PERDAGANGAN
Selama 16 Tahun Beroperasi, Kini Pusat Perbelanjaan Brylian Plaza Kendari Tutup
KENDARI, Bursabisnis.id – Salah satu pusat perbelanjaan kenamaan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Brylian Plaza Kendari tutup sejak pekan lalu.
Tidak diketahui pasti penyebab Brylian Plaza Kendari tutup, setelah beroperasi sejak tahun 2008 hingga 2024.
Selama 16 tahun, Brylian Plaza Kendari menjadi pusat perbelanjaan kebanggaan warga Kendari dan sekitarnya.
Sebab di Brylian Plaza Kendari inilah untuk pertama kalinya hadir Matahari Dept Store di Ibukota Provinsi Sultra.
Sebagaimana diketahui, Brylian Plaza terletak di Jalan Sao-sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari
Di Brylian Plaza, pengunjung tidak hanya berbelanja di Matahari Dept Store tapi juga tersedia swalayan yang menyediakan kebutuhan pokok.
Bahkan juga tersedia food court dan aneka permainan Time Zone dan hiburan family karaoke.
Brylian Plaza kini semua tinggal menjadi kenangan bagi warga Kendari, di tengah hadirnya Lippo Plaza Kendari dan Mall The Park Kendari yang juga berada di wilayah Kecamatan Kadia, Kota Kendari.
Penulis : Icha
Editor : Tam
PERDAGANGAN
Ini Kronologi 26.415 Kontainer Ditahan Tanpa Informasi yang Jelas
JAKARTA, Bursabisnis.id – Ini kronologi belum transparannya Menteri Keuangan (Menkeu) memberikan informasi, terkait isi 26.415 kontainer yang tertahan dan kemudian diloloskan dari pelabuhan pada bulan Mei 2024 lalu.
Padahal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membutuhkan informasi data tersebut secara detail untuk memitigasi dampak pelolosan 26 ribu kontainer tertahan tersebut pada industri.
Berikut kronologinya :
27 Juni 2024
Menteri Perindustrian mengirimkan surat permohonan data muatan 26.415 kontainer yang tertahan di Pelabuhan pada Menteri Keuangan.
17 Juli 2024
Dirjen Bea dan Cukai menandatatangani surat balasan permohonan data Menteri Perindustrian
31 Juli 2024
Dirjen Bea dan Cukai menyampaikan ke media telah mengirimkan surat balasan permohonan data muatan 26.415 kontainer pada Menteri Perindustrian dan sebagian muatan kontainer telah dimusnahkan.
31 Juli 2024
Jubir Kemenperin, Febri Hendri A.A membantah pernyataan Dirjen Bea dan Cukai bahwa Kemenperin belum menerima surat Dirjen Bea dan Cukai tersebut. Jubir Kemenperin juga menanyakan BAP (Berita Acara Pemusnahan) detail soal sebagian barang dari 26.415 kontainer yang dimusnahkan oleh Ditjen Bea dan Cukai terkait
2 Agustus 2024
Menteri Perindustrian telah menerima secara resmi surat balasan Dirjen Bea dan Cukai
Terhadap surat balasan tersebut, Kemenperin menanggapi sebagai berikut:
1. Jika sebagian besar kontainer yang menumpuk berisi bahan baku/bahan penolong (80,13 persen), Jubir mempertanyakan urgensi penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 8 Tahun 2024 yang dimotori oleh Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan dan merelaksasi impor untuk barang hilir(jadi)/barang konsumsi. Sedangkan kontainer dengan muatan barang hilir (jadi)/barang konsumsi jumlahnya jauh lebih kecil (12.7 persen).
2. Data yang disampaikan dalam surat Dirjen Bea dan Cukai baru menjelaskan terkait muatan 12.994 kontainer atau 49,19 persen dari data total 26.415 kontainer. Sisanya, isi 13.421 kontainer tidak dijelaskan dengan baik. Hal ini aneh dan janggal, mengingat Dirjen Bea dan Cukai mengklaim telah meloloskan semua kontainer tersebut dari pelabuhan. Wajarnya, Dirjen Bea dan Cukai memiliki data tersebut pada sistem informasi digital 26.415 kontainer yang telah mereka loloskan tersebut dan mampu menyediakannya bagi Kemenperin dengan cepat.
3. Permohonan importasi dari Kemenperin didasarkan atas HS Code 8 digit dan terdapat dalam dokumen impor yang dipegang oleh Ditjen Bea dan Cukai. Sedangkan informasi yang disampaikan dalam surat balasan adalah HS Code 2 digit. Oleh karena itu, tidak bisa diketahui barang sesungguhnya dalam bentuk bahan baku atau barang jadi. Kemenperin meminta Ditjen Bea dan Cukai untuk memberikan data detail barang importasi HS Code 8 digit dari 26.415 kontainer yang menumpuk di pelabuhan-pelabuhan tersebut.
4. Data importasi barang dengan HS Code 8 digit sangat diperlukan oleh Kemenperin, karena apabila terdapat produk yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri, maka akan berpengaruh kepada industri dalam negeri. Inilah pentingnya pengendalian importasi khususnya untuk produk-produk yang termasuk HS bahan baku.
5. Untuk itu, Kemenperin perlu mendapat data yang lebih valid dalam HS Code 8 digit dan sesuai jumlah yang sampai saat ini sudah dikeluarkan oleh Ditjen Bea dan Cukai Indonesia sejak diperlakukannya Permendag No. 8 Tahun 2024, supaya dapat mengantisipasi dengan kebijakan yang tepat untuk membendung produk impor guna meningkatkan daya saing produk industri dalam negeri.
6. Pemusnahan sebagian barang dari 26.415 kontainer tersebut juga janggal, karena hal tersebut menandakan adanya isi kontainer yang merupakan barang dilarang masuk ke Indonesia, namun masuk dalam pengelompokan 26.415 kontainer. Ditjen Bea dan Cukai perlu menyampaikan informasi mengenai kapan dan di mana barang-barang yang dimusnahkan tersebut masuk dan dibongkar di pelabuhan, serta jumlah kontainer serta HS Code-nya, juga Berita Acara Pemusnahannya.
Jubir Kemenperin juga menyoroti keterlambatan pengiriman surat oleh Ditjen Bea dan Cukai sejak ditandatangani. Hal ini perlu mendapat perhatian dari Menkeu terutama terkait sistem administrasi pada Ditjen Bea dan Cukai. “Kemenperin membutuhkan data yang valid dan dapat diandalkan serta tersedia dengan cepat untuk mengantisipasi penurunan kinerja industri manufaktur dalam negeri saat ini,” pungkasnya.
Sumber : kemenperin.go.id
Penulis : Tam
PERDAGANGAN
26.415 Kontainer Ditahan Lalu Diloloskan, Menkeu Belum Transparan Berikan Informasi
JAKARTA, Bursabisnis.id – Menteri Keuangan belum transparan terkait isi 26.415 kontainer yang tertahan dan kemudian diloloskan dari pelabuhan pada bulan Mei 2024 lalu.
Padahal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membutuhkan informasi data tersebut secara detail untuk memitigasi dampak pelolosan 26 ribu kontainer tertahan tersebut pada industri.
Sampai saat ini, Kemenperin belum bisa menyusun kebijakan atau langkah-langkah antisipatif pelolosan isi kontainer tersebut dari pelabuhan meski kinerja industri manufaktur dalam negeri telah turun pada bulan Juli 2024 berdasarkan IKI (Indeks Kepercayaan Industri) dan kontraksi berdasarkan Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur S&P Global.
“Menteri Perindustrian telah menerima surat balasan Menteri Keuangan yang disampaikan dan ditandatangani oleh Dirjen Bea dan Cukai. Surat dari Dirjen Bea dan Cukai tersebut diterima tanggal 2 Agustus 2024, dua pekan sejak surat tersebut ditandatangani, tanggal 17 Juli 2024. Sayangnya, data yang disampaikan pada surat tersebut tidak bisa kami gunakan untuk memitigasi dampak pelolosan puluhan ribu kontainer tersebut pada industri karena terlalu makro, tidak detail dan hanya sebagian. Kesannya ada data isi dari puluhan ribu kontainer tersebut yang “disembunyikan”,” Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif memberikan keterangan di Jakarta sebagaimana dilansir dari laman kemenperin.go.id pada Rabu, 7 Agustus 2024.
Sebelumnya, Menteri Perindustrian telah mengirimkan surat pada Menteri Keuangan tanggal 27 Juni 2024 terkait permohonan data isi 26.415 kontainer yang tertahan di Pelabuhan.
Dalam surat balasan tersebut, Dirjen Bea dan Cukai menyampaikan data isi dari 26.415 kontainer yang dikelompokkan berdasarkan Board Economic Category (BEC) yaitu sebanyak 21.166 kontainer berupa bahan baku dan penolong (80,13%), barang-barang konsumsi sebanyak 3.356 kontainer (12.7%), dan barang-barang modal sejumlah 1.893 kontainer (7,17%).
Lebih detail, juga disampaikan data 10 besar jenis barang/kontainer dari masing-masing kelompok tersebut dalam dokumen yang dilampirkan.
Sumber : kemenperin.go.id
Penulis : Tam
PERDAGANGAN
Persentase Ekspor Komoditas SDA Sultra 96 Persen ke Negara China, Disusul India dan Amerika Serikat
KENDARI, Bursabisnis.id – Dinas Penanaman Modal Pelayana Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mencatat bahwa berdasarkan persentase nilai ekspor menurut negara tujuan dari berbagai komoditas hasil sumber daya alam (SDA) yang terdapat di Sultra yaitu negara China atau Tiongkok, India dan Amerika Serikat.
Nilai persentase ke negara China atau Tiongkok sebesar 96,99 persen, ke negara India 2 persen dan ke Amerika Serikat 0,43 persen.
” Kondisi itu menggambarkan bahwa negara tujuan pasar ekspor dari hasil komoditas di Provinsi Sulawesi Tenggara tidak hanya pada negara-negara Asia saja,” kata Kepala DPMPTSP Provinsi Sultra, Parinringi SE,M.Si.
Melainkan juga menembus hingga ke Benua Amerika, sehingga hal ini menjadi peluang investasi besar bagi Provinsi Sultra.
Data persentase nilai ekspor itu merupakan hasil laporan penelitian dan bantuan teknik survey pendahuluan kegiatan penyediaan peta potensi Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kabupaten Bombana yang dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sultra bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Halu Oleo (UHO) pada tahun 2023.
Parinringi yang juga saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Buton Selatan (Busel) mengungkapkan, nilai ekspor Provinsi Sulawesi Tenggara pada bulan April tahun 2023 mencapai 183,32 Juta US$ atau mengalami penurunan dibandingkan dengan nilai ekspor pada Maret 2023 yang mencapai 431,76 Juta US$.
“Walaupun demikian, kita tetap optimis bahwa dengan keunggulan komoditas Sultra, bahwa nilai ekspor akan terus meningkat seiring dengan banyaknya investasi yang masuk ke seluruh wilayah Sultra,” ujar Parinringi dengan optimis.
Sementara itu, berdasarkan sumber pelabuhan asal kegiatan eksposr dilakukan di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu melalui dukungan 3 (tiga) pelabuhan utama yaitu :
1. Pelabuhan Kendari
2. Tanjung Perak
3. Pelabuhan Pomala.
Adapun Volume dan Nilai Ekspor Menurut Pelabuhan Muat Tahun 2022
Pelabuhan Muat Volume (Ton) Nilai FOB (USS)
Kendari 2.550.017,82 5.319.477,51
Tanjung Perak 92.802,82 383.494,73
Pomalaa 22.651,65 85.808,18
Lainnya 114.651,63 42.885,94
Jumlah 2.780.123,91 5.831.666,37
Sumber: Provinsi Sulawesi Tenggara Dalam Angka Tahun 2023
Parinringi yang pernah menjabat sebagai Pj Bupati Kolaka Utara (Kolut) ini mengungkapkan, komoditas yang memiliki kontribusi terbesar pada kegiatan ekspor yaitu :
1. Komoditas Besi dan Baja dengan volume mencapai 2.572.194,19 Ton dan nilai mencapai
5.401.359,67 Juta USS.
2. Komoditas yang memiliki kontribusi hasil terhadap kegiatan ekspor adalah komoditas mesin/peralatan listrik dengan volume 92,73 Ton dan nilai mencapai 323,92 Juta USS.
Volume dan Nilai Ekspor dirinci Menurut Jenis Komoditi di Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022
Jenis Komoditi Volume (Ton) Nilai FOB (USS)
Besi dan baja 2.572.194,19 5.401.359,67
Bahan bakar mineral 108.594,04 3.257,82
Ikan dan udang 437,16 3.189,02
Daging dan ikan olahan 29,03 729,14
Mesin/Peralatan listrik 92,73 323,92
Lainnya 0,01 115,00
Sumber: Provinsi Sulawesi Tenggara Dalam Angka Tahun 2023
Advetorial/Pariwara
-
ENTERTAINMENT5 years ago
Inul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa5 years ago
Dihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR5 years ago
Jelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur5 years ago
Rumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus5 years ago
Tenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE5 years ago
OJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Ekonomi Makro5 years ago
Aset Perbankan Syariah Tumbuh 7,10 Persen, Produk Syariah Semakin Diminati
-
PASAR5 years ago
PD Pasar Kota Kendari Segel Puluhan Lapak di Pasar Baruga