Connect with us

TECHNO

PLN Terima 43 Sertipikat dari BPN Bitung dan Boltim

Published

on

Manado, Bursabisnis.id- PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi terus mengenjot sertipikat aset negara. Kali ini sebanyak 43 sertipikat yang berhasil diselesaikan yang merupakan aset tanah dari Kantor Pertanahan Kota Bitung dan Kab.Bolaang Mongondow Timur.

Penyerahan sertipikat aset tanah dari BPN Bitung diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Bitung, Budi Tarigan kepada Manajer Bagian Perijinan dan Umum PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut), Andit dan penyerahan dari BPN Boltim diserahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Yandry Deby Rattu Rory kepada Staf Pertanahan PLN UPP Sulut, Romaria Sitindaon.

Budi mengatakan, 27 sertipikat yang diserahkan adalah bagian dari target sertifikasi aset PLN di tahun 2022 dan merupakan wujud sinergi antara PLN dan BPN Kota Bitung.

“Ini merupakan sinergi yang sangat baik antara PT PLN (Persero) dengan Kantor Pertanahan Kota Bitung, sehingga target sertifikasi di semester 1 ini bisa dicapai dengan baik. Semoga kedepannya sinergi ini bisa lebih baik lagi sehingga aset-aset PLN di Kota Bitung ini bisa kita sertifikatkan semuanya” katanya.

Di tempat berbeda, Yandry menyampaikan terima kasih atas sinergi antara PLN dan BPN Boltim yang sudah berjalan dengan baik. “Harapannya sinergi yang sudah berjalan dengan baik antara PLN dan BPN Boltim terus dilanjutkan sehingga sisa target sertifikasi khususnya di Boltim dapat tercapai.” ujarnya

Sementara itu, Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, Nur Akhsin menyampaikan pencapaian sertifikasi aset PLN di Kota Bitung dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sudah melebihi 50 persen dari target di tahun 2022.

“Saat ini sudah terbit 27 sertipikat dari target 34 sertipikat untuk Kota Bitung, dan 16 sertipikat dari target 28 sertipikat untuk Kabupaten Boltim, yang artinya progres sertifikasi sudah melebihi 50 persen target tahun 2022 untuk masing-masing Kota/Kabupaten tersebut.” ujarnya

“Harapannya sinergi dan kolaborasi yang baik antara PLN dan BPN terus dijaga sehingga sampai di penghujung tahun 2022 sisa target sertifikasi dapat diselesaikan.” tutup Nur Akhsin. (AP)

 

Penulis: Kipat

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TECHNO

Peduli Pendidikan, PLN Gelar Pelatihan Guru PAUD di Luwu Utara

Published

on

By

Luwu Utara, bursabisnis.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi, senantiasa menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat yang ada di sekitar lokasi pembangunan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK)

Salah satu program TJSL yang telah dijalankan adalah program prioritas pendidikan, berupa Bantuan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD se-Kecamatan Sukamaju yang digelar di Kantor Desa Kaluku Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.

Pelatihan ini diadakan selama 2 hari mulai tanggal 28-29 Juni 2022, dan diikuti oleh kurang lebih 55 peserta guru TK/PAUD di Kecamatan Sukamaju. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PLN bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kaluku serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupatwn Luwu Utara, Jasrum mengatakan bahwa pengembangan kompetensi guru TK/PAUD sangat diperlukan dalam mendidik anak pada usia dini. “Kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kualitas pendidiknya. Untuk itu pengembangan kompetensi guru TK/PAUD sangat diperlukan” ujarnya

“Pelatihan bagi guru TK/PAUD ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan menambah keterampilan, serta meningkatkan kreatifitas peserta dalam mendidik anak di usia dini,” terangnya.

Salah satu peserta pelatihan, Hasrah mengaku, antusias dalam mengikuti pelatihan ini “Kami bersyukur atas adanya program pelatihan bagi guru PAUD yang ada di Luwu Utara, khususnya di Kecamatan Sukamaju dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensi kami para guru. Kami juga berterima kasih kepada PLN yang sudah mengadakan pelatihan ini” ungkapnya

Selain mendapatkan pengalaman dan pembelajaran, para peserta juga mendapatkan Sertifikat Pelatihan di akhir kegiatan.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, Nur Akhsin menyampaikan bahwa pelatihan peningkatan kompetensi Guru PAUD se-Kecamatan Sukamaju merupakan bentuk kepedulian PLN dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Luwu Utara. (AP)

 

Laporan: Kipat

Continue Reading

TECHNO

Wagub Sulteng Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan

Published

on

By

Palu, Bursabisnis.id- PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi akan membangun Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) khususnya pembangunan jaringan transmisi 150 kV PLTU Palu 3 – Gardu Induk (GI) 150 kV Tawaeli – GI 150 kV Talise di provinsi Sulawesi Tengah ( Sulteng)

Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan ini juga untuk mendukung pembangunan di Sulteng, termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Untuk itu, hari ini, Senin (18/7/2022), PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi diwakili PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah (UPP Sulteng) melaksanakan audiensi ke kantor Wakil Gubernur Sulawesi Tengah guna memaparkan progres Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK).

Audiensi dihadiri oleh Manager PLN UPP Sulteng, Effendi Kurnianto beserta jajaran, dan ditemui langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Ma’mun Amir.

Effendi menyampaikan progres pembangunan jaringan transmisi 150 kV PLTU Palu 3 – GI 150 kV Tawaeli – GI 150 kV Talise saat ini telah memasuki tahap pengadaan tanah. Rencananya akan dibangun 102 tower dengan panjang kurang lebih 31 Kilometer (Km) yang akan menghubungkan sistem kelistrikan di Kota Palu dengan Kabupaten Donggala.

“Kedatangan kami ke kantor Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dalam rangka menyampaikan progres pengadaan lahan pembangunan jaringan transmisi 150 kV, yang saat ini sementara berjalan untuk Kota Palu dan Kabupaten Donggala,” kata Effendi dalam rilis tertulisnya, Senin (18/7/2022).

“Terdapat beberapa tantangan sosial yang dihadapi untuk itu kami mengharapkan dukungan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah karena pembangunan ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditugaskan oleh pemerintah ke PLN guna meningkatkan keandalan suplai listrik” tutur Effendi.

Wakil Gubernur Sulteng, H. Ma’mun Amir menyambut baik kedatangan PLN dan mendengarkan pemaparan terkait progres pembangunan jaringan transmisi 150 kV PLTU Palu 3 – GI 150 kV Tawaeli – GI 150 kV Talise.

Ia menjelaskan, pada dasarnya pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendukung PLN dalam percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan, terlebih pembangunan ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Beroperasinya jaringan transmisi ini akan meningkatkan investasi di Sulawesi Tengah. Apalagi nantinya transmisi ini akan menyalurkan listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dan memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Palu serta Kabupaten Donggala. Adapun untuk tantangan sosial yang saat ini dihadapi PLN akan segera kami tindak lanjuti guna mendukung kelancaran pembangunan tersebut ” ujar Ma’mun.

Ia menambahkan, segenap dukungan dan perhatian dari seluruh stakeholder akan mempercepat proses Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan sehingga manfaat dari pembangunan tersebut akan lebih cepat dinikmati oleh masyarakat luas, baik secara langsung maupun tidak langsung karena PLN senantiasa berkomitmen untuk menyediakan listrik yang andal bagi seluruh pelanggan. (AP)

 

Laporan: Kipat

 

Continue Reading

TECHNO

Alat Deteksi Covid19, GeNose Tak Dipakai Buat Syarat Transportasi

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Alat deteksi Covid-19 berbasis embusan napas, GeNose C19 yang saat ini tidak dipakai lagi untuk syarat perjalanan di sektor transportasi mendapatkan respons dari tim peneliti dan pengembang.

Anggota Tim Peneliti dan Pengembang GeNose C19 dr Dian Kesumapramudya Nurputra mengatakan alat skrining tersebut masih digunakan di sektor kesehatan dan korporasi di Tanah Air selama penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Dia menuturkan tidak digunakannya GeNose C19 pada koridor transportasi bukan berarti GeNose C19 tak lagi menjadi alat skrining Covid-19 alternatif di sektor-sektor lain.

“Yang tidak dipakai sementara itu hanya di transportasi, sementara yang di rumah sakit dan berbagai perusahaan, GeNose C19 masih terus dipakai,” ujar Dian, Selasa (13/7/2021) sebagaimana dilansir dari laman Bisnis.com.

Saat ini, lanjutnya, tim pengembang masih terus mengevaluasi data hasil tes yang masuk melalui alat, juga kualitas pelayanannya. Proses validasi eksternal oleh Universitas Airlangga dan Universitas Indonesia juga masih berjalan. GeNose C19 dipasarkan pada Februari 2021 setelah lolos uji konsep dan uji klinis. Uji pasca pemasaran atau uji validasi eksternal sedang dijalani GeNose C19.

Dia mengatakan proses ketiga ujian tersebut sudah dan sedang dijalani sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Terlebih, mengembangkan dan menerapkan teknologi inovatif seperti GeNose C19 memang penuh dengan tantangan.  Menurutnya, metode “breath analyzer” atau “breathalyzer” di Indonesia untuk pemeriksaan penyakit belum terlalu populer di Indonesia.

Saat ini Amerika Serikat, Israel, Singapura, Belanda dan Perancis juga tengah mengembangkan alat yang serupa dengan GeNose C19.

“Tetapi sekali lagi desain keenam negara itu berbeda-beda. Sementara alat serupa di negara lain napas disemburkan langsung ke alat, GeNose C19 tidak. Metode semburan langsung itu memiliki kekurangan dan kelebihan dari sisi medis. Itulah kenapa GeNose tidak menyembur ke mesin, melainkan melalui kantong,” ujarnya.

Laporan : Leesya

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.