Connect with us

INDUSTRI

Perusahaan Virtu Dragon dan Obsidian Buka Lowongan Kerja

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id – Pasca mendatangkan 156 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Thiongkok, saat ini PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI ) dan PT. Obsidian Stainless Stell (OSS) membuka penerimaan tenaga kerja lokal sebanyak 950 orang.

Pekerja lokal tersebut nantinya akan bekerja dengan TKA yang baru saja tiba dari Negara China pada tanggal 23 Juni 2020 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Departement Human Resources (HR), Arya yang mengatakan perekrutan tenaga kerja lokal tersebut dilakukan untuk mendukung pembangunan pabrik yang sedang dilakukan saat ini. Dimana para pekerja akan bekerja bersama TKA yang baru saja tiba dari Thiongkok.

“Sekarang para 156 TKA yang baru saja datang itu sedang dikarantina selama 14 hari dan belum bisa melakukan aktifitas. Jadi untuk menunggu masa karantina kami pihak perusahaan merekrut sekitar 950 pekerja lokal, yang sekarang sedang dalam proses, “ungkapnya, Sabtu 27 Juni 2020.

Lanjut Arya yang juga Staff PT.OSS Bidang Perekrutan mengatakan bahwa proses perekrutan tersebut akan selesai bertepatan masa karantina para TKA telah selesai. Sehingga saat masa karantina para TKA telah selesai para pekerja lokal yang baru saja direktut tersebut mulai kerja bersama para TKA.

“Jadi dengan keberadaan 156 TKA yang baru saja datang ini, membuat kami pihak perusahaan harus menyerap tenaga kerja baru. Dan perekrutan itu memenuhi Man Power Planning Percepatan Pembangunan Mega Industry, “jelasnya.

“Karyawan baru (Inhere) dan hingga saat ini sekitar 200 Crew (Produksi)(Construction)(Helper) yang minimal SMA sederajat sudah masuk ke Data Base Karyawan dan Masa Trainning. 30 Operator Excavator dan 30 Operator Whell Louder bersertifikat SIO sudah rampung . 30 Welder Iron Design Plate Bersetifikat dan 10 Laboraturium Chemical Production jurusan Teknik Kimia, “tambah Arya.

Selain itu Arya juga menuturkan bahwa, kedatanganan para TKA tersebut untuk mengejar keterlambatan pembangunan Mega Industry Project Factory Building Construction Smelter Feronickel dan Stainless pasca New Normal Covid-19.

” Kedatangan 156 TKA Asal China yang didatangkan dari Perusahaan Induk Jiangsu De Long. Merupakan Tenaga Ahli dibidang Project Construction and Equipment Smelter, “ jelasnya.

Sementara itu, Staff PT VDNi Bidang Perekrutan, Dinda, yang juga dikonfirmasi untuk PT VDNI memproses Perekrutan yakni 250 Driver Dumb Truck, 100 Crew Workshop Maintanance Preparation, 320 Crew (Material suspension) (Produksi) (Laboraturium Sampel).

” Kalau ditotal sekitar 950 Tenaga kerja Baru dalam proses. Serta Perekrutan Karyawan masih akan dilakukan sembari berjalannya proses Percepatan Pembangunan Semelter tersebut Dan Karyawan yang memilih dirumahkan selama Covid-19 sudah mulai masuk ke Divisi Masing-masing, “katanya

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INDUSTRI

Bombana Perkenalkan Tenun Motif Baru di Pameran Nasional Kriyanusa

Published

on

By

Ketua Umum Dekranasda Sultra Dra Hj Waode Munanah Asrun Lio (kudung putih) dan Ketum Dekranasda Bombana Fatmawati Kasim M (hijau) bersama Ketua Dekranasda seSultra. -foto: istimewa-

JAKARTA, Bursabisnis.id — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bombana, Provinsi Sultra ikut ambil bagian dalam pameran nasional Kriyanusa yang digelar di Jakarta Convention Center pada Rabu, 13 September 2023.

Hadir dalam pembukaan pameran nasional adalah first lady Indonesia Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Ny Hj Wury Ma’ruf Amin.

Diketahui bahwa Iriana Jokowi adalah Ketua Dewan Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), sedangkan Hj Wury Ma’ruf Amin sebagai Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional.

Kriyanusa adalah nama pameran produk-produk dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah dari seluruh nusantara. Semua provinsi dan kabupaten atau kota memerkan produk khas dan andalannya.

Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak ketinggalan memamerkan produk khas dan kerajinan daerah. Salah satu yang ditampilkan adalan kain tenun dengan motif baru hasil pengembangan.

Motif baru itu, berupa kepala kuda. Dahulu kala, kuda adalah alat transportasi masyarakat Bombana. Selain itu, juga merupakan sarana untuk dipakai dalam peperangan dan kegunaan pertanian serta kehutanan. Philosofi hewan ini diangkat dalam motif baru kain tenun khas Bombana.

Rangkaian acara Kriyanusa 2023 antara lain fashion show, jual beli produk kerajinan, dan lomba-lomba serta hiburan.

Di akhir acara akan digelar Dekranasda Award, yaitu penghargaan kepada Dekranasda terbaik dalam berbagai kategori.

Bombana dalam Kriyanusa 2023 ini mengikuti seluruh rangkaian acara. Motif baru yang diperkenalkan ditampilkan dalam fashion show dengan model Ketua Dekranasda Sultra Dra Hj Waode Munanah Asrun Lio.

Selain mengenakan busana motif khas kepala kuda, Ketua Dekranasda Sultra memakai aksesories kalung motif Buburi Pererei. Yaitu Buburi Wuakina, Buburi Ruruho Petumbu,dan motif pengembangan “rapa dara” atau kepala kuda.

Kepala kuda memiliki filosofi masa lampau yang sampai saat ini masih menjadi rujukan untuk kehidupan di tengah masyarakat untuk saling menghargai, menghormati, menjaga martabat daerah, mendapat perlindungan dan keselamatan dari segala hal buruk.

Dalam sambutan pembukaan Kriyanusa 2023, Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin mengatakan, pameran ini adalah sarana yang tepat untuk mempromosikan karya-karya perajin Indonesia.

“Ini wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya menakjubkan perajin Indonesia,” katanya.

Pembina Dekranas yang juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo membuka Kriyanusa 2023 dengan pemukulan rebana bersama anggotanya. Ia pun menyambut positif kehadiran Kriyanusa 2023 yang merupakan ruang promosi produk kerajinan hasil perajin seluruh nusantara

Ketua Dekranasda Sultra Dra Wa Ode Munanah pada pembukaan Kriyanusa 2023 itu terlihat mengenakan baju bermotif pengembangan kepala kuda Kabupaten Bombana serta motif bros, aksesoris, kalung bermotif Buburi pererei.

Sementara Ketua Umum Dekranasda Bombana Hj Fatmawati Kasım Marewa, S.Sos yang juga menjabat Plt Ketua TP PKK Kabupaten Bombana berjanji melaksanakan dan menindaklanjuti saran dan konsep yang disampaikan Ketua Umum Dekranasda Hj Wury Ma’ruf Amin.

“Insya Allah apa yang disampaikan oleh Ketua Umum Dekranas akan kita tindaklanjuti di Bombana. Konsep dan ide-idenya sangat bagus untuk pengembangan produk-produk kerajinan,” kata Fatmawati di sela-sela acara.

Penulis : Rustam

Continue Reading

INDUSTRI

Dukung Hilirisasi Mineral, PLN Siapkan Listrik Smelter PT Antam Sebesar 150 MVA

Published

on

By

Makassar, bursabisnis.id- PT PLN (Persero) siap menyediakan pasokan listrik yang andal bagi pabrik Smelter Feronikel milik PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. Kolaborasi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjadi salah satu wujud dukungan dalam hilirisasi mineral di tanah air.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) yang dilakukan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat ( Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin dengan Direktur Utama PT Antam Tbk, Niko Kanter pada Senin (16/1/2023). Daya listrik yang akan dipasok PLN ke pabrik smelter tersebut adalah sebesar 150 MVA.

Niko Kanter menjelaskan bahwa Antam terus melakukan continous improvement, khususnya dalam hal teknologi, efisiensi dalam operasi dan dekarbonisasi. “Kerjasama ini merupakan implementasi AKHLAK, dimana akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan PLN dan mari kita bersama memberikan kontribusi terbaik bagi Republik Indonesia,” ungkap Niko.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi dan Portofolio MIND ID, Danny Praditya menyampaikan komitmennya dalam prinsip dekarbonisasi dan Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan.

“Perjanjian ini merupakan langkah positif bagi Antam dan PLN, dimana PLN mendapatkan tambahan revenue dan Antam dapat berfokus mengurus operasionalnya. Mari kita terus berkolaborasi dan bersinergi agar menjadi lebih baik guna mewujudkan transisi energi di tahun 2060,” pungkas Danny.

Sejalan dengan hal tersebut, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN, Abdul Farid menyambut baik kerjasama tersebut. Ia menyampaikan, setelah sebelumnya PLN bekerja sama dengan Antam di Halmahera Timur, PLN juga siap melengkapi kebutuhan sektor industri khususnya industri smelter dengan memberikan produk dan layanan yang inovatif dan ramah lingkungan seperti sertifikat EBT atau Renewable Energy Certificate (REC). Terlebih saat ini pembangkit EBT di sistem Sulawesi Bagian Selatan termasuk tertinggi di Indonesia atau di atas rata-rata nasional yaitu sebesar 45, persen. “Dengan kondisi tersebut kami siap melayani kebutuhan listrik bagi para investor yang ingin berinvestasi,” tegas dia.

Farid menambahkan, smelter merupakan salah satu proyek strategis untuk mendukung hilirisasi mineral di Indonesia. Karena itu, PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik dan memberikan pelayanan terbaik untuk industri smelter. “Industri smelter membutuhkan energi listrik yang sangat besar dan PLN siap memenuhinya dengan pasokan listrik yang andal, berkualitas, dan harga yang kompetitif,” ujar Farid.

Menurutnya, PLN sebagai BUMN yang bergerak di bidang usaha penyediaan tenaga listrik berkomitmen untuk siap berkolaborasi dan memastikan pasokan listrik ke seluruh pelosok negeri, mendorong laju pertumbuhan perekonomian hingga menciptakan multiplier effect melalui kesiapan pasokan listrik untuk industri dan bisnis.

Dalam acara penandatanganan PJBTL yang dilangsungkan secara daring, Moch. Andy Adchaminoerdin turut berbangga PLN dapat berkolaborasi dengan Antam. “Dengan penandatanganan PJBTL ini, para pemilik smelter bisa fokus pada bisnis inti perusahaan, sementara kami akan menyelesaikan kebutuhan listrik sesuai jadwal yang disepakati bersama,” imbuh Andy.

Andy mencatat, di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar sudah ada 5 pelanggan tegangan tinggi yang telah mempercayakan kebutuhan layanan kelistrikannya kepada PLN dengan total daya 402 MVA.

 

 

 

Penulis: Kipat

Continue Reading

INDUSTRI

Pasar Industri Indonesia Sudah Mampu Tembus ke 80 Negara

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Sektor industri tetap konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional. Pada Januari 2022, kinerja ekspor industri pengolahan mencapai USD15,71 miliar atau naik 31,16% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), sektor industri memberikan sumbangsih sebesar 82% terhadap struktur ekspor nasional pada awal tahun macan air. Pada Januari 2022, total ekspor nasional mencapai USD19,16 Miliar, atau naik 25,31% dibanding capaian Januari 2021 (y-o-y).

Sementara itu, sektor nonmigas berkontribusi hingga 95,30% terhadap kinerja ekspor nasional Januari 2022. Adapun pangsa pasar utama ekspor nonmigas, yaitu ke Tiongkok (19,25%), Amerika Serikat (14,04%), dan Jepang (8,29%).

“Ekspor di Januari 2022 ini menandai peningkatan kinerja yang stabil dan semakin membaik. Kami yakin, ekspor sektor manufaktur di bulan-bulan selanjutnya akan terus meningkat, meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta sebagaimana dilansir dari laman kemenperin.go.id.

Menurut Menperin, kinerja baik ekspor industri manufaktur ini sejalan dengan kebijakan hilirisasi dalam meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri. Selain itu, membuktikan bahwa produk industri Indonesia mampu berdaya saing di kancah global.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, hal yang sedang dipacu dari sektor industri antara lain adalah penambahan investasi, peningkatan nilai tambah, dan perluasan pasar ekspor. Hal ini yang akan mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional,” paparnya.

Agus mencontohkan, sektor industri otomotif telah membuktikan kemampuannya untuk menembus pasar ekspor baru, yakni Australia. Negara Kanguru tersebut diketahui memiliki standar dan spesifikasi yang ketat terhadap produk kendaraan yang dipasarkan.

“Hari ini telah dibuktikan oleh salah satu perusahaan industri otomotif di Indonesia, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berhasil melakukan ekspor perdana ke Australia. Menurut Bapak Presiden, keberhasilan tersebut berkat kompetensi SDM industri kita dan juga didukung oleh sektor IKM komponen otomotif yang mampu memenuhi standar kualitas global,” paparnya.

Untuk perluasan pasar ekspor, khususnya pangsa pasar ekspor produk otomotif, industri Indonesia telah mampu menembus sekitar 80 negara dengan kinerja ekspor tahun 2021 tercatat sebanyak 294 ribu unit kendaraan CBU dengan nilai sebesar Rp52,90 triliun, serta sebanyak 91 ribu set CKD dengan nilai sebesar Rp1,31 triliun, dan 85 juta pieces komponen dengan nilai sebesar Rp29,13 triliun.

“Secara khusus, ekspor produk TMMIN pada tahun 2021 sebanyak 119 ribu unit kendaraan, atau sekitar 40% dari total ekspor otomotif Indonesia ke luar negeri. Alhamdulillah, Bapak Presiden bisa hadir untuk melepas pengiriman ekspor perdana ke Australia yang juga disertai beberapa produk diekspor ke Filipina dan Jepang,” ungkap Agus.

Laporan : Leesya

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.