Connect with us

Provider

Telkomsel Berikan Bantuan Paket Data ke Relawan Covid-19

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – Telkomsel menghadirkan paket data khusus untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR) terbaru perusahaan. Inisiatif ini juga menjadi upaya Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk terus bergerak maju memperkuat perannya dalam membantu masyarakat melewati masa-masa sulit akibat dari pandemi COVID-19.

Komitmen tersebut sejalan dengan semangat Telkomsel dalam memaknai usia ke-25 untuk menghadirkan perubahan nyata di setiap fase kehidupan bangsa termasuk para relawan melalui solusi yang mampu memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat dari waktu ke waktu.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, peran para relawan di tengah penyebaran virus corona di Indonesia menjadi sangat krusial sebagai benteng pertahanan terakhir dalam mengupayakan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Telkomsel mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan termasuk para tenaga medis di Tanah Air yang telah rela berkorban nyawa dan waktu berkumpul bersama keluarga demi menjalankan tugas mulia tersebut. Maka dari itu, Telkomsel menyediakan paket data khusus ini membantu mereka tetap terhubung dengan orang-orang tercinta di tengah masa yang sulit ini.

Inisiatif khusus dari Telkomsel yang diperuntukkan bagi para relawan ini merupakan paket khusus berisi kuota sebesar 25 GB dengan masa aktif selama 30 hari senilai Rp. 10,-. Telkomsel memastikan program CSR ini hanya dapat dinikmati oleh para relawan dan tenaga medis yang telah terdaftar melalui sistem whitelist.

Telkomsel berharap inisiatif ini mampu menjangkau sekitar 10.000 relawan yang secara khusus dialokasikan ke 249 titik Rumah Sakit di seluruh penjuru negeri selama program ini berjalan tiga bulan ke depan. Bagi tenaga medis yang ingin melakukan aktivasi paket data khusus tersebut dapat mengunjungi USSD Menu Browser (UMB) di *363*102#.

Paket data khusus ini sebagai kelanjutan dari kontribusi nyata Telkomsel yang terus menghadirkan program CSR terarah untuk pemenuhan berbagai macam kebutuhan dari berbagai elemen bangsa, termasuk selama pandemi COVID-19 di Indonesia. CSR Telkomsel untuk memberikan paket data khusus kepada tenaga medis ini senilai lebih dari Rp 4,5 Miliar.

Beberapa waktu lalu, dalam rangka mendukung proses belajar mengajar secara daring di masa pelaksanaan imbauan beraktivitas dari rumah oleh Pemerintah RI, bersama dengan sejumlah Kemendikbud RI, ratusan pengurus Perguruan Tinggi, serta penyedia aplikasi layanan belajar online, Telkomsel juga menyediakan paket khusus kuota sebesar 30GB serta gratis akses ke ratusan situs e-learning Perguruan Tinggi serta situs e-learning yang dikelola Kemendikbud RI.

Telkomsel juga telah memberikan donasi lebih dari 100.000 unit alat medis senilai lebih dari Rp 25 Miliar yang meliputi ventilator, thermogun infrared, masker, dan alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat. Bantuan tersebut telah disalurkan secara langsung kepada beberapa Rumah Sakit Darurat (RSD) dan rumah sakit rujukan COVID-19 yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, serta melalui pihak ketiga seperti Yayasan BUMN.

Telkomsel pun sudah melakukan penguatan jaringan di seluruh rumah sakit rujukan serta Rumah Sakit Darurat penanganan COVID-19 di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilakukan sesuai arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengenai peran operator seluler untuk memastikan jaringan telekomunikasi yang prima. Selain itu, Telkomsel juga terus memperkuat upaya kolaboratif bersama pemerintah, mitra strategis, karyawan, dan pelanggan untuk berada di garis terdepan terkait penanganan COVID-19 di Indonesia melalui inisiatif #DiRumahTerusMaju, yang turut membantu seluruh elemen bangsa untuk beradaptasi terhadap kenormalan baru di Tanah Air.

“Penanggulangan pandemi COVID-19 harus dilakukan dengan kontribusi aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk saling bergandengan tangan. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para tenaga medis, relawan, pemerintah, pelaku bisnis, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat luas yang telah memaksimalkan perannya masing-masing dan bergotong royong dalam upaya menuntaskan pandemi ini. Kami mengajak seluruh elemen bangsa agar terus bersama-sama menjaga Indonesia dengan menguatkan inisiatif yang bersifat kolektif, sehingga kita semua dapat melewati situasi yang penuh tantangan ini dengan baik,” tutup Setyanto.

 

Laporan : Rustam Dj

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Provider

Sukses Kawal Konektivitas dan Layanan Digital Pelanggan, Trafik Broadband Telkomsel Capai 11,6 Persen

Published

on

By

Jakarta, Bursabisnis.id-Telkomsel berkomitmen mengawal kenyamanan konektivitas dan layanan digital pelanggan. Komitmen ini dibuktikan melalui capaian trafik broadband hingga 11, 6 persen dibanding rerata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Natal dan Tahun Baru (NARU) 2022-2023 ini didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekitar 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Saki menambahkan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022-2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

Pada kesempatan yang sama, General Manager Network Assurance Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan,  khusus di wilayah Sulawesi selama momen perayaan NARU 2022-2023, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital, berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 14,17 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13,8persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya dengan total payload mencapai 5,04petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode NARU 2022-2023 tersebut didorong oleh peningkatan pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 30,33 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 12,38 persen, video streaming sekira 36,91 persen, mobile gaming1,72 persen, akses browsing12,38persen, dan layanan e-commerce0,9 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp 9,59 persen, TikTok 21,30 persen, Instagram 7,19 persen, YouTube 11,20persen dan Facebook 22,63 persen. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 1,73 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 2,01 persen.

Adapun wilayah dengan kenaikan tertinggi momen NARU 2022/2023 yakni Toraja Utara 46,93 persen, Tana Toraja 40,4 persen, Mamasa 17,41 persen, Siau Tagulandang Biaro16,55 persen dan Kepulauan Sangihe 13.96 persen.

Selama momen NARU 2022/2023, Telkomsel menegaskan komitmennya  memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493Point of Interest(POI) di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS(COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

“Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil, andal, merata, dan setara di sepanjang momen Hari Raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 dapat mendampingi masyarakat untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan. Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan,” pungkas Saki.(ER)

 

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Provider

Terkait PHK, Perusahaan Starup Harus Ikuti Perundang-undangan

Published

on

By

Anggota Komisi IX DPR RI Charles Honoris

JAKARTA, bursabisnis.id – Anggota Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengingatkan perusahaan rintisan (startup) di tanah air agar mengikuti aturan perundang-undangan saat melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawannya.

Hal itu disampaikan Charles dalam menanggapi badai PHK yang melanda sejumlah perusahaan rintisan baru-baru ini.

Di sisi lain, ia pun memahami bahwa perusahaan-perusahaan startup tersebut sudah melakukan segala upaya. Sehingga, PHK adalah opsi terakhir. “Meski begitu, kami mendesak agar proses PHK yang dijalankan mengikuti seluruh aturan hukum yang berlaku di Indonesia, khususnya terkait dengan hak-hak pekerja,” kata Charles sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id pada Senin, 21 November 2022.

Charles mengingatkan hal tersebut, menyusul adanya laporan dari mantan karyawan salah satu platform pendidikan pembelajaran daring, yang mengaku mendapat informasi terkena PHK secara dadakan dari pihak perusahaan. Karena itu, ia memastikan Komisi IX DPR RI akan mengawal pencairan dana Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawan yang mengalami PHK. Di samping itu, dalam Undang-Undang Cipta Kerja disebutkan pula bahwa pengusaha wajib memberikan pesangon kepada karyawan yang terkena PHK.

“Bayangkan dalam kondisi seperti ini tiba-tiba di-PHK. Karyawan juga pasti akan kesulitan. Perusahaan harus memberi waktu persiapan bagi karyawan, sesuai dengan aturan yang ada, termasuk memberikan pesangon. Komisi IX akan memastikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan membayarkan klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan serta hak-hak pekerja lainnya bagi pekerja yang terkena dampak PHK,” kata politisi PDI-Perjuangan tersebut.

Disampaikan Charles, Komisi IX DPR RI juga meminta Pemerintah bersiap dengan segala kemungkinan dunia yang diprediksi akan memasuki resesi pada tahun 2023, serta melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi gelombang PHK yang dikhawatirkan akan terus berlanjut. Hal tersebut termasuk memberikan solusi agar pekerja yang terkena PHK bisa mendapat kepastian untuk keberlangsungan hidupnya selama belum mendapatkan pekerjaan lagi.

“Dukungan dari Pemerintah bisa dalam bentuk bantuan dan juga pelatihan agar pekerja yang terkena PHK bisa siap untuk kembali menghadapi situasi di bursa kerja,” ujar legislator dapil DKI Jakarta III tersebut.

Dengan demikian, Charles menegaskan bahwa DPR akan ikut berpartisipasi bersama Pemerintah dalam menyiapkan solusi terhadap badai PHK yang melanda Indonesia, agar tidak berdampak terhadap ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Charles juga menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi badai PHK yang melanda sejumlah startup tanah air. Termasuk, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) yang melakukan perampingan karyawan sebanyak 1.300 orang atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Provider

Winjek Launching Layanan Transportasi Berbasis Digital

Published

on

By

Winjek launching layanan transportasi berbasis digital

MUNA, bursabisnis.id – PT Winjek Tekno Sayadi melaunching layanan dan transportasi berbasis digital yang digelar di salah satu hotel  Kota Raha, Ibukota  Kabupaten Muna, Provinsi Sultra pada Kamis, 21 Juli 2022.

Hadir dalam launching tersebut, antara lain manajemen Winjek dan sejumlah pelanggan dan driver di Kota Raha.

Owner Winjek, Aswin mengatakan, produk Winjek merupakan platform yang  bertujuan mendukung tranformasi digital di Indonesia,  khususnya di Kabupaten Muna.

Diungkapkan, aplikasi Winjek ini terdiri dari 3 aplikasi yaitu aplikasi driver, aplikasi pelanggan, aplikasi mitra yang saat ini masih dalam pengembangan.

Menurutnya, aplikasi ini mempermudah driver menemukan lokasi penjemputan pelanggan secara akurat.

Aplikasi ini juga digunakan untuk pengantaran barang bagi mitra-mitra yang tertera dalam aplikasi, serta berbagai macam layanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Dalam pertemuan ini pihak manajemen Winjek tak lupa juga menjelaskan semua fitur-fitur yang ada dalam aplikasi kepada peserta secara detail dengan harapan peserta/driver tidak bingung menggunakan aplikasi ini.

Laporan : Leesya

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.