Connect with us

Rupa-rupa

Waspada, Kasus DBD di Mubar Mulai Meningkat

Published

on

Kadinkes Muna Barat, La Ode Mahajaya/Foto : Istimewa

MUBAR : BURSABISNIS.ID – Memasuki musim hujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai meningkat. Masyarakat diminta waspada.

Data dari Dinas Kesehatan Muna Barat menunjukkan di awal Januari 2024 ini telah ditemukan 14 kasus warga yang terserang DBD.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Muna Barat, Wa Ode Israyanti, mengatakan ada kecenderungan kenaikan kasus demam berdarah di musim hujan.

Tren ini sudah mulai terlihat karena dalam kurun waktu awal Januari 2024 ini terdapat 14 kasus baru.

“Untuk kasus DBD di Mubar kami temukan sudah 14 kasus,” ungkapnya. Selasa, 16 Januari 2024.

Dimana pada wilayah Tiworo Tengah terdapat 5 kasus, Pajala 3 kasus, Tondasi 2 kasus, Barangka 2 kasus dan Puskesmas Marobea menemukan 2 kasus.

“Tertinggi ada di wilayah Tiworo Tengah, ada 5 kasus,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap penyakit pada musim hujan.

“Beberapa jenis penyakit yang biasa terjadi pada musim hujan, antara lain, diare, DBD, leptospirosis, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penyakit kulit serta penyakit pencernaan,” ungkapnya saat dikonfirmasi via WhatsApp. Selasa, 16 Januari 2024.

Menurut Mahajaya agar masyarakat dapat terhindar dari beberapa penyakit tersebut, pihaknya menyarankan agar masyarakat dapat selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar.

“Caranya adalah dengan selalu menguras tempat-tempat penampungan air, serta selalu menutupnya supaya tidak menjadi sarang atau jentik nyamuk,” bebernya.

Kemudian kata Mahajaya, pihaknya menyarankan untuk mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk dan jentiknya dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Masyarakat harus senantiasa menjaga kebersihan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya pula

Menurut mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumbernya Manusia (BKPSDM) Mubar itu, hal yang paling penting adalah masyarakat harus membiasakan cuci tangan setiap kali habis bepergian di luar rumah dan melakukan istirahat yang cukup.

“Mengkonsumsi makanan yang bergizi termasuk mengkonsumsi vitamin, membiasakan mandi setiap habis kehujanan. Lalu ketika terserang atau terkena gejala penyakit, agar segera memeriksakan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Meski demikian, ia berpesan kepada masyarakat untuk tetap waspada. Menurut dia, kewaspadaan terhadap ancaman penyakit DBD bisa dilakukan dengan terus menjalankan program hidup bersih sehat dan berolahraga.

“Tentunya harus didukung dengan makanan yang bergizi. Program pemberantasan sarang nyamuk tetap harus dilakukan secara berkala melalui gerakan 3M,” pungkasnya.

Saat ini kata Mahajaya, pihaknya telah melakukan foging pada Puskesmas Tiworo Tengah dan Puskesmas Tondasi.

 

Laporan : Hasan Jufri

Publisher : Phoyo

Continue Reading
Advertisement

PERTAMBANGAN

PT IAM Wujudkan Dukungan Pendidikan melalui Beasiswa untuk Pemuda Morombo

Published

on

By

KONAWE UTARA : bursabisnis.id – PT Indonusa Arta Mulya (IAM) menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Marombo, Kecamatan Lasolo Kepulauan dan Desa Marombo Pantai, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut) dengan menyerahkan bantuan dana pendidikan (beasiswa) kepada Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Morombo (HIPPMAMOR), Selasa 16 Juli 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari realisasi Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) perusahaan, yang bertujuan untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia di daerah tersebut.

Acara penyerahan beasiswa ini berlangsung di rumah Kepala Desa Morombo Pantai dan dihadiri oleh Ketua Umum HIPPMAMOR, sekretaris organisasi, beberapa aparat desa, serta perwakilan dari PT IAM.

Penyerahan beasiswa ini tidak hanya menjadi bukti nyata kepedulian PT IAM terhadap pendidikan, tetapi juga sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung kemajuan masyarakat setempat.

Desa Morombo dikenal sebagai salah satu wilayah dengan cadangan bijih nikel terbesar di Provinsi Sulawesi Tenggara, yang menarik perhatian banyak investor, baik legal maupun ilegal.

Kehadiran para investor diharapkan mampu meningkatkan pembangunan ekonomi, pendidikan, dan infrastruktur desa, sesuai dengan amanat UU No. 40 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 3.

Wawan, seorang tokoh masyarakat setempat, mengapresiasi langkah PT Indo Arta Mulya yang terus menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat.

“Tidak banyak perusahaan di lingkar Morombo seperti PT IAM, yang meski baru beroperasi sudah mampu merealisasikan kesejahteraan masyarakat melalui program-programnya yang sangat membantu dan transparan dalam menunaikan PPM sesuai SOP,” ujarnya dalam pertemuan tersebut.

Bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh PT IAM ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan pelajar di Desa Morombo untuk terus mengembangkan potensi mereka. Ketua Umum HIPPMAMOR juga menyampaikan terima kasih kepada PT IAM atas kepeduliannya terhadap pendidikan di desa mereka.

“Kami sangat mengapresiasi PT IAM dan akan memberikan feedback positif kepada perusahaan. Melihat program kerja kami untuk kemajuan daerah dan SDM rakyat Desa Morombo, kami menilai PT IAM sebagai kolaborator yang tepat untuk mengaktualisasikan program HIPPMAMOR, yaitu Morombo dalam narasi pembangunan,” lanjut Wawan.

Dengan langkah nyata yang diambil oleh PT Indonusa Arta Mulya, masyarakat Desa Morombo kini semakin optimis menatap masa depan yang lebih baik. Kehadiran perusahaan ini membawa harapan baru bagi pendidikan dan kesejahteraan generasi muda di daerah tersebut.

Penyerahan beasiswa ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain yang beroperasi di sekitar Desa Morombo, untuk lebih peduli dan aktif dalam melaksanakan tanggung jawab sosial mereka.

Kesadaran PT IAM akan tanggung jawabnya kepada masyarakat dan mahasiswa lokal membangkitkan semangat juang masyarakat dan mahasiswa lokal untuk terus menuntut perusahaan lain yang mengabaikan tanggung jawab sosialnya.

Langkah ini menegaskan bahwa PT Indonusa Arta Mulya tidak hanya berfokus pada keuntungan bisnis semata, tetapi juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Continue Reading

Rupa-rupa

Anugerah Jurnalistik dan Pameran Foto Koordinatoriat Wartawan Parlemen

Published

on

By

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi

JAKARTA, Bursabisnis.id – Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI bekerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) menggelar Anugerah Jurnalistik (AJ) IV KWP 2024 dan Pameran Foto Warna-Warni Parlemen XIV dengan tema menyongsong DPR Periode Baru 2024-2029.

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi menilai kegiatan ini bisa menjadi momentum flashback perjalanan DPR satu tahun terakhir, sekaligus juga penyampaian harapan untuk Anggota DPR periode 2024-2029 yang akan datang.

“Ini tentu momentum juga bagi kita semua untuk melihat bagaimana perjalanan DPR minimal setahun terakhir dan juga tentu akan menjadi kenangan untuk periode 2019-2024. Sehingga harapan kita di DPR periode 2024-2029 dengan semangat baru, tentu terobosannya juga baru dan akan semakin dicintai oleh rakyat,” kata Indra Pahlevi sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Indra juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada KWP yang dengan rutin mengadakan kegiatan tersebut, sebagai fungsinya mengabarkan pada masyarakat terkait kerja-kerja DPR.

“Terima kasih kepada segenap pengurus KWP, di bawah kepemimpinan Mas Ariawan dan juga seluruh panitia yang secara reguler, secara periodik melakukan kegiatan ini. Sehingga membantu DPR secara keseluruhan untuk bisa mengabarkan kepada masyarakat apa yang dilakukan oleh DPR tentang tugas, fungsi, dan kinerjanya kepada Masyarakat. Terima kasih sekali lagi Semoga kedepannya KWP semakin sukses dan juga DPR juga semakin dicintai oleh rakyatnya,” pungkasnya.

Sumber : dpr.go.id
Penulis : Icha
Editor : Tam

 

Continue Reading

Rupa-rupa

Politisi PDIP Nirna Lachmuddin Hadiri Jalan Santai Gemoynya Kendari

Published

on

By

KENDARI, Bursabisnis.id – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Nirna Lachmuddin menghadiri jalan santai Gemoynya Kendari, di pelataran eks MTQ Kendari, Sabtu 6 Juli 2024.

Pantauan media ini, kebersamaan Yudhianto Mahardika dan Nirna Lachmuddin berlangsung hingga jalan santai tersebut berakhir.

Kehadiran Nirna Lachmuddin di kegiatan tersebut menunjukkan sinyal politik akan bersama di Pilwali Kendari, yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

Dalam sambutannya, Nirna Lachmuddin mengatakan, bahwa kehadiran dirinya di kegiatan Gemoynya Kendari tentu akan menimbulkan pertanyaan publik.

“Pasti banyak yang bertanya, kenapa saya hadir di kegiatan ini. Tentu menghadiri undangan Bapak Anton Timbang dan Yudhianto Mahardika, ujar istri Ishak Ismail itu.

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara itu menyebutkan, bahwa kehadiran dirinya didampingi oleh suaminya yang merupakan Ketua DPC PDIP Kota Kendari, bersama sejumlah politisi PDIP.

“Ada juga mantan pacar saya (Ishak Ismail, red),” katanya, disambut meriah peserta jalan santai.

Nirna Lachmuddin menambahkan, kebersamaan dirinya dan Yudhianto Mahardika akan terus berlanjut untuk masyarakat Kota Kendari.

“Sabar ya. Tunggu saja kabar baiknya,” tambahnya.

Penulis : Icha
Editor : Tam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.