Connect with us

Investasi

Niat Buka Gerai Baru, Managemen Alfamidi Lakukan Pendekatan ke Pemda Kolaka

Published

on

KOLAKA, bursabisnis.id – PT Midi Utama Indonesia Tbk. berniat membuka gerai Alfamidi di Kabupaten Kolaka. Untuk mewujudkan niatan melebarkan sayap usaha ke Bumi Mekongga, management perusahaan retail tersebut melalukan pendekatan kepada pihak Pemda Kolaka.

Hal itu nampak melalui pertemuan jajaran Pemda Kolaka dan management Alfamidi, Rabu 27 November 2019 di ruang rapat Bupati Kolaka.

Pemberdayaan tenaga kerja lokal dan pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) serta UMKM menjadi komitmen awal pihak Alfamidi kepada Pemda Kolaka.

Manajemen Alfamidi, Amri berjanji, bahwa pihaknya siap membantu para pelaku UMKM yang ada di Kolaka. Menurutnya, kehadiran Alfamidi ini bisa tumbuh bersama dengan para pedagang kecil, pedagang kelontong, serta dapat menampung hasil produk lokal UMKM.

Amri menegaskan, pihaknya siap menerima sanksi tegas berupa pencabutan izin dari pemerintah, apabila tidak menerima produk lokal dari pengusaha di Kolaka.

Komitmen merupakan jawaban dari asumsi masyarakat selama ini, bahwa minimarket yang hadir itu akan mematikan pedagang kecil.

“Kehadiran Alfamidi justru menumbuh kembangkan pedagang kecil dan itu bisa dibuktikan nanti,” tegasnya.

Untuk itu, lanjutnya, kebutuhan tenaga kerja nantinya akan ditempatkan 12 tenaga kerja di setiap toko, dan karyawannya harus ber-KTP Kolaka. Tujuannya, Alfamidi hadir untuk melakukan pemberdayaan terhadap SDM di Bumi Mekongga.

“Kita akan lakukan pemberdayaan, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kolaka. Kemudian, buat pedagang kaki lima, pedagang kelontong kita juga berdayakan dengan cara program SSP, bekerjasama dangan UMKM,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten ll Setda Kolaka, Mustajab mempersilahkan menagement Alfamidi untuk datang di Kabupaten Kolaka membuka gerai.

Menurut dia, jika Alfamidi bisa tumbuh bersama masyarakat Kolaka mengapa harus ditolak. Hadirnya Alfamidi ini, kata dia, menanandakan kemajuan suatu daerah.

“Nanti kita lihat perkembangan kedepannya. Intinya, Alfamidi jangan sampai merugikan masyarakat Kolaka, dan juga kita tidak akan melarang para pengusaha yang akan berinvestisi di Kabupaten Kolaka, selama Alfamidi membawah dampak positif buat daerah,” katanya.

Pada perinsipnya, lanjutnya, pemerintah mengapresiasi kepada siapapun yang masuk untuk berinvestasi. Hanya saja, sebelum melakukan suatu kegiatan, tentunya ada mekanisme yang harus dilalui, terutama tanggapan dari masyarakat.

Mustajab menambahkan, Pemda akan melihat bagaimana Alfamidi berinvestasi di Kabupaten Kolaka. Pemerintah juga akan membentuk tim teknis terlebih dahulu dan dilanjutkan penandatanganan MoU dan akan disodorkan kepada pimpinan (Bupati). Selanjutnya, pimpinan yang  mengambil kebijakan seperti apa hasil nantinya.

“Pada prinsipnya, kita sebagai pemerintah, siapapun yang masuk di wilayah kita sangat apresiasi. Sepanjang apa yang dikatakan tadi dalam sosialisasi itu betul-betul penuhi, maka tidak ada alasan untuk kita tidak terima dan sisi positifnya itu benar dia lakukan,” pungkasnya.

Penulis: Deriyanto

Continue Reading

OTOMOTIF

Smart Upgrade Festival dan Trade In Hadir di Kota Kendari, Waktu Tepat Miliki Unit Toyota Impian

Published

on

By

Konferensi pers Kalla Toyota Kendari. - foto:ist-

KENDARI, Bursabisnis.id – Kalla Toyota secara konsisten menunjukkan pertumbuhannya di wilayah Sulawesi Tenggara, dan Kota Kendari memegang peranan penting dalam kesuksesan ini.

Di Sulawesi Tenggara, market share Kalla Toyota berada pada angka 38,1%. Khusus di Kota Kendari, Kalla Toyota tumbuh dengan capaian 32,6%.

Di bulan Mei, Kalla Toyota memberikan promo special untuk pelanggan yang ingin memiliki Toyota impiannya. Program Toyota is May Dream, menawarkan banyak benefit menguntungkan.

Mulai dari program unggulan Kalla Toyota yakni Smart Upgrade dengan cicilan mulai dari 3 jutaan, bunga 0%, gratis asuransi hingga 2 tahun, hingga diskon PPnBM untuk hybrid hingga 10 juta.

Pelanggan juga berkesempatan mendapatkan Grand Prize total 4 unit United MX 1200 dan ekstra diskon hingga 5 juta.

Gunawan Syuphian selaku Branch Manager Kalla Toyota Kendari dalam sambutannya mengungkapkan, pencapaian ini bukanlah sekadar angka, melainkan cerminan dari dedikasi, kerja keras, dan komitmen Kalla Toyota untuk senantiasa memberikan yang terbaik. Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai faktor, mulai dari kualitas produk Toyota yang sudah teruji, strategi pemasaran yang inovatif.

“Adapun tipe-tipe kendaraan Toyota yang menjadi primadona di area Sulawesi Tenggara yakni Agya, Calya, dan Rush. 3 tipe unit ini memiliki penjualan yang cukup tinggi selama beberapa bulan terakhir,” ungkap Gunawan Syuphian pada press conference yang digelar di The Harbour Café Kendari, Rabu, 14 Mei 2025.

Kalla Toyota Kendari juga memberikan kemudahan akses untuk pelanggan melihat-melihat unit Toyota tanpa harus ke dealer. Di tanggal 16 – 18 Mei, Kalla Toyota hadir lebih dekat dengan Masyarakat kota Kendari dalam event Smart Upgrade Festival & Trade In.

Dimulai dari jam 10 pagi hingga selesai, diharapkan pelanggan yang awalnya ragu untuk datang ke dealer bisa memanfaatkan peluang ini.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

OTOMOTIF

Beli Mobil Toyota, Bawa Pulang Motor GRATIS! Hanya di Toyota Spectacular Package

Published

on

By

Toyota Kalla

MAKASSAR, Bursabisnis.id – Kalla Toyota menghadirkan program spesial “Toyota Spectacular Package” untuk memeriahkan bulan Mei, dengan menawarkan kemudahan bagi pelanggan untuk memiliki mobil Toyota Impian melalui program Smart Upgrade dengan cicilan mulai dari 3 jutaan.

Program ini tidak hanya memberikan keringanan cicilan, tetapi juga berbagai keuntungan lain seperti tukar tambah berhadiah dan paket-paket menarik.   

Salah satu daya tarik utama dari program ini adalah kesempatan untuk memenangkan Grand Prize berupa 4 unit United MX 1200. Pelanggan yang memiliki peluang untuk meraih hadiah ini memiliki ketentuan bahwa 2 unit motor diperuntukkan bagi pembelian Program Reguler dan 2 unit lainnya untuk program Tukar Tambah Berhadiah.

Selain Grand Prize, Kalla Toyota juga memberikan penawaran menarik lainnya yaitu ekstra diskon tukar tambah hingga 5 juta rupiah melalui layanan Kalla Toyota Trust yang memudahkan pelanggan untuk mengganti kendaraan lama dengan Toyota terbaru.   

Ada pula Spectakuler Package, paket penjualan kredit yang menawarkan bunga 0% atau paket Smartcash untuk model Avanza, Raize, dan Rush, serta gratis asuransi selama 2 tahun untuk model yang sama.

Lebih lanjut, khusus untuk pembelian tipe hybrid di bulan Mei, tersedia diskon PPnBM hingga 10 juta rupiah.   

Suliadin selaku Marketing General Manager Kalla Toyota menyampaikan, kami ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggan yang ingin memiliki Toyota baru. Program ini kami hadirkan dengan kombinasi kemudahan dalam proses pembelian dan keuntungan finansial yang menarik, sehingga pelanggan dapat merasakan manfaat maksimal.

Kalla Toyota juga memberikan keuntungan tambahan berupa program gratis jasa dan parts hingga 3 tahun perpanjangan Toyota Warranty (Extended Warranty) selama 1 Tahun /20.000 Km, yang berlaku untuk berbagai model Toyota. Dengan “Toyota Spectacular Package”, Kalla Toyota berkomitmen untuk mewujudkan impian pelanggan memiliki mobil Toyota dengan cara yang lebih mudah dan menguntungkan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Kalla Toyota, pelanggan dapat berkunjung ke website Kalla Toyota di kallatoyota.co.id atau sosial media Kalla Toyota.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Perluas Jaringan 4G, Indosat Investasi Rp 2.620, 4 Miliar

Published

on

By

Indosat makin tangguh menghadapi dinamika pasar. -foto:ist-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat,” “IOH,” atau “Perusahaan”) kembali membukukan kinerja yang progresif pada sebagian besar indikator kinerja utama di kuartal pertama tahun 2025, meskipun di tengah tekanan industri yang semakin kompetitif dan menantang.

Capaian ini mencerminkan konsistensi dalam eksekusi strategi serta komitmen berkelanjutan Perusahaan dalam mendukung transformasi digital dan pengembangan AI di Indonesia.

Pada kuartal pertama tahun 2025, pertumbuhan ARPU yang positif disertai dengan peningkatan berkelanjutan dalam jumlah pelanggan menjadi bukti ketangguhan Indosat dalam menghadapi dinamika pasar. ARPU Indosat tercatat mencapai hampir Rp40 ribu (Rp39,2 ribu), tumbuh sebesar 4,6% YoY, sementara jumlah pelanggan seluler bertambah sebanyak 700 ribu dibandingkan kuartal sebelumnya, sehingga total pelanggan mencapai 95,4 juta.

Indosat mencatat pendapatan yang stabil sebesar Rp13.577,9 miliar, dengan EBITDA sebesar Rp6.415,1 miliar—tumbuh 0,6% secara kuartalan (QoQ), didukung oleh fokus berkelanjutan Perusahaan terhadap disiplin biaya dan eksekusi yang efisien. Laba Bersih yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk meningkat sebesar 27% secara kuartalan menjadi Rp1.311,1 miliar, menandai kinerja laba positif selama 17 kuartal berturut-turut. Pencapaian ini semakin memperkuat komitmen Indosat dalam menciptakan nilai jangka panjang di tengah persaingan industri yang kian intensif.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Capaian kuartal ini tidak hanya mencerminkan kinerja keuangan yang solid, tetapi juga dedikasi tanpa henti dari seluruh tim kami dalam melayani masyarakat Indonesia. Di tengah lanskap yang semakin kompetitif, kami tetap teguh pada tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia.”

Vikram menambahkan bahwa dala mmembangun fondasi bagi Indonesia yang berbasis digital dan AIj, Indosat tengah mempersiapkan masa depan digital Indonesia dengan memperluas infrastruktur jaringan ke seluruh penjuru negeri – terutama dengan jaringan berkapasitas tinggi yang siap mendukung teknologi AI. Melalui investasi berkelanjutan di jaringan 4G dan persiapan menuju 5G, Indosat membuka akses digital yang lebih luas, cepat, dan andal, terutama di daerah yang masih kurang terlayani. Infrastruktur ini bukan hanya krusial untuk konektivitas, tetapi juga mendukung teknologi-teknologi yang akan mendorong transformasi Indonesia berikutnya: AI, IoT, cloud computing, dan platform digital.

Selama kuartal ini, perusahaan mengalokasikan belanja modal (Capex) sebesar Rp2.620,4 miliar, dengan 90,4% diantaranya dialokasikan pada pengembangan bisnis seluler. Jumlah total BTS 4G Indosat meningkat menjadi 202.179, naik 10% dibandingkan tahun sebelumnya, yang turut memperluas akses digital dan meningkatkan kualitas layanan di seluruh negeri.

Pada ajang Mobile World Congress 2025 di Barcelona, Indosat mengumumkan kolaborasi strategis dengan Nokia dan NVIDIA, menjadikannya operator pertama di Asia Tenggara, dan ketiga di dunia yang secara komersial mengimplementasikan teknologi AI-RAN. Inovasi ini memperkuat jaringan 5G Cloud RAN milik Indosat dengan kecerdasan buatan, sehingga mampu meningkatkan efisiensi jaringan, mengurangi konsumsi energi, dan memperbaiki kualitas layanan. Selain itu, Indosat juga menyelenggarakan Indonesia AI Day for Mining Industry, mempertemukan berbagai pemangku kepentingan untuk mengeksplorasi solusi berbasis AI, 5G, dan IoT dalam rangka menciptakan keberlanjutan dan meningkatkan efisiensi di salah satu sektor vital di Indonesia.

*Memberdayakan Indonesia Melalui Gaya Hidup Digital dan Pengembangan Talenta*

Komitmen Indosat untuk memberdayakan Indonesia mencapai tonggak penting dengan peluncuran Digital Hub pada Februari 2025. Dirancang sebagai ekosistem terintegrasi, Digital Hub menghadirkan beragam layanan pilihan di bidang hiburan, e-commerce, kesehatan, dan gaya hidup, memperkaya pengalaman digital harian bagi jutaan masyarakat Indonesia. Inisiatif ini dengan cepat mendapat sambutan positif, tercermin dari tingginya keterlibatan pelanggan di berbagai platform Indosat, dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif bulanan dan 10 juta pengguna harian di aplikasi myIM3 dan bima+.

Langkah Indosat tidak sebatas pada dukungan gaya hidup digital, tetapi juga dalam komitmen bahwa teknologi harus inklusif dan dapat diakses oleh semua orang. Selain memanfaatkan ekosistem digital dari Digital Hub, Indosat terus memperluas program pengembangan talenta di seluruh Indonesia, seperti Generasi TerkonekSI (GenSi) dan IDCamp. Inisiatif ini membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan penting dalam AI, otomatisasi, dan digital leadership, kompetensi yang semakin dibutuhkan di pasar kerja yang terus berkembang. Dengan sertifikasi berstandar global, inisiatif ini membuka jalan nyata menuju peluang bagi generasi penerus bangsa.

Pendekatan terintegrasi ini, yang menghubungkan pemberdayaan gaya hidup digital dengan pengembangan talenta, menegaskan perjalanan transformasi Indosat yang lebih luas. Sebagai kolaborator utama dalam ekosistem digital dan AI Indonesia, Indosat terus mempercepat perjalanannya menuju AI Native TelCo dan AI TechCo. Visi ini diwujudkan melalui investasi strategis pada teknologi mutakhir, pengembangan inisiatif pendidikan inklusif, dan pengembangan ekosistem yang mendorong inovasi AI serta otomatisasi.

Dengan terus mendorong kolaborasi di seluruh industri, Indosat kini berada di garis depan transformasi digital Indonesia, membuka jalan menuju masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan sejahtera melalui kekuatan teknologi. “Perjalanan kami untuk menjadi AI-TechCo baru saja dimulai. Mulai dari investasi jaringan dan pengembangan talenta hingga mendorong kolaborasi antarindustri, tujuan kami tetap sama: menjadikan teknologi sebagai kekuatan untuk inklusi, inovasi, dan kedaulatan digital,” tutup Vikram.

Indosat Percepat Pemerataan Digital, Infrasturktur di Maluku dan Papua Meningkat Signifikan 5x Lipat

Indosat gencar menegaskan komitmennya untuk mempercepat pemerataan akses telekomunikasi dan digital, menjangkau wilayah-wilayah yang selama ini belum tersentuh teknologi telekomunikasi secara optimal terutama di wilayah Maluku dan Papua. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan BTS 4G sebesar 547% YoY. Dengan strategi ekspansi ini, Indosat tidak hanya memberikan pilihan layanan bagi masyarakat, tetapi juga membuka peluang pertumbuhan ekonomi digital yang lebih merata di Indonesia Timur.

Dari sisi trafik penggunaan data, di Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa) juga mengalami peningkatan secara YoY, dimana Kalimantan meningkat sebesar 16,8%, Sulawesi meningkat sebesar 19,6% dan Mapa meningkat sebesar 27,5%.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Bisnis Media Sentosa - Bursabisnis.ID