Connect with us

Investasi

Tahun 2023, Indonesia Target Investasi Rp1.400 Triliun

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan). -foto:ekon.go.id-

JAKARTA, bursabisnis.id – Berbagai lembaga internasional telah memprediksi kondisi perekonomian tahun 2023 akan diliputi dengan ketidakpastian yang tinggi.

Sebagai langkah antisipatif menghadapi ketidakpastian tersebut dan sekaligus untuk menjamin terciptanya kepastian hukum, Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

“Perpu ini kan kelanjutan daripada Undang-Undang Cipta Kerja yang oleh MK diamanatkan untuk dilakukan perbaikan sampai dengan November 2023. Namun kita ketahui bahwa saat sekarang ini kan dunia menghadapi ketidakpastian, baik itu dari segi perang yang belum usai, kemudian pengaruh dari climate change dan bencana, kemudian krisis baik itu di sektor pangan, di sektor energi, maupun di sektor keuangan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagaimana dilansir dari laman ekon.go.id pada Selasa, 10 Januari 2022.

Menko Airlangga juga menegaskan pentingnya Perpu Cipta Kerja, terutama terkait investasi yang ditargetkan mencapai Rp1.400 triliun pada tahun 2023. Keberadaan Perpu Cipta Kerja yang telah dikonsultasikan dengan DPR tersebut, diharapkan dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif sekaligus mendorong penambahan lapangan pekerjaan.

“Tentu, yang namanya job market itu ada supply demand. Demand side-nya itu dari investasi,” kata Menko Airlangga.

Penetapan Perpu Cipta Kerja juga akan menjamin kesejahteraan para pekerja, terlebih lagi para pekerja yang terkena PHK akan diberikan Jaminan Kehilangan Pekerjaan sebesar 45% dari gaji dan mendapatkan pelatihan berupa retraining dan reskilling. Kedua hal tersebut diberikan selama enam bulan kepada para pekerja yang terkena PHK.

“Tentu investor itu butuh kepastian hukum, dan kepastian hukum itu dihadirkan oleh Perpu Cipta Kerja. Jadi, kalau kepastian hukumnya harus menunggu, maka investor akan wait and see. Nah wait and see ini tidak diperlukan. Karena kalau wait and see dilakukan, maka satu pihak PHK-nya real, tapi lapangan kerjanya menggantung. Nah ini kita mau mencocokkan,” ungkap Menko Airlangga.

Menko Airlangga menegaskan bahwa dalam situasi ekonomi yang tidak normal, diperlukan kemudahan berusaha dan iklim yang lebih baik. Dengan demikian, melalui Perpu Cipta Kerja diharapkan investor domestik akan dapat melakukan ekspansi usaha serta UMKM akan terus melanjutkan usaha. Selain itu, Pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan juga telah memperpanjang restrukturisasi kredit bagi UMKM hingga bulan Maret tahun 2024.

Di tengah meningkatnya kepercayaan dunia kepada Indonesia dan belajar dari penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia yang menuai pujian dari berbagai pihak, Menko Airlangga mengingatkan kembali bahwa capaian tersebut merupakan hasil dari kerja sama seluruh lapisan masyarakat. Kerja sama yang baik tersebut juga diharapkan muncul dalam implementasi Perpu Cipta Kerja, termasuk melalui pemberitaan media massa.

“Tentu kita berharap bahwa informasi yang tidak tepat atau hoax ini supaya dihentikan,” pungkas Menko Airlangga.

Laporan : Rustam

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OTOMOTIF

Suzuki Kendari Hadirkan Berbagai Program Menarik, Berlaku Mulai Januari 2023

Published

on

By

Kendari, bursabisnis.id –Dealer mobil Suzuki Kendari menghadirkan berbagai promo menarik untik pembelian mobil Suzuki, seperti XL7, All New Ertiga, dan New Carry Pick Up.

Untuk mobil Carry Pick-up, Suzuki Kendari memberlakukan promo diskon uang muka atau down payment (dp) sebesar 9 juta dan XL7 uang muka 16 juta serta Al new Ertiga dengan uang muka 9jutaan.

Promo spesial bagi customer Suzuki ini berlaku mulai bulan Januari 2023.

Admin Suzuki Kendari Masyita mengatakan, costumer berkesempatan mendapatkan promo menarik serta hadiah double diskon di Tahun Baru Imlek ini secara langsung, berlaku mulai tanggal 16 sampai 21 Januari 2023.

Masyita mengatakan, selain menyambut Tahun Baru Imlek promo spesial ini bertujuan  memudahkan masyarakat mendapatkan mobil Suzuki impiannya.

Selain itu juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi wirausahawan yang membutuhkan mobil  untuk memudahkan aktivitas perniagaan alias perdagangan.

“Suzuki berikan program penjualan yang menguntungkan bagi masyarakat agar segala aktivitas bersama keluarga hingga aktifitaa berniaga dapat berjalan lancar bersama mobil Suzuki,” ujarnya.

Selanjutnya, Masyita menjelaskan bahwa  seluruh calon konsumen yang melakukan transaksi selama bulan Januari 2023 berkesempatan mendapatkan hadiah langsung potongan uang muka atau down payment (dp). senilai jutaan rupiah.

“Kami sudah menyediakan promo pohon Angpau di kantor Suzuki. Promo ini khusus untuk para pelanggan kami yang melakukan transaksi mobil di tempat di Tahun Baru Imlek nanti,” pungkasnya.

Continue Reading

OTOMOTIF

Honda Cahaya Gratia Kendari Bagi-bagi Bonus untuk Costumer Setia, Berlaku Mulai Januari 2023

Published

on

By

Kendari, bursabisnis.id- Honda Cahaya Gratia kembali mengadakan promo besar-besaran  dengan membagikan bonus tiap pembelian all unit Honda bagi customer setianya.

Marketing Support Honda Cahaya Gratia Kendari, Syamsuar Alam mengatakan, promo ini berlaku mulai Januari hingga Maret 2023.

“Sekarang kan kita masuk tahun 2023 itu, kita juga ada promo.  Promo ini berlaku untuk all unit mobil honda. hadiahnya  Motor. Jadi berlaku mulai Januari sampai Maret untuk pembelian khusus unit Honda dan akan di undi bulan April,”ujarnya.

Selain hadiah motor, Honda Cahaya Gratia Kendari juga menyediakan hadiah spesial berupa Emas 5 gram untuk pembelian mobil Honda  type BR-V dan HR-V.

Honda Cahaya Gratia Kendari juga mempersiapkan promo lainnya seperti promo potongan diskon spesial Hari Raya Imlek tahun 2023, khusus untuk  konsumen yang sudah melakukan SPK pada tanggal 16 Januari Sampai 22 Januari tahun 2023

di Hari Imlek nanti, Honda menyediakan Angpao dan Wish Ball (Bola Harapan) berisi hadiah jutaan rupiah, yang tersebar di pusat perbelanjaan yang terkoneksi dengan dealer Honda Cahaya Gratia seperti di Lippo Plaza dan The Park Mall Kendari.

“Jadi itu pembeliannya itu,pemesanannya itu kita sudah lakukan di mall-mall yang ada di kota Kendari,ada di lippo sama di the park.  Jadi teman-teman sales yang berjaga disana itu kita sudah selipkan Angpao dan Wish Ball,” kata Syamsuar.

Adapun  target market Honda Cahaya Gratia di tahun 2023 yakni sebanyak 1000 unit, yang tersebar di Kota Kendari, Kolaka, dan Baubau.

“Kalau targetnya itu kita hampir seribu unit  untuk di kota Kendari,dengan cabang kita ada di Kolaka dan ada di Bau-bau. Kalau untuk bulan ini kita itu target 150 unit,”kata Syamsuar.

Continue Reading

Provider

Sukses Kawal Konektivitas dan Layanan Digital Pelanggan, Trafik Broadband Telkomsel Capai 11,6 Persen

Published

on

By

Jakarta, Bursabisnis.id-Telkomsel berkomitmen mengawal kenyamanan konektivitas dan layanan digital pelanggan. Komitmen ini dibuktikan melalui capaian trafik broadband hingga 11, 6 persen dibanding rerata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Natal dan Tahun Baru (NARU) 2022-2023 ini didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekitar 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Saki menambahkan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022-2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

Pada kesempatan yang sama, General Manager Network Assurance Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan,  khusus di wilayah Sulawesi selama momen perayaan NARU 2022-2023, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital, berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 14,17 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13,8persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya dengan total payload mencapai 5,04petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode NARU 2022-2023 tersebut didorong oleh peningkatan pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 30,33 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 12,38 persen, video streaming sekira 36,91 persen, mobile gaming1,72 persen, akses browsing12,38persen, dan layanan e-commerce0,9 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp 9,59 persen, TikTok 21,30 persen, Instagram 7,19 persen, YouTube 11,20persen dan Facebook 22,63 persen. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 1,73 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 2,01 persen.

Adapun wilayah dengan kenaikan tertinggi momen NARU 2022/2023 yakni Toraja Utara 46,93 persen, Tana Toraja 40,4 persen, Mamasa 17,41 persen, Siau Tagulandang Biaro16,55 persen dan Kepulauan Sangihe 13.96 persen.

Selama momen NARU 2022/2023, Telkomsel menegaskan komitmennya  memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493Point of Interest(POI) di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS(COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

“Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil, andal, merata, dan setara di sepanjang momen Hari Raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 dapat mendampingi masyarakat untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan. Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan,” pungkas Saki.(ER)

 

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.