OTOMOTIF
Pemerintah Indonesia Kolaborasi Dengan Toyota Hasilkan Inovasi Kendaraan Rendah Karbon

JAKARTA, Bursabisnis.id – Pemerintah Indonesia bersama pelaku industri dan akademisi kompak melakukan berbagai upaya untuk mencapai target net zero emission dengan energi terbarukan. Pada sektor otomotif, industri Kendaraan Bermotor (KBM) menunjukkan peningkatan angka penjualan kendaraan jenis xEV (Hybrid, PHEV dan BEV) di tahun 2024, yaitu sebesar 60% dari tahun sebelumnya, membuktikan adanya pertumbuhan minat dan kesadaran masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.
“Strategi dekarbonisasi melalui inovasi teknologi dan konsep industri hijau menjadi hal yang mutlak saat ini. Tidak hanya industri hijau, tetapi potensi-potensi untuk melakukan carbon neutrality dan net zero karbon juga dapat kita lakukan saat ini,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Setia Diarta pada pembukaan kegiatan bertajuk “Beyond Zero: Carbon Neutrality (CN) Mobility Event” di Jakarta.
Salah satu perusahaan otomotif yang telah meluncurkan program netralisasi karbon adalah Toyota Indonesia. Melalui acara bertajuk “Beyond Zero: Carbon Neutrality (CN) Mobility Event” tersebut, Toyota memperlihatkan usaha transisi industri otomotif Indonesia menuju netralitas karbon, yang harapannya bisa membantu mengurangi dampak negatif karbon terhadap lingkungan industri maupun masyarakat di Indonesia.
Pemerintah Indonesia mengapresiasi langkah Toyota dalam mendukung upaya penurunan emisi melalui penyelenggaraan acara tersebut. Acara tersebut menjadi bukti bahwa Toyota tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat dalam membangun ekosistem industri yang berkelanjutan dan berdaya saing global.
“Kami berharap Toyota akan dapat memperkenalkan teknologi-teknologi baru dalam cara berproduksi, tentunya teknologi yang kita harapkan yaitu menghasilkan emisi rendah. Kami juga berharap Toyota Indonesia terus ikut melakukan inovasi ke depannya, tidak hanya pada netralitas karbon saja,” kata Setia sebagaimana dilansir dari laman kemenperin.go.id.
Chief Executive Officer Toyota for Asia Region, Masahiko Maeda menyampaikan, Toyota akan terus berusaha untuk mendukung pertumbuhan negara Indonesia dengan memainkan peran aktif khususnya dalam industri otomotif serta pengembangan rantai pasoknya melalui investasi, pembukaan lapangan kerja, memberi positive trade balance, juga meningkatkan local content ratio (LCR) selama lebih dari 50 tahun.
“Tetapi, progres ekonomi harus berjalan beriringan dengan tanggung jawab lingkungan. Itulah mengapa dengan kolaborasi triple-helix bersama pemangku kebijakan seperti pemerintah, industri, dan akademisi, dengan bangga kami memperkenalkan acara yang mengilustrasikan strategi teknologi multi-pathway, selaras dengan beragam sumber daya energi dan infrastruktur,” ujarnya.
Dalam ajang tersebut, Maeda juga mengajak berbagai pemangku kebijakan untuk berkolaborasi, bertukar pengalaman, dan berkontribusi untuk membangun ekosistem yang mendukung usaha Indonesia untuk dekarbonisasi.
“Beyond Zero: Carbon Neutrality (CN) Mobility Event” berlangsung selama empat hari pada 12 -15 Februari 2025 di Gambir Expo, Jakarta Pusat. Para pengunjung dapat mencoba mengendarai berbagai pilihan kendaraan ramah lingkungan secara langsung, yang menerapkan konsep multiple-pathway, termasuk kendaraan beremisi rendah dan berteknologi tinggi yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.
“Dari biofuel and flexy-fuel technology, hingga hybrid electric vehicles, battery electric vehicles, dan hydrogen fuel cell technology, konsep Beyond Zero memperlihatkan komitmen Toyota untuk mendorong batasan dalam inovasi, sekaligus mendorong pendekatan pragmatis dan holistik menuju ekosistem hijau dan rendah karbon bagi seluruh warga negara Indonesia,” kata Maeda.
Kolaborasi dengan Kemenperin
Kegiatan ini merupakan kolaborasi positif antara Kementerian Perindustrian dan Toyota Indonesia, sebagai jembatan bagi pelaksanaan Annual Indonesia Green Industry Summit (AIGIS) 2025, sebuah momentum untuk mendorong transformasi industri hijau yang digagas dan diselenggarakan oleh Kemenperin pada 20-22 Agustus 2025 mendatang di Jakarta International Convention Center (JICC), Senayan, Jakarta. Pada tahun 2024, Kemenperin menyelenggarakan AIGIS perdana yang berhasil menarik lebih dari 1.000 pengunjung dari berbagai sektor, khususnya berkaitan dengan pengembangan Industri Hijau.
Kepala Pusat Industri Hijau Kementerian Perindustrian, Apit Pria Nugraha menjelaskan, AIGIS sendiri merupakan acara netralitas karbon pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah, dengan pembahasan mengenai penggunaan energi. “Berangkat dari keberhasilan meraih antusiasme publik melalui acara tersebut, Kemenperin akan melanjutkan AIGIS sebagai platform tahunan yang berfokus pada isu lingkungan berkelanjutan, baik tingkat nasional maupun global,” ujar Apit.
Kemenperin telah melakukan kick-off AIGIS 2025 pada 18 Desember 2024 lalu. AIGIS 2025 membuka ruang untuk kolaborasi strategis antara pemerintah, industri, mitra strategis, hingga organisasi internasional dalam memperkuat komitmen Kemenperin terkait dekarbonisasi industri nasional.
Sumber : kemenperin.go.id
Penulis : Icha
Editor : Tam
OTOMOTIF
Kalla Toyota Ajak Pelanggan Jelajahi Agya Youth Fest: Drive In Style dengan Penawaran Terbaik dan Event Sportainment

KENDARI, Bursabisnis. Id – Memasuki pertengahan tahun, Kalla Toyota Kendari terus gencar membagikan promo-promo spesial untuk pelanggan setianya melalui event yang diselenggarakan.
Spesial dibulan Juni ini, Kalla Toyota Kendari menggelar event Agya Youth Fest: Drive In Style di Looka, Laika, Anoa Car wash tanggal 20 – 22 Juni 2025.
Pada event kali ini Kalla Toyota menawarkan beragam keuntungan dan kesempatan memenangkan hadiah menarik sepanjang bulan Juni.
Adapun penawaran pada event Agya Youth Fest: Drive In Style ini meliputi pelanggan bisa mendapatkan keuntungan pembayaran DP 2 kali, Gratis Cicilan 2 kali, dan Program Spektakuler dengan Free Asuransi hingga 2 Tahun.
Selain itu, kita masih ada lagi Program yang tidak kalah menariknya yaitu Program Smart Cash Nyicil rasa Tunai dengan Bunga 0%, Diskon PPnBM untuk Hybrid hingga 10 Juta-an, serta Ekstra Diskon Hingga 5 Juta untuk yang melakukan Tukar Tambah.
Agusalim selaku Branch Manager Kalla Toyota Kendar Tendean mengungkapkan, Kalla Toyota bertujuan untuk membuat kepemilikan Toyota baru menjadi lebih mudah diakses dan menguntungkan bagi pelanggan.
Program dengan berbagai benefit terus digencarkan untuk kenyamanan pelanggan yang ingin melakukan pembelian Toyota di kami. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat berkendara dengan tenang dengan memiliki cakupan asuransi gratis yang diperpanjang.
Adapun benefit tambahan dari pembelian Toyota dibulan Juni ini adalah pelanggan berkesempatan memenangkan doorprize 1 unit MX 1200 hanya untuk Customer yang melakukan transaksi selama periode event 20-22 Juni 2025.
Dengan lokasi dealer Kalla Toyota yang tersebar di 4 Provinsi Sulawesi yakni ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara, diharapkan akses pelanggan untuk pembelian unit Toyota semakin mudah, aman, dan nyaman. Karena di Kalla Toyota tidak hanya melakukan transaksi pembelian mobil baru, namun juga melakukan transaksi pembelian tukar tambah atau trade in.
Sebagai rangkaian dari Event Agya Youth Fest-Drive in Style, Kalla Toyota juga menggelar event 3×3 Agya Basketball Competition di SMAN 1 Kendari pada tanggal 16 hingga 17 Juni 2025.
Kegiatan ini menjadi bagian dari promosi Toyota AGYA STYLIX yang menyasar segmen anak muda dengan tampilan sporty, fitur canggih, dan kenyamanan berkendara.
Berbagai aktivitas seru ditawarkan pada event ini, antara lain Stand Up Comedy, Reels Competition, Free Taksasi, Free Car Wash, Games, dan Test Drive. Kedepannya, Kalla Toyota akan terus menghadirkan aktivitas yang menginspirasi anak muda untuk berani tampil beda dan aktif mengejar prestasi.
Laporan : Kas
Editor : Tam
OTOMOTIF
Beli Kendaraan Aman, Kalla Toyota Jadi Pilihan Cerdas

KENDARI, Bursabisnis.id – Pasar otomotif semakin ramai dan kompetitif, pelanggan cenderung fokus pada penawaran program kepemilikan yang menarik diawal, seperti uang muka (DP) ringan, cicilan bulanan yang terjangkau hingga diskon besar.
Namun Kalla Toyota mengajak pelanggan untuk melihat gambaran yang lebih luas dan jangka panjang, yakni pentingnya mempertimbangkan harga jual beli kembali saat memutuskan pembelian mobil.
Kalla Toyota menekankan bahwa keputusan pembelian kendaraan yang cerdas tidak hanya berhenti pada kemudahan program diawal, tetapi juga perlu memperhitungkan biaya kepemilikan total selama masa pakai kendaraan.
Faktor-faktornya meliputi nilai jual kembali yang optimal, serta kemudahan servis dan keandalan layanan purna jual dan terjangkau di berbagai daerah.
Suliadin selaku General Manager Marketing mengungkapkan, menyadari betul bahwa bagi sebagian besar pelanggan, membeli mobil untuk kebutuhan jangka panjang demi memudahkan mobilitas sehari-hari. Namun, pelanggan seringkali fokus hanya pada penawaran di awal. Kami ingin mengedukasi pelanggan bahwa ada yang jauh lebih penting dapat menjadi bahan pertimbangan demi keuntungan mereka di masa depan, yakni harga jual beli kembali kendaraan pelanggan dan kemudahan after sales.
Terima kasih atas kepercayaannya, Kalla Toyota konsisten mempertahankan predikat market leader dengan menguasai market share sebesar 39% (Ytd April 2025).
Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh pelanggan setia. Cabang Kalla Toyota tidak hanya diperkotaan tapi kami hadir lebih dekat menjangkau wilayah dan daerah yang tersebar di 4 provinsi yakni SulSel, SulBar, SulTra, SulTeng,
Trend pasar menunjukkan bahwa 70% pemilik kendaraan pada akhirnya akan mempertimbangkan untuk melakukan penjualan kembali, atau upgrade kendaraan mereka kemodel yang lebih baru dalam kurun waktu diatas 3 tahun.
Ini menjadikan nilai jual kembali yang kuat dan proses purna jual yang mudah sangatlah penting dalam perencanaan finansial pelanggan.
Memilih merek dan dealer yang menawarkan dukungan kuat dalam hal nilai jual kembali dan kemudahan servis akan sangat menguntungkan pelanggan dimasa mendatang. Kendaraan Toyota secara historis dikenal memiliki nilai jual kembali yang baik, dan Kalla Toyota memastikan hal tersebut didukung oleh layanan terbaik.
“Kami tidak hanya memikirkan program kemudahan menjual mobil didepan, tapi juga menghadirkan ketenangan pikiran dan kenyamanan serta keamaman customer selama masa pemakaian. Kalla Toyota selalu memikirkan siklus penggunaan kendaraan, dari pembelian hingga akhirnya konsumen ingin menjual atau mengganti mobilnya. Sayangnya, tidak semua merek kendaraan memperhatikan aspek ini. Banyak merek baru hanya menawarkan teknologi dan fitur kekinian, namun belum terbukti dalam hal after sales service, jaringan servis yang luas, dan nilai jual kembali yang tinggi,” lanjut Suliadin.
Jadi, sebelum membeli kendaraan, pikirkan matang-matang. Jangan hanya tergoda promo, tetapi perhitungkan juga kemudahan servis, jaringan after sales, dan harga jual kembalinya. Karena hanya di Kalla Toyota yang tidak hanya memberikan teknologi, tetapi juga solusi yang menyeluruh.
Laporan : Kas
Editor : Tam
OTOMOTIF
Smart Upgrade Festival dan Trade In Hadir di Kota Kendari, Waktu Tepat Miliki Unit Toyota Impian

KENDARI, Bursabisnis.id – Kalla Toyota secara konsisten menunjukkan pertumbuhannya di wilayah Sulawesi Tenggara, dan Kota Kendari memegang peranan penting dalam kesuksesan ini.
Di Sulawesi Tenggara, market share Kalla Toyota berada pada angka 38,1%. Khusus di Kota Kendari, Kalla Toyota tumbuh dengan capaian 32,6%.
Di bulan Mei, Kalla Toyota memberikan promo special untuk pelanggan yang ingin memiliki Toyota impiannya. Program Toyota is May Dream, menawarkan banyak benefit menguntungkan.
Mulai dari program unggulan Kalla Toyota yakni Smart Upgrade dengan cicilan mulai dari 3 jutaan, bunga 0%, gratis asuransi hingga 2 tahun, hingga diskon PPnBM untuk hybrid hingga 10 juta.
Pelanggan juga berkesempatan mendapatkan Grand Prize total 4 unit United MX 1200 dan ekstra diskon hingga 5 juta.
Gunawan Syuphian selaku Branch Manager Kalla Toyota Kendari dalam sambutannya mengungkapkan, pencapaian ini bukanlah sekadar angka, melainkan cerminan dari dedikasi, kerja keras, dan komitmen Kalla Toyota untuk senantiasa memberikan yang terbaik. Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai faktor, mulai dari kualitas produk Toyota yang sudah teruji, strategi pemasaran yang inovatif.
“Adapun tipe-tipe kendaraan Toyota yang menjadi primadona di area Sulawesi Tenggara yakni Agya, Calya, dan Rush. 3 tipe unit ini memiliki penjualan yang cukup tinggi selama beberapa bulan terakhir,” ungkap Gunawan Syuphian pada press conference yang digelar di The Harbour Café Kendari, Rabu, 14 Mei 2025.
Kalla Toyota Kendari juga memberikan kemudahan akses untuk pelanggan melihat-melihat unit Toyota tanpa harus ke dealer. Di tanggal 16 – 18 Mei, Kalla Toyota hadir lebih dekat dengan Masyarakat kota Kendari dalam event Smart Upgrade Festival & Trade In.
Dimulai dari jam 10 pagi hingga selesai, diharapkan pelanggan yang awalnya ragu untuk datang ke dealer bisa memanfaatkan peluang ini.
Laporan : Kas
Editor : Tam
-
ENTERTAINMENT6 years ago
Inul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa6 years ago
Dihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR6 years ago
Jelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur6 years ago
Rumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus6 years ago
Tenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE6 years ago
OJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Fokus1 month ago
Usai Harumkan Nama Wakatobi, Pelatih Atlit Peraih Medali Emas Jual Hp Untuk Ongkos Pulang
-
Entrepreneur6 years ago
Mengenal Sosok Pengusaha Syarifuddin Daeng Punna yang Pantang Menyerah Berusaha