Investasi
Perumda Utama Sultra dan PT Medco Infrastruktur Indonesia Teken Kerjasama Investasi SPAM, Nilainya Capai Rp 5,5 Triliun

KENDARI, Bursabisnis.id – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Utama Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan PT Medco Infrastruktur Indonesia melakukan penandatangan kerjasama investasi dibidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Provinsi Sultra.
Penandatangan kerjasama ini dilakukan Direktur Utama PT Perumda Utama Sultra, Ir Eko Prasetyo dengan Project Director PT Medco Infrastruktur Indonesia, Yan Kuryana Wiriadipura di salah satu hotel di Kota Kendari pada Kamis, 8 Agustus 2024.
Penandatanganan kerjasama tersebut disaksikan Plh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sultra, Jany, ST,MT dan sejumlah pimpinan BUMD Air Minum seSultra serta unsur pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.
Menurut Eko Prasetyo dalam sambutannya, mengatakan Provinsi Sultra kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Namun disisi lain, masih tertinggal dari infrastruktur penyediaan air bersih.
Menurut data Kementerian PUPR dalam buku kinerja BUMD Air Minum tahun 2023, khusus Provinsi Sultra untuk cakupan pelayanan rata-rata sekitar 30,3 persen, efisiensi produksi rata-rata sekitar 46,2 persen dan Tingkat Kehilangan Air (TKA) rata-rata 46,8 persen.
“Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan upaya-upaya percepatan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur penyediaan air bersih,” kata Eko Prasetyo.
Namun mengingat keterbatasan anggaran kota dan kabupaten, maka diperlukan upaya-upaya lain, semisal mengundang investor untuk bekerjasama dalam pembangunan dan pengelolaan SPAM. Sehingga tingkat pelayanan dan akses masyarakat terhadap air minum dapat ditingkatkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Plh Kepala DPMPTSP Provinsi Sultra, Jany ST,MT.
Terkait dengan hal ini, Perumda Utama Sultra kemudian menjalin kerjasama dengan PT Medco Infrastruktur Indonesia, untuk melakukan investasi pembangunan dan pengelolaan sarana dan prasarana SPAM di 17 kabupaten/kota seSultra.
Dengan kerjasama tersebut, akan membantu pemerintah dalam pelayanan umum dan mendorong kegiatan pertumbuhan ekonomi daerah.
Secara teknis Eko menjelaskan, kerjasama antara Perumda Utama Sultra dengan PT Medco Infrastruktur Indonesia nantinya akan dilakukan kegiatan investasi dalam hal pembangunan dan pengelolaan SPAM.
Kemudian nantinya akan ditindaklanjuti dengan bekerjasama lagi dengan BUMD Air Minum Kabupaten/Kota seSultra, melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (PKBU).
Disebutkan bahwa investasi pembangunan dan peningkatan infrastruktur SPAM akan dilakukan dari hulu sampai hilir atau disebut source to tap dengan output air minum di sambungan pelanggan dengan kualitas siap minum, sesuai standar Permenkes Nomor 2 Tahun 2023.

Direktur Perumda Utama Sultra, Ir Eko Prasetyo.
“Sedangkan total investasi diperkirakan Rp 5,5 Triliun dalam jangka waktu dua hingga lima tahun,” ungkap Eko Prasetyo.
Eko juga mengungkapkan, setelah masa konsesi yang disepakati berakhir. maka seluruh aset dan pengelolaan SPAM akan diserahkan dan menjadi milik BUMD Air Minum Kota/Kabupaten atau dikenal dengan skema Build Operate Transfer (BOT).
Sementara itu, Plh Kepala DPMPTSP Provinsi Sultra, Jany ST,MT saat memberikan sambutan di hadapan para undangan kerjasama ini menjelaskan, pembangunan yang hanya mengharapkan dana anggaran belanja negara, tentu tidak dapat berjalan sendiri. Sehingga kehadiran investasi dalam pembangunan negara sangat diharapkan.
“Dengan keterbatasan anggaran pemerintah, maka diperlukan adanya perubahan pola pikir untuk mengurangi ketergantungan pendanaan pemerintah dan melakukan pendanaan non publik dalam pembiayaan,” jelas Jany.
Jany juga mengungkapkan bahwa dalam kick off meeting World Water Forum 2024, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan bahwa konservasi air dan ketersediaan air bersih harus menjadi prioritas.
Di tengah isu krisis air dunia, rilis data Kementerian PUPR tahun 2022 menunjukkan tingkat kebocoran air (Non Revenue Water (NRW) di Indonesia sebesar 33,72 persen.
Artinya ada 1,7 miliar meter kubik air terbuang dalam 1 tahun. Dan ini berakibat hilangnya potensi pendapatan sebesar Rp 9,6 Triliun per tahun.
Sedangkan secara kualitas, kebocoran pipa membuka potensi kontaminasi mikrobilogi dan fisik masuk ke pipa pelanggan.
“Untuk itu, saat pembangunan nantinya agar memperhatikan kualitas pipa dan sarana lain, agar dapat mencegah kebocoran air yang akan merugikan kita semua,” harap Jany.
Dengan adanya kerjasama antara Perumda Utama Sultra dengan PT Medco Infrastruktur Indonesia, menurut Jany, ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Sultra. Sebab air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia.
Sementara Project Director PT Medco Infrastruktur Indonesia, Yan Kuryana menegaskan, investasi SPAM di Sultra akan dilakukan jika semua syarat-syarat investasi dapat dipenuhi.
Syarat-syarat yang dimaksud, yakni syarat teknis SPAM dan syarat parameter finansial. “Agar proses investasi SPAM ini segera berjalan, maka akan dilakukan studi kelayakan. Kami akan meping seluruh potensi yang terdapat di 17 kabupaten dan kota di Sultra,” kata Yan Kuryana.
Advetorial/Pariwara
Provider
Tri Hadirkan Jaringan Lebih Cepat dan Luas, Jangkau Kepulauan Buton dan Muna

KENDARI, Bursabisnis. Id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, kini hadir di Pulau Buton dan Pulau Muna, Sulawesi Tenggara.
Penetrasi ini merupakan bagian dari komitmen Indosat dalam menghadirkan akses digital yang merata di wilayah timur Indonesia.
Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki potensi besar dalam ekonomi digital, dengan tingkat penetrasi internet mencapai 64,05%.
Didukung kekayaan alam dan potensi pariwisata yang menjanjikan, wilayah ini membutuhkan jaringan yang andal untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut.
Menjawab kebutuhan tersebut, Tri menghadirkan peningkatan infrastruktur jaringan 4G dan kapasitas koneksi data di wilayah Buton dan Muna.
Masyarakat kini dapat menikmati layanan internet yang lebih cepat dan stabil, mendukung berbagai aktivitas digital mulai dari komunikasi, pembelajaran daring, hingga hiburan seperti video streaming dan mobile gaming.
Swandi Tjia, EVP Head of Circle Kalisumapa Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan, “Penguatan jaringan Tri di Pulau Buton dan Muna merupakan wujud nyata komitmen kami untuk menghadirkan akses digital yang inklusif hingga ke wilayah kepulauan. Kami ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat, termasuk di kawasan Indonesia Timur, dapat menikmati konektivitas berkualitas dunia.”
Hingga saat ini, jaringan Tri telah menjangkau lebih dari 72% populasi di Sulawesi Tenggara.
Layanan Lebih Hemat dan Sinyal Cepat dari Tri ini tidak hanya dapat dinikmati di wilayah perkotaan, namun juga menjangkau hingga wilayah pelosok dan kepulauan. Hingga saat ini, jaringan Tri telah menjangkau 72% populasi Sulawesi Tenggara. Khusus di Pulau Buton serta menjangkau hingga ke wilayah pelosok dan kepulauan.
Masyarakat kini dapat merasakan langsung layanan berkualitas Tri dengan Lebih Hemat dan Sinyal Cepat. Produk-produk Tri kini juga semakin mudah diakses melalui berbagai outlet dan 3Kiosk di Sulawesi Tenggara. Pelanggan dapat menikmati berbagai pilihan produk seperti Perdana Happy 3GB dengan harga Rp 35ribu.
Selain itu, terdapat Isi Ulang Happy 5GB untuk 2 hari dengan harga Rp 10ribu, 12GB untuk 7 hari dengan harga RP 25ribu, 10GB untuk 28 hari dengan harga Rp 35ribu dan 42GB untuk 28 hari dengan harga Rp 84ribu .
Dapatkan berbagai produk Tri aplikasi bima+, 3Store, 3Kiosk, retailer resmi Tri, platform e-commerce, atau USSD *888#.
Untuk informasi lainnya terkait produk Tri, kunjungi situs resmi tri.co.id, dan ikuti media sosial @triindonesia dan @tri.sulawesi untuk mendapatkan informasi terkini.
Laporan : Kas
Editor : Tam
Investasi
Ketua Kadin Sultra Anton Timbang Akan Dampingi Presiden Prabowo Kunjungan ke Prancis dan Belgia

KENDARI, Bursabisnis. Id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra), Anton Timbang dijadwalkan mendampingi Presiden RI Prabowo Subianto ke Prancis dan Belgia pada tanggal 10-16 Juli 2025.
Lawatan Presiden Prabowo itu dalam rangka kunjungan kerja di dua negara tersebut.
Keikutsertaan Kadin Sultra dalam delegasi ini merupakan sebuah kehormatan, mengingat hanya 5 dari 36 Kadin provinsi yang diundang.
“Kami sangat bersyukur. Dari 36 Kadin provinsi, hanya lima yang diundang, dan Kadin Sultra termasuk salah satunya untuk mendampingi Presiden ke Prancis dan Belgia,” ungkap Anton Timbang.
Selain Sultra, empat provinsi lainnya yang turut serta adalah Kadin Jawa Tengah, Maluku, Aceh, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).
Dalam persiapan keberangkatan, kelima Ketua Kadin tersebut diwajibkan melengkapi dokumen untuk pengurusan Visa Schengen, termasuk paspor, pas foto, KTP, Kartu Keluarga (beserta terjemahan Inggris), dan akta nikah (jika ada).
Kunjungan ini diharapkan akan semakin memperkuat hubungan ekonomi Indonesia dengan Prancis dan Belgia.
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Transformasi Teknologi dan Digital, Teguh Anantawikrama, menyatakan bahwa kehadiran Presiden Prabowo dalam forum internasional memberikan dampak positif terhadap kepercayaan dunia terhadap Indonesia, terutama di tengah kondisi nilai tukar rupiah yang sedang fluktuatif.
Ia menambahkan bahwa dalam empat bulan terakhir, investasi asing ke Indonesia mencapai rekor tertinggi.
Sebelumnya, Anton Timbang telah membawa nama Kadin Sultra ke kancah internasional dalam The 42nd Lotus Festival di Los Angeles, Amerika Serikat pada Juli 2023.
Dalam festival tersebut, ia mempromosikan budaya dan potensi investasi Sulawesi Tenggara kepada publik internasional.
Anton menekankan komitmennya untuk terus mendorong kemajuan seluruh sektor usaha di Sultra, baik dari sektor sumber daya alam maupun budaya dan pariwisata.
Ia yakin bahwa dengan kerja sama dan dukungan bersama, Sulawesi Tenggara akan tumbuh lebih pesat.
Laporan : Tam
Maskapai
Rute Baru AirAsia, Layani Penerbangan Adelaide-Bali 4 Kali Seminggu

JAKARTA, Bursabisnis.id – Maskapai AirAsia kini membuka rute penerbangan dari Adelaide, Australia ke Bali, Indonesia.
Dengan hadirnya rute penerbangan AirAsia ini, akan memperkuat akses wisatawan mancanegara (wisman) khususnya dari Australia ke Bali dan berbagai destinasi lainnya di Indonesia.
Penerbangan Indonesia AirAsia resmi beroperasi pada Kamis, 26 Juni 2025 ditandai dengan mendaratnya pesawat dengan kode penerbangan QZ421 di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali.
Penerbangan AirAsia QZ421 akan beroperasi dengan frekuensi empat kali dalam sepekan yaitu Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu.
Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan, Indonesia AirAsia merupakan salah satu mitra strategis Kementerian Pariwisata.
Sebelumnya maskapai ini juga telah membuka rute Darwin-Denpasar pada Maret 2025 sehingga total saat ini sudah ada empat rute Indonesia AirAsia yang menghubungkan Australia dan Bali.
Melalui hub Bali, wisatawan asal Australia juga dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi menarik di Indonesia sehingga menambah length of stay dan pengeluaran selama di Indonesia, mulai dari Jakarta sebagai pusat kegiatan nasional hingga Labuan Bajo yang menjadi gerbang menuju Taman Nasional Komodo yang ikonik.
“Kami berharap rute yang diterbangi Indonesia AirAsia, baik jalur internasional maupun domestik, dapat mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan berkualitas dari Australia ke Indonesia, khususnya destinasi regeneratif dan prioritas Indonesia seperti Bali, Lombok, Labuan Bajo, Medan, Yogyakarta, dan destinasi lainnya,” kata Ni Made Ayu Marthini.
Rute ini diharapkan tidak hanya menarik wisatawan dari Adelaide, tetapi juga dari wilayah Australia Selatan dan sekitarnya.
“Kemenpar optimistis rute ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap target kunjungan wisatawan asal Australia sebesar 1,9 juta wisman Australia tahun ini,” kata Made.
Australia merupakan salah satu negara pasar penyumbang wisman terbesar ke Indonesia. Pertumbuhannya juga menunjukkan tren yang positif setiap tahunnya. Berdasarkan data BPS, kunjungan wisatawan Australia meningkat 17 persen dari tahun sebelumnya mencapai 1,67 juta kunjungan pada tahun 2024.
Hingga periode Januari–April 2025, jumlah kunjungan wisatawan Australia telah mencapai 511.678 wisman dengan jumlah kunjungan ke Bali sebanyak 474.277 wisman. Angka ini juga naik sekitar 7 persen dibandingkan kunjungan pada periode yang sama tahun 2024 sebesar 441.162. Fakta ini menegaskan bahwa Bali masih tetap menjadi destinasi favorit wisman Australia.
Plt. Direktur Utama Indonesia AirAsia, Captain Achmad Sadikin Abdurachman, meyakini setiap penerbangan Indonesia AirAsia tidak hanya membawa penumpang tetapi juga semangat kolaborasi serta ragam potensi. Termasuk mendorong pertukaran budaya, kerja sama ekonomi, dan pengembangan pariwisata dua arah.
Ia memproyeksikan pembukaan rute Adelaide-Denpasar akan menyumbang lebih dari 74 ribu wisatawan Australia setiap tahunnya.
Selain menjadi tujuan wisata utama, Bali memainkan peran penting sebagai pusat konektivitas regional dalam jaringan penerbangan AirAsia dengan kemudahan penerbangan lanjutan ke destinasi lain di Indonesia.
“Kami dengan bangga menghadirkan penerbangan pertama Indonesia AirAsia dari Bali ke Adelaide. Selain menawarkan akses langsung ke Bali yang senantiasa menjadi destinasi favorit, layanan baru ini juga memperluas pilihan bagi para penumpang yang mencari koneksi terjangkau ke lebih dari 130 destinasi dalam jaringan AirAsia di seluruh Asia dan sekitarnya,” katanya.
Hal senada disampaikan Managing Director Adelaide Airport, Brenton Cox, yang mengungkapkan masyarakat Australia Selatan lebih banyak terbang ke Bali dibandingkan destinasi internasional lainnya.
“Bali merupakan tujuan internasional terbesar sekaligus paling cepat pertumbuhannya bagi kami. Kehadiran Indonesia AirAsia akan memberikan lebih banyak pilihan bagi para wisatawan, sekaligus menjadi maskapai berbiaya hemat berbasis Asia pertama yang melayani rute langsung dari Adelaide sejak 2015,” ujarnya.
Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara II, Yulia, menjelaskan, Kementerian Pariwisata akan terus melakukan dan memaksimalkan promosi di pasar Australia termasuk Adelaide melalui berbagai kanal promosi. Termasuk berkolaborasi dengan AirAsia untuk mempromosikan rute ini melalui paket-paket wisata menarik, penawaran khusus, serta joint promotion.
Sejalan dengan hal itu, Kemenpar juga sedang berfokus kepada program Pariwisata Naik Kelas dalam mengembangkan segmen luxury tourism, wellness, marine dan gastronomi, sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan sektor pariwisata nasional.
Sumber : kemenpar.go.id
Laporan : Icha
Editor : Tam
-
ENTERTAINMENT6 years ago
Inul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa6 years ago
Dihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR6 years ago
Jelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur6 years ago
Rumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus6 years ago
Tenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE6 years ago
OJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Fokus4 weeks ago
Usai Harumkan Nama Wakatobi, Pelatih Atlit Peraih Medali Emas Jual Hp Untuk Ongkos Pulang
-
Entrepreneur6 years ago
Mengenal Sosok Pengusaha Syarifuddin Daeng Punna yang Pantang Menyerah Berusaha