Connect with us

Entrepreneur

Pengusaha Keturunan Tolaki Dirikan Organisasi HIPTI

Published

on

KENDARI, BursaBisnis.id – Pengusaha keturunan Tolaki mendeklarasikan berdirinya Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) di salah satu hotel di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada rabu (11/02/2021). 

Organisasi ini berorientasi pada pendidikan, pelatihan, pengembangan kapasitas dan pendampingan kepada para pengusaha berketurunan tolaki untuk meningkatkan kualitas dan daya saing baik dalam maupun luar negeri.

Rusmin Abdul Gani, selaku deklarator mengatakan, tujuan perhimpunan tersebut yakni untuk mengakomodir para pengusaha ataupun wiraswasta untuk saling bertukar informasi dalam memajukan pengusaha muda.

“Kita berharap dengan terbentuknya HIPTI para pengusaha keturunan tolaki dapat menunjukkan eksistensinya, saling supor dan utamanya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan melakukan kerjasama untuk membuka lapangan kerja,”tuturnya.

Tidak hanya itu, pendiri deklarator  Muhammad Kobar juga menjelaskan, organisasi ini menjadi wadah bagi para pengusaha untuk saling menguatkan dan bersinergi bersama pemerintah pusat maupun daerah dalam memajukan perekonomian daerah.

“Alhamdulillah organisasi ini sudah terbentuk, dan di sini para pengusaha tolaki bahu membahu dan mengajak pemerintah pusat maupun daerah untuk bersama-sama memajukan ekonomi daerah, sehingga pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dapat di lakukan dengan baik,” ujarnya.

Sementara deklarator lainnya, Bobi Togala mempertegas HIPTI merupakan organisasi non politik dan siap bermitra kepada para pengusaha yang akan berinvestasi di Sulawesi Tenggara.

“Organisasi kita ini non politik. Kami siap kawal investasi bagi teman-teman pengusaha yang mau berinvestasi di Sultra,” jelasnya.

Sambung Muhammad Ilham, salah satu pendiri, hadirnya perhimpunan para pengusaha tolaki ini menjadi perekat dalam mensikapi pesatnya pembangunan di sultra, baik di bidang konstruksi, pariwisata, pertambangan dan lainnya.

Dalam deklarasi tersebut, turut  hadir mantan Wali Kota Kendari Mahsyur masie Abunawas, mantan anggota DPRD Sultra Sabaruddin Labamba, Anton dan beberapa pengusaha lainnya.

Laporan : Rustam

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Entrepreneur

Pelataran Masjid Al-Alam Kendari Diusul Jadi Lokasi Pembukaan Munas Kadin Indonesia

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Pelataran Masjid Al-Alam yang terletak di Teluk Kendari, diusulkan menjadi lokasi pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ke VIII, pada hari Rabu 30 Juni 2021 mendatang.

Mengingat Presiden Joko Widodo yang akan membuka Munas tersebut, saat ini panitia lagi mengkonsultasikan dengan pihak keprisidenan mengenai lokasi pembukaan Munas di pelataran Masjid Al-Alam Kendari.

Menurut Koordinator Media Center Kadin Sultra, La Ode Rahmat Apiti, Munas Kadin Indonesia yang akan digelar di Kota Kendari mulai tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2021, sudah final.

Pengurus Kadin Sultra dan Kadin pusat sudah melakukan finalisasi persiapan lapangan, melalui rapat yang diselenggarakan di kantor Kadin pusat di Jakarta.

“Untuk lokasi pembukaan ada tiga alternatif yang ditawarkan, yaitu Hotel Claro Kendari, kawasan alun-alun MTQ dan area Masjid Al-Alam Kendari,” kata Rahmat Apiti rilisnya, Rabu 16 Juni 2021.

Meski ada tiga lokasi yang diusulkan, namun berdasarkan hasil keputusan rapat, pembukaan Munas disepakati di pelataran Masjid Al-Alam sebagaimana usulan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan di sampaikan melalui Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang.

Selanjutnya, Kadin pusat akan melakukan konsultasi dengan pihak kepresidenan mengenai lokasi pembukaan tersebut. Gubernur Sultra mendorong kawasan Al-Alam sebagai tempat pembukaan Munas Kadin, agar masjid tersebut bisa lebih dikenal lagi sebagai kawasan wisata religi di Sultra.

Rahmat menegaskan, mengenai desas-desus kepindahan Munas Kadin Indonesia ke provinsi lain, adalah hoaks atau tidak benar. Pasalnya, pada rapat yang telah diselenggarakan siang tadi sudah masuk pembahasan teknis.

“Ketua Umum (Ketum) Kadin pusat berpesan agar teman-teman Kadin Sultra jangan terpengaruh dengan hoaks,” tutup Rahmat.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Entrepreneur

Munas Kadin Momentum Perkenalkan Produk UMKM

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Wakil Ketua Umum (WKU) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Hj Trinop Tijasari Sahido  SH, menyambut secara antusias atas penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Kadin Indonesia di Kota Kendari.

“Ini suatu rahmat yang luar biasa diberikan, dimana Kendari ditunjuk sebagai tuan rumah Munas Kadin. Dan saya kira ini terobosan baru dibawah kepemimpinan Anton Timbang selaku ketua Kadin Sultra,” kata WKU Bidang Pemberdayaan Perempuan, Kamis 3 Juni 2021.

Sebelumnya, Munas Kadin ke VIII tahun 2021 akan digelar di Bali. Namun karena berbagai alasan, salah satunya pandemi covid19, sehingga Munas dipindahkan ke Kota Kendari.

Sebagai tuan rumah, Pengurus Kadin Provinsi Sultra sudah mempersiapkan diri secara baik. Koordinasi dengan semua pihak sudah dilakukan, demi menyambut kedatangan para peserta Munas Kadin Indonesia.

Dengan digelarnya Munas Kadin Indonesia pada tanggal 25 sampai 30 Juni 2021 mendatang di Kendari, menurut Trinop, ini sangat menguntungkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dikelola kaum perempuan.

Apalagi dikabarkan Presiden Joko Widodo akan menghadiri langsung pembukaan Munas Kadin Indonesia di Kota Kendari.

Ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk memperkenalkan semua produk UMKM Sultra kepada seluruh peserta Munas.

“Sebagai pelaku UMKM, moment ini harus digunakan dengan baik untuk memperkenalkan hasil kerajinan, oleh-oleh  dan kuliner yang kebanyakan diproduksi oleh kaum perempuan,” ujar Trinop.

 

 Laporan : Rustam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Entrepreneur

Lokasi Munas VIII Kadin Indonesia Pindah ke Sultra

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menjadi tuan rumah kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Kepastian Sultra jadi tuan rumah, setelah melalui rapat pleno yang berlangsung 25 Mei 2021 malam. Sultra menjadi tuan rumah Munas untuk memilih ketua umum Kadin Indonesia pada 25 sampai dengan 30 Juni 2021 mendatang.

“Hasil Pleno Pengurus Kadin Indonesia, Sultra ditunjuk jadi tuan rumah Munas VIII Kadin Indonesia. Untuk itu kita semua harus persiapkan diri dan jaga kekompakan, demi suksesnya Munas Kadin ke VIII,” kata Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang melalui pres rilis Humas Kadin Sultra.

Anton mengungkapkan Sultra sangat siap menjadi tuan rumah pelaksana Musyawarah Nasional (Munas). Pengurus Kadin Sultra telah menggelar rapat awal yang dihadiri dewan pengurus Kadin Sultra. Mereka membahas persiapan menjadi tuan rumah. Lalu dilanjutkan dengan rapat pembentukan panitia lokal.

“Sultra punya banyak kekayaan alam. Potensi pariwisata yang bisa kita promosikan. Ada juga potensi perikanan, pertambangan, industri juga perikanan. Kita telah mendapat kepercayaan, ini harus kita sukseskan,” terangnya.

Ia menjelaskan, Kadin Sultra akan bersinergi dengan Pemprov sehingga sangat siap berkontribusi dalam pelaksanaan Munas Kadin Indonesia baik secara biaya dan segala fasilitas pendukung.

Soal pengalaman, lanjut Anton, sudah banyak event berskala nasional juga internasional yang telah dilaksanakan.

“Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Disini memerlukan kerja tim. Ini akan menjadi sejarah juga kan karena untuk pertama kalinya berlangsung di Sultra. Munas Kadin Indonesia di Sultra akan berlangsung di Kota Kendari,” katanya.

Sebelumnya, Munas Kadin telah dijadwalkan berlangsung di Bali 2-4 Juni 2021. Adanya hasil pleno penetapan Sultra sebagai tuan rumah, lanjut pria yang juga Ketua Ikatan Motor Sultra ini, melalui pelaksanaan Munas Kadin di Bumi Anoa tentu akan memberikan dampak positif bagi daerah. Sebab pengurus pusat bersama DPD Kadin seluruh provinsi akan hadir di Bumi Anoa. Termasuk tamu lainnya.

“Kita juga dapat mempromosikan investasi-investasi provinsi di era kepemimpinan Gubernur Ali Mazi-Lukman Abunawas,” sambungnya.

Anton Timbang menambahkan, persiapan tentu harus dilakukan secara matang sebab Munas Kadin akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita berdoa bersama bisa sukses menyelenggarakan event nasional Kadin Indonesia di Kota Kendari,” tutupnya.

Untuk diketahui, sudah ada dua calon Ketua Umum Kadin yang menyatakan maju, yakni Presiden Direktur/CEO Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid dan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Novyan Bakrie.

Laporan : Rustam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.