Connect with us

Maskapai

Garuda Kembalikan 12 Pesawat Bombardier CRJ 1000 ke NAC

Published

on

JAKARTA, BursaBisnis.id – Menteri BUMN Erick Thohir memutuskan untuk mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ 1.000 yang digunakan oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ke Nordic Aviation Capital (NAC). Ini dilakukan sebagai langkah mengakhiri lebih awal (early termination) kontrak operating lease atau sewa pesawat tersebut mulai 1 Februari 2021 lalu, dari perjanjian semula yang jatuh tempo pada 2027 mendatang.

“Saya dengan tegas dan Pak Irfan (Dirut Garuda Indonesia) dengan manajemen sangat mendukung kami putuskan untuk mengembalikan 12 pesawat bombardier CRJ 1000 untuk mengakhiri kontrak kepada Nordic Aviation Capital (NAC yang memang jatuh tempo 2027,” ujarnya, Rabu (10/2/2021) sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia.com.

Erick menyatakan keputusan tersebut diambil secara sepihak oleh Kementerian BUMN dan Garuda Indonesia. Pasalnya, negosiasi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia tidak mendapatkan sambutan positif dari pihak NAC.

“Proses negosiasi ini tentu sudah terjadi berulang antara Garuda dan NAC dan tentu ini niat baik kami. Tapi sayangnya early termination ini belum mendapatkan respons dari mereka,” jelasnya.

Erick mengungkapkan sejumlah alasan Kementerian BUMN dan Garuda Indonesia memutuskan untuk mengakhiri kontrak tersebut. Pertama, operasional 12 Bombardier CRJ 1.000 tersebut justru merugikan pihak Garuda Indonesia.

Kedua, Kementerian BUMN mempertimbangkan penyelidikan Serious Fraud Office (SFO) Inggris terhadap pabrikan Bombardier, yakni Bombardier Inc atas atas dugaan suap dan korupsi terkait kesepakatan sewa pesawat dengan Garuda Indonesia.

Sebelumnya, diberitakan Serious Fraud Office (SFO) Inggris sedang menyelidiki perusahaan pembuat pesawat dan kapal dari Kanada Bombardier Inc atas dugaan suap dan korupsi terkait kesepakatan dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang melibatkan mantan direktur utama Emirsyah Satar. Peninjauan ini, lanjutnya, dilakukan setelah pengadilan Indonesia memvonis Emirsyah pada Mei lalu atas kasus korupsi.

“Kami mempertimbangkan tata kelola perusahaan yang baik, tarnsparan, akuntabilitas, dan profesional namun juga melihat dari keputusan KPK dan penyelidikan Serious Fraud Office (SFO) Inggris terhadap indikasi pidana suap dari pihak pabrikan kepada oknum pimpinan Garuda saat proses pengadaan pesawat pada 2011,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama GAruda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan operasional 12 Bombardier CRJ 1.000 selama 7 tahun ini menimbulkan kerugian sebesar rata-rata lebih dari US$30 juta per tahun. Sementara sewa pesawatnya sendiri, senilai US$27 juta.

 

Laporan : Rustam

Continue Reading
Advertisement

Maskapai

Didemo Soal Penerbangan, Haliana Minta Bantuan Komunikasikan ke Maskapai

Published

on

By

Bupati Wakatobi Haliana saat menerima pengunjuk rasa dari FPM Kepton.

WAKATOBI, Bursabisnis.id – Sejak Maret 2024 sampai saat ini, maskapai penerbangan yang melayani rute dari dan ke Wakatobi, menghentikan penerbangan ke Bandara Matahora, Wakatobi.

Padahal Wakatobi yang dikenal sebagai daerah wisata ini dan banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, kini hanya mengandalkan transportasi laut.

Pasca tak adanya penerbangan ke Bandar Udara Matahora, banyak pihak yang merasakan dampaknya. Mulai dari jasa perhotelan, pelaku UMKM, jasa rental mobil dan sektor ekonomi lainnya.

Melihat problem transportasi udara ini tak bisa dituntaskan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, massa dari Front Pemuda Marhaenis (FPM) Kepton berunjuk rasa di depan kantor bupati Wakatobi pada Senin, 15 Juli 2024.

Orator FPM Kepton, Dariono mengungkapkan, Kabupaten Wakatobi adalah daerah yang sektor utamanya pariwisata, sehingga jalur penerbangan tersebut menjadi penting untuk diperhatikan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Bupati Wakatobi sebelumnya yaitu Ir. Hugua dan Arhawi.

Menyikapi aksi tersebut, Bupati Wakatobi Haliana meminta bantuan kepada masyarakat yang punya koneksi dengan maskapai pesawat terbang, untuk mengkomunikasikan agar pesawat kembali mengundara dari dan ke Wakatobi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Wakatobi, saat menerima pengunjuk rasa FPM Kepton pada Senin, 15 Juli 2024 di depan kantor bupati Wakatobi.

Di hadapan peserta aksi, Bupati Haliana mengaku telah menyiapkan anggaran, bahkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

” Bila perlu kalau kalian punya jaringan tersendiri yang memungkinkan ini pesawat lebih cepat datang, ayo kita rame-rame untuk kita kawal, saya juga merasakan, Ndak! bukan kita melempar, kita seandainya siapa tahu ada yang jaringan saudara kita tindak lanjut. Uang kita kan sudah ada propinsi juga sudah ada, malahan kami sekarang disuruh untuk penambahan anggaran, kami juga sudah usulkan “, ujar Bupati Wakatobi Haliana.

Penulis : Syaiful
Editor : Tam

Continue Reading

Maskapai

Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi, Beri Perhatian Besar Perluasan Landasan Pacu Bandara Betoambari

Published

on

By

Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP,M.Si pimpin rapat perluasan landasan pacu Bandara Betoambari. -foto:istimewa-

BAUBAU, Bursabisnis.id – Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si memberikan perhatian besar terhadap rencana perluasan landasan pacu Bandara Betoambari. Ini karena Kementerian Perhubungan RI sudah mengalokasikan dana APBN tahun 2024.

Untuk memperluas landasan pacu bandara, diperlukan penanganan pembebasan lahan sesegara mungkin dan tak berlarut-larut penyelesaiannya.

Saat memimpin rapat, Rasman menegaskan harus ada langkah cepat untuk mempersiapkan lahan yang diminta untuk dialokasikan Runway 22 dan 04. Lebih spesifik lagi di Runway 22 , dibutuhkan lahan berukuran 150 meter X 200 meter.

“Melihat petanya seperti apa, termasuk pembebasan yang sebelumnya. Agar ini juga menjadi catatan kita, bahwa sebelumya sudah seperti ini. Bila ada kekeliruan diungkapkan saja, dan kita catat, agar ini menjadi catatan kita untuk melangkah,” kata Rasman di hadapan peserta rapat.

Menurut Rasman, ada peta yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu. Dimana peta tersebut, terkait dengan kondisi lahan yang sudah dibebaskan sebelumnya.

Kemudian, peta lahan yang menjadi prioritas yang diminta oleh pihak bandara untuk menjadi perhatian dalam penanganan segera. Serta peta yang perlu dilakukan tindak lanjut dan untuk ditangani.

Diungkapkan, sebelum melakukan pertemuan dengan Bandara Baubau, pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan DPRD Kota Baubau, terkait dengan pembebasan lahan bandara Baubau.

Intinya DPRD Kota Baubau mendukung langkah yang akan ditempuh oleh Pemkot Baubau terkait untuk pernyataan dengan pemilik lahan.

Untuk diketahui, panjang landasan Bandara Betoambari saat ini 1.800 meter dengan lebar 30 meter. Mengingat arus penumpang yang melewati bandara di Kota Baubau ini sangat tinggi, sehingga diperlukan penambahan landasan pacu pesawat.

Dengan demikian, diharapkan pesawat yang berukuran besar bisa membawa penumpang di Kota Baubau lebih banyak lagi.

Apalagi letak Kota Baubau dikenal sebagai kota transit dari masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Muna Barat.

 

Advetorial/Pariwara

Continue Reading

Maskapai

Pemda Mubar Bakal Hidupkan Kembali Mobilitas Penerbangan di Bandara Sugimanuru

Published

on

By

MUBAR : BURSABISNIS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di Bandara Sugimanuru.

Pemerintah setempat bakal kembali mendatangkan pesawat Citilink dengan rute Raha – Makassar dan sebaliknya, juga akan membuka rute baru Raha – Kendari dan sebaliknya.

“Kami berkomitmen akan kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di bandara Sugimanuru,” kata Bahri, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat. Jumat, 23 November 2023.

Bupati Bahri akan menyiapkan dana blok shit sebesar Rp1,5 miliyar untuk menunjang operasional penerbangan. Saat ini pihaknya hanya menunggu Surat kesediaan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna untuk ikut bersama-sama menyiapkan dana blok shit.

Dimana perusahaan penerbangan Citilink meminta dana blok shit sebesar Rp3 milyar. Untuk menutupi dana yang diminta tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat bakal menyiapkan masing-masing Rp 1,5 Miliyar.

“Kita tinggal tunggu surat kesediaan Pemerintah Kabupaten Muna untuk membantu menyediakan dana blok shit. Masing-masing Rp 1,5 Miliyar,” kata Bahri

“Intinya kami Pemda Mubar sangat berkomitmen agar penerbangan ini bisa kembali beroperasi untuk menghidupkan roda perekonomian,” lanjutnya.

Setelah itu kata Bahri, pihaknya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) serta akan mengeluarkan Surat Edaran dimana seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya dalam melakukan kegiatan diluar daerah harus melalui bandara Sugimanuru.

“Kita akan mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan bandara Sugimanuru. Komitmen dalam melakukan perjalanan dinas, bisnis, wisata dan usaha lainnya dengan mengutamakan transportasi udara,” pungkasnya.

 

Laporan : Hasan Jufri

Publisher : Phoyo

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.