Investasi
IPOT Imbau Investor Saham di Daerah Waspadai Berbagai Modus Penipuan
JAKARTA, bursabisnis id – Kemudahan dan keterjangkauan modal dalam investasi saham menjadi daya tarik masyarakat Indonesia untuk berinvestasi saham.
Hanya saja, di tengah kemudahan investasi saham yang sudah bisa dilakukan secara online berbasis aplikasi, dengan smartphone dan keterjangkauan modal investasi, investor saham perlu mewaspadai berbagai modus penipuan yang kini mengintai.
“Modus penipuan yang mengincar investor saham semakin canggih dan beragam dengan sasaran investor-investor baru di daerah. Ada berbagai modus penipuan yang menargetkan para investor saham,” tegas Head of Marketing PT Indo Premier Sekuritas, Paramita Sari di Jakarta, Jumat (11/12).
Lebih lanjut, Ia menjelaskan, sasaran utama para penipu adalah membobol akun para investor. Mereka ini mengincar username, password dan secure PIN yang sifatnya pribadi atau personal.
Penipu, kata dia, biasanya menghubungi korban dengan mengaku sebagai karyawan resmi Indo Premier atau IPOT yang meminta username, password, secure PIN, dan data pribadi penting lainnya, padahal data-data ini sifatnya pribadi dan tidak boleh diketahui pihak lain.
Paramita Sari menyebutkan, bahwa Indo Premier tidak pernah meminta username, password dan secure PIN karena ini sifatnya pribadi.
Tak hanya berhenti di situ, modus penipuan pun memiliki wajah baru, dimana penipu menduplikasi akun-akun resmi Instagram (IG) sekuritas yang sudah centang biru dengan akun-akun palsu yang secara tampilan dan isi sama persis.
“Mereka awalnya memfollow akun-akun yang baru bergabung. Jadi jangan heran, begitu join dengan akun resmi @indopremier akan langsung difollow oleh berjibun akun-akun fake ini,” imbaunya.
Penipu dengan akun IG palsu mengincar korban dengan men-DM sobat IPOT yang baru follow @indopremier. Penipu bertindak seolah-olah ingin memberikan bantuan atau pertolongan.
Penipu beraksi dengan meminta data-data pribadi, mulai nomor telepon, hingga meminta foto ATM yang ujung-ujungnya juga melakukan penipuan dengan meminta korban mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu.
Menurutnya, ada banyak cara yang dilakukan penipu untuk mendapatkan nomor kontak korban dan melancarkan aksinya. Dalam menjalankan aksinya penipu menghubungi korban dan dengan nada manis, mereka seolah-olah ingin memberikan bantuan yang ujung-ujungnya meminta korban mentansfer sejumlah uang ke rekening atau virtual account (VA) penipu.
“Satu-satunya tujuan transfer dana untuk investasi hanya ke Rekening Dana Nasabah (RDN) atas nama nasabah sendiri, bukan ditransfer ke rekening apa pun selain RDN sendiri,” tandasnya.
Paramita juga mengimbau para investor dan calon investor di IPOT untuk semakin waspada dengan berbagai modus penipu di tengah pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghalalkan berbagai cara untuk menipu. Apalagi, saat ini penipu telah menyasar para korban di daerah.
“Kalau selama ini korban lebih banyak yang ada di kota-kota besar, saat ini penipu mengincar investor dan calon investor yang ada di daerah seiring dengan tumbuhnya investor-investor pemula di daerah. Oleh sebab itu, edukasi terkait ancaman nyata para penipu ini perlu digencarkan untuk diketahui secara luas oleh investor dan calon investor biar tidak ada korban-korban baru,” tambahnya.
Ia pun mengingatkan investor dan calon investor IPOT untuk makin waspada dan hati-hati. Ketika menemukan kejanggalan atau mengalami kendala tertentu terkait investasi saham, sebaiknya segera menghubungi call center resmi atau channel layanan lainnya seperti email dan akun resmi Medsos bercentang biru, serta yang terpenting selalu menjaga kerahasiaan data-data yang sifatnya personal.
Untuk diketahui, jumlah investor saham di masa pandemi tumbuh signifikan. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang terbaru memperlihatkan jumlah investor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) per 19 November 2020 sudah mencapai 1.503.682, dan khusus pada masa pandemi Covid-19 terjadi penambahan 417.366 Single Investor Identification (SID) atau naik sebesar 28 persen sepanjang 2020.
Angka-angka pertumbuhan ini menunjukkan bahwa investasi saham menjadi pilihan investasi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, di tengah ancaman pandemi Covid-19.
Liputan: Ikas
Provider
Telkomsel Hadirkan Paket Bundling Halo+ di Super Brand Day bersama Erajaya Group
MAKASSAR, Bursabisnis.id – Telkomsel terus berkomitmen memberikan penawaran bernilai tambah untuk pelanggan. Inisiatif ini diwujudkan dari kolaborasi Telkomsel dan Erajaya Group melalui program Super Brand Day dengan menghadirkan paket bundling Paket Halo+ untuk seluruh pembelian device di store Erajaya Group yang tersebar di Sulawesi dan Maluku Utara.
Mulai 1 November 2025 hingga 31 Desember 2025, penawaran ini bisa didapatkan oleh pelanggan di Makassar (Erafone & More Bulusaraung, Erafone Rappocini, Erafone & More Toddopuli, Erafone & More Toddopuli, Erafone & More Perintis), Manado (Erafone & More Pierre Tandean, Erafone Paniki), Bulukumba (Megastore Ruko Bulukumba), Kendari (Erafone & More Nasution Kendari), Gorontalo (Erafone Limboto), Palu (Erafone Monginsidi), Palopo (Erafone Megastore Palopo), Parepare (Erafone Megastore Parepare) dan Ternate (Erafone Jatiland Ternate), dan berbagai kota lainnya di Sulawesi.
Manager Consumer GTM and Channel Partnership Telkomsel Region Sulawesi, Magdalena Irawati Ovi, mengatakan, kami sangat antusias menghadirkan progam Super Brand Day bersama Erajaya Group, yang menghadirkan paket bundling Halo+ untuk setiap pembelian device di seluruh store Erafone di Sulawesi dan Maluku Utara.
Program ini bukan hanya memberikan nilai tambah, tetapi juga membuka akses pelanggan menuju pengalaman gaya hidup digital yang lebih lengkap, didukung jaringan terbaik dan paket Halo+ yang fleksibel. Kami berharap inisiatif ini dapat semakin mendekatkan Telkomsel dengan pelanggan dan mendukung transformasi digital di kawasan timur Indonesia.
Pada kesempatan yang lain, Head of B2C Erajaya Digital Region 6, Karsono Lii, menyampaikan Super Brand Day akan berlangsung sepanjang November di semua gerai Erafone dengan promo eksklusif.
“Kami ingin setiap pembelian smartphone di Erafone bisa langsung terkoneksi dengan layanan Telkomsel. Semoga kolaborasi ini dapat memperluas penetrasi layanan digital sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan,” ujarnya.
Super Brand Day memberikan manfaat lebih disetiap pembelian device dan pelanggan dapat memilih paket Halo+ nya, baik yang menggunakan simcard dan eSIM dari harga 555 ribuan hingga 1,8 jutaan dengan masa berlangganan dari 6,12 dan 24 bulan, serta bonus kuota 53 Gb setiap bulannya dan tambahan kuota data lainnya hingga 10 Gb. (SK berlaku).
Pelanggan juga dapat menikmati berbagai promo menarik saat melakukan pembelian, seperti mendapatkan manfaat tambahan voucher MyEraspace hingga 100 ribu, hingga bebas memilih 1 aplikasi berlangganan setiap bulannya sesuai paketnya mulai dari Disney+ hotstar, Vidio, WeTV, Capsyl, Langit Musik, Google Play Pass, Noice, Tren dan Fita.
“Telkomsel percaya bahwa kolaborasi dan inovasi dalam ekosistem digital akan mempercepat transformasi dan membuka peluang baru bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati teknologi yang mendukung produktivitas dan gaya hidup modern. Kami ingin memastikan setiap pembelian device tidak hanya bernilai, tetapi juga mendukung gaya hidup digital yang semakin berkembang”, pungkas Magdalena.
Laporan : Kas
Editor : Tam
Provider
Indosat Inspirasi Anak Muda Indonesia Lewat Program Generasi Happy 2025
JAKARTA, Bursabisnis. Id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Tri kembali menginspirasi anak muda Indonesia lewat program Generasi Happy 2025.
Tahun ini, Tri menghadirkan inovasi terbaru Generasi Happy Pensi, sebuah kompetisi nasional yang membuka kesempatan bagi seluruh sekolah di Indonesia untuk memenangkan pentas seni impian, didukung sepenuhnya oleh Tri dan diisi oleh para idola ternama.
Memasuki tahun keempat sejak diluncurkan pada 2022, Generasi Happy telah menjelajahi 13 kota besar di Indonesia seperti Serang, Surabaya, Lampung, hingga Banjarmasin.
Program ini dikemas secara online–offline–online dan berfokus pada empat pilar utama dalam memberdayakan Generasi Z Indonesia, yaitu literasi digital, pengembangan potensi, peningkatan kemampuan kreatif dan kolaboratif, serta hiburan yang menginspirasi pembelajaran dan pengembangan diri.
Mendorong Literasi Digital dan AI di Kalangan Generasi Muda
Tahun ini, Generasi Happy Pensi menyoroti pentingnya pemahaman dan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) di kalangan pelajar, sejalan dengan komitmen berkelanjutan Tri dalam memberdayakan generasi muda di era digital. Melalui kegiatan langsung di sekolah-sekolah, Tri menghadirkan pendekatan terintegrasi yang menggabungkan literasi digital, edukasi AI, serta semangat #JadiLebihHebat agar anak muda mampu menggunakan teknologi secara bijak, kreatif, dan produktif.
Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bilal Kazmi, mengatakan, generasi happy adalah bentuk nyata komitmen Tri untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia di era digital.
Tahun ini, kami mendorong adopsi dan pemahaman terhadap teknologi AI agar dapat dimanfaatkan untuk eksplorasi kreativitas dan ekspresi diri. Melalui sistem voting nasional, kami ingin membuka kesempatan yang setara bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia untuk menampilkan potensi terbaiknya.
Dengan Generasi Happy, kami memastikan setiap anak muda, di mana pun mereka berada, memiliki ruang dan peluang yang sama untuk berkembang dan berkontribusi positif di dunia digital.
Untuk mengikuti kompetisi voting Generasi Happy Pensi, peserta cukup mendaftarkan nomor Tri mereka di situs generasihappy.tri.co.id, kemudian melakukan isi ulang produk Happy minimal Rp20.000 melalui aplikasi bima+ dan memilih sekolah yang ingin mereka dukung. Pengguna baru dapat berpartisipasi dengan membeli perdana Happy minimal Rp35.000, melakukan registrasi di situs yang sama, dan memberikan vote untuk sekolah pilihan mereka.
Rangkaian kegiatan Generasi Happy Pensi 2025 akan semakin meriah dengan penampilan musisi nasional seperti RAN, Idgitaf, Adrian Khalif, dan Ghea Indrawari, serta talenta-talenta muda dari ajang Generasi Happy School Stars, kompetisi pencarian bakat bagi siswa berprestasi yang diadakan oleh Tri. Empat sekolah dengan perolehan vote tertinggi akan mendapatkan kesempatan menyelenggarakan pentas seni impian mereka, yang diumumkan melalui leaderboard di situs resmi Generasi Happy.
Selain panggung hiburan, Generasi Happy juga menghadirkan wadah pengembangan diri melalui Generasi Happy Academy, sebuah sesi inspiratif bertema “Unlocking the Power of AI for Creativity, Digital Confidence, and Future Skills.”
Dalam sesi ini, para pakar digital berbagi wawasan tentang bagaimana kecerdasan buatan dapat menjadi alat untuk mengasah kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri digital, dan mempersiapkan keterampilan masa depan.
Keseruan program ini juga diperkuat dengan berbagai experience booth yang menawarkan beragam aktivitas menarik, mulai dari F&B corner hasil kolaborasi dengan UMKM lokal, turnamen game Mobile Legends dalam H3RO School Competition, hingga Generasi Happy Point Hunt, di mana peserta dapat mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik seperti smartphone dan merchandise eksklusif.
Program Generasi Happy Pensi juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, antara lain Axioo, Montoon, dan sejumlah mitra lainnya yang turut berkontribusi menghadirkan pengalaman belajar dan berkarya yang inspiratif bagi generasi muda Indonesia.
Dengan dukungan produk Tri yang hemat, sinyal cepat, serta teknologi AIvolusi5G menggabungkan kecanggihan kecerdasan buatan dengan kekuatan jaringan 5G, Generasi Happy Pensi menjadi wujud nyata semangat #JadiLebihHebat dan komitmen Tri untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui inovasi, teknologi, dan kreativitas digital.
Laporan : Kas
Editor : Tam
Provider
Telkomsel Hadirkan Promo Bundel ChatGPT Go
JAKARTA,Bursabisnis.id – Telkomsel dan OpenAI resmi meluncurkan Paket Promo Bundling Telkomsel x ChatGPT Go di Indonesia – yang pertama di Asia Tenggara. Mulai Rp50.000, pelanggan bisa mendapatkan paket data khusus akses aplikasi ChatGPT dan akses langganan ChatGPT Go, memastikan pengalaman AI inklusif dan mudah diakses dengan jaringan terdepan dan terluas Telkomsel.
Dengan harga yang lebih terjangkau dibanding paket premium ChatGPT lainnya, ChatGPT Go memberi akses lebih luas ke fitur favorit ChatGPT, termasuk:
batas pesan dengan GPT-5 hingga 10× lebih banyak pembuatan gambar per hari hingga 10× lebih banyak
unggah file atau gambar per hari hingga 10× lebih banyak memori percakapan 2× lebih panjang untuk respons yang lebih personal
Pelanggan SIMPATI (prabayar) dan Halo (pascabayar) dapat membeli paket promo melalui aplikasi MyTelkomsel mulai Rp50.000, sudah termasuk 3 GB paket data khusus akses aplikasi ChatGPT, akses berlangganan ChatGPT Go hingga 2 bulan, dan pilihan paket data internet hingga 100 GB.
Pelanggan juga bisa memilih opsi ChatGPT Go sebagai digital lifestyle benefit, atau menukarkan 1.000 Telkomsel Poin untuk mendapatkan akses berlangganan ChatGPT Go. Selain itu, juga tersedia bagi pelanggan baru IndiHome (paket >75 Mbps) dan melalui program retensi pelanggan terbatas.
Promo berlaku sampai 30 April 2026.
Cara Aktivasi
Pastikan telah menginstal aplikasi ChatGPT di perangkat iOS atau Android
Beli paketnya di MyTelkomsel
Klaim voucher via SMS, login, pilih metode pembayaran default (untuk perpanjangan otomatis)
Setelah masa paket promo berakhir (1–2 bulan sesuai paket), harga normal Rp75.000/bulan akan berlaku. Pelanggan dapat membatalkan kapan saja sebelum perpanjangan otomatis.
Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan, “Sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel berkolaborasi dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi AI terdepan yang dapat diakses oleh semua orang di Indonesia, menjawab kebutuhan nyata dari berbagai lapisan masyarakat, dan benar-benar relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Melalui layanan beyond connectivity seperti Bundel ChatGPT Go, Telkomsel terus mendorong produktivitas dan menginspirasi kreativitas, sekaligus memimpin inovasi berbasis AI yang mengakselerasi kemajuan Indonesia di berbagai sektor.”
Managing Director of International dari OpenAI, Oliver Jay, mengatakan, “Dengan ChatGPT Go dan akses ke model GPT-5 terbaru, kami ingin menjadikan teknologi AI terdepan sebagai sesuatu yang sederhana, ekonomis, dan bermanfaat bagi semua orang. Melalui kolaborasi dengan Telkomsel, kami antusias menghadirkan ChatGPT kepada lebih banyak orang di seluruh Indonesia, membantu mereka menemukan jawaban lebih cepat, mengeksplorasi ide-ide baru, dan membuka berbagai peluang dalam kehidupan sehari-hari.”
Ke depan, Telkomsel akan menjajaki kolaborasi lebih dalam bersama OpenAI untuk menghadirkan pengalaman AI yang semakin seamless dan terintegrasi, mendorong penerapan solusi AI lintas industri yang berdampak nyata, hingga mendukung kemajuan bangsa dengan pengembangan talenta AI.
Laporan : Kas
Editor : Tam
-
ENTERTAINMENT6 years agoInul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa6 years agoDihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR6 years agoJelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur6 years agoRumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus6 years agoTenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE6 years agoOJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Fokus5 months agoUsai Harumkan Nama Wakatobi, Pelatih Atlit Peraih Medali Emas Jual Hp Untuk Ongkos Pulang
-
Entrepreneur6 years agoMengenal Sosok Pengusaha Syarifuddin Daeng Punna yang Pantang Menyerah Berusaha
