Connect with us

Provider

PLN Dianggap Kurang Berikan Informasi, Terkait Kenaikan Tarif Biaya Listrik

Published

on

Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Aimah Nurul Anam saat kunjungan kerja di Bali. -foto:dpr.go.id-

BALI, Bursabisnis.id – Pemberian layanan listrik oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau dinilai masih belum optimal.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Aimah Nurul Anam pada saat kunjungan kerja reses Komisi VI DPR RI dalam rangka evaluasi terhadap pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) dan ketahanan energi, di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN Abdi Mustakim, Direktur Distribusi PT. PLN Adi Priyanto beserta jajaran dan Direktur Utama PT. Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan beserta jajaran.

Mufti membeberkan sejumlah temuan yang diperoleh dirinya. Pertama, terkait sering padamnya aliran listrik di sejumlah daerah, khususnya di Bali. Hal itu mengakibatkan para turis mengeluhkan alat elektronik mereka menjadi rusak karena sering padamnya aliran listrik.

“Buka sedikit aja Tiktok di medsos, di Google, di Bali itu sering kali listrik mati itu. Bahkan, dampaknya banyak sekali turis yang datang, mereka mengeluhkan elektronik mereka rusak karena listriknya tidak stabil, nah ini kenapa bisa terjadi,” ujarnya sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Kemudian, yang kedua, permasalahan ketidakstabilan daya listrik yang dialami langsung oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P tersebut. Di mana rumah tinggal yang dia tempati berada tidak jauh dari Gedung Parlemen, yakni di daerah Senayan, Jakarta Pusat.

“Kami merasakan, kebetulan rumah saya di deket kantor, di Senayan, itu sering kali listrik itu naik turun, bahkan beberapa elektronik suka rusak, usut punya usut elektroniknya rusak karena daya listriknya yang suka turun. Kami coba tanyakan PLN di wilayah tempat kami tinggal, kemudian diperbaiki dan tidak ada masalah, tapi daya mati terjadi terus menerus,”

Dan yang terakhir, Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur II tersebut, menyebut PT. PLN kurang dalam memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya terkait dengan kenaikan biaya tarif listrik.

“Terus hari ini sedang ramai soal kenaikan tarif listrik. Kami ingin mendapat penjelasan itu, ketika kami di luar ditanya media tidak bisa jawab, sering kali PLN kalau tarif listrik sembunyi-sembunyi itu, tiba-tiba malam besok naik Pak,” jelas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Mufti berharap agar PT. PLN lebih responsif terhadap berita-berita up to date atau terkini yang terjadi di masyarakat terkait dengan pelayanan listrik.

“Harapan kami kalau ada berita-berita itu di-cover (direspon). Saya ngga tahu (PLN) punya tim untuk itu gak, sehingga menurut kami perlu dimitigasi,” tutup Mufti.

Sumber : dpr.go.id
Penulis : Tam

Continue Reading

Provider

Indosat Business Perkenalkan Vision AI

Published

on

By

Peluncuran vision AI. -foto:dok.indosat-at-

JAKARTA, Bursabisnis. id  – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business, memperkenalkan Vision AI, sebuah solusi pengawasan berbasis kecerdasan artifisial (AI) yang dirancang untuk mentransformasi industri dalam menjaga keamanan, meningkatkan efisiensi operasional, serta mengoptimalkan pengambilan keputusan berbasis data.

Peluncuran Vision AI menjadi tonggak penting dalam perjalanan Indosat sebagai mitra transformasi digital bagi berbagai sektor industri di Indonesia.

Dengan teknologi AI dan deep learning, Vision AI menghadirkan sistem kamera pengawas yang tidak hanya merekam, tetapi mampu menganalisis situasi secara real-time, mengenali pola-pola tertentu, serta memberikan peringatan dini atas potensi risiko maupun peluang yang muncul.

Hal ini memungkinkan pelaku usaha untuk merespons kondisi lapangan secara cepat, tepat, dan berbasis data, sembari tetap menjaga aspek privasi dan keamanan data pengguna.

M. Danny Buldansyah, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan bahwa kehadiran Vision AI mencerminkan pergeseran paradigma dari sistem pengawasan pasif menuju pendekatan yang lebih aktif, cerdas, dan kontekstual.

“AI bukan lagi masa depan. AI adalah masa kini, dan Vision AI membuktikan bahwa teknologi bisa digunakan untuk menciptakan sistem pengawasan yang lebih responsif, efisien, dan tetap mengedepankan perlindungan privasi,” ungkapnya.

Vision AI dirancang dalam format modular dan fleksibel untuk menjawab beragam kebutuhan bisnis. Solusi ini tersedia dalam bentuk AI Box, kamera yang sudah siap AI, sensor 3D stereo, serta platform pelatihan AI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri tertentu.

Fleksibilitas ini memudahkan integrasi baik dengan sistem CCTV yang sudah ada maupun yang baru, sehingga dapat digunakan oleh perusahaan dari berbagai skala, mulai dari UMKM hingga korporasi besar.

Vision AI dapat beroperasi dengan berbagai skenario di lapangan, mulai dari pemantauan otomatis di zona berbahaya, penghitungan dan analisis lalu lintas untuk kepentingan publik, pengawasan keamanan area publik secara proaktif, hingga pemahaman perilaku konsumen di sektor ritel dan layanan publik. Semua proses analisis dilakukan secara lokal dan real-time, memanfaatkan kekuatan infrastruktur AI yang aman dan berdaulat.

Dengan dukungan sovereign cloud, pusat data lokal, dan ekosistem co-creation bersama para mitra teknologi, Vision AI menjadi bagian dari strategi holistik Indosat Business dalam memperkuat transformasi digital yang inklusif, aman, dan sesuai dengan regulasi nasional.

Inisiatif ini juga mendukung upaya pemerintah dalam membangun ekosistem AI yang mandiri dan berdaya saing global, sekaligus menjawab kebutuhan industri yang kian mendesak terhadap solusi pengawasan berbasis data yang lebih canggih.

Laporan : Kas

Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Tri Hadirkan Jaringan Lebih Cepat dan Luas, Jangkau Kepulauan  Buton dan Muna

Published

on

By

Brand Tri perluas jangkauan di wilayah Sultra. -foto:ist-

KENDARI, Bursabisnis. Id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, kini hadir di Pulau Buton dan Pulau Muna, Sulawesi Tenggara.

Penetrasi ini merupakan bagian dari komitmen Indosat dalam menghadirkan akses digital yang merata di wilayah timur Indonesia.

Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki potensi besar dalam ekonomi digital, dengan tingkat penetrasi internet mencapai 64,05%.

Didukung kekayaan alam dan potensi pariwisata yang menjanjikan, wilayah ini membutuhkan jaringan yang andal untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Menjawab kebutuhan tersebut, Tri menghadirkan peningkatan infrastruktur jaringan 4G dan kapasitas koneksi data di wilayah Buton dan Muna.

Masyarakat kini dapat menikmati layanan internet yang lebih cepat dan stabil, mendukung berbagai aktivitas digital mulai dari komunikasi, pembelajaran daring, hingga hiburan seperti video streaming dan mobile gaming.

Swandi Tjia, EVP Head of Circle Kalisumapa Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan, “Penguatan jaringan Tri di Pulau Buton dan Muna merupakan wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan akses digital yang inklusif hingga ke wilayah kepulauan. Kami ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat, termasuk di kawasan Indonesia Timur, dapat menikmati konektivitas berkualitas dunia.”

Hingga saat ini, jaringan Tri telah menjangkau lebih dari 72% populasi di Sulawesi Tenggara.

Layanan Lebih Hemat dan Sinyal Cepat dari Tri ini tidak hanya dapat dinikmati di wilayah perkotaan, namun juga menjangkau hingga wilayah pelosok dan kepulauan. Hingga saat ini, jaringan Tri telah menjangkau 72% populasi Sulawesi Tenggara. Khusus di Pulau Buton serta menjangkau hingga ke wilayah pelosok dan kepulauan.

Masyarakat kini dapat merasakan langsung layanan berkualitas Tri dengan Lebih Hemat dan Sinyal Cepat. Produk-produk Tri kini juga semakin mudah diakses melalui berbagai outlet dan 3Kiosk di Sulawesi Tenggara. Pelanggan dapat menikmati berbagai pilihan produk seperti Perdana Happy 3GB dengan harga Rp 35ribu.

Selain itu, terdapat Isi Ulang Happy 5GB untuk 2 hari dengan harga Rp 10ribu, 12GB untuk 7 hari dengan harga RP 25ribu, 10GB untuk 28 hari dengan harga Rp 35ribu dan 42GB untuk 28 hari dengan harga Rp 84ribu .

Dapatkan berbagai produk Tri aplikasi bima+, 3Store, 3Kiosk, retailer resmi Tri, platform e-commerce, atau USSD *888#.

Untuk informasi lainnya terkait produk Tri, kunjungi situs resmi tri.co.id, dan ikuti media sosial @triindonesia dan @tri.sulawesi untuk mendapatkan informasi terkini.

 

Laporan : Kas

Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Telkomsel Perkuat Pengalaman Roaming Global di Era Konektivitas 5G dengan RoaMAX Prestige dan RoaMAX Auto-On

Published

on

By

Telkomsel Perkuat P

JAKARTA, Bursabisnis. Id -Merayakan tiga dekade perjalanan inovasi “Majukan Indonesia”, Telkomsel meluncurkan dua inovasi roaming sekaligus: RoaMAX Prestige, paket roaming premium dengan kuota besar, jangkauan terluas, dan manfaat Diamond Tier Telkomsel Prestige; serta RoaMAX Auto-On, layanan roaming harian otomatis yang aktif di darat maupun di udara tanpa repot aktivasi berulang.

RoaMAX Prestige: Standar Baru Roaming Premium

RoaMAX Prestige dirancang bagi pelanggan yang mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan konektivitas global. Tersedia seharga Rp1 juta di aplikasi MyTelkomsel, paket ini menyediakan kuota 30 GB dengan masa aktif 30 hari yang bisa digunakan di lebih dari 180 negara, serta layanan konektivitas dalam penerbangan (inflight connectivity).

Setelah membeli RoaMAX Prestige, dalam maksimal 3 hari kalender pelanggan otomatis berstatus Diamond Tier Telkomsel Prestige dan dapat segera menikmati akses lounge bandara gratis, jaringan prioritas, asisten virtual pribadi, layanan fast-lane GraPARI dan Call Center, serta ragam penawaran eksklusif dari mitra digital lifestyle Telkomsel.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan, “RoaMAX Prestige kami rancang dengan keunggulan kuota besar, jangkauan terluas, dan manfaat Diamond Tier Telkomsel Prestige, agar pelanggan Telkomsel bisa tetap produktif, nyaman, dan merasa istimewa di mana pun mereka berada.”

Pelanggan dapat mengaktifkan paket RoaMAX Prestige melalui aplikasi MyTelkomsel, USSD *266# dan info selengkapnya di tsel.id/rmxprestige.

RoaMAX Auto-On: Roaming Harian Otomatis di 136+ Negara dan In-Flight untuk Pelanggan Telkomsel Halo

Untuk frequent traveler sekaligus pelanggan Telkomsel Halo terpilih yang butuh solusi praktis, RoaMAX Auto-On aktif otomatis begitu ponsel terdeteksi di lebih dari 136 negara atau di penerbangan internasional yang didukung. Pelanggan Telkomsel Halo yang terpilih cukup mengaktifkan paket melalui USSD *266*06#; biaya Rp100 ribu/hari ditagihkan hanya saat paket benar-benar terpakai di luar negeri, dengan alokasi kuota 2 GB di negara tujuan + kuota 2 GB dalam penerbangan.

Inflight connectivity tersedia di lebih dari 19 maskapai internasional – ketersediaan menyesuaikan jenis pesawat, rute, dan durasi penerbangan – memastikan pelanggan bisa tetap online dari boarding hingga mendarat.

“Bagi pelanggan Telkomsel Halo yang sering bepergian ke luar negeri, RoaMAX Auto-On memadukan kemudahan aktivasi otomatis dengan kontrol biaya yang jelas. Pelanggan bebas khawatir lupa membeli paket roaming atau terkena Pay-As-You-Use,” tambah Derrick.

Info selengkapnya terkait Paket RoaMAX Auto-On di tsel.id/roamaxauto.

Peningkatan Layanan RoaMAX

Telkomsel terus memperluas jangkauan dan kualitas RoaMAX hingga kini tersedia di lebih dari 200 destinasi internasional dengan mitra operator terbaik di tiap negara. Pelanggan bisa menikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan 5G di 20 negara dan layanan VoLTE di 25 negara untuk panggilan suara berkualitas tanpa memutus koneksi internet. Pelanggan RoaMAX yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center bebas pulsa 24/7 di +62 811-0000-333 atau mengunjungi telkomsel.com/roaming.

Selama perayaan “30 Tahun, 30 Kejutan”, Telkomsel juga menghadirkan berbagai persembahan spesial – mulai dari kuota besar, paket baru, diskon bundling perangkat, hingga cashback tagihan – sebagai wujud komitmen menghadirkan konektivitas yang semakin inklusif dan bermakna bagi seluruh pelanggannya.

Laporan : Kas

Editor : Tam

Continue Reading

Trending