Connect with us

Provider

Komdigi Bekukan Sementara TDPSE TikTok

Published

on

JAKARTA, Bursabisnis.id – Pemerintah Indonesia melalui
Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) bertindak tegas dengan membekukan sementara Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TDPSE) terhadap TikTok Pte. Ltd.

Langkah pembekuan sementara ini dilakukan sebab dinilai tak patuhi peraturan perundang-undangan. Data TikTok yang diberikan ke Pemerintah Indonesia hanya sebagian, terutama live pada saat terjadi kerusuhan beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan bentuk ketegasan pemerintah setelah TikTok hanya memberikan data secara parsial atas aktivitas TikTok Live selama periode unjuk rasa 25–30 Agustus 2025,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital, Alexander Sabar di kantor Komdigi kepada sejumlah wartawan.

Komdigi telah meminta data yang mencakup informasi traffic, aktivitas siaran langsung atau live streaming, serta data monetisasi, termasuk jumlah dan nilai pemberian gift atas dugaan aktivitas live streaming yang memuat konten judi online (judol).

“Kami telah memanggil manajemen TikTok untuk memberikan klarifikasi pada tanggal 16 September 2025 lalu. Mereka diberikan waktu hingga 23 September 2025 untuk menyampaikan data yang diminta secara lengkap,” jelasnya

Namun faktanya bahwa manajemen TikTok tak bisa memberikan data yang diminta Komdigi. TikTok melayangkan surat resmi bernomor ID/PP/04/IX/2025 tertanggal 23 September 2025.

Manajemen TikTok menyampaikan bahwa mereka memiliki kebijakan dan prosedur internal yang mengatur cara menangani dan menanggapi permintaan data.

“Sehingga pembekuan TDPSE merupakan langkah administratif dalam pengawasan, dan berbeda dengan pemutusan akses aplikasi,” jelas Alex

“Selama pembekuan, layanan TikTok masih dapat digunakan masyarakat, meski secara hukum statusnya non-aktif sebagai PSE terdaftar,” tambahnya.

Adapun TDPSE TikTok dibekukan sementara imbas tak memberikan data informasi traffic, aktivitas siaran langsung atau live streaming, serta data monetisasi, termasuk jumlah dan nilai pemberian gift atas dugaan aktivitas live streaming selama kerusuhan pada akhir Agustus lalu yang diduga memuat konten judi online (judol).

Penolakan TikTok itu dinilai melanggar Pasal 21 ayat (1) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Dimana dinyatakan kewajiban PSE Lingkup Privat untuk memberikan akses terhadap Sistem Elektronik dan/atau Data Elektronik kepada Kementerian atau Lembaga dalam rangka pengawasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Laporan : Tam

Continue Reading

Provider

Komdigi Cabut Pembekuan TDPSE Sementara TikTok

Published

on

By

Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital, Alexander Sabar. -foto:dok.komdigi-

JAKARTA, Bursabisnis. Id – Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia (Kemkomdigi) resmi mencabut status pembekuan sementara Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TDPSE) TikTok Pte. Ltd., setelah platform tersebut memenuhi kewajiban penyampaian data yang diminta pemerintah.

“TikTok telah mengirimkan data yang diminta berkaitan dengan eskalasi traffic dan aktivitas monetisasi TikTok Live pada periode 25–30 Agustus 2025, melalui surat resmi tertanggal 3 Oktober 2025,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital, Alexander Sabar sebagaimana dilansir di laman komdigi.go.id.

Alexander menjelaskan, data yang disampaikan mencakup rekapitulasi harian atas eskalasi traffic, besaran monetisasi, serta indikasi monetisasi yang melanggar secara agregat. Berdasarkan analisis menyeluruh, Komdigi menilai kewajiban penyediaan data telah dipenuhi.

“Dengan dasar pemenuhan kewajiban tersebut, Komdigi mengakhiri status pembekuan sementara TDPSE dan mengaktifkan kembali status TikTok sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik yang terdaftar,” lanjutnya.

Dengan pencabutan pembekuan ini, masyarakat pengguna TikTok dapat tetap beraktivitas normal, sementara pemerintah memastikan ruang digital tetap sehat, aman, dan transparan.

Langkah ini sekaligus menegaskan komitmen Komdigi dalam menegakkan hukum dan membangun ekosistem digital yang terpercaya. Seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat) diingatkan untuk mematuhi ketentuan hukum nasional demi keberlanjutan ruang digital Indonesia.

“Kami akan terus melakukan pengawasan dan komunikasi berkelanjutan dengan seluruh PSE Privat, guna memastikan efektivitas pelaksanaan regulasi serta keberlanjutan ekosistem digital yang aman, terpercaya, dan kondusif bagi seluruh pengguna,” tegas Alexander.

Sumber : komdigi. go.id
Laporan : Tam

Continue Reading

Provider

Tri Kembali Gelar Kebut Hadiah BombasTri

Published

on

By

Ribuan hadiah menarik menanti. -foto;ist-

JAKARTA, Bursabisnis. id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Tri kembali menghadirkan program Kebut Hadiah BombasTri, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia.

Ribuan hadiah menarik telah disiapkan, mulai dari voucher belanja, konsol game, hingga mobil listrik. Tahun ini, BombasTri hadir lebih istimewa dengan konsep “Serbu Hadiahnya, Double Kesempatannya”, yang memberikan pelanggan peluang ganda untuk memenangkan hadiah impiannya. Program ini berlangsung mulai 1 September hingga 31 Desember 2025.

“Tri selalu menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama. Kepercayaan mereka adalah fondasi perjalanan kami, dan BombasTri merupakan wujud nyata apresiasi atas loyalitas tersebut. Tahun ini, BombasTri hadir lebih besar dan lebih seru dengan double kesempatan menang, mencerminkan komitmen kami untuk tidak hanya memberi penghargaan tetapi juga menciptakan pengalaman berkesan bagi pelanggan. Program ini juga sejalan dengan komitmen Tri untuk terus menghadirkan layanan yang lebih hemat dengan sinyal cepat, sekaligus mempererat hubungan dengan masyarakat di seluruh Indonesia,” ujar Bilal Kazmi, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Melalui BombasTri 2025, pelanggan Tri memiliki kesempatan ganda untuk menang. Tri juga berkolaborasi dengan Blibli dan Hotelmurah.com dalam menyediakan hadiah eksklusif bagi pelanggan setia. Setiap bulan, Top 200 Point Redeemers otomatis mendapatkan hadiah eksklusif tersebut tanpa diundi, sementara di akhir periode pelanggan juga tetap berpeluang meraih Grand Prize spektakuler, mulai dari Samsung Galaxy A56 5G, Nintendo Switch 2, ASUS ROG Strix G16, Vespa LX 125, hingga mobil BYD Atto 1 Dynamic.

Mekanisme program sangat mudah. Setiap pembelian paket perdana atau isi ulang kuota senilai minimum Rp50.000, pelanggan otomatis mendapatkan tiket undian yang akan dikirimkan melalui SMS.

Pelanggan juga dapat memperoleh tiket undian tambahan dengan menukarkan poin BonsTri melalui aplikasi bima+. Semakin banyak poin yang ditukarkan, semakin besar peluang pelanggan untuk meraih hadiah impian.

Tri senantiasa berkomitmen menghadirkan pengalaman digital kelas dunia melalui layanan yang lebih hemat dengan sinyal cepat, mendampingi pelanggan di seluruh Indonesia untuk menjelajahi dunia digital sekaligus mengembangkan potensi terbaiknya. Melalui program Kebut Hadiah BombasTri, Tri ingin menegaskan rasa terima kasih dengan memberikan manfaat nyata sekaligus pengalaman berkesan bagi para pelanggan setia.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Telkomsel Hadirkan Program Spesial di GraPARI pada Momen Hari Pelanggan Nasional 2025

Published

on

By

JAKARTA, Bursa bisnis. id – Pada momen Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2025, Telkomsel menghadirkan berbagai program spesial di titik layanan pelanggan GraPARI di seluruh Indonesia.

Inisiatif ini menjadi wujud nyata apresiasi kepada pelanggan setia yang telah mendukung dan tumbuh bersama Telkomsel, sekaligus menegaskan komitmen Telkomsel untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Mengusung tema “Semangat Melayani Indonesia”, Telkomsel mengedepankan dedikasi dan energinya dalam melayani sepenuh hati, memberikan pelayanan terbaik dan inovatif bagi seluruh pelanggan.

VP Customer Care Management Telkomsel, Filin Yulia, menyatakan, hari pelanggan nasional adalah momen yang sangat penting bagi kami untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan setia.

Dengan semangat melayani Indonesia, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan.

Pada momen Hari Pelanggan Nasional 2025, Telkomsel menghadirkan berbagai program menarik di GraPARI, termasuk pengalaman 5G yang edukatif dan interaktif, voucher khusus untuk transaksi di MyGraPARI dan GraPARI Online, serta layanan instalasi IndiHome satu hari selesai bagi pelanggan baru.

Kemudian bagi pelanggan baru Telkomsel Halo dan pelanggan yang membeli produk Orbit akan mendapatkan beragam e-voucher yang menarik. Tersedia pula tambahan kuota 4 GB bagi pelanggan yang membayar tagihan pada 4 September, penawaran diskon tagihan Halo, serta penawaran Device Bundling khusus melalui Device Corner TShop di sejumlah GraPARI.

“Melalui rangkaian program ini, kami ingin memastikan pelanggan dapat merasakan pengalaman yang lebih baik dan berkesan dari Telkomsel. Selamat Hari Pelanggan Nasional 2025!” tutup Filin.

Dengan semangat melayani Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis. Informasi selengkapnya mengenai ragam produk dan layanan Telkomsel dapat diakses melalui telkomsel.com dan aplikasi MyTelkomsel.

Laporan : Kas

Editor : Tam

Continue Reading

Trending