Connect with us

Ekonomi Makro

Dorong Perluasan Ekosistem Keuangan Digital, BI Sultra Lakukan ToT Merchant Pejuang QRIS

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id –  Dalam rangka mendorong perluasan ekosistem keuangan digital di bumi anoa, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) melatih lintas sektor, melalui kegiatanTraining of Trainers (ToT) merchant pejuang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Kamis 25 Agustus 2022.

Dalam pelatihan tersebut, KPw BI Sultra menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Saat ini, pengguna QRIS di Kendari mencapai 49 ribu per Juni 2022,dimana ada penambahan sebanyak 34 ribu dari awal tahun 2022. BI Sultra menargetkan akselarasi penggunaan QRIS mencapai 100 ribu di tahun 2022.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Aryo Wibowo mengatakan pihaknya bersama Pemkot  Kendari memberikan pelatihan penggunaan QRIS kepada pelaku usaha, pengurus Dewan Masjid Indonesia Kendari, Anoa Mart, pekerja media, hingga pimpinan TK, SD, SMP, dan SMA di Kota Kendari.

Lebih lanjut, Aryo Wibiwo menyebutkan, bahwa BI bersama Pemkot Kendari berkolaborasi menyelenggarakan sosialisasi dan Training of Trainers (ToT) merchant pejuang QRIS, untuk mendorong literasi pelaku usaha dan pengurus komunitas guna meningkatkan penggunaan transaksi non tunai.

“Kami (BI) berkomitmen dan terus berusaha agar setiap transaksi keuangan dapat dilakukan secara digital,” ujarnya.

Aryo Wibowo menjelaskan, Pemkot Kendari akan menjadi pasar digital. Hal tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara BI dan Pemkot Kendari, dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 586/2833/2022 tentang imbauan mendorong program Kota Kendari dalam rangka penggunaan transaksi non tunai.

BI Sultra meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai utamanya melalui QRIS yang diawali kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pelaku usaha, pengurus masjid, dan pimpinan TK/RA, SD/MI, SMP/MTs se-Kota Kendari.

Ia menambahkan, selain melatih pihaknya juga akan melakukan pendampingan pada merchant pejuang QRIS secara intens guna memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menggunakan transaksi non tunai.

Di tempat yang sama, Kepala Bapenda Kota Kendari, Satria Damayanti mengatakan, penggunaan QRIS dapat meningkatkan kemudahan pembayaran.

Secara efisiensi, lanjut Kepala Bapenda, penggunaan QRIS dapat meningkatkan trafik penjualan bagi pelaku usaha.

“Dari sisi sosial, bagi mereka yang rajin menyumbang di masjid-masjid juga tidak perlu ragu lagi karena QRIS juga sudah digunakan di beberapa masjid yang ada di Kota Kendari. Para donatur lebih mudah untuk berdonasi,” katanya.

Untuk itu, Kepala Bapenda berharap, ToT ini dapat diimplementasikan langsung dalam bertransaksi, baik dalam lingkup usaha, sekolah dan lainya.

“Sehingga dapat memperluas digitalisasi sistem pembayaran yang dapat mendorong perekonomian digital dan bisa berkembang,” pungkasnya.

Liputan : Ikas

PERIKANAN DAN KELAUTAN

PLN Tanam 5.000 Bibit Pohon Mangrove di Pantai Melaione Wakatobi

Published

on

By

Bursabisnis.id, Wakatobi – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar, menanam 5.000 bibit Mangrove di Pantai Melaione kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (28/11/2022).

Penanaman bibit Mangrove ini diharapkan dapat mendukung upaya mempertahankan ekosistem pesisir dari kerusakan di Kepulauan Tukang Besi. Selain itu, kegiatan penanaman ini adalah bagian dari upaya PLN untuk menyemarakkan “Hari Menanam Pohon Indonesia” yang diperingati secara nasional setiap 28 November.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Pelanggan Baubau, Agus Susanto secara simbolis menyerahkan bantuan bibit pohon Mangrove sebesar Rp 100 juta kepada Bupati Wakatobi, Haliana yang merupakan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility).

Agus Susanto mengatakan, kegiatan penanaman bibit mangrove ini merupakan komitmen PLN dalam pelestarian lingkungan di Wakatobi. “Kegiatan ini menjadi komitmen PLN dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan ekosistem mangrove sehingga menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk kedepannya”, ujar Agus..

Pada Tahap I, PLN telah melakukan penanaman 2.500 bibit di tepi Pantai Melaione Dusun Melaione, Desa Matahora, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sultra pada senin (28/11). Selanjutnya, tahap II, akan ditanam kembali 2.500 bibit pohon Mangrove di Pulau Sumanga, Wakatobi pada Desember 2022.

Agus berharap kegiatan penanaman mangrove, nantinya dapat mencegah abrasi yang lebih besar di Pantai Melaione Wakatobi. Ia pun berharap masyarakat bisa menjaga dengan sebaik-baiknya agar ke depan bisa dinikmati.

Di tempat yang sama, Bupati Wakatobi, Haliana menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan bibit pohon Mangrove serta mengapresiasi upaya PLN dalam mempertahankan ekosistem pesisir di Pantai Melaione.

“Terima kasih kepada PLN dan seluruh Stakeholder yang telah bahu-membahu dalam melestarikan lingkungan, semoga upaya ini menjadi langkah yang baik untuk mempertahankan ekosistem pesisir di Pantai Melaione,” ujar Haliana.

Penanaman bibit Mangrove ini dihadiri Bupati Wakatobi Haliana, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Pelanggan Baubau, Agus Susanto, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Dinas Kelautan Perikanan serta Komunitas Maimo Konservasi Laut Wakatobi.

 

 

Penulis: Kipat

Continue Reading

Ekonomi Makro

Serap Emisi 5,5 Juta ton CO2, PLN Tanam Lebih dari 1,47 Juta Pohon

Published

on

By

Bursabisnis.id, Jakarta- Sebanyak 1.371 relawan PT PLN (Persero) melakukan penanaman pohon serentak di seluruh unit-unit kerja se-Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Menanam pohon Indonesia ( HPMI) 2022.

Sepanjang 2022, total sebanyak 1,47 juta pohon telah ditanam yang tersebar di 248 hektare lahan. Aksi insan PLN ini berpotensi menyerap emisi karbon sebesar 5,5 juta ton CO2.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan bersamaan dengan momentum HPMI tahun 2022, insan PLN ingin ikut berkontribusi dalam mencegah dampak perubahan iklim.

Adapun, jumlah pohon yang ditanam oleh insan PLN pada tahun 2022 terbagi atas pohon produktif sebanyak 1.332.086 pohon, dan mangrove sebanyak 135.340 pohon.

“Insan PLN yang ikut serta dalam gerakan menanam pohon ini sebanyak 1.371 orang di seluruh unit kerja kami di Indonesia,” ujarnya.

Untuk memastikan dampak penanaman pohon, lanjut Darmawan, PLN memilih lokasi tanam pohon yang diprioritaskan pada kawasan ring 1, terutama kawasan pembangkit, daerah aliran sungai (DAS), lahan kritis dan lahan konservasi.

Menurutnya, pilihan lokasi tersebut diharapkan dapat menyelamatkan keanekaragaman hayati untuk memperkuat kapasitas ketahanan terhadap bahaya perubahan iklim dan bencana alam.

“Penanaman pohon sebagai upaya mitigasi perlindungan hutan dan lahan basah, perbaikan pengelolaan hutan, restorasi ekosistem hutan, gambut, dan mangrove,” kata Darmawan.

Upaya penanaman pohon ini, juga melibatkan dinas terkait di setiap Provinsi dan Kota. Selain penanaman, sinergi PLN dan Pemda juga mengarah pada pemantauan perawatan pohon hingga mengukur keberhasilan penyerapan karbon.

Darmawan menjelaskan, berdasarkan perhitungan, dengan ditanamnya 1.467.426 pohon ini berpotensi pada penyerapan karbon sebesar 5,5 Juta ton CO2.

Adapun potensi  penyerapan karbon dihitung menggunakan parameter data jumlah pohon yang ditanam, luas areal tanam dan faktor emisi dari setiap jenis pohon yang ditanam
“Upaya ini juga merupakan komitmen PLN untuk mitigasi perubahan iklim serta menerapkan ESG,” tambahnya.

Aksi ini merupakan bagian dari upaya pengurangan emisi PLN untuk mendukung inisiatif strategis PLN dalam transisi energi. Diketahui, PLN juga tengah menjalankan 8 inisiatif strategis dalam menjalankan transisi energi yaitu pemensiunan PLTU batubara, co-firing biomassa, ujicoba co-firing hidrogen dan ammonia, pembangunan pembangkit EBT, smart grid, green energy as a service, dan ekosistem kendaraan listrik.

 

 

Penulis: Kipat

Continue Reading

Ekonomi Makro

PLN Journalist Award 2022, Momen Wartawan Gelorakan Semangat Energi Bersih

Published

on

By

Bursabisnis.id, Jakarta – Ajang bergengsi PLN Journalist Award 2022 kembali hadir untuk para jurnalis di seluruh tanah air. Tema yang diangkat adalah “Transisi Energi Dorong Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan, PLN mengajak para jurnalis untuk menggelorakan pentingnya energi bersih”.

PLN Journalist Award 2022 akan memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah. Adapun sub tema dalam lomba ini antara lain Transisi energi sebagai momentum kebangkitan ekonomi negeri; Transisi energi demi kehidupan yang lebih baik; Transisi energi mendorong pemanfaatan energi kerakyatan; masyarakat tumbuh dan tangguh bersama listrik. Kemudian Energi bersih untuk bumi Indonesia dan PLN Peduli, memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan momen penghargaan para jurnalis kali ini senada dengan salah satu agenda besar G20 untuk transisi energi yang sebelumnya berlangsung di Bali.

“PLN Journalist Award 2022 istimewa karena mendorong rekan-rekan jurnalis untuk turut mencerahkan masyarakat tentang energi bersih lewat karya mereka. Diharapkan lewat pewartaan teman-teman, masyarakat akan memahami upaya yang dilakukan PLN bagi generasi kita mendatang,” ujar Gregorius.

Gregorius menjelaskan, lewat agenda ini juga diharapkan masyarakat memahami peran PLN yang tak hanya sekadar menghadirkan listrik tapi menghadirkan pembangunan. Beberapa program misalnya yang dimiliki PLN dikhususkan untuk agrikultur lewat Electrifying Agriculture, Electrfying Lifestyle hingga beragam program tanggung jawab sosial lingkungan yang banyak berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Terdapat 8 kategori dalam PLN Journalist Award antara lain penulisan Hard News dan Feature untuk Media Cetak. Hard News dan Feature untuk Media Online, kemudian Hard News dan Feature bagi media TV serta Foto Essay dan Foto Tunggal.

Tersedia hadiah masing-masing untuk juara 1 sebesar Rp 25 juta, juara 2 sebesar Rp 15 juta dan juara 3 Rp 10 juta.

“Peserta sendiri adalah warga negara Indonesia yang profesinya sebagai jurnalis. Baik tetap maupun lepas, dan bekerja di media massa lokal, nasional, di media cetak atau daring, hingga televisi,” jelasnya.

Gregorius menegaskan, lomba ini tidak dipungut biaya dan dapat diikuti dengan mengisi formulir pendaftaran. Untuk itu setiap peserta perlu menyiapkan berkas berupa data diri lengkap dan jelas, scan atau hasil foto KTP/SIM, scan atau hasil foto ID Pers aktif, scan atau hasil foto kartu NPWP, karya jurnalistik yang dilombakan, bukti siar media cetak berupa kliping atau hasil foto/screen capture/scan halaman berita dalam bentuk PDF atau JPG, serta bukti siar media online dan TV berupa link URL halaman situs berita dan hasil screen capture halaman berita.

“Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba ini adalah karya jurnalistik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Sehingga para peserta perlu mempublikasikan artikelnya di media massa masing-masing pada periode 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022,” lanjutnya.

PLN berharap dengan adanya kegiatan ini, para jurnalis semakin mengenal sektor kelistrikan tanah air dengan lebih baik.

Gregorius menambahkan, setiap jurnalis dapat mengirimkan maksimal 5 karya untuk setiap kategori. Setiap tulisan yang dikirim ke panitia diharapkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Terkait informasi PLN Journalist Award 2022, dapat mengakses tautan berikut: https: //web.pln.co.id/pln-journalist-award-2022.

 

 

Penulis: Kipat

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.