) dapat sambil belajar bisnis dengan konsep ekonomi Islam untuk menjalankan bisnisnya, sebagai konsep anti krisis dalam segala kondisi. Apalagi saat ini kita semua menghadapi pandemi Covid-19, dimana konsep ini pastinya membawa dampak positif bagi roda perekonomian masyarakat umum,” ujar pria berkaca mata itu, saat ditemui disela-sela kegiatan Silabis.

Agung Hari Bowo juga mengungkapkan, gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan dengan pemanfaatan bahan lokal merupakan salah satu program yang menjadi andalan kedepannya. Salah satunya yaitu menciptakan produk unggulan mie asli Kendari yang menyehatkan, dan terbuat dari bahan tepung singkong atau sagu.

Untuk menunjang pemasarannya, kata Agung, pihaknya juga merancang pembuatan galeri produk-produk ISMI yang disertai logo ISMI pada setiap tempat yang menjadi usaha anggota.

Co-Founder PT Vision Idea Synergy Kendari ini berharap, ISMI Muda Sultra dapat membawa pengurusnya untuk amanah. Menurutnya, hancurnya sebuah bisnis berawal dari tidak amanah.

“Maka dari itu, mari kita saling mempererat kekeluargaan dengan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan, agar senantiasa diberikan jalan benar dan diridhai Allah SWT dalam menjalankan roda perekonomian di Sultra,” pungkasnya.

 

Liputan : ikas

Continue Reading

Entrepreneur

Usai Dilantik, ISMI Muda Sultra Fokus Lakukan Hal ini

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Muda Orwil Sulawesi Tenggara (Sultra) telah resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan pada rangkaian kegiatan Silabis ke 12 yang digelar di Banda Aceh, pada 15-16 Juni 2021 lalu.

Usai dilantik, kini Orwil ISMI Muda Sultra tengah fokus untuk menindaklanjuti hasil Silabis di Aceh.

Ketua Orwil ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, Silabis memberikan banyak manfaat dalam pengembangan potensi daerah.

Bahkan, lanjut Agung, melalui agenda silaturahmi tersebut, pihaknya memaparkan potensi bumi anoa di hadapan Ketua Umum DPP ISMI, Ilham Habibie dan pengusaha se-Indonesia yang menghadiri kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Co-Founder PT. Vision Idea Sinergy Kendari ini menyebutkan, adapun yang menjadi fokus organisasi yang dipimpinnya itu saat ini adalah mewujudkan MoU antara Kemenkop dengan ISMI berupa UKM Teknosa.

Kemudian, kata Agung, mewujudkan program one village one industri kerjasama dengan Pemkab dan PemKot masing masing Orwil, membantu koperasi ISMI untuk mendapatkan kemudahan permodalan dari LPDB, membantu para pengurus dan anggota ISMI untuk mendapatkan kemudahan dalam
erizinan usaha dan bantuan dan akses permodalan upgrade produk UKM anggota ISMI.

“Tentu untuk mewujudkan semua program tersebut, kita akan melibatkan departemen departemen terkait yang ada di ISMI Muda Sultra, ” ujar alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, Rabu (30/6/2021).

 

 

Liputan: ikas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.