Connect with us

UKM

Penerapan SE Walikota Terkesan Tebang Pilih, Pelaku UKM Disasar Patroli

Published

on

KENDARI, BursaBisnis,id – Penerapan Surat Edaran (SE) Wali Kota Kendari nomor 443.1 / 2992/2020, tentang rekomendasi aktifitas masyarakat pada malam hari kembali di kritik Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari, Sulkarnain.

Menurutnya, penerapan SE tersebut cenderung tebang pilih. Bagaimana tidak, tim yustisi Pemkot Kendari hanya menyasar aktivitas masyarakat.

Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Sulkarnain menuturkan bahwa Surat Edaran Wali Kota Kendari tersebut dilaksanakan melalui patroli di tempat kerumunan masyarakat di kawasan pelaku usaha Kecil.

Sulkarnain menjelaskan, bahwa surat edaran yang memuat lima poin tersebut masih kebingungan, karena fokus kebijakan itu hanya pada pelaku usaha kecil.

“Ya ini sangat tidak wajar, masa fokusnya hanya di tempat kerumanan usaha kecil, sementara di klub dan karaoke tidak ada patroli,” ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

Ketua HMI Kendari itu kembali mengingatkan wali kota agar adil terhadap seluruh masyarakat, sehingga tidak ada yang merasa diistimewakan dalam pelaksanaan surat edaran tersebut.

“Kami menginginkan pemerintah hadir secara adil, agar tidak ada yang merasa diistimewakan nantinya,” ucapnya.

Olehnya itu, HMI menyarankan agar wali kota segera menerbitkan surat edaran baru yang perlakuannya adil dan merata terhadap seluruh masyarakat Kendari.

“Kami berharap wali kota segera menerbitkan surat edaran baru dan penerapannya adil serta merata,” tutupnya.

Laporan : Rus

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi Mikro

Rumah BUMN PLN Muna Melakukan Pendampingan UMKM Layang-layang dan Tenun di Desa Liangkobori

Published

on

By

BURSABISNIS.ID, MUNA – Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN Muna melakukan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) layang – layang dan tenun di Desa Liangkobori, Kecamatan Loghia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Sitti Muzdalifah mengatakan, pendampingan yang dilakukan Rumah BUMN PLN Muna, terkait Pengembangan UMKM, khususnya dalam hal permodalan.

“Jadi Rumah BUMN PLN Muna juga mencoba berkolaborasi dengan PT. Bank Mandiri Cabang Muna terkait akses permodalan,”ucapnya Jumat 21 April 2023.

Sitti Muzdalifah berharap, melalui kegiatan ini, UMKM layang-layang dan tenun desa Liangkobori dapat bangkit bersama Rumah BUMN PLN Muna untuk menjadi UMKM yang berkualitas.

“Untuk masyarakat Muna dan sekitarnya yang belum terdaftar menjadi anggota Rumah BUMN PLN Muna, yukk buruan daftar dan dapatkan banyak fasilitas pengembang usaha GRATISSS!!,”tandasnya

 

Laporan : Phoyo

Continue Reading

Ekonomi Mikro

PB-HIPTI dan KGI Dukung Komunitas Distrock Gelar Launching Festival Distro Sultra 2023

Published

on

By

Kendari, Bursabisnis.id-Pengurus Besar (PB) Himpunan Pengusaha Tolaki (HIPTI) dan Komunitas Gerakan Indonesia (KGI), mendukung Komunitas Distrock menggelar launching festival Distro Sulawesi Tenggara (Sultra) 2023.

Kompetisi kali ini akan dilaksanakan di 3 tempat berbeda yakni  di Kota Baubau tanggal 22-24 Juni, Kabupaten Kolaka 13-15 Juli. Hingga puncak festival pada tanggal 22-24 September, yang dipusatkan di Pelataran tugu MTQ Kota Kendari.

Ketua Panitia, Iman SW mengatakan, Distro Festival Sultra 2023 adalah event yang bergenre Clothing Kaos lokal Sultra.

Iman mengatakan bahwa jumlah peserta kompetisi kali ini berlaku untuk umum, sehingga tidak dibatasi.

Perserta terbagi menjadi dua Kategori yaitu pre order terbanyak dan yang kedua melalui penjurian panitia distro official. 10 pemenang akan menjadi brand distro terbaik di Sulawesi Tenggara.

“Nanti para UMKM Kuliner juga bisa memamerkan jajanannya di festival itu. Sebenarnya persiapan kami itu sudah lama sejak tahum 2018, tetapi karena pandemi covid-19, kegiatan ini baru kita laksanakan tahun ini, dan semoga kegiatan ini lancar sampai selesai,” kata Iman.

Sementara itu, Ketua PB HIPTI Rusmin Abdul Gani, mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Menurut Rusmin, peran HIPTI adalah selain memajukan ekonomi Sultra, juga untuk  dapat mendukung kegiatan UMKM termasuk komunitas distrock.

“Kita berharap produk lokal anak- anak Sultra dapat bersaing hingga go Internasional, saya yakin mereka bisa bersaing,” ujarnya.

Pengurus Komunitas Gerakan Indonesia (KGI) Rafiudin Racil, mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan ruang dan kesempatan untuk kreator Distro Sultra.

“Kami lihat sebuah gerakan, gerakan bangga terhadap produk lokal. Dapat menunjukan produk- produk lokal yang bersaing dan lebih berkualitas,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Mery Oktavia

Continue Reading

Fokus

Ekspose Dua Tahun Kadin Sultra, Anton Timbang Jalin Sinergi Lintas Stakeholder

Published

on

By

Kendari, Bursabisnis.id-Ekspose dua tahun kepemimpinan Anton Timbang (AT) sebagai Ketua Umun Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra), dilaksanakan di Kota Kendari, Senin, 11 April 2023.

Dalam perhelatan ini, Anton Timbang secara khusus menghadirkan sekaligus menyantuni  500 santri-santriwati dan anak-anak yatim-piatu dari berbagai pesantren dan panti asuhan yang tersebar di Kota Kendari.

Di sela-sela perhelatan Ekspose dan HUT Kadin Sultra yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama masyarakat Kendari,  Anton Timbang mengungkapkan program kerja strategis yang telah direalisasikan selama memegang mandat sebagai Ketua Umum Kadin Sultra.

Anton menilai, sinergisitas menyeluruh telah dilaksanakan mulai dari program misi dagang ekspor komoditas unggulan Sultra bersama Kadin Jatim, pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah kolaborasi DPM PTSP Sultra, hingga upaya pengendalian inflasi lewat penyelenggaraan pasar murah di 4 titik wilayah Kota Kendari bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, yang rutin dilaksanakan di momen-momen tertentu, termasuk tiap Ramadhan dan Idul Fitri.

Anton Timbang juga menginisiasi program strategis pemanfaatan aspal Buton bersama Kadin se-Indonesia.

“Saya juga akan mengundang para Ketua Kadin seluruh Indonesia untuk datang kesini, kemudian kita akan presentasikan tentang produk aspal kita, agar mereka mau berinvestasi,” ujar Ketua IMI Sultra ini.

AT menilai, pertemuan ketua Kadin seluruh Indonesia ini sekaligus dimanfaatkan untuk mengetahui lebih jauh terkait pemenuhan dan  kuota aspal Buton di daerah masing-masing.

Sejak Tahun 2021, Kadin Sultra diketahui telah mendukung Pemerintah Kota Kendari melalui Kegiatan Pasar Murah dengan melibatkan Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM).

Sejauh ini, Kadin Sultra telah banyak berkontribusi mendorong upaya pemulihan ekonomi daerah lewat berbagai inisiasi program kerjanya.

Hal ini diungkapkan Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

“Kami sangat mengapresiasi kemitraan yang terjalin, terutama dalam mendorong perekonomian daerah. Pasar murah menjadi salah satu solusi menekan inflasi. Dan Kadin gerak cepat bersama pemerintah mendukung dan terjun langsung menyalurkan subsidi komoditas bapok untuk masyarakat,” kata Asmawa.

 

Penulis: Mery Oktavia

 

 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.