Connect with us

Investasi

Ekonomi Digital Indonesia Terganjal Kesenjangan Akses

Published

on

JAKARTA, BursaBisnis.id – Pemerintah harus serius membenahi permasalahan yang menghambat perkembangan ekonomi digital di Tanah Air. Pasalnya, para pelaku usaha digital masih dihadapkan pada kesenjangan digital dan hambatan berusaha.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Siti Alifah Dina mengatakan, walaupun pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 73 persen pada November 2020 berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJIII), kesenjangan terhadap akses internet masih cukup signifikan sebagaimana dilansir dari laman Bisnisn.com.

Indonesia berada di peringkat enam dari delapan negara ASEAN dilihat dari Network Readiness Index 2019, diungguli oleh Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, bahkan Filipina.

Indeks ini mengukur bagaimana teknologi dan masyarakat terintegrasi dalam struktur tata kelola yang efektif, dilihat dari beberapa faktor: teknologi, masyarakat, pemerintahan, dan dampaknya terhadap kondisi ekonomi, kualitas hidup dan kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkualitas (SDGs) suatu negara.

Dina menyebut mengatasi kesenjangan digital akan berkontribusi salah satunya pada perluasan akses pasar bagi pengusaha mikro di 30 persen kabupaten/kota yang berada pada wilayah blankspot (tidak ada sinyal atau sinyal maksimal yang dapat diterima hanya 2G) menurut data dari Himbara (Himpunan Bank Negara) per Februari 2020.

“Tidak hanya itu, kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang juga dapat ditingkatkan. Pandemi telah membuat kegiatan belajar harus dilaksanakan secara daring,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima oleh Bisnis pada Rabu (9/12/2020).

Lebih lanjut, Dina menyebut Kementerian Keuangan dapat mempertimbangkan opsi realokasi porsi fiskal tertentu yang permintaannya berkurang selama pandemi, untuk subsidi pemenuhan akses internet melalui kerja sama dengan sektor privat. Misalnya, subsidi bahan bakar minyak karena selama pandemi banyak yang bekerja hanya di rumah.

“Tentunya kebijakan ini harus diiringi dengan perhitungan rinci analisis biaya dan manfaat,” tegasnya.

Selanjutnya untuk mendukung kemudahan berusaha, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dapat mempertimbangkan untuk mengevaluasi dan menunda penerapan izin berjualan daring.

Amanat ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50/2020. Padahal, digitalisasi merupakan opsi adaptasi utama para pelaku usaha, khususnya mikro, di masa pandemi.

Berkaca dari laporan IFC terhadap kendala perizinan untuk perdagangan konvensional atau offline, sebanyak 33 persen pelaku usaha mikro dan kecil menganggap bahwa proses perizinan terlalu rumit. Sedangkan, 27% pelaku usaha mikro dan kecil menyebutkan bahwa mereka tidak melihat adanya manfaat dari perizinan.

Studi dari Universitas Indonesia juga menjelaskan bahwa pandemi merupakan alasan utama pelaku usaha untuk masuk ke dunia digital menurut 71 persen penjual GoFood dan 93 persen social seller (pengusaha individu/mikro yang memiliki sedikit pengalaman berbisnis dan menargetkan jejaring sosial sebagai konsumen melalui media sosial) yang menggunakan GoSend.

Di saat yang bersamaan, prospek konsumen digital juga turut meningkat dilihat dari peningkatan penggunaan aplikasi belanja online atau dalam jaringan (daring) sebesar 42 persen menurut infografis BPS.

“Tercapainya potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 secara merata bergantung pada, salah satunya, kinerja para pemangku kepentingan dalam mengeliminasi beberapa hambatan, diantaranya yaitu tingginya kesenjangan digital serta adanya hambatan berusaha secara digital,” tandasnya.

Pada acara Indonesia Fintech Summit, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa pada tahun 2025, potensi ekonomi digital diproyeksikan sebesar USD 133 miliar atau IDR 1.862 triliun berdasarkan kurs pada November 2020.

Proyeksi ini dihitung berdasarkan pertumbuhan ekonomi digital sebesar 40 persen menurut Laporan Google, Temasek, dan Bain di tahun 2019.

Tentunya angka proyeksi ini akan berubah jika mempertimbangkan terjadinya pandemi di awal tahun ini. Google, Temasek, dan Bain dalam laporannya di tahun 2020 memperbarui proyeksinya menjadi US$124 miliar.

Laporan : Rus

Continue Reading

Provider

Telkomsel Hadirkan Paket Bundling Halo+ di Super Brand Day bersama Erajaya Group

Published

on

By

Telkomsel

MAKASSAR, Bursabisnis.id – Telkomsel terus berkomitmen memberikan penawaran bernilai tambah untuk pelanggan. Inisiatif ini diwujudkan dari kolaborasi Telkomsel dan Erajaya Group melalui program Super Brand Day dengan menghadirkan paket bundling Paket Halo+ untuk seluruh pembelian device di store Erajaya Group yang tersebar di Sulawesi dan Maluku Utara.

Mulai 1 November 2025 hingga 31 Desember 2025, penawaran ini bisa didapatkan oleh pelanggan di Makassar (Erafone & More Bulusaraung, Erafone Rappocini, Erafone & More Toddopuli, Erafone & More Toddopuli, Erafone & More Perintis), Manado (Erafone & More Pierre Tandean, Erafone Paniki), Bulukumba (Megastore Ruko Bulukumba), Kendari (Erafone & More Nasution Kendari), Gorontalo (Erafone Limboto), Palu (Erafone Monginsidi), Palopo (Erafone Megastore Palopo), Parepare (Erafone Megastore Parepare) dan Ternate (Erafone Jatiland Ternate), dan berbagai kota lainnya di Sulawesi.

Manager Consumer GTM and Channel Partnership Telkomsel Region Sulawesi, Magdalena Irawati Ovi, mengatakan, kami sangat antusias menghadirkan progam Super Brand Day bersama Erajaya Group, yang menghadirkan paket bundling Halo+ untuk setiap pembelian device di seluruh store Erafone di Sulawesi dan Maluku Utara.

Program ini bukan hanya memberikan nilai tambah, tetapi juga membuka akses pelanggan menuju pengalaman gaya hidup digital yang lebih lengkap, didukung jaringan terbaik dan paket Halo+ yang fleksibel. Kami berharap inisiatif ini dapat semakin mendekatkan Telkomsel dengan pelanggan dan mendukung transformasi digital di kawasan timur Indonesia.

Pada kesempatan yang lain, Head of B2C Erajaya Digital Region 6, Karsono Lii, menyampaikan Super Brand Day akan berlangsung sepanjang November di semua gerai Erafone dengan promo eksklusif.

“Kami ingin setiap pembelian smartphone di Erafone bisa langsung terkoneksi dengan layanan Telkomsel. Semoga kolaborasi ini dapat memperluas penetrasi layanan digital sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan,” ujarnya.

Super Brand Day memberikan manfaat lebih disetiap pembelian device dan pelanggan dapat memilih paket Halo+ nya, baik yang menggunakan simcard dan eSIM dari harga 555 ribuan hingga 1,8 jutaan dengan masa berlangganan dari 6,12 dan 24 bulan, serta bonus kuota 53 Gb setiap bulannya dan tambahan kuota data lainnya hingga 10 Gb. (SK berlaku).

Pelanggan juga dapat menikmati berbagai promo menarik saat melakukan pembelian, seperti mendapatkan manfaat tambahan voucher MyEraspace hingga 100 ribu, hingga bebas memilih 1 aplikasi berlangganan setiap bulannya sesuai paketnya mulai dari Disney+ hotstar, Vidio, WeTV, Capsyl, Langit Musik, Google Play Pass, Noice, Tren dan Fita.

“Telkomsel percaya bahwa kolaborasi dan inovasi dalam ekosistem digital akan mempercepat transformasi dan membuka peluang baru bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati teknologi yang mendukung produktivitas dan gaya hidup modern. Kami ingin memastikan setiap pembelian device tidak hanya bernilai, tetapi juga mendukung gaya hidup digital yang semakin berkembang”, pungkas Magdalena.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Indosat Inspirasi Anak Muda Indonesia Lewat Program Generasi Happy 2025

Published

on

By

JAKARTA, Bursabisnis. Id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Tri kembali menginspirasi anak muda Indonesia lewat program Generasi Happy 2025.

Tahun ini, Tri menghadirkan inovasi terbaru Generasi Happy Pensi, sebuah kompetisi nasional yang membuka kesempatan bagi seluruh sekolah di Indonesia untuk memenangkan pentas seni impian, didukung sepenuhnya oleh Tri dan diisi oleh para idola ternama.

Memasuki tahun keempat sejak diluncurkan pada 2022, Generasi Happy telah menjelajahi 13 kota besar di Indonesia seperti Serang, Surabaya, Lampung, hingga Banjarmasin.

Program ini dikemas secara online–offline–online dan berfokus pada empat pilar utama dalam memberdayakan Generasi Z Indonesia, yaitu literasi digital, pengembangan potensi, peningkatan kemampuan kreatif dan kolaboratif, serta hiburan yang menginspirasi pembelajaran dan pengembangan diri.

Mendorong Literasi Digital dan AI di Kalangan Generasi Muda

Tahun ini, Generasi Happy Pensi menyoroti pentingnya pemahaman dan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) di kalangan pelajar, sejalan dengan komitmen berkelanjutan Tri dalam memberdayakan generasi muda di era digital. Melalui kegiatan langsung di sekolah-sekolah, Tri menghadirkan pendekatan terintegrasi yang menggabungkan literasi digital, edukasi AI, serta semangat #JadiLebihHebat agar anak muda mampu menggunakan teknologi secara bijak, kreatif, dan produktif.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bilal Kazmi, mengatakan, generasi happy adalah bentuk nyata komitmen Tri untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia di era digital.

Tahun ini, kami mendorong adopsi dan pemahaman terhadap teknologi AI agar dapat dimanfaatkan untuk eksplorasi kreativitas dan ekspresi diri. Melalui sistem voting nasional, kami ingin membuka kesempatan yang setara bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia untuk menampilkan potensi terbaiknya.

Dengan Generasi Happy, kami memastikan setiap anak muda, di mana pun mereka berada, memiliki ruang dan peluang yang sama untuk berkembang dan berkontribusi positif di dunia digital.

Untuk mengikuti kompetisi voting Generasi Happy Pensi, peserta cukup mendaftarkan nomor Tri mereka di situs generasihappy.tri.co.id, kemudian melakukan isi ulang produk Happy minimal Rp20.000 melalui aplikasi bima+ dan memilih sekolah yang ingin mereka dukung. Pengguna baru dapat berpartisipasi dengan membeli perdana Happy minimal Rp35.000, melakukan registrasi di situs yang sama, dan memberikan vote untuk sekolah pilihan mereka.

Rangkaian kegiatan Generasi Happy Pensi 2025 akan semakin meriah dengan penampilan musisi nasional seperti RAN, Idgitaf, Adrian Khalif, dan Ghea Indrawari, serta talenta-talenta muda dari ajang Generasi Happy School Stars, kompetisi pencarian bakat bagi siswa berprestasi yang diadakan oleh Tri. Empat sekolah dengan perolehan vote tertinggi akan mendapatkan kesempatan menyelenggarakan pentas seni impian mereka, yang diumumkan melalui leaderboard di situs resmi Generasi Happy.

Selain panggung hiburan, Generasi Happy juga menghadirkan wadah pengembangan diri melalui Generasi Happy Academy, sebuah sesi inspiratif bertema “Unlocking the Power of AI for Creativity, Digital Confidence, and Future Skills.”

Dalam sesi ini, para pakar digital berbagi wawasan tentang bagaimana kecerdasan buatan dapat menjadi alat untuk mengasah kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri digital, dan mempersiapkan keterampilan masa depan.

Keseruan program ini juga diperkuat dengan berbagai experience booth yang menawarkan beragam aktivitas menarik, mulai dari F&B corner hasil kolaborasi dengan UMKM lokal, turnamen game Mobile Legends dalam H3RO School Competition, hingga Generasi Happy Point Hunt, di mana peserta dapat mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik seperti smartphone dan merchandise eksklusif.

Program Generasi Happy Pensi juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, antara lain Axioo, Montoon, dan sejumlah mitra lainnya yang turut berkontribusi menghadirkan pengalaman belajar dan berkarya yang inspiratif bagi generasi muda Indonesia.

Dengan dukungan produk Tri yang hemat, sinyal cepat, serta teknologi AIvolusi5G menggabungkan kecanggihan kecerdasan buatan dengan kekuatan jaringan 5G, Generasi Happy Pensi menjadi wujud nyata semangat #JadiLebihHebat dan komitmen Tri untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui inovasi, teknologi, dan kreativitas digital.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Telkomsel Hadirkan Promo Bundel ChatGPT Go

Published

on

By

JAKARTA,Bursabisnis.id – Telkomsel dan OpenAI resmi meluncurkan Paket Promo Bundling Telkomsel x ChatGPT Go di Indonesia – yang pertama di Asia Tenggara. Mulai Rp50.000, pelanggan bisa mendapatkan paket data khusus akses aplikasi ChatGPT dan akses langganan ChatGPT Go, memastikan pengalaman AI inklusif dan mudah diakses dengan jaringan terdepan dan terluas Telkomsel.

Dengan harga yang lebih terjangkau dibanding paket premium ChatGPT lainnya, ChatGPT Go memberi akses lebih luas ke fitur favorit ChatGPT, termasuk:

batas pesan dengan GPT-5 hingga 10× lebih banyak pembuatan gambar per hari hingga 10× lebih banyak
unggah file atau gambar per hari hingga 10× lebih banyak memori percakapan 2× lebih panjang untuk respons yang lebih personal

Pelanggan SIMPATI (prabayar) dan Halo (pascabayar) dapat membeli paket promo melalui aplikasi MyTelkomsel mulai Rp50.000, sudah termasuk 3 GB paket data khusus akses aplikasi ChatGPT, akses berlangganan ChatGPT Go hingga 2 bulan, dan pilihan paket data internet hingga 100 GB.

Pelanggan juga bisa memilih opsi ChatGPT Go sebagai digital lifestyle benefit, atau menukarkan 1.000 Telkomsel Poin untuk mendapatkan akses berlangganan ChatGPT Go. Selain itu, juga tersedia bagi pelanggan baru IndiHome (paket >75 Mbps) dan melalui program retensi pelanggan terbatas.

Promo berlaku sampai 30 April 2026.

Cara Aktivasi

Pastikan telah menginstal aplikasi ChatGPT di perangkat iOS atau Android
Beli paketnya di MyTelkomsel
Klaim voucher via SMS, login, pilih metode pembayaran default (untuk perpanjangan otomatis)
Setelah masa paket promo berakhir (1–2 bulan sesuai paket), harga normal Rp75.000/bulan akan berlaku. Pelanggan dapat membatalkan kapan saja sebelum perpanjangan otomatis.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan, “Sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel berkolaborasi dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi AI terdepan yang dapat diakses oleh semua orang di Indonesia, menjawab kebutuhan nyata dari berbagai lapisan masyarakat, dan benar-benar relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Melalui layanan beyond connectivity seperti Bundel ChatGPT Go, Telkomsel terus mendorong produktivitas dan menginspirasi kreativitas, sekaligus memimpin inovasi berbasis AI yang mengakselerasi kemajuan Indonesia di berbagai sektor.”

Managing Director of International dari OpenAI, Oliver Jay, mengatakan, “Dengan ChatGPT Go dan akses ke model GPT-5 terbaru, kami ingin menjadikan teknologi AI terdepan sebagai sesuatu yang sederhana, ekonomis, dan bermanfaat bagi semua orang. Melalui kolaborasi dengan Telkomsel, kami antusias menghadirkan ChatGPT kepada lebih banyak orang di seluruh Indonesia, membantu mereka menemukan jawaban lebih cepat, mengeksplorasi ide-ide baru, dan membuka berbagai peluang dalam kehidupan sehari-hari.”

Ke depan, Telkomsel akan menjajaki kolaborasi lebih dalam bersama OpenAI untuk menghadirkan pengalaman AI yang semakin seamless dan terintegrasi, mendorong penerapan solusi AI lintas industri yang berdampak nyata, hingga mendukung kemajuan bangsa dengan pengembangan talenta AI.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Trending