Connect with us

OTOMOTIF

Menko Perekonomian Dorong Gratiskan Pajak Mobil Baru

Published

on

JAKARTA, BursaBisnis.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong bebas pajak mobil baru demi merangsang pertumbuhan industri otomotif. Tak tanggung-tanggung, ia menargetkan pajak mobil baru nol persen berlaku mulai 1 Maret 2021.

Airlangga mengatakan pemerintah akan menanggung PPnBM bagi mobil di atas 1.500 cc, yaitu untuk kategori mobil sedan dan mobil 4×2. Tanggungan pajak sebenarnya diberikan selama sembilan bulan, namun terbagi menjadi tiga tahap dengan durasi masing-masing tiga bulan.

“Insentif PPnBM sebesar 100 persen dari tarif akan diberikan pada tahap pertama,” ujar Airlangga dalam keterangan resmi, Kamis (11/2/2021) sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia.com.

Selanjutnya, pemerintah akan memberi potongan pajak sebesar 50 persen dari tarif pajak pada tahap kedua atau tiga bulan berikutnya. Lalu, pada tahap ketiga, potongan pajak yang diberikan tinggal 25 persen.

“Besaran insentif ini akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan,” katanya.

Saat ini, peraturan menteri keuangan yang mengatur soal pungutan pajak mobil ini sedang direvisi. Lebih lanjut, Airlangga berharap insentif ini bisa menumbuhkan sektor otomotif yang menjadi salah satu lini bisnis di sektor manufaktur.

“Harapannya dengan insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor ini, konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas akan meningkat, meningkatkan utilisasi industri otomotif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini,” tuturnya.

Di sisi lain, ia juga berharap relaksasi PPnBM bisa didukung dengan revisi kebijakan OJK agar uang muka (down payment/DP) kendaraan bermotor bisa nol persen dari bank dan perusahaan pembiayaan (multifinance). Begitu juga dengan penurunan aktiva tertimbang menurut risiko (ATMR) untuk kendaraan bermotor.

Airlangga memaparkan, hasil hitung-hitungan Kementerian Perindustrian memperkirakan insentif pajak mobil bisa meningkatkan produksi mobil. Proyeksinya produksi mobil akan mencapai 81.752 unit dan menyumbangkan pemasukan negara sebesar Rp1,4 triliun.

“Kebijakan tersebut juga akan berpengaruh pada pendapatan negara yang diproyeksi terjadi surplus penerimaan sebesar Rp1,62 triliun,” pungkasnya.

Wacana mobil baru bebas pajak yang mengemuka saat ini sebenarnya sudah pernah ditolak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Namun kemudian masih terus diupayakan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Penolakan terjadi karena ingin memberi insentif pajak yang menyasar semua sektor industri, tidak hanya otomotif agar lebih merata.

“Kita tidak mempertimbangkan saat ini untuk memberikan pajak mobil baru sebesar nol persen seperti yang disampaikan oleh industri dan Kementerian Perindustrian,” ucap Ani, sapaan akrabnya.

Penolakan juga didasari oleh sinyal negatif bila pajak mobil baru jadi nol persen.”Setiap insentif yang diberikan kita akan evaluasi lengkap sehingga kita jangan berikan insentif di satu sisi yang berikan dampak negatif ke kegiatan ekonomi lain,” katanya.

Laporan : Rustam

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OTOMOTIF

Ana Wonua Grup dan Angkutan Online Kerjasama Layanan Perbengkelan

Published

on

By

KONAWE, BursaBisnis.id – Tepat di hari jadinya, komunitas grab car angkot lama menggelar berbagai kegiatan menarik melalui family gathering di patai toronipa, kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (06/03/2021).

Di Hari Ulang Tahun pertamanya, perkumpulan angkutan online ini bersepakat membangun kemitraan bersama PT Ana Wonua Grup tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MOU).

Dalam nota kesepahaman tersebut, driver transportasi daring angkot lama diberikan kemudahan dalam perbengkelan hingga layanan kredit onderdil kendaraan.

CEO Ana Wonua Grup Rusmin Abdul Gani mengatakan, kemitraan tersebut diharapkan dapat membantu dan memudahkan driver online dalam mencari nafkah, mengingat di masa pandemi saat ini pandapatan masyarakat mengalami penurunan.

“Kita memfasilitasi teman-teman melalui Program kerjasama perbengkelan seperti ganti oli, kerusakan ban dan perbaikan Sparepart lainnya dengan pembayaran yang dapat diangsur sesuai kemampuan. Olehnya itu, saya harapkan ini menjadi solusinya,”ujarnya.

Sementara itu, ketua komunitas Angkot Lama Yais Kusuma merasa terbantu dengan program kerjasama tersebut. ” terimakasih kepada PT Ana Wonua Grup yang telah memberikan perhatiannya kepada para driver online,” ungkapnya.

Laporan : Rus

Continue Reading

OTOMOTIF

Promo Honda Newnovember, DP Rp 2 Juta Sudah Bisa Bawa Pulang Motor Baru

Published

on

By

KENDARI, BursaBisnis.id – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon senantiasa memanjakan konsumen setianya melalui berbagai promo menarik. Di Bulan November ini, Asmo Sulsel kembali menghadirkan promo spesial bertajuk “Honda Newvember” yaitu promo potongan DP dan tenor hemat hingga Rp 2,85 juta.

Promo Newvember yang berlaku mulai 1-30 November 2020, memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin memiliki sepeda motor Honda terbaru. Promo potongan DP dan potongan tenor dapat dinikmati oleh konsumen yang ingin melakukan pembelian sepeda motor Honda type BeAT, Scoopy, Genio, dan Vario150 dan berlaku di khusus seluruh dealer sepeda motor Honda di wilayah Sulawesi Tenggara dan Ambon.

Adapun rincian promo Newvember yaitu untuk pembelian All New Honda BeAT cukup dengan DP Rp 2 jutaan dengan angsuran Rp 20 ribuan per hari konsumen sudah dapat memiliki skutik yang memiliki beragam fitur canggih ini. All New Honda BeAT menyematkan generasi terbaru mesin eSP 110cc yang lebih hemat bahan bakar dan menyuguhkan performa yang lebih optimal, kini lebih lincah dan dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga sepeda motor mudah dikendalikan dan nyaman saat dipakai bermanuver.

Selanjutnya yang tidak kalah hematnya adalah Skutik Casual Fashionable Honda Genio yang ditawarkan dengan promo DP hanya Rp 2 jutaan dan angsuran Rp 30ribuan per hari. Lalu untuk pembelian Honda Vario 150, konsumen akan dimanjakan dengan promo DP cukup dengan membayar Rp 3 juta dan angsuran hanya Rp 30 ribuan per hari.

Tidak kalah menarik, untuk Honda Scoopy hanya dengan DP Rp 3 jutaan dan angsuran Rp 30ribuan per hari, konsumen sudah dapat membawa pulang skutik yang memiliki keunggulan secara menyeluruh dari sisi desain, performa, fitur, maupun konsumsi bahan bakar yang irit, cocok untuk pemakaian harian ini.

Manager Marketing Asmo Sulsel untuk wilayah Sulawesi Tenggara dan Ambon Adrian Arlim mengatakan Honda selalu berupaya untuk memberikan program yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

“Semoga melalui program special Newvember, harapan konsumen untuk memiliki sepeda motor Honda bisa segera terwujud. Bulan baru promonya juga baru, motornya juga harus baru. So tunggu apa lagi ? saatnya jadi yang terbaru di bulan November ini”, ujar Adrian.

Adrian menambahkan, pada bulan November ini Asmo Sulsel juga memberi kesempatan kepada konsumen untuk tampil lebih #LebihBerkelas di jalanan dengan promo special untuk pembelian skutik Honda PCX150 dan Honda ADV150.

“Honda PCX150 dan ADV150 hadir dengan balutan design futuristik serta disematkan teknologi terbaik dikelasnya yang memberikan kesan eksklusif bagi penggunanya. Bagi konsumen yang ingin tampil #LebihBerkelas, kami berikan promo khusus gratis angsuran sebanyak 3x serta cashback seniali Rp 1,75 juta” , pungkas Adrian.

Laporan : Ibi

Continue Reading

OTOMOTIF

Yamaha Luncurkan All New Aerox 155 Connected

Published

on

By

JAKARTA, BursaBisnis.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Yamaha Aerox terbaru. Kini, Yamaha Aerox 155 memiliki teknologi terbaru, mirip Yamaha Nmax yang lebih dulu diluncurkan. Motor ini diberi nama Yamaha All New Aerox 155 Connected. Ini menjadi generasi terbaru Yamaha Aerox 155.

“Dengan semangat Full Gasspoll kami yang kuat, Yamaha terus menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Dan lebih dari itu, Yamaha ingin menciptakan sesuatu yang baru, seperti Maxi Series kami untuk kesenangan dalam berkendara. Kebanggaan besar memiliki konsep model baru, desain yang bagus, fitur yang berguna, dan mesin yang powerfull. Ya, Yamaha selalu memberikan hal baru!,” kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT YIMM dalam peluncuran AEROX 155 secara virtual, Senin (2/11/2020) sebagaimana dilansir dari laman Detik.com.

Radityo Andi Drhama, Manager Branding & Promotion Department, mengatakan Yamaha All New Aerox 155 Connected ini dikembangkan berdasarkan gagasan sebuah motor supersport dalam wujud motor matik. Dari segi tampilan, Yamaha Aerox 155 Connected ini mengusung DNA supersport.

“Yamaha All New Aerox 155 Connected memiliki ciri khas desain X-shape yang menegaskan konsep crossover antara supersport dan skuter. Yang dipertegas dengan desain fairing yang merupakan ciri khas dari motor supersport. Tampilannya makin sporty dengan full digital speedometer, lampu depan dan belakang full LED, serta ban tubeless super lebar,” kata Radit.

Soal urusan tenaga, Yamaha Aerox menggendong mesin 155 cc berpendingin cairan dengan teknologi VVA. Radit mengklaim Yamaha Aerox 155 Connected memiliki power to weight ratio tertinggi di kelasnya.

Dan unggulan dari Yamaha Aerox 155 Connected adalah fiturnya. Seperti Nmax, motor ini bisa terkoneksi dengan smartphone.

“Sesuai namanya, Yamaha All New Aerox 155 Connected, maka motor ini dapat terkoneksi dengan smartphone Anda. Melalui aplikasi Y-connect di smartphine Anda, Anda bisa memantau kondisi aki dan oli mesin, mengetahui lokasi parkir terakhir, mengecek konsumsi bahan bakar, serta mengetahui posisi ranking Anda saat ini dalam hal jarak tempuh dan eco riding dibandingkan dengan pengguna lainnya,” jelas Radit.

Fitur canggih lainnya yang ada di Aerox terbaru ini antara lain smartkey system, electric power socket, handlebar switch control, serta kapasitas bagasi yang luas. “Anda juga bisa menikmati perjalanan lebih lama, dengan desain tangki bahan bakar baru berkapasitas 5,5 liter,” sebut Radit.

Yamaha menawarkan Aerox Connected dalam dua tipe, yakni All New Aerox 155 Connected/ABS dan All New Aerox 155 Connected. All New Aerox 155 Connected/ABS hadir dalam dua warna spesial yaitu Prestige Silver dan Maxi Signature Black. Sementara untuk tipe All New Aerox 155 Connected ditawarkan dengan 4 pilihan warna yang meliputi Dark Grey Yellow, Matte Black Cyan, Red dan Black.

Yamaha Aerox 155 Connected/ABS dijual seharga Rp 29.000.000 dan untuk All New Aerox 155 Connected seharga Rp 25.500.000. Seluruhnya untuk OTR Jakarta.

“Yamaha All New Aerox 155 Connected ini akan tersedia di dealer resmi Yamaha mulai bulan November,” sebut Sutarya, Direktur Penjualan PT YIMM.

Laporan : rgr/din/Rus

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.