Connect with us

PASAR

Jelang Hari Raya, Disperindag Gelar Operasi Pasar

Published

on

KENDARI, bursabisbisnis.id- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh hari Jumat, 31 Juli 2020, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pasar murah di pelataran kantor yang beralamat di Jalan Abdullah Silondae, Kota Kendari.

“Di pasar Murah ini, kami menyiapkan berbagai jenis sembilan bahan pokok diantaranya beras, minyak gula dan tabung gas elpiji isi 3 Kg,” ujar kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Hj Sitta Saleha, Selasa 28 Juli 2020.

Banyak warga Kota Kendari mengantre untuk mendapatkan gas elpiji 3 kg sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Untuk memenuhi permintaan warga, Disperindag Sultra juga menyediakan sebanyak 560 tabung gas selama lima hari digelar pasar murah, dengan harga Rp 18.000 per tabung.

Menanggapi kegiatan pasar murah menjelang hari raya Kurban, warga menyambut baik. “Kegiatan pasar murah semacam ini sangat baik dan membantu warga yang tak mampu.

Apalagi gas elpiji, sudah susah diperoleh baik di pangkalan maupun di pengecer. Kalaupun dapat, harganya sudah sampai Rp 35 ribu per tabung, di sini hanya Rp 18 ribu. Jauh
sekali selisihnya,” kata Ny Wida.

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PASAR

Indonesia Berpeluang Penuhi Kebutuhan Biomassa Jepang

Published

on

By

OSAKA, bursabisnis.id – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina menyatakan, Indonesia berpeluang besar untuk memenuhi pasokan kebutuhan biomassa yang dibutuhkan Jepang.

Peluang ini terbuka sejalan dengan pencanangan kebijakan energi ramah lingkungan (green energy) oleh Pemerintah Jepang dalam Basic Energy Plan 2030 yang menargetkan produksi listrik sebesar 1.065 Twh. Dalam kebijakan tersebut, 3,7–4,6 persen sumber energinya berasal dari bahan baku biomassa.

Srie mengharapkan Indonesia dapat memberikan produk yang berkelanjutan, baik dari segi kuantitas, harga, dan terutama kualitas. Hal ini disampaikan Srie saat menjadi pembicara kunci dalam seri web seminar (webinar) Indonesia-Japan 20/21 Market Access Workshop: Renewable Energy yang diselenggarakan perwakilan perdagangan Indonesia di Jepang pada Selasa, 14 Juli 2020.

“Revolusi proyek-proyek pembangkit energi di Jepang ke sektor energi terbarukan yang banyak terjadi saat ini membutuhkan pemenuhan pasokan bahan baku biomassa. Ini membuka peluang bagi Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi hutan dan penghasil minyak kelapa sawit (palm oil) terbesar dunia, untuk mengisi kebutuhan biomassa di Jepang, khususnya yang berasal dari cangkang sawit (palm kernel shell/PKS) dan pelet kayu (wood pellet),” ujar Srie sebagaimana dilansir dari situs kemendag.go.id.

Srie menjelaskan, Jepang merupakan salah satu negara yang konsisten meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan, terutama sejak bencana nuklir yang terjadi di Fukushima pada 2011. Pemerintah Jepang mendorong penggunaan energi terbarukan dalam skala besar dengan kebijakan Feed in Tariff System (FIT) yang diperkenalkan sejak delapan tahun lalu.

Dengan skema tersebut, pemerintah Jepang mewajibkan perusahaan listrik membeli listrik dari sumber energi terbarukan, baik yang berasal dari angin, tenaga surya, dan biomassa dengan tarif sama selama 20 tahun. Kebijakan insentif yang diberikan pemerintah Jepang melalui FIT telah membuat siklus investasi ke sektor energi terbarukan mengalami peningkatan yang masif.

Guna menangkap peluang ekspor biomassa Indonesia di pasar Jepang, perwakilan perdagangan Indonesia di Jepang melalui Atase Perdagangan KBRI Tokyo bekerja sama dengan  Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka menjadikan webinar kali ini untuk memberikan pembaruan informasi pasar biomassa Jepang, khususnya di era pandemi Covid-19, kepada para eksportir Indonesia. Melalui webinar ini, importir Jepang juga memberikan gambaran dan masukan positif bagi pengembangan pasar ekspor produk biomassa Indonesia.

Hadir sebagai narasumber dalam webinar ini adalah Peneliti Senior Renewable Energy Institute dan perwakilan importir Jepang, Takanobu Aikawa, dan General Manager eREX Singapore Pte., Ltd., Hiraoki Goto.

Dalam paparannya, kedua narasumber menyampaikan besarnya potensi dan peluang pasar biomassa di pasar Jepang, serta pentingnya aspek keberlanjutan (sustainability) produk yang menjadi perhatian utama Pemerintah dan pelaku bisnis Jepang. Sebelumnya, Pemerintah Jepang telah memberikan kelonggaran atas kebijakan yang mewajibkan perusahaan eksportir PKS untuk mengantongi sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) hingga 2021.

Selain itu, Atase Perdagangan Jepang bekerja sama ITPC Osaka dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) juga telah secara aktif berpartisipasi dalam pameran perdagangan internasional terbesar di Jepang, The International Biomass Expo, yang berlangsung Tokyo pada 26—28 Februari 2020. Keikutsertaan dalam pameran ini merupakan upaya promosi ekspor yang tepat untuk produk biomassa Indonesia.

Atase Perdagangan Tokyo, Arief Wibisono mengungkapkan, konsumsi cangkang sawit dan pelet kayu di Jepang cukup besar sehingga peluang bagi Indonesia juga luas. “Produk biomassa Indonesia tentu memiliki peluang memimpin pasar di Jepang asalkan kualitas dan kuantitas produk kita dapat dipertahankan sesuai standar yang dibutuhkan pasar Jepang,” ujarArief.

Sementara itu, Kepala ITPC Osaka, Ichwan Joesoef menambahkan, untuk menjawab tantangan dan isu keberlanjutan produk biomassa Indonesia di pasar Jepang, diperlukan sinergi yang baik dalam komunikasi dan promosi antara Indonesia dan Jepang sehingga mendorong perbaikan kualitas dan standar produk yang diinginkan.

“Dengan adanya webinar ini, diharapkan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha biomassa Indonesia dan Jepang dapat terjalin semakin erat, sehingga Indonesia dapat memanfaatkan peluang ekspor biomassa yang ditawarkan Jepang secara optimal,” pungkas Ichwan.

Sekilas Perdagangan Indonesia—Jepang

 Berdasarkan data BPS yang diolah Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia dan Jepang pada 2019 tercatat sebesar USD 31,6 miliar dan surplus bagi Indonesia sebesar USD 341,43 juta. Sedangkan pada Januari—Mei 2020, total perdagangan kedua negara mencapai USD 11,1 miliar atau menurun 16,38 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang senilai USD 13,27 miliar. Adapun untuk kinerja ekspor produk biomassa Indonesia ke Jepang pada Januari—April 2020, tercatat USD 15,27 juta atau meningkat 0,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

 

Laporan : Rustam Dj

 

Continue Reading

PASAR

Bakal Calon Bupati Konsel Rusmin akan Kembangkan Pasar Ekonomi Kreatif

Published

on

By

KONAWE SELATAN, bursabisnis.id – Pasar tradisional Kecamatan Tinanggea dan Lapoa, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dikunjungi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Konsel, Rusmin Abdul Gani dan Senawan Silondae (RAG-SS).

Pria berprawakan sederhana itu mengunjungi pasar Kecamatan Tinanggea dan Kecamatan Lapoa. Datang sejak pagi, Oging, sapaan akrab Rusmin, menemukan sejumlah persoalan pasar yang perlu dibenahi.

“Dari pukul 06.30 Wita pagi sudah ke pasar. Saya melihat masih banyak tempat atau lapak pedagang yang kumuh dan bau. Ini proritas saya kalau terpilih jadi bupati Konsel dan kita akan jadikan pasar ekonomi kreatif,” katanya.

Rusmin Abdul Gani mengungkapkan, keberadaan pasar tradisional di 25 Kecamatan harus tetap dipertahankan dan dikembangkan dengan pola yang semi modern, fasilitas memadai serta terjaga kebersihannya.

Rencana tersebut, tambahnya, bukan hanya rencana semata. Namun, sudah direncanakan oleh tim secara matang.

“Teman-teman saya yang ada di tanah air sudah siap membantu membangun Konsel termasuk kementerian yang berkaitan,” tambahnya.

Sementara itu, Senawan menegaskan, alasan mengunjungi pasar tradisional, karena di sana merupakan pusat ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Hal ini sesuai dengan nawacita pemerintah saat ini.

Sebagai pusat ekonomi, kata Senawan Silondae, pasar tentu dikunjungi oleh banyak orang mulai dari dewasa sampai anak-anak. Namun, setiap musim hujan pasar tradisional menjadi tidak ramah buat pengunjung.

“Pasar yang kami jumpai banyak anak kecil yang diajak orang tuanya ke pasar. Dan nantinya kalau terpilih di Pilkada kami akan jadikan pasar di 25 kecamatan pasar yang ramah anak,” pungkasnya.

Bakal Calon Bupati dan wakil bupati Konawe Selatan, Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae, di pastikan maju di pilkada Konawe Selatan, dan telah mengantongi rekomendasi Partai Hanura. Dalam waktu dekat ini, RAG – SS akan di berikan rekomendasi oleh partai PDIP.

 

Laporan : Rustam

Continue Reading

OTOMOTIF

Astra Motor Gelar Promo Potongan Harga

Published

on

By

MAKASSAR, bursabisnis.id  – Astra Motor Makassar selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah SulselBarTra dan Ambon gelar Promo untuk konsumen yang ingin membeli skutik (skuter matik) Honda Scoopy, Genio, BeAT dan Vario 125. Promo dari Astra Motor Makassar ini akan dikemas dalam tema Promo Lebaran Lebih Mudah  Lebih Hemat, beli sepeda motor Honda bisa dari rumah serta mendapatkan promo potongan jutaan rupiah untuk periode 1 sampai  31 Mei 2020.

Promo Lebaran berlaku khusus untuk konsumen yang hendak melakukan pembelian sepeda motor Honda di wilayah Sultra dan Ambon. Manager Marketing Astra  Motor Makassar untuk wilayah Sultra dan Ambon Adrian Arlim,  mengatakan promo ini adalah bentuk apresiasi kami untuk pencinta Sepeda Motor Honda di Sultra dan Ambon, Astra Motor Makassar memberikan kesempatan bagi konsumen yang  hendak membeli Sepeda Motor Honda dengan berbagai promo menarik yaitu potongan hingga jutaan rupiah untuk pembelian Honda Scoopy, Genio, BeAT dan Vario 125.

“Selain memberikan berbagai promo menarik, masyarakat yang ingin memiliki Sepeda Motor Honda gausah takut ribet, karena bisa dilakukan dari rumah. Cukup dengan layanan aplikasi MotorkuX yang bisa di download di handphone, sudah bisa melakukan pembelian motor dan sparepart. Melalui promo ini, beli motor Honda jadi #LebihMudah#LebihHemat. Tinggal   4   hari   lagi   sebelum   periode   promo   ini    berakhir, jadi ayo serbu promonya jangan sampai ketinggalan, “ ujarnya.

Bagi konsumen yang hendak membeli sepeda motor Honda bisa menggunakan aplikasi motorkuX yang dapat diunduh melalui Playstore/Appstore di handphone konsumen. MotorkuX mempunyai fitur-fitur yang tentunya memberikan manfaat dan keuntungan bagi konsumen Sepeda Motor Honda sepeti membeli sepeda motor Honda serta Booking Service menjadi salah satu fitur yang dapat digunakan melalui aplikasi MotorkuX.

 

Tidak hanya itu, melalui aplikasi MotorkuX konsumen  akan mudah mendapatkan informasi produk dan program promo , konsumen juga akan mudah melakukan transaksi dengan mendapatkan informasi form-form pengajuan pembelian sepeda motor dan syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam pembelian motor.

Dalam aplikasi ini, terdapat games seru petualang motor (time trial) dan Trivia quiz. Program lainnya, pengumpulan poin dari service booking. Serta, dari games yang dimainkan lalu poin yang terkumpul, dapat ditukarkan dengan voucher belanja, makanan, hingga voucher hiburan.

 

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.