Connect with us

Maskapai

Tiket Pesawat Garuda dan Lion Tidak Dijual Secara Online, Belinya di Kantor Maskapai

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id -Maskapai penerbangan Indonesia yang sudah mulai beroperasi sejak saat ini, tidak menjual tiket melalui jaringan situs online, misalnya pegipegi, tiket.com,mr aladin dan traveloka.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nomor SB 21 tahun 2020 tentang pengaturan penyelenggaraan transportasi udara selama masa dilarang mudik Idul fitri 1141 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 atau covid-19.

Dalam surat ini disebutkan bahwa pembelian tiket hanya dapat dilakukan melalui kantor pusat maupun kantor cabang badan usaha angkutan udara niaga berjadwal dan tidak di Bandara.

Tidak dijualnya tiket pesawat melalui travel agent online maupun konvensional ini dibenarkan oleh pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air di Kendari.

Branch Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Kendari, Syaiful Bahri mengatakan pihaknya akan kembali mengangkut penumpang pada tanggal 10 dan 11 Mei di Bandara Haluoleo Kendari meskipun secara nasional sudah diberlakukan mulai hari ini, Kamis (7/5/2020).

“Travel agent konvensional dan online belum dibuka yah sistemnya, jadi semua diarahkan ke kantor Garuda yang ada di daerah masing-masing,” ungkapnya melaui pesan WhatsApp, Kamis 7 Mei 2020.

Dialihkan pembelian tiket ke kantor resmi dikarenakan penumpang wajib memenuhi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku.

Untuk informasi lainnya mengenai ketentuan kriteria penumpang dan persyaratan yang harus dipenuhi dapat mengakses https://www.garuda-indonesia.com/id/id/news-and-events/kebijakan-operasional-terkait-covid19.

Keterangan lebih lanjut terkait layanan penerbangan dapat diakses melalui layanan call center Garuda Indonesia +6221-2351 9999 dan 0804 1 807 807, website www.garuda-indonesia.com serta mobile apps Garuda Indonesia.

Sementara itu, Airport Manager Lion Group Kendari, Dedy mengungkapkan bahwa, tidak ada penjualan tiket melalui situs travel agent online dan semua penjualan melalui kantor pemasaran resmi Lion Air Group.

Meski demikian, bagi pebisnis dan calon tamu atau penumpang dengan tujuan pengecualian di atas wajib memenuhi protokol penanganan Covid-19 melalui pengisian kelengkapan dokumen dan melampirkan sebelum keberangkatan berdasarkan persyaratan, sebagai berikut.

Pertama, surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat, yang menerangkan bebas atau negatif Covid-19 dengan ketentuan maksimum tujuh (7) hari setelah hasil uji keluar, telah melakukan rangkaian pemeriksaan melalui metode tes diagnostik cepat (rapid diagnostic test), swab test atau PCR (polymerase chain reaction).

Kedua, terperinci mengisi surat pernyataan di rute PSBB atau zona merah yang disediakan oleh Lion Air Group.

Ketiga, melampirkan surat keterangan perjalanan dari instansi/lembaga/perusahaan yang menjelaskan bahwa calon tamu atau penumpang bepergian menggunakan pesawat udara bukan untuk mudik.

Keempat, bagi pedagang atau pengusaha logistik yang tidak memiliki instansi dapat membuat surat pernyataan untuk berdagang/transaksi secara benar. Kelima, mengikuti ketentuan lain yang ditetapkan pemerintah.

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading
Advertisement

Maskapai

Didemo Soal Penerbangan, Haliana Minta Bantuan Komunikasikan ke Maskapai

Published

on

By

Bupati Wakatobi Haliana saat menerima pengunjuk rasa dari FPM Kepton.

WAKATOBI, Bursabisnis.id – Sejak Maret 2024 sampai saat ini, maskapai penerbangan yang melayani rute dari dan ke Wakatobi, menghentikan penerbangan ke Bandara Matahora, Wakatobi.

Padahal Wakatobi yang dikenal sebagai daerah wisata ini dan banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, kini hanya mengandalkan transportasi laut.

Pasca tak adanya penerbangan ke Bandar Udara Matahora, banyak pihak yang merasakan dampaknya. Mulai dari jasa perhotelan, pelaku UMKM, jasa rental mobil dan sektor ekonomi lainnya.

Melihat problem transportasi udara ini tak bisa dituntaskan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, massa dari Front Pemuda Marhaenis (FPM) Kepton berunjuk rasa di depan kantor bupati Wakatobi pada Senin, 15 Juli 2024.

Orator FPM Kepton, Dariono mengungkapkan, Kabupaten Wakatobi adalah daerah yang sektor utamanya pariwisata, sehingga jalur penerbangan tersebut menjadi penting untuk diperhatikan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Bupati Wakatobi sebelumnya yaitu Ir. Hugua dan Arhawi.

Menyikapi aksi tersebut, Bupati Wakatobi Haliana meminta bantuan kepada masyarakat yang punya koneksi dengan maskapai pesawat terbang, untuk mengkomunikasikan agar pesawat kembali mengundara dari dan ke Wakatobi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh orang nomor satu di Wakatobi, saat menerima pengunjuk rasa FPM Kepton pada Senin, 15 Juli 2024 di depan kantor bupati Wakatobi.

Di hadapan peserta aksi, Bupati Haliana mengaku telah menyiapkan anggaran, bahkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

” Bila perlu kalau kalian punya jaringan tersendiri yang memungkinkan ini pesawat lebih cepat datang, ayo kita rame-rame untuk kita kawal, saya juga merasakan, Ndak! bukan kita melempar, kita seandainya siapa tahu ada yang jaringan saudara kita tindak lanjut. Uang kita kan sudah ada propinsi juga sudah ada, malahan kami sekarang disuruh untuk penambahan anggaran, kami juga sudah usulkan “, ujar Bupati Wakatobi Haliana.

Penulis : Syaiful
Editor : Tam

Continue Reading

Maskapai

Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi, Beri Perhatian Besar Perluasan Landasan Pacu Bandara Betoambari

Published

on

By

Pj Wali Kota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi, SP,M.Si pimpin rapat perluasan landasan pacu Bandara Betoambari. -foto:istimewa-

BAUBAU, Bursabisnis.id – Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si memberikan perhatian besar terhadap rencana perluasan landasan pacu Bandara Betoambari. Ini karena Kementerian Perhubungan RI sudah mengalokasikan dana APBN tahun 2024.

Untuk memperluas landasan pacu bandara, diperlukan penanganan pembebasan lahan sesegara mungkin dan tak berlarut-larut penyelesaiannya.

Saat memimpin rapat, Rasman menegaskan harus ada langkah cepat untuk mempersiapkan lahan yang diminta untuk dialokasikan Runway 22 dan 04. Lebih spesifik lagi di Runway 22 , dibutuhkan lahan berukuran 150 meter X 200 meter.

“Melihat petanya seperti apa, termasuk pembebasan yang sebelumnya. Agar ini juga menjadi catatan kita, bahwa sebelumya sudah seperti ini. Bila ada kekeliruan diungkapkan saja, dan kita catat, agar ini menjadi catatan kita untuk melangkah,” kata Rasman di hadapan peserta rapat.

Menurut Rasman, ada peta yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu. Dimana peta tersebut, terkait dengan kondisi lahan yang sudah dibebaskan sebelumnya.

Kemudian, peta lahan yang menjadi prioritas yang diminta oleh pihak bandara untuk menjadi perhatian dalam penanganan segera. Serta peta yang perlu dilakukan tindak lanjut dan untuk ditangani.

Diungkapkan, sebelum melakukan pertemuan dengan Bandara Baubau, pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan DPRD Kota Baubau, terkait dengan pembebasan lahan bandara Baubau.

Intinya DPRD Kota Baubau mendukung langkah yang akan ditempuh oleh Pemkot Baubau terkait untuk pernyataan dengan pemilik lahan.

Untuk diketahui, panjang landasan Bandara Betoambari saat ini 1.800 meter dengan lebar 30 meter. Mengingat arus penumpang yang melewati bandara di Kota Baubau ini sangat tinggi, sehingga diperlukan penambahan landasan pacu pesawat.

Dengan demikian, diharapkan pesawat yang berukuran besar bisa membawa penumpang di Kota Baubau lebih banyak lagi.

Apalagi letak Kota Baubau dikenal sebagai kota transit dari masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Muna Barat.

 

Advetorial/Pariwara

Continue Reading

Maskapai

Pemda Mubar Bakal Hidupkan Kembali Mobilitas Penerbangan di Bandara Sugimanuru

Published

on

By

MUBAR : BURSABISNIS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di Bandara Sugimanuru.

Pemerintah setempat bakal kembali mendatangkan pesawat Citilink dengan rute Raha – Makassar dan sebaliknya, juga akan membuka rute baru Raha – Kendari dan sebaliknya.

“Kami berkomitmen akan kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di bandara Sugimanuru,” kata Bahri, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat. Jumat, 23 November 2023.

Bupati Bahri akan menyiapkan dana blok shit sebesar Rp1,5 miliyar untuk menunjang operasional penerbangan. Saat ini pihaknya hanya menunggu Surat kesediaan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna untuk ikut bersama-sama menyiapkan dana blok shit.

Dimana perusahaan penerbangan Citilink meminta dana blok shit sebesar Rp3 milyar. Untuk menutupi dana yang diminta tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat bakal menyiapkan masing-masing Rp 1,5 Miliyar.

“Kita tinggal tunggu surat kesediaan Pemerintah Kabupaten Muna untuk membantu menyediakan dana blok shit. Masing-masing Rp 1,5 Miliyar,” kata Bahri

“Intinya kami Pemda Mubar sangat berkomitmen agar penerbangan ini bisa kembali beroperasi untuk menghidupkan roda perekonomian,” lanjutnya.

Setelah itu kata Bahri, pihaknya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) serta akan mengeluarkan Surat Edaran dimana seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya dalam melakukan kegiatan diluar daerah harus melalui bandara Sugimanuru.

“Kita akan mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan bandara Sugimanuru. Komitmen dalam melakukan perjalanan dinas, bisnis, wisata dan usaha lainnya dengan mengutamakan transportasi udara,” pungkasnya.

 

Laporan : Hasan Jufri

Publisher : Phoyo

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.