Provider
25 Tahun Telkomsel Mengubah Tantangan Jadi Peluang

JAKARTA, bursabisnis.id – Telkomsel hadir di tengah masyarakat Indonesia selama 25 tahun. Selama perjalanannya, Telkomsel secara konsisten memperkuat komitmen untuk mendampingi dan membawa perubahan nyata di setiap fase kehidupan bangsa Indonesia.
Di usia 25 tahun ini, Telkomsel sebagai leading digital telco company memaknai kembali tujuan utama perusahaan, untuk terus bergerak maju mendedikasikan seluruh daya dan upaya dalam menghadirkan solusi dan layanan dengan dukungan teknologi terdepan.
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, selama 25 tahun, Telkomsel selalu hadir membantu masyarakat untuk mengubah tantangan menjadi peluang, serta beradaptasi dengan berbagai cara baru dalam menjalani setiap fase perkembangan kehidupan.
Apresiasi sebesar-besarnya kami ucapkan kepada masyarakat, khususnya pelanggan setia, mitra, sahabat, pegiat di tiap ekosistem industri, serta para pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk mengisi kehidupan mereka.
“Kami secara konsisten akan berupaya untuk terus hadir melayani negeri dengan seluruh aset infrastruktur jaringan kami, memberdayakan masyarakat dengan produk dan layanan digital unggulan. Kami berkolaborasi dengan sepenuh hati bersama seluruh elemen bangsa untuk memberikan solusi kehidupan di segala sisi, dan menghadirkan dampak sosial nyata dengan mendorong pemanfaatan teknologi,” jelasnya.
Telkomsel hingga saat ini telah hadir melayani lebih dari 170 juta pelanggan dengan infrastruktur jaringan lebih dari 209.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi Indonesia, hingga ke wilayah terdalam, pulau terdepan, dan wilayah perbatasan negara.
Sejak berdiri, Telkomsel konsisten menjadi yang pertama dalam mengimplementasikan teknologi telekomunikasi terdepan, mulai dari menjadi pelopor dalam penerapan teknologi GSM berbasis 2G sebagai dasar awal pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia, hingga pemanfaatan teknologi mobile broadband mulai dari 3G dan 4G LTE sebagai pengembangan lebih lanjut akses telekomunikasi pendukung gaya hidup digital, hingga uji coba teknologi 5G pertama di Indonesia yang nantinya akan diterapkan sebagai modal utama dalam membangun Indonesia menjadi bangsa digital secara lebih meluas hingga sektor industri.
Setyanto lebih lanjut mengatakan, dalam setiap fase kehidupan yang dilalui, Telkomsel bersama masyarakat selama 25 tahun ini, berbagai tantangan telah dihadapi untuk membuka peluang baru yang berpengaruh pada perkembangan hidup bangsa.
Perubahan ini mendorong Telkomsel untuk terus bergerak maju tak hanya dalam mengembangkan kemampuan sebagai penyedia konektivitas, namun juga penyedia layanan yang dapat menguatkan socio-culture masyarakat dalam beradaptasi dan mengadopsi “the new way of doing things” sehingga menjadi tatanan “the new normal” di setiap fase kehidupan bangsa Indonesia.
Berbekal infrastruktur jaringan terdepan tersebut, Telkomsel sebagai leading digital telco company terus melangkah dengan mengembangkan berbagai Layanan Digital untuk mengakselerasi ekosistem digital yang dapat memberdayakan masyarakat. Keseriusan upaya Telkomsel ini tercermin dari performa Layanan Digital yang meningkat tajam sebesar 31,2% (YoY). Ditambah semakin beragamnya pilihan produk dan layanan berbasis broadband yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yang akan menunjang aktivitas digital masyarakat dalam keseharian.
Pada segmen consumer market, Telkomsel mendorong adopsi gaya hidup digital dengan layanan digital yang mencakup video, games, musik dan berbagai layanan value added services (VAS) yang customer-centric. Layanan video streaming MAXstream terus dikembangkan sebagai platform aplikasi video digital terlengkap dengan mengintegrasikan aplikasi video OTT, saluran linear, serta konten video-on-demand. Telkomsel juga mendorong perkembangan ekosistem games melalui Dunia Games yang kini telah berhasil berevolusi menjadi platform media, penyelenggara kompetisi esports, penyedia pembayaran, hingga penerbit (publisher) mobile games yang berkualitas. Sedangkan melalui Langit Musik, Telkomsel terus memperluas kemitraan dengan penyelenggara OTT musik. Tak hanya itu, Telkomsel juga turut berkontribusi dalam mendorong inklusi finansial melalui penguatan mobile financial Service LinkAja.
Dalam kurun waktu setahun terakhir, Telkomsel juga memprioritaskan pengembangan layanan digital untuk segmen pelanggan korporasi (B2B). melalui solusi bisnis Enterprise yang semakin lengkap dan relevan dengan kebutuhan terkini dari pelaku bisnis, seperti misalnya platform video conference CloudX Meeting yang dihadirkan Telkomsel Enterprise untuk menunjang aktivitas bekerja, belajar, dan bersosialisasi secara fleksibel dari mana saja melalui berbagai macam perangkat.
Untuk segmen korporasi Telkomsel juga menghadirkan berbagai solusi digital berbasis internet of things untuk mengakselerasi modernisasi dan digitalisasi lintas industri, mulai dari korporasi, Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), hingga Institusi Pemerintahan, dengan komitmen untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 melalui penerapan transformasi digital yang tepat guna.
Telkomsel turut berupaya meningkatkan kapabilitas pada industri media periklanan melalui layanan Digital Advertising yang kapabilitasnya semakin diperkuat dengan dukungan bisnis analisa Big Data yang dimiliki Telkomsel.
Setyanto kemudian menambahkan bahwa Telkomsel akan semakin mempertajam keseriusan dalam mengembangkan Bisnis Digital melalui intensifikasi kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang memiliki visi sama dengan Telkomsel. “Di Telkomsel, kami meyakini bahwa kami tidak bisa berjalan sendiri. Kolaborasi dan sinergi telah menjadi fondasi penting bagi Telkomsel dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, yang dapat mendorong pemanfaatan teknologi di berbagai sektor kehidupan masyarakat hingga penjuru negeri”, tegas Setyanto.
Telkomsel pun semakin memaknai kehadiran perusahaan sebagai digital telco company dengan terus mendorong pemanfaatan teknologi yang dapat membantu mengatasi masalah sosial ekonomi yang paling menantang serta menciptakan nilai tambah bagi bangsa Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui empat pilar program yang didedikasikan untuk memberikan dampak sosial nyata di masyarakat. Pilar Pendidikan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan dan mempersiapkan keahlian profesi generasi muda Indonesia di berbagai bidang melalui program IndonesiaNEXT dan T-Perpus (Perpustakaan Digital Telkomsel).
Pilar Masyarakat Digital bertujuan untuk mendorong penggunaan teknologi secara positif guna mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia melalui program The NextDev dan Internet BAIK. Pilar Pemberdayaan Masyarakat untuk mendukung pengembangan potensi masyarakat dan usaha lokal (UMKM) melalui penyediaan infrastruktur utama, memperkuat keterampilan dan sumber daya melalui pelatihan dan pendampingan melalui program Baktiku Negeriku, Patriot Desa Digital, dan Creative Millennials. Serta pilar aksi Filantropi yang difokuskan untuk memberikan bantuan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat maupun perbaikan infrastruktur di daerah terdampak bencana hingga fase recovery melalui program TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity).
Memaknai 25 Tahun Telkomsel di Tengah Masa Pandemi
Untuk mensyukuri seperempat abad kehadiran Telkomsel yang bersamaan dengan masa di mana negeri ini sedang berjuang menghadapi tantangan penanganan pandemi COVID-19, Telkomsel mewujudkan komitmen untuk mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan dengan menghadirkan upaya gotong royong bersama Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan seluruh elemen masyarakat yang memiliki kepedulian yang sama dalam menghadapi pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia melalui program #DiRumahTerusMaju. Inisiatif #DiRumahTerusMaju merupakan upaya solidaritas untuk bersama-sama menjaga Indonesia dengan mensinergikan seluruh aset di ekosistem digital Telkomsel serta mengoptimalkannya dengan bekerja bersama sejumlah Kementerian RI, Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, MPR RI, PMI serta menggandeng berbagai pelaku dan pegiat dari berbagai industri seperti e-learning, e-health, e-commerce, e-donation dan e-entertainment. Upaya solidaritas ini telah menjadi sebuah gerakan gotong royong yang masih terus berkembang dan ditujukan untuk membantu masyarakat untuk melewati tantangan sekaligus beradaptasi dengan perubahan yang tak terhindarkan di dalam berbagai sektor kehidupan akibat pandemi COVID-19.
Telkomsel juga memaknai lebih dalam program filantropi CSR pada masa bencana nasional pandemi COVID-19 ini dengan memastikan kebutuhan masyarakat selalu terpenuhi dalam menghadapi berbagai bentuk cobaan. Hal ini dilakukan dengan membantu para tenaga medis dengan menyediakan bantuan alat ventilator, alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat, thermogun infrared, masker, serta perlengkapan medis lainnya. Telkomsel juga melakukan pemberian dukungan secara strategis berupa pemberian bantuan alat kesehatan dan alat komunikasi bagi sejumlah institusi pemerintahan dan organisasi di berbagai daerah di Indonesia dalam upaya mengatasi pandemi. Sedangkan bersamaan momentum Ramadan 1441 H lalu, Telkomsel telah berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui pemberian bantuan untuk 25.000 anak yatim, kaum duafa, serta pekerja informal yang terdampak COVID-19. Total nilai keseluruhan filantropi CSR Telkomsel dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia mencapai Rp 25 miliar.
Telkomsel juga berupaya untuk memberikan nilai tambah keberadaan Telkomsel dalam mendampingi bangsa di masa pandemi ini. Mulai tanggal 26 Mei 2020, Telkomsel menghadirkan paket kuota data sebesar 25 GB per bulan senilai Rp10, yang ditujukan khusus untuk 10.000 relawan Gugus Tugas COVID-19. Paket ini juga merupakan wujud nyata apresiasi keluarga besar Telkomsel atas kontribusi dan dedikasi para relawan yang telah secara sukarela membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.
Setyanto menutup dengan menyoroti hari jadi Telkomsel di tahun 2020 yang menjadi momen berarti dibandingkan dengan hari jadi di tahun-tahun sebelumnya. “Ulang tahun perak ini sungguh menjadi humbling experience bagi Telkomsel. Selain karena jauh dari hingar bingar perayaan pesta, hari jadi ini jatuh hampir bertepatan dengan momen suci Ramadan dan Idul Fitri, dan dialami pada masa kita semua masih menghadapi ujian pandemi. Keadaan tersebut memberikan kesempatan berharga bagi Telkomsel untuk semakin memaknai kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat. Di mana Telkomsel semakin diuji untuk memastikan keandalan jaringan kami agar masyarakat tetap terkoneksi, untuk terus berinovasi agar dapat menghadirkan solusi yang dapat membantu masyarakat beradaptasi dalam melakukan hal-hal baru sekaligus mengubah tantangan menjadi peluang di masa depan. Tugas terhormat ini menjadi motivasi yang membakar semangat ribuan karyawan Telkomsel untuk terus maju agar bangsa Indonesia juga dapat maju bersama kami. Telkomsel siap terus bergerak maju bersama Indonesia,” tutup Setyanto.
Laporan : Rustam Dj
Provider
Selama Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel Catat Peningkatan Trafik Broadband 10,3 Persen

KENDARI, Bursabisnis.id – Telkomsel sukses jadikan Ramadan terbaik bagi pelanggan selama momen Ramadan dan Idulfitri 1446H atau RAFI 2025 melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan serta ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah.
Dimulai dari 26 Maret hingga 6 April 2025, Telkomsel Regional Sulawesi berhasil mencatatkan peningkatan trafik broadband 10,3% dibandingkan hari biasa 2025 atau 18,2% lebih tinggi dari periode Ramadan Idulfitri 2024.
Kesuksesan ini merupakan hasil dari berbagai upaya Telkomsel selama momen RAFI 2025, yaitu melaksanakan Telkomsel Siaga 2025 serta menghadirkan berbagai inovasi teknologi jaringan, produk, dan layanan.
Telkomsel Regional Sulawesi memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 21 titik keramaian / point of interest (POI) serta mengatasi kendala jaringan secara cepat.
Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan kehadiran 20 BTS 5G di Makassar, serta menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.
Tak hanya itu, Telkomsel di Makassar juga memberangkatkan 200 pemudik dari berbagai profesi secara gratis melalui program Mudik Hepi 2025 ke Surabaya melalui transportasi kapal laut.
Sementara dari sisi produk dan layanan promo, Telkomsel juga telah menyediakan beragam paket internet menarik selama Ramadan.
Dari 21 POI , terdapat 5 lokasi dengan dengan payload tertinggi selama momen RAFI 2025 yakni Palu Grand Mall (48%), Pelabuhan Raha (38,4%), Masjid Besar Merdeka Wonomulyo (27%), Manado Town Square (19,9%) dan Mall Gorontalo (15,7%).
Dari sisi wilayah kerja Telkomsel Regional Sulawesi, wilayah Ternate mencatatkan payload tertinggi sebesar 34.6% dibanding periode RAFi 2024, disusul Gorontalo (33.2%), Parepare (25,4%), Makassar (24,5%), Palu (23,3%), Kendari (19,5%) dan Manado (18%).
Selama momen ini, Telkomsel Regional Sulawesi juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti Media Sosial (37,2%), Layanan Komunikasi (17,5%) seperti WhatsApp, Telegram dan Discord.
Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada Video Streaming (TikTok, YouTube, dan Netflix), dengan peningkatan sebesar 42,2%. Tak hanya itu, Online Gaming juga mencatatkan trafik 1,6%.
General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Sulawesi, Asep Hermawan, mengatakan peningkatan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025.
” Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel, serta turut bahagia dapat memastikan setiap pelanggan bisa menikmati momen Ramadan dan Idulfitri 2025 dengan penuh kemudahan dan kenyamanan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1446H kepada seluruh umat muslim di Indonesia,” ujarnya.
Laporan : Kas
Editor : Tam
Provider
Indosat Catat Lonjakan Trafik Data 21 Persen Periode Idul Fitri 1446 H

JAKARTA, Bursabisnis.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan lonjakan trafik data sebesar 21% sepanjang periode Idulfitri 1446 H dibandingkan hari biasa.
Peningkatan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idulfitri.
Indosat mencatat lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.
Tingginya kebutuhan digital pelanggan dapat diantisipasi dengan dengan baik melalui kesiapan jaringan yang andal dan merata.
Puncak kenaikan lalu lintas data selama periode Idulfitri terjadi saat arus balik tanggal 4 April 2025.
Dari seluruh wilayah Indonesia di mana Indosat beroperasi berikut adalah kota-kota yang mengalami peningkatan lalu lintas data yang tertinggi.
Dari wilayah Sumatra, Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi menjadi kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi.
Di wilayah Jakarta Raya, tiga kota yang mengalami peningkatan tertinggi adalah, Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi.
Sementara itu di wilayah Jawa, kota-kota dengan kenaikan tertinggi antara lain, Garut, Kebumen, dan Madiun.
Di Bali dan Nusa Tenggara, Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok merupakan daerah yang memiliki lonjakan trafik data paling tinggi.
Tak ketinggalan, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu menjadi wilayah yang memiliki trafik data tertinggi di daerah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua.
Indosat memastikan kualitas jaringannya tetap optimal di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi digital pelanggan di seluruh Indonesia, baik di kota besar maupun daerah tujuan mudik.
Tak hanya itu, Indosat juga melakukan optimasi khusus di area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, guna memastikan konektivitas tetap stabil tanpa gangguan.
Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia.
Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar.
Jaringan Tetap Andal Berkat Hati dan Tenaga yang Selalu Siaga
Komitmen Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia diwujudkan melalui dedikasi ribuan petugas teknis di balik layar. Lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis di seluruh Indonesia telah bersiaga untuk memastikan layanan lancar tanpa gangguan, bahkan di puncak trafik sekalipun.
Mereka bersiaga di lapangan termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center), demi memastikan pelanggan tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat tercinta.
“Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas sebagai panggilan profesional, melainkan bentuk pengabdian di momen Lebaran yang bernilai ibadah. Kami memahami betul betapa pentingnya koneksi bagi keluarga yang terpisah jarak. Saya dan tim telah bersiaga sejak sebelum Ramadan, memeriksa setiap site untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Meski kami belum bisa berkumpul saat Lebaran, ada kebanggaan tersendiri dalam menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang. Semangat dari keluarga dan tanggung jawab untuk menjaga konektivitas pelanggan membuat kami tetap teguh menjalankan tugas di momen penuh makna ini.” ujar Imam Susanto, petugas lapangan Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang.
Dalam menghadapi lonjakan trafik ini, Indosat menambah 9.600 kapasitas sites baru serta mengoperasikan penambahan 1.500 BTS baru dan 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis. Infrastruktur jaringan Indosat kini didukung oleh INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat, merupakan integrasi sistem jaringan operasi yang diperkuat teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) dan cognitive learning. Kehadiran INFINITE by Indosat menjadikan pelanggan menikmati komunikasi yang stabil dan aman di mana saja dan kapan saja.
“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan terhadap pelanggan.. Kami akan terus menghadirkan layanan yang mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan kualitas terbaik, dan memastikan mereka selalu terhubung, terutama di momen kebersamaan yang penting seperti Idulfitri,” tutup Desmond.
Laporan : Kas
Editor : Tam
Provider
Telkomsel Gelar Kegiatan CSR di Kendari, Dukung Kesehatan Ibu dan Anak

KENDARI, Bursabisnis.id – Telkomsel melaksanakan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan perayaan Idulfitri (RAFI) 2025.
Dengan mengangkat tema Jadikan Ramadan Terbaikmu, bagian dari program tersebut Telkomsel menggelar CSR untuk masyarakat Kota Kendari pada hari ini, yakni Pemeriksaan dan Nutrisi untuk Ibu Bayi dan Balita serta Pelatihan Keterampilan Perempuan.
Manager Mobile Consumer Branch Kendari Telkomsel – Bagus Budi Kurniawan menyampaikan, dengan tema Jadikan Ramadan Terbaikmu, Telkomsel berharap program CSR ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, sekaligus menciptakan ramadan yang penuh berkah dan kebaikan.
” Kami ingin memastikan bahwa selama bulan suci ini, masyarakat bisa merasakan dampak positif dari berbagai inisiatif yang kami jalankan, dan bersama-sama menjalani ramadan yang terbaik,” jelasnya.
Pemeriksaan dan Nutrisi untuk Ibu Bayi dan Balita digelar di Puskemas Nambo yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan ibu dan balita, serta memberikan akses layanan kesehatan yang lebih baik. Sebagai bagian dari kegiatan tersebut, Telkomsel turut memberikan makanan bergizi dan vitamin untuk membantu menjaga kesehatan para ibu dan balita selama bulan Ramadan. Sekitar 250 ibu dan balita melakukan pemeriksaan dan mendapat paket nutrisi dari kegiatan ini.
Sementara itu dalam sambutannya, Walikota Kendari yang diwakili oleh Asisten II – Drs.H.Jahuddin M.Si menyampaikan, atas nama pemerintah Kota Kendari , saya mengapresiasi inisiatif dari Telkomsel yang menyelenggarakan kegiatan ini.
Hal ini merupakan bukti nyata kepedulian kita semua terhadap kesehatan ibu dan anak yang merupakan pondasi utama dalam membangun generasi yang sehat dan berkualitas.
Turut hadir di acara ini, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Kendari, Camat Nambo – Anjas Syamsuriadi SH., MM., , Lurah Nambo – Silomayansari, S.Stp, dan Kepala Puskesmas Nambo – Ibu Histina, S.KM.
Dihadiri oleh Lurah Rahandouna – Muhammad Ismail, S.P dan perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM – Ita Rahadian R.Syam,S.Pi, pada hari yang sama, bertempat Kelurahan Rahandouna dilaksanakan Pelatihan Keterampilan Perempuan berupa pelatihan pembuatan cookies dengan pemateri Chef La Ode (Peserta Master Chef Indonesia Season 8).
“Program ini sangat menarik karena dapat menambah pengetahuan peserta dalam membuat varian snack yang mudah dan anti gagal. Terima kasih Telkomsel telah mewadahi para perempuan untuk meningkatkan keterampilannya”, ungkap La Ode.
Melengkapi kebahagiaan peserta, selain mendapatkan pelatihan keterampilan, para peserta yang berjumlah 50 orang ini juga masing-masing mendapat perlengkapan baking.
Ibu Ai, salah satu peserta mengungkapkan kegembiraannya. “Saya pribadi sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena dapat ilmu baru dari chef professional dan kami juga mendapat perlengkapan baking gratis, terima kasih Telkomsel, ” ujarnya.
Pelatihan keterampilan perempuan ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi.
Melalui program ini, para peserta dibekali dengan keahlian praktis yang dapat mereka manfaatkan sebagai peluang usaha, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan perempuan dapat lebih berdaya, mandiri, dan memiliki kontribusi yang lebih besar dalam pertumbuhan ekonomi di lingkungannya.
“Selain kegiatan CSR hari ini, kami juga memberikan bantuan dana ramadan untuk beberapa panti asuhan/ yayasan serta paket sembako untuk masyarakat prasejahtera di Kota Kendari. Kami, berharap bahwa CSR ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi penerima manfaat, tetapi juga menginspirasi lebih banyak pihak untuk turut serta dalam membangun kebaikan di tengah masyarakat selama bulan Ramadan dan Idulfitri. Terima kasih untuk masyarakat yang telah berpatisipasi, Dompet Dhuafa dan seluruh pihak yang membantu kami dalam penyelenggaraan CSR hari ini, yang telah menjadikan kegiatan ini bermakna dengan semangat Jadikan Ramadan Terbaikmu,” tutup Bagus.
Laporan : Kas
Editor : Tam
-
ENTERTAINMENT5 years ago
Inul Vista Tawarkan Promo Karaoke Hemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa
-
Rupa-rupa6 years ago
Dihadiri 4000 Peserta, Esku UHO dan Inklusi Keuangan OJK Sukses Digelar
-
PASAR5 years ago
Jelang HPS 2019, TPID: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil
-
Entrepreneur5 years ago
Rumah Kreatif Hj Nirna Sediakan Oleh-oleh Khas Sultra
-
Fokus6 years ago
Tenaga Pendamping BPNT Dinilai Tidak Transparan, Penerima Manfaat Bingung Saldo Nol Rupiah
-
FINANCE6 years ago
OJK Sultra Imbau Entrepreneur Muda Identifikasi Pinjol Ilegal Melalui 2L
-
Ekonomi Makro5 years ago
Aset Perbankan Syariah Tumbuh 7,10 Persen, Produk Syariah Semakin Diminati
-
Entrepreneur6 years ago
Mengenal Sosok Pengusaha Syarifuddin Daeng Punna yang Pantang Menyerah Berusaha