Connect with us

KOMUNITAS

Tumbuhkan Sinergitas Usaha, Japnas Sultra Gelar Bussines Matching 2018

Published

on

KENDARI – Dalam rangka membangun sinergitas antar sesama pengusaha, Pengurus Wilayah (PW) Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Business Matching, Rabu 19 Desember 2018 di Phinisi Claro Kendari.

Ketum PW Japnas Sultra, Shania Kartika Sandi mengungkapkan, Business Matching merupakan forum bagi para pengusaha untuk bisa saling bertukar infomasi terkait bisnis dan peluang sinegitas usaha. Menurut dia, forum seperti ini sangatlah diperlukan. Sebab, dengan adanya forum business matching ini, maka pihaknya bisa mendorong sektor UKM untuk lebih terekspose dan membuka peluang kemitraan dengan peiaku usaha lainnya.

“Sebagai Ketum Japnas Sultra, saya sangatlah bersyukur acara ini bisa digelar di provinsi kami,” ujar Shania saat memberikan sambutan di hadapan Ketum PP Japnas, Bayu Priawan Djokosoetono beserta pengurus pusat lainnya dan tamu undangan.

Lebih lanjut, wanita berhijab ini menjelaskan, bahwa Sultra merupakan salah satu provinsi yang saat ini sedang mengalami perkembangan pesat. Proyek-proyek infrastruktur dan peluang bisnis berkembang seiring sejalan. Hai inilah yang memacu tumbuhnya sektor UKM di bumi anoa.

Menurut dia, dengan pertumbuhan pelaku usaha di Sultra, maka pihaknya membuka peluang investasi sebesar-besanya bagi para pengusaha dari luar Sultra untuk bermitra.

“Bisa kita iihat, seratusan peserta Business Matching yang hadir disini merupakan pelaku usaha asal Sultra dari berbagai macam sektor. Sebut saja ada kuliner, kerajinan, IT, kontraktor maupun Jasa. Kami membuka diri untuk saling bersinergi dan bekerjasama, hingga kami bisa tumbuh dan berkembang menjadi pengusaha levei nasional,” jelasnya.

Shania juga menambahkan, Japnas merupakan organisasi action group. Jargon Inilah yang menjiwa setiap gerak organisasi yang dipimpinnya itu. Dia berharap, agar Japnas bukan hanya disibukkan dengan agenda-agenda protokoler organisasi, namun lebih pada pengembangan anggota-anggotanya, yang dulunya pegusaha kecil, menjadi pengusaha menengah. Kemudian, yang dahulu menengah menjadi pengusaha besar, selanjutnya pengusaha besar menjadi luar biasa.

“Komitment Japnas adalah untuk memberikan asas kemanfaatan bagi seluruh anggotanya. Baik darl sisi jaringan, group maupun bisnis. Bahkan kalau bisa, organisasi mampu menjadi business solution bagi para anggotanya. Inilah yang kami harapkan dan impikan untuk benar-benar mewujudkan Japnas sebagai action group, bukan sebagai pressure group,” pungkas Shania.

Sementara itu, Ketua PP Japnas, Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan, bahwa business matching diselenggarakan secara nasional. Saat ini, kepengurusan tingkat daerah organisasi yang dinahkodainya itu sudah berada di lebih dari 12 provinsi.

“Melalui kegiatan seperti ini, kami meyakini bisa membuka pertukaran informasi terhadap ruang-ruang usaha, dan potensi bisnis yang ada di daerah masing-masing, sehingga bisa terjadi sinergitas usaha dan kerja sama bisnis antar pengusaha,” kata Bayu.

Menurut dia, jika diakumulasi dari nilai kerja sama yang lahir dari business matching sesama pengurus Japnas, atau antar pengusaha nilainya lebih dari satu triliun.

“Fokus dari Japnas adalah menumbuhkan sinergitas antar pengusaha,” terangnya. (Ikas)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Entrepreneur

Usai Dilantik, ISMI Muda Sultra Fokus Lakukan Hal ini

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Muda Orwil Sulawesi Tenggara (Sultra) telah resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan pada rangkaian kegiatan Silabis ke 12 yang digelar di Banda Aceh, pada 15-16 Juni 2021 lalu.

Usai dilantik, kini Orwil ISMI Muda Sultra tengah fokus untuk menindaklanjuti hasil Silabis di Aceh.

Ketua Orwil ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, Silabis memberikan banyak manfaat dalam pengembangan potensi daerah.

Bahkan, lanjut Agung, melalui agenda silaturahmi tersebut, pihaknya memaparkan potensi bumi anoa di hadapan Ketua Umum DPP ISMI, Ilham Habibie dan pengusaha se-Indonesia yang menghadiri kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Co-Founder PT. Vision Idea Sinergy Kendari ini menyebutkan, adapun yang menjadi fokus organisasi yang dipimpinnya itu saat ini adalah mewujudkan MoU antara Kemenkop dengan ISMI berupa UKM Teknosa.

Kemudian, kata Agung, mewujudkan program one village one industri kerjasama dengan Pemkab dan PemKot masing masing Orwil, membantu koperasi ISMI untuk mendapatkan kemudahan permodalan dari LPDB, membantu para pengurus dan anggota ISMI untuk mendapatkan kemudahan dalam
erizinan usaha dan bantuan dan akses permodalan upgrade produk UKM anggota ISMI.

“Tentu untuk mewujudkan semua program tersebut, kita akan melibatkan departemen departemen terkait yang ada di ISMI Muda Sultra, ” ujar alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, Rabu (30/6/2021).

 

 

Liputan: ikas

Continue Reading

KOMUNITAS

Disaksikan Gubernur, Arsjad Rasjid Serahkan Kendaraan Operasional untuk Kadin Sultra

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Calon Ketua Umum (Caketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid serahkan bantuan kendaraan operasional untuk Kadin Sultra.

Penyerahan kendaraan operasional tersebut dilakukan secara simbolis dan disaksikan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, Senin (10/5/2021) di Rujab Gubernur Sultra.

Dalam penyerahan bantuan itu, Arsjad Rasjid diwakili oleh Ketum Kadin Sultra, Anton Timbang. Kemudian diterima oleh salah satu pengurus Kadin Sultra.

Anton Timbang mengatakan, penyerahan kendaraan operasional itu merupakan bentuk komitmen Arsjad Rasjid dalam mendukung kerja-kerja organisasi Kadin Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Ketum Kadin Sultra, Anton Timbang bersama pengurus Kadin Sultra pose bersama usai penyerahan kendaraan operasional dari Arsjad Rasjid. Foto: Ikas.

Anton Timbang juga menyebutkan, selain kendaraan operasional, Arsjad Rasjid juga menyerahkan puluhan handphone untuk pengurus Kadin kabupaten/kota di bumi anoa.

“Kami (Kadin Sultra) mengucapkan terima kasih atas perhatian dan support Pak Arsjad Rasjid terhadap Kadin Sultra,” ungkap pengusaha kawakan tersebut.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil pleno yang diikuti seluruh pengurus Kadin Sultra, mayoritas pengurus menyatakan dukungan kepada Arsjad Rasjid.

Sehingga, secara kelembagaan, Kadin Sultra memutuskan untuk mendukung Presiden Direktur PT. Indika Energy itu pada pagelaran musyawarah nasional (Munas) Kadin Indonesia, yang akan digelar di Bali, pada 1 sampai 4 Juni 2021 mendatang.

Keputusan pleno tersebut diperkuat dengan deklarasi dukungan kepada Arsjad Rasjid di Hotel Claro Kendari.

Untuk diketahui, Kadin Sultra memiliki tiga hak suara pada Munas Kadin Indonesia

 

 

Liputan: Rustam

Continue Reading

KOMUNITAS

Dua Anggota DPRD Kota Kendari Digadang-gadang Jabat Ketua ISMI Muda

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Formatur pengurus Ikatan Saudagar Muda Indonesia (ISMI) Muda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi terbentuk. Selanjutnya, formatur tersebut diberi tugas untuk membentuk pengurus definitif.

Agung Hari Bowo selaku penggagas mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan musyawarah untuk menentukan figur yang akan mengisi posisi Ketua ISMI provinsi Sultra.

Agung menyebutkan, tiga kandidat digadang-gadang sebagai calon Ketua ISMI Muda Sultra. Dia diantaranya merupakan anggota DPRD Kota Kendari yakni Andi Sulolipu dan Arwin.

“Iya, ada tiga calon yang diajukan termasuk saya, Pak Andi Sulolipu dan Arwin,” ujarnya, Sabtu (1/5/2021).

Lebih lanjut, Agung menjelaskan, selain nama dua anggota DPRD Kota Kendari tersebut, terdapat juga nama anggota DPRD Provinsi Sultra, Sudirman yang akan mengisi posisi Dewan Pembina.

“Pak Sudirman sudah menyampaikan kesiapannya untuk posisi Dewan Pembina ISMI Muda Sultra,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, pengurus di 15 kabupaten dan dua kota di Sultra segera akan dibentuk. Beberapa kabupaten sudah terbentuk formaturnya.

“Kalau Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara sudah ada formaturnya,” tambahnya.

Agung mengungkapkan, ISMI lahir dari gagasan beberapa organisasi islam, yakni Muhammadiyah, NU dan ICMI.

Di tempat yang sama, Ketua Orwil ISMI Sultra, Hugua mengatakan, terbentuknya ISMI muda merupakan bentuk regenerasi untuk melahirkan para pengusaha muda yang sukses.

“Jadi ada kolaborasi antara ISMI senior dan muda, dalam pengembangan usaha dan memajukan perekonomian masyarakat,” kata anggota Komisi II DPR RI ini.

 

 

Laporan: Ikas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.