Connect with us

Entrepreneur

Calon Ketua HIPMI Perjuangkan Pengusaha Asing Bersinergi Pengusaha Indonesia

Published

on

KENDARI – Calon Ketua Umum (Caketum) BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Mardani H. Maming berkomitmen mendorong para pengusaha lokal untuk terus tumbuh dan berkembang seiring maraknya para pengusaha asing yang berinvestasi di Indonesia.

Berbekal dari pengalaman dirinya menahkodai Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam mensinergikan antara pengusaha asing dan daerah, sehingga bisa bersama-sama dalam membangun ekonomi daerah. Maka, pemilik 55 perusahaan ini juga berkeinginan meningkatkan gairah para pengusaha daerah, agar terus mengembangkan usahanya dan semangat dalam berkecimpung di sektor usaha yang tengah dijalaninya.

Selain itu, Mardani juga akan memperjuangkan lahirnya regulasi dari pemerintah yang bisa melindungi eksistensi usaha para pengusaha kecil di daerah-daerah.

Terkhusus di Sultra, Ketua Apkasi ini berencana menghadirkan pengusaha asing, kemudian memaksa untuk bekerja sama pengusaha daerah dalam pengembangan investasi asing tersebut.

“Saya mau nantinya membawah pengusaha-pengusaha asing di Sultra, untuk bekerja sama dengan pengusaha nasional dan daerah,” ungkap anak mantan kepala desa ini, Jumat 12 Juni 2019.

Menurut dia, para pengusaha asing tidak boleh diberikan izin yang sempurna. Maksudnya, semua perizinan dan jenis usahanya tidak hanya dimiliki sendiri oleh pengusaha asing tersebut, melainkan diarahkan untuk bekerja sama dengan pengusaha daerah, sehingga bisa terbangun sinergitas antara pengusaha luar negeri dan daerah.

“Kita paksa para pengusaha asing ini bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha daerah kita ini. Ini yang harus kita jaga, jangan sampai ada orang asing yang menjadi raja di tempat kita, sedangkan kita hanya menjadi penonton. Jangan sampai sumber daya alam hanya dinikmati para pengusaha asin ini, dan kita hanya jadi penonton saja,” ujar Ketua Apkasi ini.

Sinergitas membangum ekonomi daerah antara pengusaha asing dan lokal sudah terbukti. Sebab, konsep tersebut diterapkannya saat menjabat sebagai kepala daerah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Laporan : Ikas

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Entrepreneur

Mampu Berdayakan UMKM, Ketua Kadin Peroleh Sultra Award 2023

Published

on

By

Ketua Kadin Sultra Anton Timbang yang diwakili Waketum Sastra Alamsyah memperoleh Sultra Award 2023. -foto:istimewa-

KENDARI, Bursabisnis.id – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) Anton Timbang mendapat penghargaan dari Kendari Pos.

Anton Timbang yang juga menjabat Ketua IMI Sultra ini memperoleh penghargaan, karena dianggap mampu memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sultra.

Award diserahkan langsung Kajati Sultra, Patris Yusrian kepada Ketua Kadin Sultra yang diwakili Waketum Kadin Sultra,  Sastra Alamsyah.

Sebelumnya, Ketua Kadin Sultra Anton Timbang mengatakan, pembuatan legalitas usaha bagi UMKM sangat penting agar usaha masyarakat memiliki payung hukum dan bisa dimanfaatkan untuk mengakses berbagai kemudahan dari pemerintah.

“Ada beberapa kegiatan khususnya pengembangan UKM. Misalnya membuat perseroan perorangan kepada seribu UMKM, agar mereka punya legalitas sehingga pada akhirnya nanti mereka mudah mendapatkan akses batuan dari pemerintah,” kata Anton Timbang.

Penulis : Mery Oktavia

Editor : Rustam 

Continue Reading

Entrepreneur

Kadin Sultra Peroleh Penghargaan Indonesia Awards 2023

Published

on

By

Ketua Kadin Sultra Anton Timbang menerima penghargaan Indonesia Awards 2023. -foto: istimewa-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) dianugerahi penghargaan Indonesia Awards 2023 pada  Kamis,  31 Agustus 2023 malam.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada Kadin Sultra atas inisiatif akselerasi ekonomi daerah melalui pemberdayaan UMKM.

Penghargaan tersebut dihadiri dan diterima langsung Ketu Umum Kadin Sultra, Anton Timbang.

Usai menerima penghargaan, Anton Timbang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Inews Media Group, atas apresiasi apresiasi yang diberikan kepada Kadin Sultra.

Selain. Itu, Anton Timbang juga. menyampaikan terimakasih kepada pengurus Kadin Sultra dan stakeholder terkait yang telah mendukung program kerja Kadin Sultra.

“Terimakasih kepada teman-teman pengurus Kadin Sultra yang sudah bekerja kerjas, bekerja ikhlas sehingga Kadin Sultra mendapatkan penghargaan ini. Satukan hati bangkitkan ekonomi Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anton Timbang mengaku sangat bangga atas peraihan penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut juga akan menjadi motivasi bagi Kadin Sultra untuk terus bekerja secara maksimal.

“Sehingga UMKM binaan Kadin Sulawesi Tenggara dapat menjadi penggerak ekonomi daerah dan nasional,” jelas Korwil Percepatan Investasi Indonesia Timur ini.

Anton Timbang juga menyebutkan, salah satu upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM yang telah diinisiasi Kadin Sultra adalah pembuatan 100 perseroan perseorangan.

“Sehingga mereka (UMKM) mempunyai legalitas, dan pada akhirnya nanti mereka bisa mendapatkan bantuan dari perbankan,” pungkasnya.

Penulis : Rustam

Continue Reading

Entrepreneur

Delegasi Bisnis Amerika Serikat Sebut Indonesia Negara yang Prospektif dan Menjanjikan

Published

on

By

Delegasi pelaku bisnis AS bertemu dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati. -foto:kemenkeu.go.id-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Amerika Serikat merupakan salah satu partner utama perdagangan ASEAN. Di Indonesia sendiri, 22% dari keseluruhan Foreign Direct Investment (FDI) Indonesia per 2021 berasal dari Amerika Serikat.

Menteri Keungan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan US-ASEAN Business Council yang dipimpin oleh Ambassador Ted Osius di Jakarta. Pertemuan itu juga dihadiri oleh 31 pelaku bisnis di Indonesia yang berasal dari Amerika Serikat.

“Saya mendengarkan beragam aspirasi mereka. Beragam masukan pun saya dapatkan, mulai terkait kebijakan perpajakan, transaksi digital, perkembangan industri, hingga investasi mereka di sektor energi terbarukan, kesehatan, dan Pendidikan,” terang Menkeu sebagaimana dilansir dari laman kemenkeu.go.id pada Jumat, 26 Mei 2023.

Beberapa fokus Presidensi Indonesia pada G20 tahun lalu dan Keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun ini juga dibahas dalam pertemuan tersebut, mulai dari sistem perpajakan internasional yang berkeadilan hingga Low Carbon & Climate Resilience (LCCR) dan climate finance di Indonesia.

Pada pertemuan tersebut, seluruh delegasi menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang prospektif dan menjanjikan di masa yang mendatang.

“Kerja sama dengan US ASEAN Business Council ini adalah salah satu bentuk peluang kerja sama yang baik dan harus kita rawat, demi menuju Indonesia Maju 2045,” tukas Menkeu.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.