Connect with us

Entrepreneur

4 Kunci Bisnis Warung Tetap Bertahan di Era Pandemi

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – Covid-19 membawa pengaruh yang begitu signifikan pada seluruh sektor usaha. Pengusaha kecil seperti warung yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia juga ikut terpuruk. Bahkan, banyak yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa bertahan.

CEO Warung Pintar Group, Agung Bezharie Hadinegoro mengatakan untuk pelaku usaha warung harus memiliki ekosistem yang kuat untuk bertahan di era pandemi.

“Sejak awal Covid-19 datang, warung di Indonesia banyak yang mengalami penurunan penjualan. Dan itu tidak bisa dibiarkan, maka harus ada transformasi yang dilakukan dari seluruh eksosistem warung terutama untuk berkembang secara digitalisasi,” ujarnya secara virtual pada acara Launching Warung Pintar Group, Rabu (7/7/2021) sebagaimana dilansir dari laman Bisnis.com.

Berikut tips dari Agung agar bisnis warung raup untung di era pandemi:

1. Digitalisasi Penjualan

Bila sebelumnya warung hanya menunggu pembeli yang menjemput bola. Kini warung bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan umpan. Pengusaha warung hanya perlu menggunakan marketplace atau e-commerce untuk menjual dagangannya secara online. Atau manfaatkan pula media sosial untuk mempromosikan barang dagangan Anda. Pembeli hanya perlu menunggu di rumah dan Anda tinggal mengirimkan pesanan tersebut menggunakan bantuan kurir. Dengan cara ini pula meminimalisir aktivitas masyarakat untuk bertatap muka langsung.

2. Digitalisasi Distributor
Sejumlah brand berskala global telah mendigitalisasi sistem distribusinya lewat layanan ini, termasuk Coca Cola Europacific Partners dan Reckitt. Mereka menggunakan dashboard khusus yang bisa digunakan untuk memantau distribusi barang mereka secara live dan mendapatkan insight berbasis data yang bisa digunakan sebagai referensi dalam menentukan langkah bisnis yang strategis di channel tradisional.

Warung Pintar Group sendiri menggunakan Bizzy Connect untuk menghubungkan brand dan distributor langsung ke pemilik warung secara digital.

3. Digitalisasi pembayaran
Jika biasanya warung menggunakan sistem bayar langsung dimuka, kini warung juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan memberikan digital pembayaran. Pembeli yang akan berbelanja nantinya hanya perlu mengirimkan sejumlah dana secara virtual tanpa perlu datang ke warung. Oleh karena itu, pemilik warung harus punya akun pembayaran untuk menyediakan layanan tersebut.

4. Bekerjasama dengan kurir
Saat pembelian dilakukan dengan cara virtual, maka harus ada pihak yang mengantarkan barang pesanan kepada pembeli. Warung bisa bekerjasama dengan pihak ketiga seperti driver ojek online atau jasa kurir antar paket. Menjalani relasi dengan pihak lain justru akan saling membantu perekonomian Indonesia di tengah pandemi.

Laporan : Ibing

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Entrepreneur

Demi Lindungi Konsumen, Tokopedia Seret Penjual Produk Kesehatan Palsu ke Polisi

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Tokopedia menyatakan akan mengambil langkah hukum terhadap penjual di platformnya, yang memperdagangkan produk kesehatan seperti vitamin, obat-obatan dan oximeter palsu, dengan melaporkan kepada aparat penegak hukum.

Seperti dilansir dari laman Bisnis.com, Tokopedia juga konsisten berkolaborasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran, pengiriman, promosi, serta iklan penjualan obat dan makanan di platform Tokopedia dengan lebih intensif, demi memperkuat perlindungan konsumen.

Tokopedia dan BPOM RI sudah sejak lama sepakat untuk juga bersama-sama mengedukasi masyarakat agar lebih cerdas dan teliti dalam bertransaksi karena literasi masyarakat adalah benteng terdepan dalam memerangi peredaran obat-obatan ilegal.

“Tidak hanya ditutup tokonya, penjual yang terbukti melanggar bisa dikenakan sanksi sesuai hukum yang berlaku. Kami terus bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memproses penjual-penjual seperti ini,” ujar VP of Legal Tokopedia, Trisula Dewantara.

Selain itu, masyarakat diimbau mempelajari secara seksama ulasan pembeli-pembeli sebelumnya saat ingin bertransaksi  atau mengunjungi Tokopedia Peduli Sehat untuk mendapatkan produk-produk kesehatan yang sudah terkurasi. Jika sudah melakukan pembelian, namun pesanan yang sampai ternyata tidak sesuai, pengguna Tokopedia bisa melakukan retur produk.

“Jangan klik tombol ‘Selesai’ jika produk yang diperoleh tidak sesuai atau terindikasi palsu. Segera laporkan transaksi tersebut dengan klik ‘Komplain’ dan sertakan bukti seperti foto atau video ketika barang diterima. Tim kami akan membantu menindaklanjutinya sesuai prosedur,” jelas Trisula.

Trisula menambahkan, “Upaya bersama ini sangat dibutuhkan demi menjaga akses terhadap produk kesehatan yang lebih aman terutama di tengah situasi darurat seperti ini. Penanganan pandemi COVID-19 adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat.”

Tokopedia pun diketahui telah menetapkan kebijakan pengendalian harga dan menindak tegas penjual yang memasang harga produk di atas kewajaran. Ini sejalan pula dengan keputusan Menkes nomor HK.1.7/Menkes/4826 tahun 2021 tentang harga eceran tertinggi (HET) 11 obat yang banyak digunakan selama pandemi.

Walau marketplace Tokopedia bersifat user generated content (UGC) – di mana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri – aksi kooperatif pun terus dilakukan agar setiap aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Laporan : Leesya

Continue Reading

Entrepreneur

Terpilih Jadi Ketua Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid Akan Akhiri Dualisme Kadin

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid menyatakan bakal mengakhiri dualisme di tubuh organisasi pengusaha tersebut. Langkah ini perlu dilakukan untuk memperkuat Kadin di masa depan.

Menurut Arsjad, tantangan yang dihadapi Kadin harus dijawab dengan persatuan yang semakin kuat. “Dualisme harus diselesaikan. Kita harus memperkuat kembali Kadin Indonesia,” ujar Arsjad Rasjid, Jumat (2/7/2021).

Arsjad mengungkapkan akan mengintensifkan komunikasi untuk bisa segera mengakhiri dualisme di tubuh Kadin.

Sebagai organisasi yang dinaungi Undang-Undang No 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri, Arsjad berharap kepengurusan hasil Musyawarah Nasional (Munas) VIII yang digelar Kendari, Sulawesi Tenggara, bisa ditetapkan melalui Keputusan Presiden.

Melalui kolaborasi yang kuat, Arsjad bilang, Kadin bisa menjadi wadah komunikasi dan konsultasi, baik di antara sesama pengusaha, pengusaha dan pekerja, pengusaha dan pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya.

Melalui pilar visi yang diusungnya, Presiden Direktur PT Indika Energy itu menegaskan komitmennya untuk memperkuat internal organisasi dan regulasi Kadin. Dia juga menginginkan Kadin bisa menjadi rumah untuk tumbuh bersama, baik bagi pengusaha skala besar, menengah, kecil hingga mikro.

“Bagi saya Kadin adalah rumah kita bersama. Rumah untuk tumbuh secara inklusif, di mana kita saling merangkul pengusaha skala besar, menengah, kecil dan mikro dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” tegas Arsjad.

Arsjad Rasjid terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 melalui Munas VIII yang dihelat di Hotel Claro, Kendari, Kamis, 1 Juli 2021. Sedangkan Anindya Bakrie ditetapkan menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Di tengah tantangan pandemi, Arsjad menyatakan akan membentuk kepengurusan yang mampu bergerak cepat mengakselerasi program pemulihan kesehatan dan ekonomi. Ia juga bakal merangkul representasi Kadin daerah dan asosiasi-asosiasi yang menjadi anggota Kadin.

Diungkapkan Arsjad, melalui representasi wajah Indonesia dalam struktur Kadin, konektivitas antara pemerintah pusat dan pelaku usaha di berbagai daerah bisa menjadi lebih dekat dan kuat. Upaya ini diperlukan untuk mempercepat pengembangan potensi di daerah.

Selain itu, agar kolaborasi sektor swasta dan pemerintah menjadi lebih terstruktur, Arsjad juga menginginkan terdapat shadow government di dalam struktur organisasi Kadin.

“Dengan struktur tersebut maka akan memudahkan untuk berkomunikasi mengenai hal-hal yang menjadi aspirasi sektor swasta, seperti investasi. Selain itu, Kadin juga dapat memberikan masukan-masukan yang lebih berdampak nyata kepada pemerintah,” tuturnya.

Laporan : Rustam 

Continue Reading

Entrepreneur

Usai Dilantik, ISMI Muda Sultra Fokus Lakukan Hal ini

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Muda Orwil Sulawesi Tenggara (Sultra) telah resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan pada rangkaian kegiatan Silabis ke 12 yang digelar di Banda Aceh, pada 15-16 Juni 2021 lalu.

Usai dilantik, kini Orwil ISMI Muda Sultra tengah fokus untuk menindaklanjuti hasil Silabis di Aceh.

Ketua Orwil ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, Silabis memberikan banyak manfaat dalam pengembangan potensi daerah.

Bahkan, lanjut Agung, melalui agenda silaturahmi tersebut, pihaknya memaparkan potensi bumi anoa di hadapan Ketua Umum DPP ISMI, Ilham Habibie dan pengusaha se-Indonesia yang menghadiri kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Co-Founder PT. Vision Idea Sinergy Kendari ini menyebutkan, adapun yang menjadi fokus organisasi yang dipimpinnya itu saat ini adalah mewujudkan MoU antara Kemenkop dengan ISMI berupa UKM Teknosa.

Kemudian, kata Agung, mewujudkan program one village one industri kerjasama dengan Pemkab dan PemKot masing masing Orwil, membantu koperasi ISMI untuk mendapatkan kemudahan permodalan dari LPDB, membantu para pengurus dan anggota ISMI untuk mendapatkan kemudahan dalam
erizinan usaha dan bantuan dan akses permodalan upgrade produk UKM anggota ISMI.

“Tentu untuk mewujudkan semua program tersebut, kita akan melibatkan departemen departemen terkait yang ada di ISMI Muda Sultra, ” ujar alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, Rabu (30/6/2021).

 

 

Liputan: ikas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.