Connect with us

Investasi

Trend Peningkatan Investor Saham di Sultra Signifikan

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id – Investasi saham di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menunjukan trend yang positif. Hal itu ditunjukan dengan meningkatnya jumlah investor saham yang cukup signifikan.

PH Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sultra, Ricky menyebutkan, pertumbuhan investasi saham di bumi anoa terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Ricky menyebutkan, pada 2016 lalu, terdapat 1103 investor atau 32,8 persen. Sedangkan per Agustus 2021, sudah terdapat 10808 investor atau atau 77 persen.

Lebih lanjut, Ricky mengklasifikasikan jumlah investor di masing-masing daerah yang didominasi oleh Kota Kendari sebesar 47 persen, kemudian disusul Kabupaten Kolaka 18 persen, Kota Baubau 11 persen, Kabupaten Muna tujuh persen dan Kabupaten Konawe 6 persen serta Konawe Selatan 5 persen.

“Mayoritas investor saham di Sultra berasal dari kaum milenial usia 18 sampai 30 tahun,  yakni sebanyak 6983 investor atau 64,6 persen, ” ujar Ricky, dalam paparannya yang disampaikan via zoom, Selasa (28/9/2021).

Kendati demikian, kata dia, dalam hal nilai asset saham, investor usia 40 tahun ke atas memiliki nilai asset saham yang jauh lebih besar.

“Kami terus mensosialisasikan gerakan yuk nabung saham,” kata Ricky.

Liputan : Ikas

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Investasi

PT Elnusa Petrofin Bangun Terminal LPG Pertamina di Kolakaasi

Published

on

By

KOLAKA, bursabisnis.id – PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk menggelar seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Proyek tersebut berada di sebelah tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka yang berada di Kolakaasi.

Groundbreaking yang dilakukan oleh EPN ini sebagai upaya untuk turut mendukung Pertamina dalam menjamin ketersediaan LPG di Sultra dan sesuai dengan keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastuktur penyimpanan LPG.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin beserta jajaran Direksi Elnusa Petrofin lainnya, VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Isnanto Isnanto Suseno, Executive GM Marketing Operation Region Sulawesi

Pertamina Agus Dwi Djatmoko. Selain itu turut hadir Bupati Kolaka Ahmad Safei beserta jajaran Forkominda Kabupaten Kolaka dan jajaran kepala dinas terkait.

Terminal LPG Kolaka akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 m2 untuk lokasi sarana fasilitas TLPG dan luas area 2.718 m2 sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG. Sehingga total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 m2.

Pembangunan Terminal LPG Kolaka ini mencakup Tanki Bola (Spherical Tank) berkapasitas 2 x 1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas Pompa LPG, Loading Bay ke Skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni. Diperkirakan proyek ini selesai dalam waktu 24 bulan.

Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengatakan, kehadiran Terminal LPG ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG di Sulawesi Tenggara dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat.

Hal senada disampaikan VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Iswanto Suseno. “Groundbreaking ini merupakan bentuk komitmen Pertamina Grup demi terwujudnya kedaulatan energi nasional. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Terminal LPG Kolaka ini” tutup Iswanto.

Bupati Kolaka Ahmad Safei menyambut baik pembangunan Terminal LPG Kolaka. Ia berharap nantinya pemenuhan kebutuhan LPG semakin baik dan mampu meciptakan peluang baru dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Kolaka.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud kepedulian Elnusa Petrofin terhadap pendidikan di wilayah tersebut.

 

Laporan : Ibing

 

Continue Reading

Maskapai

Layanan Batik Air Mobile Apps, Check In Lebih Cepat dan Mudah

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Maskapai penerbangan Batik Air dengan kode penerbangan ID member of Lion Air Group telah menghadirkan dan menyediakan fasilitas terbaru pada perangkat Batik Air Mobile Apps untuk menawarkan kemudahan para tamu (calon penumpang) saat melakukan pelaporan mandiri (self check-in) sebelum keberangkatan.

Layanan “mobile apps” terbaru yang memiliki keunggulan dengan nilai lebih “tak perlu repot-repot lagi melakukan check in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean”, sehingga menambah pengalaman sebelum terbang atau “pre flight” yang akan melakukan penerbangan dengan Batik Air.

Cara untuk mendapatkan aplikasi mobile apps, download “Batik Air Mobile Apps” sekarang. Aplikasi ini dapat digunakan pada platform OS Android pada Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store.

Proses check-in lebih cepat, langkah praktis sebagai berikut :

1. Buka Batik Air Mobile Apps dan pilih menu Online Check-in

2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri 6 (enam) karakter yaitu 6 huruf

kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan..

3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang

berbahaya atau tidak).

4. Pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan

mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom) . Proses check-in selesai.

Informasi detail electronic boarding pass (e-boarding pass) atau lembar digital untuk penerbangan:

a) Nomor penerbangan, rute dengan 3 kode bandar udara, waktu keberangaktan (hari, tanggal) dan kota asal.

Contoh: ID-6220 (sebagai nomor penerbangan), CGK-PNK (rute dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta CGK tujuan

Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak PNK). 02 Nov 2021 (waktu keberangaktan). Dari (from) Jakarta (menunjukkan kota asal)

b) QR CODE (kode QR)

• Berfungsi untuk pemindaian (scanning) saat petugas melakukan pengecekan, akan muncul informasi tentang penumpang.

Selain itu, dapat digunakan untuk mencetak ulang boarding pass di bandar udara, jika tamu membawa bagasi tercatat yang

harus dilaporkan ke petugas di meja pelaporan (check-in counter).

• Jika tamu tidak membawa bagasi, maka langsung menuju ruang tunggu (boarding gate/ waiting room).

c) TIME, menunjukkan waktu boarding (masuk ke pesawat udara), format waktu tersebut adalah waktu lokal bandar udara

keberangkatan.

Contoh: 12:40

d) GATE, menunjukkan kode atau nomor pintu ruang tunggu keberangkatan menuju pesawat udara.

Contoh: E7

e) TERMINAL, menunjukkan terminal keberangkatan di suatu bandar udara.

Contoh: 2E

f) PNR, dikenal sebagai kode reservasi (booking code) merupakan kepanjangan dari Passenger Name Reference (Referensi

Nama Penumpang).

Contoh: ABCDEF

g) PASSENGER, nama tamu yang akan berangkat (format: nama belakang, nama depan), harus sesuai dengan Identitas

valid/ resmi seperti KTP, passport.

Contoh: Prihantoro, Mr Danang Mandala

h) SEAT, menunjukkan nomor kursi yang akan digunakan pada penerbangan.

i) CARRY ON BAGGAGE, menunjukkan batas maksimal ukuran dan berat barang bawaan yang diperbolehkan untuk dibawa

ke kabin pesawat, yaitu 7kg.

j) CHECK-IN BAGGAGE, menunjukkan jumlah batasan gratis bagasi tercatat yang harus dilaporkan ke petugas, tamu kelas

bisnis 30kg dan tamu kelas ekonomi 20kg.

Batik Air Mobile Apps dirancang tampilan interface yang lebih segar (fresh) dan mudah digunakan (user-friendly), bagian dari

upaya Batik Air dalam meningkatkan kualitas layanan kepada setiap tamu, khususnya dengan memberikan kemudahan dan

kenyamanan lebih ketika mengakses informasi layanan dan rencana penerbangan dalam satu genggaman dan tepat waktu

“mobile & realtime”.

Jadikan pengalaman check-in online Batik Air lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman. Para tamu dapat melakukan check-

in mandiri secara digital dari handphone.

Batik Air senantiasa mengembangkan produk penerbangan baru sejalan komitmen dalam menyediakan cara yang cepat

dan nyaman untuk check-in, serta bertujuan untuk menjaga tamu tetap aman saat bepergian.

Ketentuan check-in online di Batik Air Mobile Apps

1. Para tamu yang memiliki tiket penerbangan Batik Air rute dalam negeri.

2. Para tamu secara personal (perseorangan) atau pembukuan maksimal 10 orang (group booking)

3. Dapat dilakukan maksimal 12 jam sebelum keberangkatan.

Layanan mobile check-In, tidak tersedia untuk:

1. Para tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking)

2. Para tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udara misalnya; penumpang dalam kondisi hamil,

Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda,

stretcher case atau penanganan khusus lainnya.

3. Para tamu dengan penerbangan lanjutan beda maskapai (airlines). Sebagai contoh penerbangan dari Batik Air (ID)

dilanjutkan Lion Air (JT), Wings Air (IW) atau maskapai lainnya.

4. Kategori bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk

Laporan : Rustam

Continue Reading

Maskapai

Ini Syarat Penumpang Lion Air Group Sampai 16 Agustus 2021

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Penumpang pesawat Lion Air Group rute domestik kini bisa menggunakan rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam dengan sejumlah persyaratan dalam aturan terbaru Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 17/2021 dan sesuai dengan Inmendagri No. 30/2021.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan selama periode 12–16 Agustus 2021 berlaku ketentuan penerbangan domestik dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan pelaksanaan upaya pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19, yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Hingga 16 Agustus 2021, bagi penumpang Rute Domestik antar bandar udara di Pulau Jawa dan Pulau Bali Rute Domestik dari atau ke bandar udara di Pulau Jawa dan Pulau Bali yang sudah menerima vaksin dosis kedua dapat menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen 1×24 jam atau hasil negatif PCR/Swab 2×24 jam,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (12/8/2021) sebagaimana dilansir dari laman Bisnis.com.

Danang melanjutkan pemeriksaan sampel Covid-19 dilakukan di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan. Hasil RT-PCR akan masuk dalam data dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Setiap calon penumpang setelah dilakukan pengambilan sampel dan uji hasil RT-PCR akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan secara elektronik (digital), berisi data valid serta terintegrasi platform dimaksud.

Aplikasi PeduliLindungi menampilkan/ menunjukkan (terintegrasi) data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan data vaksinasi nasional. Calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian) aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/.

Dia menjelaskan tujuan utama digitalisasi dokumen perjalanan udara, antara lain digunakan untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, sehingga calon penumpang lebih praktis dan mudah, cukup dilakukan melalui aplikasi ini, karena semua dokumen kesehatan telah terintegrasi. Kemudian mempercepat waktu proses verifikasi, mencegah dan meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti tindakan pemalsuan hasil uji kesehatan atau sertifikat vaksin.

Selain tentunya juga menjaga protokol kesehatan terjaga dan diimplementasikan dengan baik (tidak perlu berdesakkan ketika melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan). “Hanya penumpang berusia di atas 12 tahun yang bisa melakukan penerbangan, usia di bawah 12 tahun, dibatasi sementara atau tidak bepergian terlebih dahulu,” imbuhnya.

Bagi penumpang perjalanan untuk kepentingan khusus (mendesak), kondisi hamil atau sakit tertentu yang belum/ tidak divaksin harus menunjukkan surat keterangan medis yang valid dan asli dari dokter spesialis menyatakan sehat dan alasan detail tidak dapat divaksin.

Kartu atau sertifikat vaksin akan masuk dalam data dan tercatat secara elektronik. Sementara untuk penumpang yang transit dan transfer masih di area ruang tunggu (tidak keluar dari bandar udara), maka tidak mengikuti PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1. Penumpang transit dan transfer dengan keluar bandar udara, maka wajib mengikuti ketentuan PPKM.

Laporan : Leesya

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.