Connect with us

Provider

Optimalisasi Kualitas dan Kapasitas Jaringan Telkomsel di 436 POI

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – Selama periode RAFI tahun ini, Telkomsel telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest (POI) yang berfokus pada 309 titik area residensial, 58 titik rumah sakit rujukan COVID-19, 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi, serta 31 titik area transportasi logistik, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok. Hal ini disampaikan Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km yang terbentang dari wilayah Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan. Khusus titik POI residensial mengalami kenaikan trafik data yang signifikan yaitu mencapai 31,7% apabila dibandingkan dengan hari normal atau sebelum diberlakukannya kebijakan himbauan Work From Home (WFH).

Upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan juga Telkomsel lakukan dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi 4G, mengoperasikan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps.

Secara keseluruhan, Telkomsel saat ini memiliki 219.000 unit BTS di seluruh penjuru negeri, dengan 87.000 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Berbekal infrastruktur yang andal, cakupan 4G Telkomsel pun telah menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan berbasis broadband.

Di samping itu, sebagian besar proses pengawasan operasionalisasi dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan dilakukan secara virtual, yang didukung oleh 13 Posko Virtual eRAFI 2020, 19 tim internal (1.578 anggota), dan 46 tim mitra strategis (803 anggota).

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing. Implementasi virtual monitoring ini dinilai mampu menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Telkomsel terhadap COVID-19.

“Kami bersyukur dapat memberikan layanan kepada pelanggan dan masyarakat secara umum dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran tahun ini. Kami berharap upaya Telkomsel tersebut memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah Ramadan dan merayakan momen Idul Fitri meski harus dilakukan dari rumah. Sebagai leading digital telco company, kami menjadikan saat ini sebagai momentum untuk terus hadir mendampingi masyarakat dan Pemerintah RI agar dapat beradaptasi terhadap gaya hidup baru dalam menjalani keseharian dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital. Di samping itu, kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya momen Lebaran dan seterusnya, guna memastikan pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman. Kami juga sangat berharap pandemi COVID-19 dapat segera usai dan kita semua bisa melewati masa penuh tantangan ini dengan memasuki fase hidup “The New Normal” kedepannya, sesuai protokol yang telah ditetapkan Pemerintah,” tutup Setyanto.

Laporan : Rustam Dj

 

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode RAFI 2020:

Layanan Trafik Puncak

RAFI 2020

Perbandingan dengan Hari Normal 2020 Perbandingan dengan Periode yang Sama di RAFI 2019
Data 26,69 Peta Byte Naik 22,8% Naik 42,1%
SMS 495 Juta SMS Turun 12,1% Turun 6,7%
Suara 1,1 Miliar Menit Turun 0,9% Naik 2,3%

 

Berikut platform layanan data dan aplikasi yang paling banyak di akses pelanggan Telkomsel pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H:

 

Top 5 Data Services Platform

Platform Proporsi dari Akses Keseluruhan Layanan Data Perbandingan dengan Hari Normal 2020
Social Media 30,8% Naik 3,6%
Video Streaming 23,8% Naik 13,8%
Communication 20,9% Naik 75,4%
Google Platform 5% Naik 6,4%
Mobile Gaming 3% Naik 83,7%

 

Top 5 Applications

Aplikasi Proporsi dari Akses Keseluruhan Apikasi Perbandingan dengan Hari Normal 2020
Youtube 18,8% Naik 6,9%
Facebook 16,6% Turun 0,5%
Whatsapp 16,2% Naik 49,2%
Instagram 13,2% Naik 5,3%
Google Services 5% Naik 7.1%
Continue Reading

Provider

Telkomsel Hadirkan Paket Bundling Halo+ di Super Brand Day bersama Erajaya Group

Published

on

By

Telkomsel

MAKASSAR, Bursabisnis.id – Telkomsel terus berkomitmen memberikan penawaran bernilai tambah untuk pelanggan. Inisiatif ini diwujudkan dari kolaborasi Telkomsel dan Erajaya Group melalui program Super Brand Day dengan menghadirkan paket bundling Paket Halo+ untuk seluruh pembelian device di store Erajaya Group yang tersebar di Sulawesi dan Maluku Utara.

Mulai 1 November 2025 hingga 31 Desember 2025, penawaran ini bisa didapatkan oleh pelanggan di Makassar (Erafone & More Bulusaraung, Erafone Rappocini, Erafone & More Toddopuli, Erafone & More Toddopuli, Erafone & More Perintis), Manado (Erafone & More Pierre Tandean, Erafone Paniki), Bulukumba (Megastore Ruko Bulukumba), Kendari (Erafone & More Nasution Kendari), Gorontalo (Erafone Limboto), Palu (Erafone Monginsidi), Palopo (Erafone Megastore Palopo), Parepare (Erafone Megastore Parepare) dan Ternate (Erafone Jatiland Ternate), dan berbagai kota lainnya di Sulawesi.

Manager Consumer GTM and Channel Partnership Telkomsel Region Sulawesi, Magdalena Irawati Ovi, mengatakan, kami sangat antusias menghadirkan progam Super Brand Day bersama Erajaya Group, yang menghadirkan paket bundling Halo+ untuk setiap pembelian device di seluruh store Erafone di Sulawesi dan Maluku Utara.

Program ini bukan hanya memberikan nilai tambah, tetapi juga membuka akses pelanggan menuju pengalaman gaya hidup digital yang lebih lengkap, didukung jaringan terbaik dan paket Halo+ yang fleksibel. Kami berharap inisiatif ini dapat semakin mendekatkan Telkomsel dengan pelanggan dan mendukung transformasi digital di kawasan timur Indonesia.

Pada kesempatan yang lain, Head of B2C Erajaya Digital Region 6, Karsono Lii, menyampaikan Super Brand Day akan berlangsung sepanjang November di semua gerai Erafone dengan promo eksklusif.

“Kami ingin setiap pembelian smartphone di Erafone bisa langsung terkoneksi dengan layanan Telkomsel. Semoga kolaborasi ini dapat memperluas penetrasi layanan digital sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan,” ujarnya.

Super Brand Day memberikan manfaat lebih disetiap pembelian device dan pelanggan dapat memilih paket Halo+ nya, baik yang menggunakan simcard dan eSIM dari harga 555 ribuan hingga 1,8 jutaan dengan masa berlangganan dari 6,12 dan 24 bulan, serta bonus kuota 53 Gb setiap bulannya dan tambahan kuota data lainnya hingga 10 Gb. (SK berlaku).

Pelanggan juga dapat menikmati berbagai promo menarik saat melakukan pembelian, seperti mendapatkan manfaat tambahan voucher MyEraspace hingga 100 ribu, hingga bebas memilih 1 aplikasi berlangganan setiap bulannya sesuai paketnya mulai dari Disney+ hotstar, Vidio, WeTV, Capsyl, Langit Musik, Google Play Pass, Noice, Tren dan Fita.

“Telkomsel percaya bahwa kolaborasi dan inovasi dalam ekosistem digital akan mempercepat transformasi dan membuka peluang baru bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati teknologi yang mendukung produktivitas dan gaya hidup modern. Kami ingin memastikan setiap pembelian device tidak hanya bernilai, tetapi juga mendukung gaya hidup digital yang semakin berkembang”, pungkas Magdalena.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Indosat Inspirasi Anak Muda Indonesia Lewat Program Generasi Happy 2025

Published

on

By

JAKARTA, Bursabisnis. Id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Tri kembali menginspirasi anak muda Indonesia lewat program Generasi Happy 2025.

Tahun ini, Tri menghadirkan inovasi terbaru Generasi Happy Pensi, sebuah kompetisi nasional yang membuka kesempatan bagi seluruh sekolah di Indonesia untuk memenangkan pentas seni impian, didukung sepenuhnya oleh Tri dan diisi oleh para idola ternama.

Memasuki tahun keempat sejak diluncurkan pada 2022, Generasi Happy telah menjelajahi 13 kota besar di Indonesia seperti Serang, Surabaya, Lampung, hingga Banjarmasin.

Program ini dikemas secara online–offline–online dan berfokus pada empat pilar utama dalam memberdayakan Generasi Z Indonesia, yaitu literasi digital, pengembangan potensi, peningkatan kemampuan kreatif dan kolaboratif, serta hiburan yang menginspirasi pembelajaran dan pengembangan diri.

Mendorong Literasi Digital dan AI di Kalangan Generasi Muda

Tahun ini, Generasi Happy Pensi menyoroti pentingnya pemahaman dan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) di kalangan pelajar, sejalan dengan komitmen berkelanjutan Tri dalam memberdayakan generasi muda di era digital. Melalui kegiatan langsung di sekolah-sekolah, Tri menghadirkan pendekatan terintegrasi yang menggabungkan literasi digital, edukasi AI, serta semangat #JadiLebihHebat agar anak muda mampu menggunakan teknologi secara bijak, kreatif, dan produktif.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bilal Kazmi, mengatakan, generasi happy adalah bentuk nyata komitmen Tri untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia di era digital.

Tahun ini, kami mendorong adopsi dan pemahaman terhadap teknologi AI agar dapat dimanfaatkan untuk eksplorasi kreativitas dan ekspresi diri. Melalui sistem voting nasional, kami ingin membuka kesempatan yang setara bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia untuk menampilkan potensi terbaiknya.

Dengan Generasi Happy, kami memastikan setiap anak muda, di mana pun mereka berada, memiliki ruang dan peluang yang sama untuk berkembang dan berkontribusi positif di dunia digital.

Untuk mengikuti kompetisi voting Generasi Happy Pensi, peserta cukup mendaftarkan nomor Tri mereka di situs generasihappy.tri.co.id, kemudian melakukan isi ulang produk Happy minimal Rp20.000 melalui aplikasi bima+ dan memilih sekolah yang ingin mereka dukung. Pengguna baru dapat berpartisipasi dengan membeli perdana Happy minimal Rp35.000, melakukan registrasi di situs yang sama, dan memberikan vote untuk sekolah pilihan mereka.

Rangkaian kegiatan Generasi Happy Pensi 2025 akan semakin meriah dengan penampilan musisi nasional seperti RAN, Idgitaf, Adrian Khalif, dan Ghea Indrawari, serta talenta-talenta muda dari ajang Generasi Happy School Stars, kompetisi pencarian bakat bagi siswa berprestasi yang diadakan oleh Tri. Empat sekolah dengan perolehan vote tertinggi akan mendapatkan kesempatan menyelenggarakan pentas seni impian mereka, yang diumumkan melalui leaderboard di situs resmi Generasi Happy.

Selain panggung hiburan, Generasi Happy juga menghadirkan wadah pengembangan diri melalui Generasi Happy Academy, sebuah sesi inspiratif bertema “Unlocking the Power of AI for Creativity, Digital Confidence, and Future Skills.”

Dalam sesi ini, para pakar digital berbagi wawasan tentang bagaimana kecerdasan buatan dapat menjadi alat untuk mengasah kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri digital, dan mempersiapkan keterampilan masa depan.

Keseruan program ini juga diperkuat dengan berbagai experience booth yang menawarkan beragam aktivitas menarik, mulai dari F&B corner hasil kolaborasi dengan UMKM lokal, turnamen game Mobile Legends dalam H3RO School Competition, hingga Generasi Happy Point Hunt, di mana peserta dapat mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan berbagai hadiah menarik seperti smartphone dan merchandise eksklusif.

Program Generasi Happy Pensi juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, antara lain Axioo, Montoon, dan sejumlah mitra lainnya yang turut berkontribusi menghadirkan pengalaman belajar dan berkarya yang inspiratif bagi generasi muda Indonesia.

Dengan dukungan produk Tri yang hemat, sinyal cepat, serta teknologi AIvolusi5G menggabungkan kecanggihan kecerdasan buatan dengan kekuatan jaringan 5G, Generasi Happy Pensi menjadi wujud nyata semangat #JadiLebihHebat dan komitmen Tri untuk terus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui inovasi, teknologi, dan kreativitas digital.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Provider

Telkomsel Hadirkan Promo Bundel ChatGPT Go

Published

on

By

JAKARTA,Bursabisnis.id – Telkomsel dan OpenAI resmi meluncurkan Paket Promo Bundling Telkomsel x ChatGPT Go di Indonesia – yang pertama di Asia Tenggara. Mulai Rp50.000, pelanggan bisa mendapatkan paket data khusus akses aplikasi ChatGPT dan akses langganan ChatGPT Go, memastikan pengalaman AI inklusif dan mudah diakses dengan jaringan terdepan dan terluas Telkomsel.

Dengan harga yang lebih terjangkau dibanding paket premium ChatGPT lainnya, ChatGPT Go memberi akses lebih luas ke fitur favorit ChatGPT, termasuk:

batas pesan dengan GPT-5 hingga 10× lebih banyak pembuatan gambar per hari hingga 10× lebih banyak
unggah file atau gambar per hari hingga 10× lebih banyak memori percakapan 2× lebih panjang untuk respons yang lebih personal

Pelanggan SIMPATI (prabayar) dan Halo (pascabayar) dapat membeli paket promo melalui aplikasi MyTelkomsel mulai Rp50.000, sudah termasuk 3 GB paket data khusus akses aplikasi ChatGPT, akses berlangganan ChatGPT Go hingga 2 bulan, dan pilihan paket data internet hingga 100 GB.

Pelanggan juga bisa memilih opsi ChatGPT Go sebagai digital lifestyle benefit, atau menukarkan 1.000 Telkomsel Poin untuk mendapatkan akses berlangganan ChatGPT Go. Selain itu, juga tersedia bagi pelanggan baru IndiHome (paket >75 Mbps) dan melalui program retensi pelanggan terbatas.

Promo berlaku sampai 30 April 2026.

Cara Aktivasi

Pastikan telah menginstal aplikasi ChatGPT di perangkat iOS atau Android
Beli paketnya di MyTelkomsel
Klaim voucher via SMS, login, pilih metode pembayaran default (untuk perpanjangan otomatis)
Setelah masa paket promo berakhir (1–2 bulan sesuai paket), harga normal Rp75.000/bulan akan berlaku. Pelanggan dapat membatalkan kapan saja sebelum perpanjangan otomatis.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, menyatakan, “Sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel berkolaborasi dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi AI terdepan yang dapat diakses oleh semua orang di Indonesia, menjawab kebutuhan nyata dari berbagai lapisan masyarakat, dan benar-benar relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Melalui layanan beyond connectivity seperti Bundel ChatGPT Go, Telkomsel terus mendorong produktivitas dan menginspirasi kreativitas, sekaligus memimpin inovasi berbasis AI yang mengakselerasi kemajuan Indonesia di berbagai sektor.”

Managing Director of International dari OpenAI, Oliver Jay, mengatakan, “Dengan ChatGPT Go dan akses ke model GPT-5 terbaru, kami ingin menjadikan teknologi AI terdepan sebagai sesuatu yang sederhana, ekonomis, dan bermanfaat bagi semua orang. Melalui kolaborasi dengan Telkomsel, kami antusias menghadirkan ChatGPT kepada lebih banyak orang di seluruh Indonesia, membantu mereka menemukan jawaban lebih cepat, mengeksplorasi ide-ide baru, dan membuka berbagai peluang dalam kehidupan sehari-hari.”

Ke depan, Telkomsel akan menjajaki kolaborasi lebih dalam bersama OpenAI untuk menghadirkan pengalaman AI yang semakin seamless dan terintegrasi, mendorong penerapan solusi AI lintas industri yang berdampak nyata, hingga mendukung kemajuan bangsa dengan pengembangan talenta AI.

Laporan : Kas
Editor : Tam

Continue Reading

Trending