Connect with us

Life Style

5 Tips Siapkan Dana Liburan

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – Pertengahan tahun identik dengan masa liburan anak sekolah. Pasalnya, biasanya, ada jeda sekitar dua minggu hingga sebulan sebelum memasuki semester baru.

Masa liburan anak sekolah ini kadang kala juga dijadikan orang tua untuk rehat sejenak dari aktivitas kerja untuk bersantai dan berkumpul dengan anak-anaknya. Entah untuk berlibur ke luar negeri, Bali, piknik di sekitar Bandung, hingga hanya sekadar staycation di hotel.

Tapi, yang namanya liburan tentu perlu dana. Bahkan, menurut Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad, dananya harus dikelola dengan sebaik mungkin melalui perencanaan yang matang sejak jauh-jauh hari.

“Karena minimal harus hitung dulu berapa kebutuhan biaya liburannya? Dari mana sumbernya? Berapa lama bisa memenuhi target dana? Apa dari gaji, tabungan, atau bahkan THR kemarin? Itu semua harus direncanakan dulu,” ucap Teja sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia.com.

Perencanaan ini untuk menghindari dana terpakai secara impulsif. Selain itu, juga untuk menghindari ‘jalan pintas’ menggunakan utang, kartu kredit, hingga paylater, yang sering kali menggiurkan karena keinginan liburan sesaat.

Nah, berikut tips dari Teja untuk menyiapkan dana liburan:

1. Hitung Kebutuhan

Yang paling utama adalah tentukan dulu destinasi liburan yang akan dituju. Dari situ, akan terlihat berapa kebutuhan biayanya. Mulai dari biaya transportasi saat pergi, biaya protokol kesehatan untuk tes kesehatan yang menjadi salah satu syarat berpergian di tengah pandemi covid-19 saat ini, biaya akomodasi seperti penginapan dan makan, hingga biaya bersenang- senang di destinasi liburan.

Jangan lupa, hitung juga seluruh kebutuhan ini sesuai jumlah keluarga yang akan ikut. Lalu tambahan sebagian dana untuk jaga-jaga selama liburan, misalnya bila tiba-tiba mau membeli oleh-oleh berlebih, masuk ke atraksi berbayar, menikmati fasilitas tertentu di penginapan, dan lainnya.

2. Tentukan Sumber Dana

Setelah biaya yang dibutuhkan sudah diketahui, selanjutnya adalah tentukan sumber dana untuk memenuhinya. Misalnya, apa akan diambil dari gaji bulanan atau penghasilan usaha secara bulanan?

Atau mau diambil dari tabungan yang sudah dialokasikan sejak jauh-jauh hari? Bisa juga dari THR lebaran kemarin atau bonus masa kerja dari kantor misalnya.

“Yang paling tepat sih sebenarnya sudah disiapkan tabungan dari jauh-jauh hari ya, yang dananya dicicil dari gaji atau penghasilan bulanan, jadi sedikit-sedikit menabung untuk liburan ini, dibuat pos sendiri,” kata Teja.

3. Simpan Terpisah

Bila sumber dana untuk memenuhinya sudah ditentukan, maka simpanlah dana tersebut. Misalnya, dana akan diambil dari gaji atau penghasilan bulanan, maka sisihkan dana tersebut per bulan untuk kemudian masuk ke satu wadah sendiri.

“Bisa misal ditaruh di rekening sendiri, atau kalau mau manual itu diamplopin sendiri. Ini tujuannya agar tidak terpakai, apalagi dananya diambil dari gaji per bulan, per bulan, jadi dipisahkan saja agar tidak terpakai, misal tiba-tiba untuk dana darurat dan lainnya,” jelasnya.

Begitu juga bila dana diambil dari THR atau bonus. Ketika sudah didapat dananya, langsung sisihkan, agar tidak terutak-atik.

4. Reksadana Lebih Baik

Teja menyarankan dana liburan sebaiknya disimpan di reksadana ketimbang tabungan biasa. Alasannya, terhindar dari biaya admin rekening dan justru mendapat keuntungan dari imbal hasil.

“Kalau buka rekening baru kan kena biaya admin ya, sebenarnya lebih baik tinggal pilih saja salah satu instrumen reksadana pasar uang misalnya, itu tinggal dibeli, lalu bisa di-top up setiap bulan kalau ada tambahan dari gaji, dapat return juga setidaknya mungkin sekitar 4-5 persen. Begitu dibutuhkan, tinggal dicairkan, relatif cepat,” ungkapnya.

Selain reksadana, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan pilihan yang juga bisa diambil adalah menabung di logam mulia atau emas online. Kebetulan saat ini fiturnya banyak diberikan oleh beberapa aplikasi.

“Ini termasuk yang minim risiko dan bisa langsung cair juga serta naik nominalnya,” ucap Andy.

5. Hindari Godaan Paylater

Menurut Teja, saat ini fitur paylater cukup menggiurkan, khususnya untuk memesan keperluan liburan. Mulai dari tiket, hotel, hingga atraksi yang diinginkan di destinasi wisata.

Tapi, seperti halnya utang, paylater akan meninggalkan tagihan di akhir liburan. Hal ini tak direkomendasikan olehnya. “Kadang mikirnya, perlu liburan, tapi tidak ada uang, ya sudah pakai KK (kartu kredit) atau paylater saja, tapi yang namanya utang, setelahnya harus kita beresin, harus kita bayar, mending jangan gitu. Kalau mau jalan-jalan, ya, pastikan dananya ada dulu,” tandasnya.

Laporan ” Leesya

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TECHNO

Indonesia Perkuat Kemitraan Bisnis Dengan Eropa Melalui IEBF 2023

Published

on

By

Indonesia memperkuat kemitraan bisnis dengan negara Eropa. -foto:kemlu.go.id-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Forum bisnis untuk memperkuat kemitraan antara Indonesia dan negara-negara Eropa Indonesia-Europe Business Forum (IEBF) akan diselenggarakan Ditjen Amerika dan Eropa mulai tanggal 17 sampai 18 Oktober 2023 di Jakarta. Platform bisnis ini diselenggarakan dengan dukungan KADIN Indonesia.

Dirjen Umar Hadi menyampaikan bahwa IEBF 2023 akan mengangkat tema “Optimizing Indonesia-Europe Business Opportunity to Support Sustainable and Inclusive Economic Development” dengan 5 sektor prioritas yakni: machineries and electronics, creative industry, digital economy, health infrastructure and energy transition, sebagaimana dilansir dari laman kemlu.go.id pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Wakil Ketua Umum KADIN Shinta Kamdani menyebutkan bahwa IEBF 2023 akan fokus pada sisi bisnis sehingga kegiatan utama direncanakan berupa business pitching dan business matching.

Saat ini dinilai masih terdapat ruang untuk penetrasi produk Indonesia di pasar Uni Eropa dan bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Untuk Business Pitching telah terkonfirmasi 8 orang narasumber Indonesia dari sektor otomotif, makanan dan minuman, gaming, farmasi dan electromobility battery.

Sementara untuk business matching telah dilakukan 8 kegiatan preliminary business matching dan diperkirakan lebih dari 50 sesi business matching pada saat kegiatan IEBF mendatang.

IEBF juga akan menyaksikan penandatanganan 8 MoU/LOI kerja samadan 6 pengumuman kesepakatan bisnis di berbagai bidang, di antaranya perhubungan, energi dan energi terbarukan, alutsista, alat kesehatan, agrikultur, ketenagakerjaan, dan food and beverage.

Eropa merupakan salah satu sumber investasi dan teknologi dalam mendukung upaya Indonesia meningkatkan kapasitas industri dan industri hilir, menerapkan keberlanjutan, serta memajukan kreativitas dan inovasi.

Negara-negara di kawasan Eropa, khususnya Uni Eropa, merupakan mitra pembangunan Indonesia dan investor potensial untuk pelaksanaan peralihan ke ekonomi hijau dan pengembangan kerja sama strategis seperti infrastruktur dan critical technology.

IEBF merupakan penggabungan dari dua forum yaitu INA – Europe Business Forum dan INA-Central and Eastern Europe Business Forum, yang tahun 2022 lalu dilakukan secara terpisah. Penyelenggaraan IEBF 2023 dilakukan back-to-back dengan INALAC ( Indonesia – Latin America and the Caribbean) Business Forum tanggal 16-17 Oktober 2023 dan mendukung partisipasi pebisnis Eropa pada TEI (Trade Expo Indonesia) pada 18-22 Oktober 2023.

 

Penulis : Rustam

Continue Reading

FASHION

Dekranasda Apresiasi Penyelenggaraan CWF Claro Kendari

Published

on

By

Kendari, Bursabisnis.id-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kendari, Siti Chomzah, mengapresiasi penyelenggaraan Claro Wedding Festival (CWF) Kendari.

Menurut Siti Chomzah, Hotel Claro Kendari yang tetap konsisten menghadirkan wedding festival sarat nuansa budaya yang juga berdampak besar pada sub sektor UMKM, pariwisata, dan industri kreatif penyangga perekonomian daerah, khususnya di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Semoga Claro Wedding Festival ini dapat memotivasi para pengusaha UMKM lebih berkembang lagi dan terus berinovasi,” ujarnya.

Claro Kendari diketahui melibatkan  berbagai vendor pernikahan terbaik, mulai dari event organizer, dekorasi, rumah pengantin, fotografi, make up artis, hingga penyedia jasa souvenir.

General Manager Claro Kendari Syahrir Ramadan mengatakan bahwa, pagelaran tema pernikahan saat ini telah merambah pasar industri, yang juga melibatkan pelaku usaha dan jasa multi sektor  di dalamnya.

“Melalui event ini kami mencoba untuk mengelola potensi di pasar lokal atau UMKM ( Usaha Mikro kecil Menengah ). Selain itu kegiatan ini bertujuan memudahkan calon mempelai untuk memenuhi kebutuhan pernikahannya. Karena semua sudah all in one di sini, mulai dari paket pernikahan di Claro Kendari, vendor dekorasi, rumah pengantin, photography, make up artis, sampai souvenir. Masing-masing memberikan penawaran terbaiknya dalam bentuk potongan harga/diskon,” ujarnya.

Sebelumnya di tahun 2022, CWF mengangkat tema adat Minangkabau. Tahun ini, CWF bertema Beauty of Buton dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 18 Februari 2023.

 

 

Penulis: Mery Oktavia

Continue Reading

ENTERTAINMENT

Perdana, Sibad Sapa Ratusan Penggemar Lewat Konser ‘Si Syantik Pujaan Hati’ di Kendari

Published

on

By

Kendari, bursabisnis.id- Salah satu penyanyi dangdut tanah air Siti Badriah berhasil menyapa penonton saat menggelar konser musik bertajul ‘Si Syantik Pujaan Hati’.

Konser musik kali ini dipusatkan di pelataran ex MTQ Kendari, di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu, 11 februari 2023.

Siti Badriah menjadi salah satu publik figur yang diundang Owner Afika Residence, Afika Land dan Felycia Glow untuk memeriahkan acara Launching Skincare Felycia Glow sekaligus menampilkan hiburan untuk masyarakat kota kendari.

Kunjungan Siti Badriah (Sibad) di Bumi Anoa kali ini merupakan kunjungan perdana.

“Wahh ini baru pertama kali saya ke Kendari, tapi penontonnya sangat luar biasa yahh,” kata Sibad saat interaksi dengan  fansnya.

Perempuan yang lahir pada 11 November 1991 silam itu membuka tampilannya dengan lagu “Berondong Tua”.

Di hadapan ratusan penonton, Sibad menampilkan performa cantik nan atraktif dibalut busana serba pink.

“Ini lagu saya waktu saya ditinggal nikah sama mantan saya. Disini ada yang pernah di tinggal nikah, Kalau ada kita satu nasib bro,” katanya sebelum menyanyikan lagu slow berjudul Undangan Mantan.

Sibad membawakan lima lagu termasuk single hits “Lagi Syantik”, “Undangan Mantan”, “Berondong Tua”, “Barabere”, “Suamiku Kawin Lagi”.

Selain Sibad, konser musik Si Syantik Pujaan Hati ini melibatkan musisi tanah air hingga komika seperti Raim Laode, Andika Mahesa (ex Kangen Band) dan Dirga dadali.

 

 

Penulis: Merry Oktavia

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.