Investasi
IPOT Imbau Investor Saham di Daerah Waspadai Berbagai Modus Penipuan

JAKARTA, bursabisnis id – Kemudahan dan keterjangkauan modal dalam investasi saham menjadi daya tarik masyarakat Indonesia untuk berinvestasi saham.
Hanya saja, di tengah kemudahan investasi saham yang sudah bisa dilakukan secara online berbasis aplikasi, dengan smartphone dan keterjangkauan modal investasi, investor saham perlu mewaspadai berbagai modus penipuan yang kini mengintai.
“Modus penipuan yang mengincar investor saham semakin canggih dan beragam dengan sasaran investor-investor baru di daerah. Ada berbagai modus penipuan yang menargetkan para investor saham,” tegas Head of Marketing PT Indo Premier Sekuritas, Paramita Sari di Jakarta, Jumat (11/12).
Lebih lanjut, Ia menjelaskan, sasaran utama para penipu adalah membobol akun para investor. Mereka ini mengincar username, password dan secure PIN yang sifatnya pribadi atau personal.
Penipu, kata dia, biasanya menghubungi korban dengan mengaku sebagai karyawan resmi Indo Premier atau IPOT yang meminta username, password, secure PIN, dan data pribadi penting lainnya, padahal data-data ini sifatnya pribadi dan tidak boleh diketahui pihak lain.
Paramita Sari menyebutkan, bahwa Indo Premier tidak pernah meminta username, password dan secure PIN karena ini sifatnya pribadi.
Tak hanya berhenti di situ, modus penipuan pun memiliki wajah baru, dimana penipu menduplikasi akun-akun resmi Instagram (IG) sekuritas yang sudah centang biru dengan akun-akun palsu yang secara tampilan dan isi sama persis.
“Mereka awalnya memfollow akun-akun yang baru bergabung. Jadi jangan heran, begitu join dengan akun resmi @indopremier akan langsung difollow oleh berjibun akun-akun fake ini,” imbaunya.
Penipu dengan akun IG palsu mengincar korban dengan men-DM sobat IPOT yang baru follow @indopremier. Penipu bertindak seolah-olah ingin memberikan bantuan atau pertolongan.
Penipu beraksi dengan meminta data-data pribadi, mulai nomor telepon, hingga meminta foto ATM yang ujung-ujungnya juga melakukan penipuan dengan meminta korban mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu.
Menurutnya, ada banyak cara yang dilakukan penipu untuk mendapatkan nomor kontak korban dan melancarkan aksinya. Dalam menjalankan aksinya penipu menghubungi korban dan dengan nada manis, mereka seolah-olah ingin memberikan bantuan yang ujung-ujungnya meminta korban mentansfer sejumlah uang ke rekening atau virtual account (VA) penipu.
“Satu-satunya tujuan transfer dana untuk investasi hanya ke Rekening Dana Nasabah (RDN) atas nama nasabah sendiri, bukan ditransfer ke rekening apa pun selain RDN sendiri,” tandasnya.
Paramita juga mengimbau para investor dan calon investor di IPOT untuk semakin waspada dengan berbagai modus penipu di tengah pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghalalkan berbagai cara untuk menipu. Apalagi, saat ini penipu telah menyasar para korban di daerah.
“Kalau selama ini korban lebih banyak yang ada di kota-kota besar, saat ini penipu mengincar investor dan calon investor yang ada di daerah seiring dengan tumbuhnya investor-investor pemula di daerah. Oleh sebab itu, edukasi terkait ancaman nyata para penipu ini perlu digencarkan untuk diketahui secara luas oleh investor dan calon investor biar tidak ada korban-korban baru,” tambahnya.
Ia pun mengingatkan investor dan calon investor IPOT untuk makin waspada dan hati-hati. Ketika menemukan kejanggalan atau mengalami kendala tertentu terkait investasi saham, sebaiknya segera menghubungi call center resmi atau channel layanan lainnya seperti email dan akun resmi Medsos bercentang biru, serta yang terpenting selalu menjaga kerahasiaan data-data yang sifatnya personal.
Untuk diketahui, jumlah investor saham di masa pandemi tumbuh signifikan. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang terbaru memperlihatkan jumlah investor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) per 19 November 2020 sudah mencapai 1.503.682, dan khusus pada masa pandemi Covid-19 terjadi penambahan 417.366 Single Investor Identification (SID) atau naik sebesar 28 persen sepanjang 2020.
Angka-angka pertumbuhan ini menunjukkan bahwa investasi saham menjadi pilihan investasi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, di tengah ancaman pandemi Covid-19.
Liputan: Ikas
Provider
Program SheHacks, Gerakan Menghapus Batasan Perempuan Dalam Bermimpi, Mencipta, dan Memimpin

KENDARI, Bursabisnis.id – Setelah lima tahun hadir sebagai program berbasis teknologi yang mendukung pemberdayaan perempuan, SheHacks resmi bertransformasi menjadi gerakan nasional yang inklusif, berkelanjutan, dan kolaboratif.
Inisiatif ini digagas oleh Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) untuk menjawab tantangan kesenjangan gender di bidang teknologi dan kewirausahaan digital.
Transformasi ini ditandai dengan hadirnya SheHacks 2025, sebuah bentuk konkret dari gerakan SheHacks yang tahun ini mengusung kampanye #UnlockingShe. Kampanye ini menjadi simbol semangat untuk membuka potensi, akses, dan kesempatan perempuan Indonesia agar dapat tumbuh dan berdampak di ekosistem digital.
Reski Damayanti, Chief Legal and Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, SheHacks bukan lagi sekadar program. Kini SheHacks adalah gerakan. Gerakan untuk menghapus batasan yang menghalangi perempuan dalam bermimpi, mencipta, dan memimpin.
Melalui SheHacks 2025 dan #UnlockingShe, kami ingin membangun ruang yang lebih luas dan inklusif bagi perempuan untuk berinovasi, saling menguatkan, dan menciptakan perubahan nyata.
SheHacks 2025 juga mempertegas pendekatan kolaboratif yang selama ini menjadi kekuatannya. Tahun ini, Indosat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) UN Women, sebagai bentuk komitmen bersama untuk membangun ekosistem yang memberdayakan perempuan secara konkret. Kolaborasi ini juga melibatkan berbagai mitra strategis seperti Australia Indonesia Institute (AII) dan 9 mitra lainnya.
Selama lima tahun perjalanan SheHacks, lebih dari 30.000 ide inovatif dan solusi berbasis teknologi telah lahir dari para perempuan di seluruh Indonesia. Di balik angka-angka ini, terdapat kisah perjuangan dan keberanian: perempuan di desa yang kini memiliki usaha berbasis digital, mahasiswa yang membangun solusi untuk disabilitas, hingga komunitas perempuan yang mendobrak stereotip dan menciptakan ruang aman berbasis teknologi.
Melalui kampanye #UnlockingShe, Indosat mengajak seluruh ekosistem—pemerintah, swasta, komunitas, dan individu—untuk bersama-sama membuka lebih banyak pintu. Pintu untuk akses teknologi. Pintu untuk kepemimpinan perempuan. Karena ketika satu pintu dibuka, ribuan perempuan akan masuk dan membawa perubahan.
Indosat percaya bahwa kekuatan gerakan terletak pada keberlanjutan dan kolaborasi. Melalui inisiatif SheHacks, Indosat berupaya untuk menghadirkan ruang terbuka bagi perempuan Indonesia untuk berkarya, berdaya, dan bergerak bersama.
“SheHacks adalah ruang tempat perempuan saling menyemangati, belajar bersama, dan tumbuh menjadi penggerak perubahan. Kami percaya, masa depan digital Indonesia hanya bisa tercapai jika semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi, termasuk perempuan,” tambah Reski.
Laporan : Kas
Editor : Tam
OTOMOTIF
Smart Upgrade Festival dan Trade In Hadir di Kota Kendari, Waktu Tepat Miliki Unit Toyota Impian

KENDARI, Bursabisnis.id – Kalla Toyota secara konsisten menunjukkan pertumbuhannya di wilayah Sulawesi Tenggara, dan Kota Kendari memegang peranan penting dalam kesuksesan ini.
Di Sulawesi Tenggara, market share Kalla Toyota berada pada angka 38,1%. Khusus di Kota Kendari, Kalla Toyota tumbuh dengan capaian 32,6%.
Di bulan Mei, Kalla Toyota memberikan promo special untuk pelanggan yang ingin memiliki Toyota impiannya. Program Toyota is May Dream, menawarkan banyak benefit menguntungkan.
Mulai dari program unggulan Kalla Toyota yakni Smart Upgrade dengan cicilan mulai dari 3 jutaan, bunga 0%, gratis asuransi hingga 2 tahun, hingga diskon PPnBM untuk hybrid hingga 10 juta.
Pelanggan juga berkesempatan mendapatkan Grand Prize total 4 unit United MX 1200 dan ekstra diskon hingga 5 juta.
Gunawan Syuphian selaku Branch Manager Kalla Toyota Kendari dalam sambutannya mengungkapkan, pencapaian ini bukanlah sekadar angka, melainkan cerminan dari dedikasi, kerja keras, dan komitmen Kalla Toyota untuk senantiasa memberikan yang terbaik. Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai faktor, mulai dari kualitas produk Toyota yang sudah teruji, strategi pemasaran yang inovatif.
“Adapun tipe-tipe kendaraan Toyota yang menjadi primadona di area Sulawesi Tenggara yakni Agya, Calya, dan Rush. 3 tipe unit ini memiliki penjualan yang cukup tinggi selama beberapa bulan terakhir,” ungkap Gunawan Syuphian pada press conference yang digelar di The Harbour Café Kendari, Rabu, 14 Mei 2025.
Kalla Toyota Kendari juga memberikan kemudahan akses untuk pelanggan melihat-melihat unit Toyota tanpa harus ke dealer. Di tanggal 16 – 18 Mei, Kalla Toyota hadir lebih dekat dengan Masyarakat kota Kendari dalam event Smart Upgrade Festival & Trade In.
Dimulai dari jam 10 pagi hingga selesai, diharapkan pelanggan yang awalnya ragu untuk datang ke dealer bisa memanfaatkan peluang ini.
Laporan : Kas
Editor : Tam
OTOMOTIF
Beli Mobil Toyota, Bawa Pulang Motor GRATIS! Hanya di Toyota Spectacular Package

MAKASSAR, Bursabisnis.id – Kalla Toyota menghadirkan program spesial “Toyota Spectacular Package” untuk memeriahkan bulan Mei, dengan menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk memiliki mobil Toyota Impian melalui program Smart Upgrade dengan cicilan mulai dari 3 jutaan.
Program ini tidak hanya memberikan keringanan cicilan, tetapi juga berbagai keuntungan lain seperti tukar tambah berhadiah dan paket-paket menarik.
Salah satu daya tarik utama dari program ini adalah kesempatan untuk memenangkan Grand Prize berupa 4 unit United MX 1200. Pelanggan yang memiliki peluang untuk meraih hadiah ini memiliki ketentuan bahwa 2 unit motor diperuntukkan bagi pembelian Program Reguler dan 2 unit lainnya untuk program Tukar Tambah Berhadiah.
Selain Grand Prize, Kalla Toyota juga memberikan penawaran menarik lainnya yaitu ekstra diskon tukar tambah hingga 5 juta rupiah melalui layanan Kalla Toyota Trust yang memudahkan pelanggan untuk mengganti kendaraan lama dengan Toyota terbaru.
Ada pula Spectakuler Package, paket penjualan kredit yang menawarkan bunga 0% atau paket Smartcash untuk model Avanza, Raize, dan Rush, serta gratis asuransi selama 2 tahun untuk model yang sama.
Lebih lanjut, khusus untuk pembelian tipe hybrid di bulan Mei, tersedia diskon PPnBM hingga 10 juta rupiah.
Suliadin selaku Marketing General Manager Kalla Toyota menyampaikan, kami ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggan yang ingin memiliki Toyota baru. Program ini kami hadirkan dengan kombinasi kemudahan dalam proses pembelian dan keuntungan finansial yang menarik, sehingga pelanggan dapat merasakan manfaat maksimal.
Kalla Toyota juga memberikan keuntungan tambahan berupa program gratis jasa dan parts hingga 3 tahun perpanjangan Toyota Warranty (Extended Warranty) selama 1 Tahun /20.000 Km, yang berlaku untuk berbagai model Toyota. Dengan “Toyota Spectacular Package”, Kalla Toyota berkomitmen untuk mewujudkan impian pelanggan memiliki mobil Toyota dengan cara yang lebih mudah dan menguntungkan.
Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Kalla Toyota, pelanggan dapat berkunjung ke website Kalla Toyota di kallatoyota.co.id atau sosial media Kalla Toyota.
Laporan : Kas
Editor : Tam
-
ENTERTAINMENT6 years ago
Inul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa6 years ago
Dihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR6 years ago
Jelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur6 years ago
Rumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus6 years ago
Tenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE6 years ago
OJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Ekonomi Makro5 years ago
Aset Perbankan Syariah Tumbuh 7,10 Persen, Produk Syariah Semakin Diminati
-
Entrepreneur6 years ago
Mengenal Sosok Pengusaha Syarifuddin Daeng Punna yang Pantang Menyerah Berusaha