Connect with us

Provider

Telkomsel Mencatat 5 Aplikasi Paling Banyak Diakses

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu dimaknai Telkomsel secara konsisten dengan menghadirkan kenyamanan mengakses layanan terdepan, terutama broadband berkualitas bagi pelanggan, terutama beraktivitas dengan cara-cara baru pada saat pandemi COVID-19, seperti beribadah, bekerja, belajar dan bersilaturahmi dari rumah.

Upaya Telkomsel dalam memberikan manfaat tersebut,menjadi perwujudan komitmen perusahaan ntuk terus bergerak maju menghadirkan solusi yang customer-centric di tengah masa yang penuh tantangan seperti sekarang. Hal ini pun tercermin dengan pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H bagi seluruh umat muslim di Indonesia. “ Semoga kita senantiasa diberikan rahmat dan kesehatan di momen spesial yang penuh rasa kebersamaan ini. Kami memahami bahwa momen Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kali ini berlangsung di tengah masa yang penuh dengan tantangan di masa pandemi COVID-19, sehingga cukup merubah cara masyarakat dalam merayakannya,” jelasnya.

Maka dari itu, sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggandapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus ilakukan dari rumah.

Momen Lebaran tahun ini juga merupakan momen yang spesial bagi kami, karena pada 26 Mei lalu Telkomsel genap berusia 25 tahun. “ Kami pun memaknai usia kami dengan penuh semangat untuk terus bergerak maju bersama masyarakat Indonesia dalam beradaptasi menjalani gaya hidup baru atau memasuki fase The New Normal di berbagai aspek kehidupan ini,” tuturnya.

Sepanjang momen RAFI tahun ini, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Sebagai kelanjutan dari himbauan Pemerintah RI, agar masyarakat menunda mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini, trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur yang biasanya menjadi destinasi utama mudik dan paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode RAFI, di masa pandemi ini mengalami penurunan kedatangan pelanggan sebesar -83% untuk wilayah Jawa Tengah, -77% untuk Jawa Barat, dan -83% untuk Jawa Timur.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%. Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Telkomsel juga mencatat, selama momen RAFI 2020 ini lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service. Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8% dari total jenis layanan data yang diakses selama momen RAFI 2020.

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS. Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital, khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 saat ini.

Laporan : Rustam Dj

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Provider

Telkomsel Angkat Tiga Direktur Baru

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) selaku pemegang saham PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah mengangkat Direktur Finance, Direktur Network dan Direktur Human Capital Management (HCM) pada hari Rabu, 24 Juni 2020 di Jakarta. Demikian dikatakan Vice Presiden Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin.

Pengangkatan Direktur Finance, Direktur Network, dan Direktur HCM yang baru ini dilakukan, sejalan dengan strategi perusahaan dalam melanjutkan transformasi perusahaan, sebagai leading digital telecommunication company yang siap terus bergerak maju bersama Indonesia, dengan mengakselerasikan pemanfaatan teknologi digital terdepan di setiap fase kehidupan masyarakat, hingga penjuru negeri.

Susunan Direksi Telkomsel saat ini selengkapnya adalah:

Direktur Utama : Setyanto Hantoro
Direktur Finance : Leonardus Wahyu Wasono
Direktur Sales : Ririn Widaryani
Direktur Network : Hendri Mulya Syam
Direktur Planning & Transformation : Edward Ying
Direktur Information Technology : Bharat Alva
Direktur Marketing : Rachel Goh Hui Min
Direktur HCM : R Muharam Perbawamukti

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading

Provider

Buka Isolasi Telekomunikasi di pelosok, Telkomsel Hadirkan New Combat 4G di Usuku

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Telkomsel menghadirkan new combat 4G di Usuku, Kelurahan Tongano Barat, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi.

Manager Network Service Telkomsel Kendari, Teksan Ismail mengatakan, hadirnya Telkomsel di Usuku merupakan komitmen provider plat merah tersebut dalam membuka isolasi telekomunikasi di berbagai pelosok daerah.

Ditambahkannya, combat setinggi 15 meter ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Selain untuk berkomunikasi juga nantinya dimanfaatkan untuk menunjang potensi desa,” ungkap Teksan, Senin (22/6/2020).

Selain pengelaran jaringan, kata dia, Telkomsel juga secara massive telah melakukan layanan purna jual berupa penjualan perdana, dan voucher isi ulang untuk pemenuhan layanan komunikasi sehari-hari.

Telkomsel menggelar jaringan baru di daerah pelosok diharapkan mampu memberi dampak positif untuk perkembangan daerah, baik ekonomi maupun pariwisata.

Selain itu, masyarakat dapat membuka usaha baru seperti outlet layanan produk Telkomsel, lapangan kerja, usaha online hingga promosi wisata di daerah.

“Sehingga menjadi daya investasi dan mendatangkan wisatawan,” ungkapnya.

Tantangan terberat dalam pembangunan combat 4G di Usuku adalah penggalian pondasi dengan struktur tanah batu kapur. Namun, semuanya dapat diselesaikan baik dan sekarang masyarakat telah memanfaatkan layanan telekomunikasi Telkomsel.

“Secara bertahap, Telkomsel akan terus membuka akses telekomunikasi di berbagai pelosok Sulawesi Tenggara,” tutup Teksan.

Camat Tomia Timur, La Ode Usra menjelaskan, kehadiran Telkomsel di Usuku sangat membantu masyarakat setempat khususnya di masa pandemi, karena saat ini semua serba online termasuk kebutuhan pelajar/mahasiswa dalam proses belajar secara online.

Lebih lanjut, La Ode Usra menjelaskan, daerah ini merupakan bagaian dari Pulau kedua di Wakatobi yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, jadi pembangunannya sangat tepat.

“Semoga Telkomsel selanjutnya dapat menjangkau desa-desa lain di Wakatobi,” harapnya.

Liputan : Ikas

Continue Reading

Provider

Optimalisasi Kualitas dan Kapasitas Jaringan Telkomsel di 436 POI

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Selama periode RAFI tahun ini, Telkomsel telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest (POI) yang berfokus pada 309 titik area residensial, 58 titik rumah sakit rujukan COVID-19, 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi, serta 31 titik area transportasi logistik, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok. Hal ini disampaikan Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km yang terbentang dari wilayah Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan. Khusus titik POI residensial mengalami kenaikan trafik data yang signifikan yaitu mencapai 31,7% apabila dibandingkan dengan hari normal atau sebelum diberlakukannya kebijakan himbauan Work From Home (WFH).

Upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan juga Telkomsel lakukan dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi 4G, mengoperasikan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps.

Secara keseluruhan, Telkomsel saat ini memiliki 219.000 unit BTS di seluruh penjuru negeri, dengan 87.000 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Berbekal infrastruktur yang andal, cakupan 4G Telkomsel pun telah menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan berbasis broadband.

Di samping itu, sebagian besar proses pengawasan operasionalisasi dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan dilakukan secara virtual, yang didukung oleh 13 Posko Virtual eRAFI 2020, 19 tim internal (1.578 anggota), dan 46 tim mitra strategis (803 anggota).

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing. Implementasi virtual monitoring ini dinilai mampu menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Telkomsel terhadap COVID-19.

“Kami bersyukur dapat memberikan layanan kepada pelanggan dan masyarakat secara umum dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran tahun ini. Kami berharap upaya Telkomsel tersebut memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah Ramadan dan merayakan momen Idul Fitri meski harus dilakukan dari rumah. Sebagai leading digital telco company, kami menjadikan saat ini sebagai momentum untuk terus hadir mendampingi masyarakat dan Pemerintah RI agar dapat beradaptasi terhadap gaya hidup baru dalam menjalani keseharian dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital. Di samping itu, kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya momen Lebaran dan seterusnya, guna memastikan pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman. Kami juga sangat berharap pandemi COVID-19 dapat segera usai dan kita semua bisa melewati masa penuh tantangan ini dengan memasuki fase hidup “The New Normal” kedepannya, sesuai protokol yang telah ditetapkan Pemerintah,” tutup Setyanto.

Laporan : Rustam Dj

 

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode RAFI 2020:

Layanan Trafik Puncak

RAFI 2020

Perbandingan dengan Hari Normal 2020 Perbandingan dengan Periode yang Sama di RAFI 2019
Data 26,69 Peta Byte Naik 22,8% Naik 42,1%
SMS 495 Juta SMS Turun 12,1% Turun 6,7%
Suara 1,1 Miliar Menit Turun 0,9% Naik 2,3%

 

Berikut platform layanan data dan aplikasi yang paling banyak di akses pelanggan Telkomsel pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H:

 

Top 5 Data Services Platform

Platform Proporsi dari Akses Keseluruhan Layanan Data Perbandingan dengan Hari Normal 2020
Social Media 30,8% Naik 3,6%
Video Streaming 23,8% Naik 13,8%
Communication 20,9% Naik 75,4%
Google Platform 5% Naik 6,4%
Mobile Gaming 3% Naik 83,7%

 

Top 5 Applications

Aplikasi Proporsi dari Akses Keseluruhan Apikasi Perbandingan dengan Hari Normal 2020
Youtube 18,8% Naik 6,9%
Facebook 16,6% Turun 0,5%
Whatsapp 16,2% Naik 49,2%
Instagram 13,2% Naik 5,3%
Google Services 5% Naik 7.1%
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.