Connect with us

Perbankan

Bank Sultra Berikan Penghargaan Terhadap Media Online TenggaraNews.com

Published

on

Foto bersama setelah menerima penghargaan dari Bank Sultra

KENDARI, bursabisnis.id  – Media online TenggaraNews.com (TNC) grup media online Bursabisnis.id mendapat penghargaan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penghargaan itu diberikan langsung Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif saat kegiatan Appreciation’s Bank Sultra For Media 2022 di salah satu Hotel Kendari pada Selasa, 27 Desember 2022.

Penghargaan yang diberikan manajemen Bank Sultra diterima langsung Mirkas mewakili manajemen Media Online TenggaraNews.com.

Dirut Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan penghargaan tersebut diberikan pada Media TNC atas didikasi dan bantuannya dalam proses penyampaian informasi terhadap masyarakat yang fakta dan beraktual.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai ucapan terima kasih terhadap media Tenggaranews.com yang sudah membantu menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara,” ujar Abdul Latif.

Lanjut, Abdul Latif mengungkapkan, bahwa Bank Sultra merasa yakin dengan dukungan dari media, Bank Sultra dapat lebih besar dan tumbuh di tahun berikutnya.

“Saya yakin bantuan dan dukungan dari media, Bank Sultra akan tetap lebih besar dan tumbuhan h dalam memberikan yang terbaik terhadap masyarakat Sulawesi Tenggara,” ungkap Abdul Latif.

Lebih lanjut, dirinya membeberkan bahwa nantinya program – program Bank Sultra yang belum terealisasi pada tahun 2022, akan di realisasikan di tahun berikutnya.

“Jadi ada beberapa hal program kita yang belum terealisasikan tahun ini, Insya Allah tahun depan kita realisasikan,” ujarnya meyakinkan.

Olehnya itu, kata Abdul Latif,banyak program nantinya di Tahun 2023 yang akan dihadirkan oleh Bank Sultra dalam mengembangkan sayap ke dunia perbankan .

“Rencananya kita nanti di Tahun 2023, akan melaunching layanan bank dalam bentuk kapal, karena sesuai dengan  kondisi geografis kita banyak pulau – pulau kecil yang tidak terjangkau layanan perbankan, jadi insya allah nanti kita akan berikan layanan berbentuk kapal,” jelasnya.

Ucapan Terima Kasih

Atas penghargaan yang diberikan manajemen Bank Sultra, Rustam Direktur Utama TenggaraNews.com menyampaikan terima kasih.

“Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada manajemen kami,” ujar Rustam di tempat terpisah.

Menurut Rustam, manajemen media online TenggaraNews.com akan selalu mensuport pemberitaan semua layanan perbankan yang diberikan Bank Sultra terhadap masyarakat Sultra.

“Saya berharap seluruh manajemen Bank Sultra selalu menjaga trust publik, sehingga menjadikan bank kebanggaan kita semua ini lebih maju lagi ke depan di tengah persaingan global,” harapnya.

Kemudian, penghargaan yang diberikan Bank Sultra ini, kata Rustam, didedikasikan kepada seluruh wartawan dan karyawan TenggaraNews.com, baik yang bertugas di wilayah Sultra maupun di daerah lain di Indonesia.

“Penghargaan ini saya dedikasikan juga kepada seluruh manajemen grup media online yang berada dalam satu grup dengan TenggaraNews.com,” tutupnya.

Laporan : Munir

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KEUANGAN

Menkeu Jaga APBN, Perbankan Diminta Jaga Sektor Keuangan

Published

on

By

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, bursabisnis.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak para banker untuk bersama menjaga resiliensi perekonomian Indonesia Tahun 2023.

Jika Menkeu menjaga perekonomian melalui APBN, Bank diharapkan mampu menjaga ekonomi di bidang sektor keuangan, mengingat peranannya di sektor ini sangat dominan.

“Naik turun, sehat tidak sehat ekonomi kita, sangat bergantung kepada perbankan hari ini 2023. Jadi kalau saya juga menjaga APBN, tolong jaga bank anda secara baik-baik,” ungkap Menkeu dalam CEO Banking Forum di Jakarta sebagaimana dilansir dari laman kemenkeu.go.id pada Senin, 9 Januari 2023.

Memasuki awal tahun 2023, Menkeu berharap bankers dapat mengambil banyak pelajaran dari situasi yang dihadapi di tahun sebelumnya. Hal ini seperti disrupsi kenaikan harga komoditas, inflasi, kenaikan suku bunga, dan meningkatnya cost of fund akibat kondisi geopolitik Rusia-Ukraina.

Selain itu, Menkeu juga menyampaikan prediksi dari IMF mengenai pertumbuhan ekonomi dunia yang menurun di tahun 2023 yakni hanya 2,7%.

Prediksi ini menjadi kewaspadaan keadaan dunia yang kurang menggembirakan dengan adanya kemungkinan inflasi dan resesi, juga masalah debt sustainability di berbagai negara.

“Saya berharap anda bukan orang yang kedandapan menghadapi 2023. Jadi saya juga berharap anda thinking ahead,” tandas Menkeu.

Dengan keadaan ekonomi dunia yang memang dalam situasi yang sulit, kondisi geopolitik juga mudah berubah, dan adanya perubahan lingkungan, perubahan iklim, dan digital ekonomi, Menkeu meminta kewaspadaan dapat disikapi tanpa paranoid dan pesimis. Optimisme tetap dapat terbangun dengan bekal 2022 yang telah ditutup dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik.

“Jangan salah arah, jangan salah kompas, jangan salah bersauh,” pungkas Menkeu.

Laporan : Rustam

Continue Reading

KEUANGAN

Kemendag dan BSI Tanda Tangani Kerjasama Pembiyaan Skema Subsidi Resi Gudang

Published

on

By

Kemendag melalu Bappebti tanda tangani kerjasama penyaluran biaya Skema Subsidi Resi Gudang

ACEH, bursabisnis.id – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penyaluran Pembiayaan Skema Subsidi Resi Gudang (SSRG) dengan PT Bank Syariah Indonesia (BSI).

Penandatanganan dilakukan Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Bappebti Widiastuti bersama Retail Banking Director PT BSI Ngataridi.

“Penandatanganan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menyelesaikan pembiayaan SSRG di wilayah Aceh yang semua kegiatan pembiayaan dan perbankannya dilakukan dengan menggunakan akad syariah. Selain itu, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan turut mendorong berkembangnya pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) di Indonesia secara menyeluruh,” ujar Widiastuti sebagaimana dilansir dari laman kemendag.go.id.

Widiastuti menerangkan, SRG merupakan komitmen pemerintah dalam memberdayakan petani yang kurang memiliki posisi tawar dan terbatasnya pilihan selain menjual hasil budidayanya dengan harga rendah. SRG diharapkan mampu mengubah pola pikir dan budaya petani daerah yang selama ini hanya terfokus pada budi daya menjadi petani pebisnis.

“Saat harga komoditas jatuh, petani tidak perlu segera menjualnya.Mereka dapat menunda penjualan dengan menyimpan barangnya di gudang SRG. Sementara, untukkebutuhan produksi, mereka dapat menggunakan resi gudang sebagai agunan pinjaman uang di lembaga keuangan. SRG menjadi suatu bisnis yang menguntungkan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian daerah dan nasional,” terangnya.

Terkait pembiayaan, lanjut Widiastuti, peran pihak perbankan dalam pelaksanaan SRG sangat penting. Bank dapat memberikan pembiayaan tanpa menggunakan agunan dalam bentuk aset lainnya, seperti rumah, tanah dan sebagainya. Namun, cukup dengan komoditasyang disimpan di gudang SRG.

“Dalam Peraturan Menteri KeuanganNomor 187/2021, disebutkan perbankan bisa memberikan pembiayaan dengan adanya peraturan yang mendasari. Perbankan juga dapat melakukan eksekusi jika pemilik komoditas melakukan cedera janji. Berdasarkan PMK diataspula, menambahkan perluasan penerima subsidi resi gudang dan menggunakan akad syariah. Hal ini yang akan dilakukan oleh BSI sebagai bank penyalur,” imbuhnya.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Perbankan

Bank Sultra Tuan Rumah Undian Nasional Simpeda, Nasabah Bang Kaltimtara Bawa Pulang Rp500 Juta

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara atau Bank Sultra dipercayakam sebagai tuan rumah pelaksanaan undian nasional Simpeda Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) 2022.

Kegiatan yang digelar Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) itu dipusatkan di Hotel Claro Kendari, Kamis 25 Agustus 2022 malam.

Undian nasional tersebut dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Iwan Fals.

Setelah dilakukan undian, hadiah pemenang pertama senilai Rp 500 juta diraih oleh nasabah dari Bank Kaltimtara.

Selanjutnya, untuk pemenang kedua diraih oleh empat nasabah BPD dengan nilai hadiah masing-masing sebesar Rp 100 juta, yakni nasabah dari BJB, Bank Nagari, BJB, dan Bank Sultra.

Penarikan undian itu disaksikan dan disahkan oleh perwakilan dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sultra, kepolisian dan notaris setempat.

Kegiatan tersebut dibuka Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi yang diwakili oleh Penjabat Sekertaris Daerah (Sekda), Asrun Lio.

Asrun Lio yang membacakan sambutan Gubernur Ali Mazi menyampaikan selamat kepada Bank Sultra yang telah menjadi tuan rumah, dalam pelaksanaan undian nasional Simpeda ini.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra itu menyampaikan, bahwa melalui pelaksanaan undian ini diharapkan mampu menstimulus dan mendorong masyarakat untuk menabung di BPD.

“Alhamdulillah, dengan kondisi saat ini ekonomi Sultra masih kondusif, fungsi Bank Sultra ini sangat berperan penting,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Asbanda, Achmad Syamsudin mengatakan, oada penarikan Undian Simpeda Periode 1 tahun ke-32 pada 2022, jumlah penabung sampai akhir Juni 2021 berjumlah 7.683.564 penabung, dengan jumlah saldo Simpeda sebesar Rp 58,8 triliun.

“Simpeda adalah salah satu produk BPD dan jumlah dana yang terhimpun terus meningkat,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, pada periode 1 tahun ke-33 di Kota Kendari, posisi Juni 2022, jumlah penabung bertambah sebanyak 83.258 nasabah dengan saldo Rp 63,4 triliun.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif juga menyampaikan terima kasih kepada pemegang saham atas kepercayaannya terhadap Bank Sultra l, sehingga pihaknya terus berinovasi.

Ditambahkannya, menjadi tuan rumah penyelenggara program undian nasional Simpeda adalah bentuk apresiasi kepada nasabah loyal Bank Sultra.

“Dan jika dimungkinkan hadiahnya dapat lebih ditingkatkan,” ucapnya.

“Malam ini kita akan mengahdirkan Iwan Fals, karena saya tau tamu yang hadir di sini bukan generasi milenial. Selain itu juga kita akan mengundi pemenang Simpeda 2022, ” ujarnya.

 

 

Liputan : Ikas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.