Connect with us

KOMUNITAS

RAG : Himapindo Sultra Harus Bisa Ciptakan Ruang Ekonomi Kreatif

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id – Ketua Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI Sultra, Rusmin Abdul Gani (RAG) berharap kepada pengurus Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) Sultra yang baru saja dilantik, agar dapat melahirkan pengusaha-pengusaha baru asal bumi anoa, yang nantinya juga dapat bersaing dengan pengusaha nasional lainnya.

“Pelantikan Himapindo Sultra ini merupakan ajang untuk membangun kebersamaan bagi para pengusaha sebagai cita-cita dan tujuan hidup. Saya juga harapkan pengurus yang baru dilantik dapat menciptakan peluang usaha yang lebih kreatif, sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal,” ujar Dewan Pembina Himapindo Sultra ini, Sabtu (16/1/2020).

Pria yang akrab disapa Oging itu mengaku optimis pengusaha-pengusaha muda yang memiliki jiwa enterpreuneur baru akan muncul. Mengingat kesempatan terbuka sangat luas. Apalagi, pemerintah selalu memberikan dorongan serta budaya yang kuat.

“Saya optimis kepengurusan ini dapat membangkitkan ekonomi daerah yang lebih inovatif dan mampu bersaing di skala nasional,” yakinnya.

Menurut mantan General Manager PT. VDNI ini, dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, peran Himapindo sangatlah penting dalam memberikan edukasi kepada para pemuda untuk berwiraswasta khususnya dalam menggali potensi lokal.

 

 

Liputan : Ikas

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMUNITAS

Resmi Dilantik, Himapindo Sultra Berkomitmen Lahirkan Pengusaha Muda Berbasis Kemahasiswaan

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Pengurus BPW Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) Sultra resmi dikukuhkan, Sabtu (16/1/2020) di Hotel Claro Kendari.

Wakil Korwil Sulawesi BPP Himapindo, Ujang Hermawan diberikan mandat Ketum BPP untuk melantik pengurus BPW Himapindo Sultra.

Pelantikan tersebut turut dihadiri Ketum Kadin Sultra, Anton Timbang, Rusmin Abdul Gani dan Haris Andi Surachaman.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Rendi Tabara mengatakan, bahwa pasca pelantikan pengurus, Himapindo Sultra akan senantiasa membangun sinergitas dalam mewujudkan cita-cita organisasi untuk melahirkan pengusaha muda yang berdaya saing.

Rendi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas konrltribusi para dewan pembina dan panitia dalam menyukseskan pelantikan pengurus Himapindo Sultra.

“Pelantikan ini terselenggara berkat support dari para dewan pembina dan rekan-rekan pengurus. Terima kasih atas dukungannya, semoga kita semua senantiasa bersinergi dalam membangun perekonomian Indonesia, dan dimulai dari Sultra,” ujar Rendi Tabara.

Ketua dan Sekertaris BPW Himapindo Sultra berpose bersama Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang, Rusmin Abdul Gani dan Haris Andi Surachman serta Wakil Ketua Korwil Sulawesi BPP Himapindo, Ujang Hermawan. Foto : Ikas/bursabisnis.id.

Di tempat yang sama, Ketum BPW Himapindo Sultra, Ahmad Sainul mengatakan, pihaknya sudah menyusun perencanaan yang matang untuk berkolaborasi dalam pengembangan usaha para pengurus, sehingga cita-cita menjadikan para mahasiswa sebagai pengusaha sebelum menyandang gelar sarjana dapat terwujud.

“Ke depan kita harus berkolaborasi dalam pengembangan usaha. Ke depan kami sudah menyusun planing instrumen untuk menumbuh kembangkan giat-giat usaha, dan basisnya tumbuh dari kalangan kemahasiswaan, dan dimulai dari Kendari selanjutnya akan disambut oleh provinsi-provinsi lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, bahwa untuk menjawab tantangan Indonesia emas, maka dibutuhkan jutaan pemuda sebagai lokomotif pengusaha muda di Indonesia.

Lebih lanjut, Ahmad Sainul juga mengajak lembaga eksternal lainnya untuk bahu membahu dan saling menguatkan, bukan malah saling menjatuhkan.

 

 

Liputan : Ikas

Continue Reading

KOMUNITAS

Hugua: Pentingnya Pola Pengelolaan Sumber Daya yang Berkelanjutan

Published

on

By

JAKARTA – Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Maritim 6 Negara CTI ( Maritim LGN) Ir. Hugua mengungkapkan, untuk menjamin keberlanjutan dalam pembangunan, maka rencana strategis dan pola pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan bagi semua organisasi sangat perlu dilakukan.

“Rencana strategis itu sama dengan garis-aris besar haluan organisasi, yang berfungsi sebagai petunjuk arah perjalanan organisasi ke depan,” ungkap Hugua saat membuka lokakarya rencana strategis dan mobilisasi sumber daya bagi organisasi, Senin (29/7) di ruang Teripang, Gedung Mina Bahari 4 Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kulthida Techasarin (Ann) selaku Regional Coordinator US DOI Bangkok, bahwa rencana strategis harus diikuti dengan pengelolaan sumber daya, khususnya sumber daya keuangan yang berkelanjutan.

“Sebagai contoh, US DOI hanya mendukung Maritim LGN dalam kurun waktu tertentu, dan setelah itu, lembaga ini harus bisa mandiri dengan sumber daya sendiri,” tegas Ann.

Dia juga menggaris bawahi, bahwa US DOI membiayai kegiatan lokakarya seperti ini, karena begitu peduli dengan Maritim LGN dan organisasi lainya untuk mandiri dalam pengelolaan organisasinya .

Lokakarya ini akan dilakasanakan selama tiga hari, dari tanggal 29 Juli sampai 31 Juli 2019, dan diikuti oleh perwakilan dari Pemda antara lain Pemda Kota Ambon, Kabupaten Buleleng , Kemenko Maritim , UNESCO Jakarta Office, Kementerian Dalam Negeri , Kementerian KKP dan dari unsur swasta nitra kementerian dan Maritim LGN .

Para pembicara dalam acara ini adalah Hendra Yusran Siri, Interim direktur Eksekutif Regional Secretaria CTI CFF, Guada Lagrada US DOI Expert , Sri Atmini NCC CTI CFF Indonesia, Ann dari USAID DOI Bangok dan Aldito Kodijat dari UNESCO Office Jakarta.

 

 

 

Laporan: Azka Fausan

Continue Reading

KOMUNITAS

Japnas Sultra Gelar Diklat dan Pendataan Anggota

Published

on

By

KENDARI, Bursabisnis.id – Guna menyelaraskan tata kelola organisasi, Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan pendidikan dan pelatihan serta pendataan anggota Japnas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) disalah satu Hotel di Kendari, Rabu 27 Maret 2019.

Ketua Harian Japnas Sultra, Khalid Usman mengatakan, kegiatan ini juga untuk melatih dan mendata pengusaha-pengusaha yang ada di Sulta yang tergabung dalam Japnas agar mandiri dan lebih sukses kedepan.

“Kita akan membahas bagaimana menyosiasilasikan AD/ART Japnas, menjalankan organisasi, tata tertib, apa produktifitas kita serta mengembangkan usahan dan lain – lain” ungkap Khalid saat memberikan sambutan.

Ia juga mendorong kaula muda untuk menjadi pengusaha yang mandiri. Sebab, kerja bukan hanya semata menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) saja.

“Semua intruksi dari pusat,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Kaderisasi  dan Hukum Japnas Pusat, Reza Irsyad Amini menambahkan, pengurus pusat ingin semua anggota Japnas khususnya di Sultra ikut menciptakan Indonesia yang makmur dan berdaulat secara ekonomi.

“Kami ingin mengubah paradigram semua masyarakat mulai mengubah pola pikirnya dari konsumtif menjadi produktif,” kata Reza,

Menurutnya, Japnas juga ikut mendorong para kaula muda untuk berfikir untuk menjadi pengusaha.

“Karena kami ingin semua pengurus Japnas Sultra siap untuk takeoff, kami minta juga Japnas untuk merekrut anggota sebanyak mungkin,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketum Japnas Sultra, Sania Kartika Sandi menyebutkan, saat ini sudah ada sekitar 67 anggota yang tergabung dalam kepengurusan PW Japnas Sultra, yang berasal dari berbagai sektor usaha, baik pengusaha mikro hingga besar.

“Ada pengusaha kuliner, kontraktor, travel hingga pengusaha tambang,” bebernya.

 

 

Laporan: Afdal

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.