Connect with us

Maskapai

Garuda Kembalikan 12 Pesawat Bombardier CRJ 1000 ke NAC

Published

on

JAKARTA, BursaBisnis.id – Menteri BUMN Erick Thohir memutuskan untuk mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ 1.000 yang digunakan oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ke Nordic Aviation Capital (NAC). Ini dilakukan sebagai langkah mengakhiri lebih awal (early termination) kontrak operating lease atau sewa pesawat tersebut mulai 1 Februari 2021 lalu, dari perjanjian semula yang jatuh tempo pada 2027 mendatang.

“Saya dengan tegas dan Pak Irfan (Dirut Garuda Indonesia) dengan manajemen sangat mendukung kami putuskan untuk mengembalikan 12 pesawat bombardier CRJ 1000 untuk mengakhiri kontrak kepada Nordic Aviation Capital (NAC yang memang jatuh tempo 2027,” ujarnya, Rabu (10/2/2021) sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia.com.

Erick menyatakan keputusan tersebut diambil secara sepihak oleh Kementerian BUMN dan Garuda Indonesia. Pasalnya, negosiasi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia tidak mendapatkan sambutan positif dari pihak NAC.

“Proses negosiasi ini tentu sudah terjadi berulang antara Garuda dan NAC dan tentu ini niat baik kami. Tapi sayangnya early termination ini belum mendapatkan respons dari mereka,” jelasnya.

Erick mengungkapkan sejumlah alasan Kementerian BUMN dan Garuda Indonesia memutuskan untuk mengakhiri kontrak tersebut. Pertama, operasional 12 Bombardier CRJ 1.000 tersebut justru merugikan pihak Garuda Indonesia.

Kedua, Kementerian BUMN mempertimbangkan penyelidikan Serious Fraud Office (SFO) Inggris terhadap pabrikan Bombardier, yakni Bombardier Inc atas atas dugaan suap dan korupsi terkait kesepakatan sewa pesawat dengan Garuda Indonesia.

Sebelumnya, diberitakan Serious Fraud Office (SFO) Inggris sedang menyelidiki perusahaan pembuat pesawat dan kapal dari Kanada Bombardier Inc atas dugaan suap dan korupsi terkait kesepakatan dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang melibatkan mantan direktur utama Emirsyah Satar. Peninjauan ini, lanjutnya, dilakukan setelah pengadilan Indonesia memvonis Emirsyah pada Mei lalu atas kasus korupsi.

“Kami mempertimbangkan tata kelola perusahaan yang baik, tarnsparan, akuntabilitas, dan profesional namun juga melihat dari keputusan KPK dan penyelidikan Serious Fraud Office (SFO) Inggris terhadap indikasi pidana suap dari pihak pabrikan kepada oknum pimpinan Garuda saat proses pengadaan pesawat pada 2011,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama GAruda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan operasional 12 Bombardier CRJ 1.000 selama 7 tahun ini menimbulkan kerugian sebesar rata-rata lebih dari US$30 juta per tahun. Sementara sewa pesawatnya sendiri, senilai US$27 juta.

 

Laporan : Rustam

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maskapai

Pemda Mubar Bakal Hidupkan Kembali Mobilitas Penerbangan di Bandara Sugimanuru

Published

on

By

MUBAR : BURSABISNIS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di Bandara Sugimanuru.

Pemerintah setempat bakal kembali mendatangkan pesawat Citilink dengan rute Raha – Makassar dan sebaliknya, juga akan membuka rute baru Raha – Kendari dan sebaliknya.

“Kami berkomitmen akan kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di bandara Sugimanuru,” kata Bahri, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat. Jumat, 23 November 2023.

Bupati Bahri akan menyiapkan dana blok shit sebesar Rp1,5 miliyar untuk menunjang operasional penerbangan. Saat ini pihaknya hanya menunggu Surat kesediaan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna untuk ikut bersama-sama menyiapkan dana blok shit.

Dimana perusahaan penerbangan Citilink meminta dana blok shit sebesar Rp3 milyar. Untuk menutupi dana yang diminta tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat bakal menyiapkan masing-masing Rp 1,5 Miliyar.

“Kita tinggal tunggu surat kesediaan Pemerintah Kabupaten Muna untuk membantu menyediakan dana blok shit. Masing-masing Rp 1,5 Miliyar,” kata Bahri

“Intinya kami Pemda Mubar sangat berkomitmen agar penerbangan ini bisa kembali beroperasi untuk menghidupkan roda perekonomian,” lanjutnya.

Setelah itu kata Bahri, pihaknya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) serta akan mengeluarkan Surat Edaran dimana seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya dalam melakukan kegiatan diluar daerah harus melalui bandara Sugimanuru.

“Kita akan mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan bandara Sugimanuru. Komitmen dalam melakukan perjalanan dinas, bisnis, wisata dan usaha lainnya dengan mengutamakan transportasi udara,” pungkasnya.

 

Laporan : Hasan Jufri

Publisher : Phoyo

Continue Reading

Maskapai

Jelang Lebaran 2023, Bandara Udara Sugimanuru Mulai Dipadati Penumpang

Published

on

By

BURSABISNIS.ID, MUBAR – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepadatan arus mudik mulai terjadi di bandara udara Sugimanuru, kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pesawat Wings Air yang melayani penerbangan dari bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) ke bandara Sugimanuru diproyeksikan meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Bandara Sugimanuru, M Khusnuddin mengatakan, untuk tahun ini diprediksi ada lonjakan yang signifikan di banding tahun lalu. Lonjakan tersebut dikarenakan masa pandemi telah berakhir.

Kata dia, sejak H-7 Idul Fitri jumlah penumpang yang menggunakan jasa penerbangan bandara Sugimanuru terus meningkat dan diperkirakan akan melonjak saat mendekati lebaran.

“Tahun ini memang ada lonjakan, dimana embarkasi Makassar tujuan Muna Barat saja kursinya selalu penuh. Kalau tujuan makassar terisi sekitar 80 sampai 90 persen penumpang,”jelasnya, Rabu 19 April 2023.

Khusnuddin memastikan  saat arus mudik maupun arus balik pihak Wings Air tidak akan melakukan cancel flight (pembatalan penerbangan).

“Semoga saja management Wings Air comitment tentang tidak adanya cancel fligt saat dilapangan,”tandasnya.

 

Laporan : Phoyo

Continue Reading

Maskapai

Jadwal Penerbangan Bandara Udara Sugimanuru Mengalami Perubahan

Published

on

By

MUBAR, BursaBisnis.id – Jadwal penerbangan Bandara Udara Sugimanuru Kabupaten  Muna Barat (Mubar) mengalami perubahan pasca lebaran idul Fitri 1443 H. Hal itu dikatakan oleh Kepala Bandara Sugimanuru, M. Khusnudin saat ditemui diruang kerjanya. Senin 13 Juni 2022.

Menurut M. Khusnudin, pertanggal 1 sampai tanggal 11 Juni 2022 direncanakan penerbangan dilakukan setiap harinya namun dikarenakan permintaan passenger (penumpang) menurun dan harga tiket yang terbilang masih tinggi disebabkan harga avtur  sehingga terjadi perubahan jadwal penerbangan terhitung sejak tanggal 12 sampai 30 Juni 2022.

“Jadi untuk jadwal penerbangan itu pada hari selasa, kamis dan sabtu. Diharapkan jadwal itu menjadi komitmen kami antara bandara dan airline untuk pelayanan penerbangan. Semoga dihari-hari berikutnya tidak ada pembatalan,”ungkapnya

“Adapun penurunan jumlah penumpang diakibatkan harga tiket yang tinggi sehingga  penumpang yang lewat dari bandara Sugimanuru relatif menurun. Untuk normalnya kemarin, harga tiket mencapai Rp1,2 juta, penerbangan Makassar-Raha (PP)” lanjutnya.

Mantan Kepala Bandara Namrole, Pulau Buruh menambahkan, sebelumnya harga normal tiket Makassar-Raha (PP) berkisar Rp600 ribu sampai Rp700 ribu, namun akibat harga minyak dunia yang melonjak diangka 118,94 perbarel sehingga berimbas pada kenaikan harga tiket.

“Imbas kenaikan harga tiket efek dari lonjakan harga minyak dunia. Tapi kalau jumlah penumpang, Alhamdulillah seminggu tiga kali presentasenya sekitar 60 sampai 70 persen,”jelasnya.

Untuk saat ini kata M. Khusnudin, sesuai dengan surat edaran penumpang yang akan melakukan perjalanan  masih diberlakukan wajib  telah divaksin. Untuk vaksin booster, tidak perlu rapid test.

” Sementara untuk vaksin dosis satu harus mengantongi hasil tes PCR. Dosis II, cukup rapid antigen,”tutupnya

 


Laporan : Phoyo

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.