Connect with us

Fokus

Segera ke Samsat, Ada Program Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Published

on

KENDARI, BursaBisnis.id – Terhitung sejak 12 April sampai 31 Juli 2021 mendatang, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama lembaga yang tergabung dalam Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) memberlakukan program pembebasan denda pajak kendaraan bermotor (PKB), denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) terkecuali tahun berjalan, dan bebas bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) ke-2.

Menurut Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad, program pembebasan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Sultra Nomor 5 tahun 2021 tentang pemberian keringanan/pembebasan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor atas penyerahan kepemilikan kedua dan seterusnya.

Dalam Pergub Pasal 4 ayat 2 dijelaskan bahwa pemberian pembebasan denda pajak sebagai dampak dari penyebaran wabah COVID-19. Selanjutnya, penghapusan yang dimaksud berupa bunga atau denda pajak sebesar 100 persen.

“Pembebasan ini hanya berlaku untuk denda pajak kendaraan bermotornya, dan denda SWDKLLJ dari Jasa Raharja kecuali tahun berjalan, sementara pokok pajaknya tetap dibayarkan. Jadi ini berbeda dengan pemutihan pajak,” katanya

“Sedangkan bebas BBN ke-2 untuk mutasi yaitu perubahan kepemilikan dari luar Sultra yaitu non DT, dan BBN karena perubahan kepemilikan dalam daerah Sultra yaitu sesama plat DT, maupun untuk balik nama kedua dan seterusnya,” sambungnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan program ini, Bapenda Sultra bersama Bank Sultra, Jasa Raharja dan kepolisian yang tergabung dalam Samsat akan bergerak bersama dalam pelaksanaannya di lapangan.

“Kita harapkan pemilik mobil dan motor dapat memanfaatkan program ini untuk meringankan beban akibat denda dari tunggakan pajaknya,” pungkasnya.

Laporan : Rustam

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fokus

Kadin Sultra Deklarasikan Dukungan ke Arsjad Rasjid

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dibawah komando Anton Timbang mendeklarasikan dukungan suara kepada Arsjad Rasjid calon ketua umum Kadin Indonesia, Senin 10 Mei 2021.

Dalam forum Musyawarah Nasional (Munas) Kadin Indonesia yang akan digelar di Bali pada tanggal 1 sampai 4 Juni 2021 mendatang, Kadin Sultra mengarahkan dukungan suara ke Arsjad Rasjid.

Padahal sebelumnya, Anton Timbang menyatakan dukungannya  ke Caketum Anindya Bakrie.

Pernyataan itu disampaikan Anton, dua hari sebelum rapat pleno pengurus Kadin Sultra.

Deklarasi bersama tersebut dipimpin dan dibacakan oleh Wakil Ketua Umum (WKU) Otonomi Daerah Kadin Sultra, Yani Muluk dan diikuti seluruh pengurus Kadin Sultra.

Dalam deklarasi tersebut, seluruh pengurus Kadin Sultra kompak mendukung Arsjad Rasjid pada Munas Kadin Indonesia.

Ketua Umum (Ketum) Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan, penentuan arah dukungan di Munas ditentukan melalui proses yang demokratis.

Dijelaskannya, kendati sejak awal dirinya mendukung Anindya Bakrie, namun mayoritas pengurus Kadin Sultra menginginkan Arsjad Rasjid

“Yah inilah proses demokratis yang kita terapkan di Kadin Sultra. Walaupun sejak awal sudah saya nyatakan mendukung Pak Anindya Bakrie, namun teman-teman pengurus lebih memilih Pak Arsjad Rasjid,” jelas Anton Timbang.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Fokus

Kadin Sultra Dukung Arsjad Rasjid, Dengan Syarat Dua Poin

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Calon ketua umum (Caketum) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid memperoleh dukungan dari Kadin Sultra.

Padahal sebelum rapat pleno pengurus Kadin Sultra, nama Anindya Bakrie menguat untuk mendapat dukungan pencalonan pada Munas Kadin yang akan dihelat pada tanggal 1 sampai 4 Juni 2021 di Bali.

Ketua Umum (Ketum) Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan, penentuan arah dukungan di Munas ditentukan melalui proses yang demokratis.

Dijelaskannya, kendati sejak awal dirinya mendukung Anindya Bakrie, namun mayoritas pengurus Kadin Sultra menginginkan Arsjad Rasjid

“Yah inilah proses demokratis yang kita terapkan di Kadin Sultra. Walaupun sejak awal sudah saya nyatakan mendukung Pak Anindya Bakrie, namun teman-teman pengurus lebih memilih Pak Arsjad Rasjid. Dan inilah keputusan organisasi,” jelas Anton Timbang, saat memberikan sambutan pada kegiatan silaturahmi pengurus Kadin Sultra bersama insan pers, Senin (10/5/2021).

Hanya saja, lanjutnya, Kadin Sultra mengajukan dua point yang harus dipenuhi oleh Arsjad Rasjid.

Disebutkannya, Arsjad Rasjid harus mengakomodir perwakilan dari Sultra masuk dalam pengurus pusat. Selanjutnya, Kadin Indonesia dibawah nahkoda Arsjid Rasjid juga harus bersedia melakukan kerjasama jangka panjang dengan Kadin Sultra.

“Jika hal itu tak dipenuhi, maka bisa dimungkinkan untuk dilakukan pleno lagi,” tegasnya.

Anton Timbang juga menyampaikan, bahwa Kadin Sultra akan membawa rombongan yang cukup banyak di Munas Bali nanti.

“Dan kita juga sudah sepakati bersama, Pak Sumarlin sebagai kepala rombongan di Munas. di sana juva sudah ddisiapkan villa dan kendaraan,” tutupnya.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Fokus

Gubernur Ali Mazi Lantik Bupati dan Wakil Bupati Konsel dan Konut

Published

on

By

KENDARI, BursaBisnis.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, resmi melantik Surunuddin Dangga,ST,MM dan Rasyid,S.Sos, M.Si sebagai bupati dan wakil bupati Konawe Selatan (Konsel) periode 2021-2026 di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur (Rujab), Senin 26 April 2021.

Selain melantik pasangan bupati dan wakil bupati Konsel, Ali Mazi juga melantik DR. Ruskamin dan Drs Abu Haera sebagai bupati dan wakil bupati Konawe Utara (Konut) periode yang sama, yakni 2021-2026.

Pelantikan ini dilakukan gubernur Sultra, sesuai surat keputusan (SK) nomor 131.74-1017 tentang perubahan kedua atas keputusan Kemendagri Nomor 131.74/265 Tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, hasil Pilkada serentak 2020.

Saat pelantikan dua kepala daerah itu, Ali Mazi menyampaikan ucapan selamat kepada bupati dan wakil bupati, yang baru saja di ambil sumpahnya.

“Izinkan saya atas nama masyarakat dan pemerintah provinsi mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya kedua kepala daerah, yang baru saja memenangkan kontestasi Pilkada serentak 2020, khususnya untuk di Konsel dan Konut,” ujarnya.

Ali Mazi yakin dengan telah diselesainya pelantikan, masyarakat, pendukung dan simpatisan tentunya bahagia menyambut kehadiran keduanya sebagai kepala daerah.

Dengan pelantikan ini juga, diharapkan tidak ada lagi gesekan atau cerita mendukung atau tidak mendukung pasangan bupati dan wakil bupati yang baru dilantik ini.

Semua kalangan, harus menyatukan niat, dan menyelaraskan langkah untuk kemajuan dan kesejateraan bersama, untuk disemua lapisan masyarakat.

“Kontestasi politik telah usai, masyarakat diharapkan dapat menyatukan diri demi keberlanjutan pembangunan di dua daerah,” tukasnya. Untuk ketahui ini, kegiatan pelantikan ini menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19. Tamu tamu undangan yang hadir dibatasi, duduk dengan menjaga jarak. Undangan yang hadir wajib menggunakan masker. Sebelum masuk ruangan pelantikan, undangan wajib mencuci jangan terlebih dahulu.

Laporan : Ibi

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.