Connect with us

Life Style

Cara Nyetir Mobil Manual dan Matic Agar Tak Loyo di Tanjakan

Published

on

JAKARTA, BursaBisnis.id – Mobil China tak kuat nanjak lagi jadi perbincangan otomotif yang hangat. Saat menanjak kemampuan mobil yang mendukung memang diperlukan, tetapi bukan hanya itu sebab keahlian mengemudi juga dibutuhkan.

Menanjak bisa jadi perkara sulit buat banyak pengemudi, apalagi jika situasinya macet. Bila salah urut gerakan tangan dan kaki bukan tidak mungkin mobil malah mundur hingga kesulitan momentum atau malah membahayakan pengguna jalan lain di belakang.

Mobil transmisi matic terkesan lebih mudah stop and go ketika melintasi tanjakan daripada manual. Tetapi pada kasus tertentu tidak melulu seperti itu.

Berikut hal-hal yang mesti diperhatikan saat menanjak:

Mobil Manual

Jika mobil yang dikendarai manual, ada cara tepat memudahkan melahap tanjakan usai berhenti total. Hal pertama yang harus dilakukan aktifkan rem parkir atau rem tangan.

Saat ingin maju, posisikan kaki kiri di pedal kopling dengan menginjaknya penuh, lalu geser tuas transmisi ke gigi satu. Kemudian posisikan kaki kanan siap-siap pada pedal gas, sementara tangan kiri bersiap melepas rem tangan.

Setelah kaki dan tangan siap di posisi, tekan tombol di rem tangan untuk melepaskan kunci pengait tuas. Saat itu dilakukan tahan tuas rem tangan jangan sampai terlepas tiba-tiba atau mobil bisa mundur.

Setelah itu pengemudi mesti melakukan tiga hal bersamaan, yaitu perlahan menurunkan tuas rem tangan, kaki kanan mulai menginjak pedal gas, dan perlahan mengangkat pedal kopling. Hal ini butuh latihan sampai akhirnya menemukan sinkronasi yang pas.

Perlu diketahui pada beberapa mobil modern sudah dibekali rem tangan elektrik, namun pengoperasian saat tanjakan tidak jauh berbeda.

Seberapa jauh pedal gas perlu diinjak tergantung tingkat kecuraman jalan, semakin curam maka mesin butuh perintah gas lebih besar alias putaran mesin tinggi.

Seberapa jauh pedal kopling diangkat itu juga menyesuaikan bukaan pedal gas. Jika terlalu cepat mobil bisa loncat, apabila terlalu lambat mesin bisa mati.

Pengemudi juga disarankan tidak sering melakukan ‘setengah kopling’ sebab bisa mempengaruhi usia komponen, namun dalam kondisi tertentu hal itu bisa saja dilakukan terus-terusan untuk keselamatan berkendara.

Cara lain melaju di tanjakan setelah berhenti total yaitu hanya mengandalkan pedal rem, tanpa rem tangan. Cara ini biasanya bisa dilakukan pengemudi yang sudah mahir sebab teknik ini cukup sulit.

Saat ingin maju menggunakan teknik ini pastikan kaki kanan tetap menginjak pedal rem, lantas posisikan kaki kiri menginjak kopling secara penuh. Setelah kedua kaki siap, geser tuas transmisi ke gigi satu.

Setelah itu geser kaki kanan dengan cepat ke pedal gas sambil menekannya perlahan ke setidaknya 2.000 rpm. Perlu dipahami saat itu dilakukan berarti pedal rem dilepas dan ada risiko mobil mundur.

Sebab itu kaki kiri perlu dengan cepat pula mengangkat pedal kopling hingga mobil maju.

Penting juga dipahami agar memberi jarak dengan kendaraan lain di depan saat antre di tanjakan. Hal ini untuk mengantisipasi risiko kendaraan di depan mundur lantaran gagal mulus menanjak.

Mobil Matic

Pada mobil matic caranya maju saat tanjakan lebih mudah sebab tak perlu repot mengatur pedal kopling.

Meski begitu tetap ada beberapa hal yang perlu dipahami pengemudi, terutama soal memposisikan transmisi. Perlu dipahami umumnya tuas transmisi matic punya sejumlah kode seperti P, R, N, D, 2, dan L. Masing-masing punya fungsi berbeda jika tuas transmisi diposisikan.

Sedangkan saat menanjak, sebaiknya posisikan tuas pada posisi L yang artinya transmisi hanya akan tertahan pada gigi 1. Ini sangat berguna terutama saat sedang berada pada tanjakan terjal dan posisi stop and go, serta beranjak dari posisi diam.

Tapi jika kemiringan tanjakan tak terlalu terjal, menggunakan transmisi D sudah cukup.

Pengemudi mobil matic tetap disarankan menggunakan rem tangan untuk menahan mobil agar tak mundur ke belakang ketika posisi diam.

Tidak dianjurkan hanya mengandalkan tenaga mesin idle dengan memposisikan transmisi ke D untuk menahan mobil saat tanjakan. Tenaga mesin memang dapat menahan bobot kendaraan ketika tuas transmisi pada posisi D, namun jika tanjakan terjal, ada kemungkinan mobil tetap mundur karena gravitasi.

Pemahaman mobil matic tidak akan mundur di tanjakan dalam posisi transmisi D adalah salah.

“Kalau di posisi tanjakan, selain daya [berat] mobil itu ada juga daya sudut. Artinya kemiringan mobil itu membuat daya ke belakang lebih besar, ketika daya majunya lebih sedikit, mobil akan ke belakang bukan maju,” kata Bambang Supriyadi, Technical Service Division Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor.

Pada mobil modern juga ada yang sudah dilengkapi fitur membantu saat tanjakan seperti hill start assist. Fitur ini mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik untuk menggantikan kerja menarik rem tangan.

Laporan :ryh/fea/rus

Continue Reading

KOMUNITAS

Djufri Rachim Lantik Pengurus AMSI Sulawesi Selatan

Published

on

By

Muh Djufri Rachim melantik pengurus AMSI Sulsel. -foto:ist-

MAKASSAR, Bursabisnis.id- Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2024-2028 dilantik di salah satu hotel terkemuka di Kota Makassar pada Selasa, 10 Desember 2024.

Pelantikan ini dirangkaian dengan rapat kerja dan talkshow ‘Prospek Ekonomi Sulsel 2025’. Setidaknya ada 10 media siber terverifikasi Dewan Pers yang tergabung di AMSI Sulsel.

Masing-masing, Tribun-timur.com, KabarMakassar.com, terkini.id, lintasterkini.com, infosulawesi.com, PijarNews.com, MataMaros.com, KabarToraya.com, MakassarToday.com dan rakyatku.com.

Hajriana Ashadi dari KabarMakassar.com dipercaya sebagai Ketua AMSI Sulsel, sementara Mansur Amirullah dari Tribun-timur.com ditunjuk sebagai Sekretaris.

Pelantikan ini dipimpin oleh Koordinator AMSI Pusat Wilayah Indonesia Timur, M Djufri Rachim.

Dalam kesempatan itu, Djufri Rachim menggarisbawahi peran AMSI dalam membangun media siber yang profesional dan berkelanjutan.

“Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya melantik pengurus AMSI Sulsel periode 2024-2028. Saya percaya saudara-saudara dapat menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Djufri alumni Faperta Universitas Halu Oleo (UHO).

Acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) AMSI Sulsel oleh Herwin Bahar, Pengurus AMSI Pusat Bidang Keanggotaan. 

Herwin Bahar diketahui merupakan Ketua AMSI Sulsel periode sebelumnya.

Setelah itu, para pengurus baru yang dipimpin Hajriana Ashadi mengucapkan janji untuk melaksanakan tugas dengan integritas dan penuh tanggung jawab.

Hajriana Ashadi, menyampaikan rasa terima kasih kepada pengurus sebelumnya yang dipimpin oleh Herwin Bahar. 

Ia juga menegaskan komitmennya untuk membangun ekosistem media yang lebih baik di Sulsel. 

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan media yang sehat secara bisnis dan berkualitas dalam kontennya. Ini adalah tantangan yang akan kami jalani bersama,” ucap Hajriana.

Meskipun jumlahnya masih terbatas, Hajriana menekankan bahwa seleksi ketat dilakukan untuk memastikan standar tinggi dalam organisasi.

Hajriana juga berharap sinergi antara AMSI Sulsel dengan pengurus pusat dapat semakin erat.

Pelantikan ini dihadiri sekitar 100-an undangan dari berbagai kalangan. Plh Kadis Kominfo Sulsel Sultan Rakib, Ketua DPRD Sulsel Andi Rachmatika Dewi,  staf ahli walikota Makassar, dan Kabid Komunikasi dan Humas Dinas Kominfo Sulsel Fitra tampak hadir.

Selain itu tampak juga utusan BUMN, dosen, mahasiswa dan organisasi pers se-Sulsel.

Pelantikan ini dirangkaian dengan rapat kerja dan talkshow ‘Prospek Ekonomi Sulsel 2025’.

Pelantikan AMSI Sulsel juga didukung sejumlah sponsor seperti OJK, Telkom Indonesia, Bank Sulselbar, Semen Tonasa, PLN, Claro, Gammara, Dalton, Almadera, Mercure, GMTD, Alfamart, Eiger, dan Biznet.

Berikut nama-nama pengurus Amsi Sulsel yang dilantik:

-Ketua : Hajriana Ashadi (kabarmakassar.com)
-Sekretaris : Mansur Amirullah (tribun-timur.com)
-Bendahara : Suriani Echal Panca (Terkini.id)

-Bidang Organisasi dan Keanggotaan
Ketua : Ilham Arsyam (tribun-timur.com)
Anggota : Muh Syukri (lintasterkini.com)

-Bidang Advokasi dan Regulasi Media
Ketua : Dian Muhtadia Hamna (pijarnews.com)
Anggota : Azzahra Damayanti (KabarToraja)

-Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan
Ketua : Ardiyanti (KabarMakassar.com)
Anggota : Syukur (rakyatku.com)

-Bidang Bisnis dan Kemitraan
Ketua : Toto Sudarmongi (Infosulawesi.com)
Anggota : Rusman S (Infosulawesi.com)

-Majelis Etik: Dr Ari Abdi Salman (Akademisi), Adhi Santoso (terkini.id), Alfiansyah Amir (pijarnews.com).

-Badan Pengawas dan Pertimbangan Organisasi (BPPO): Hasbi Zainuddin (terkini.id), Imam Dzulkifli (matamaros.com), Syafril Rahmat ((makassartoday.com).

Penulis : Tam

Continue Reading

KOMUNITAS

Jelang Peringati Hari Anti Korupsi Dunia, Pelajar Kota Baubau Gelar Lomba Puisi

Published

on

By

Pj Wali Kota Baubau Dr H.Muh Rasman Manafi membuka lomba puisi tingkat pelajar SD, SMP dan SMA seKota Baubau. -foto:ist-

BAUBAU, Bursabisnis.id – Dalam menanamkan kesadaran dan semangat anti korupsi sejak dini, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar lomba baca puisi anti korupsi tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Baubau.

Lomba dilaksanakan di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata pada Rabu, 4 Desember 2024.

Lomba dihadiri Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si sekaligus memeriahkan peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) tahun 2024 yang akan jatuh 9 Desember 2024 mendatang.

Dalam sambutannya , Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si mengungkapkan, melalui lomba baca puisi dapat menanamkan kesadaran serta semangat anti korupsi pada generasi muda.

Hanya saja, yang namanya puisi itu pasti ada orang yang membenturkan terkait pribadi dengan melanggar aturan dan ada yang dirugikan dan dilakukan dengan masif.

Karena itu, jika faktanya terus menerus memiliki kebiasaan itu terus terjadi ke generasi nanti, pada saatnya akan masuk pada dunia kerja selanjutnya masuk di dunia birokrasi akan menjadi hal yang berbahaya dan banyak hal-hal kecil yang dilanggar.

Bila dahulu sebelum masuk dunia kerja dan birokrasi tidak mendapat hukuman, akan tetapi setelah masuk di dunia kerja dan birokrasi itu hukumannya sampai pemecatan karena telah terbiasa.

Menurut Dr Rasman, sudah banyak falsafah hidup dan nasehat orang tua sejak 400-500 tahun yang lalu, artinya bahwa nilai-nilai itu bukan baru saja tapi sudah lama dan tantangan kedepan dan kalaupun yang dianggap sudah mengetahui hal-hal yang diperdebatkan sampai pada level makrifat akan tetapi pelaksanaannya oleh diri ternyata jauh.

”Baubau tidak terbiasa dengan yang namanya prank , dianggap main-main padahal bohongan akhirnya terbiasa hal-hal seperti itu yang membuat satu generasi kehilangan nilai-nilai kebenaran,”ujarnya.

Penulis : Icha
Editor : Tam

Continue Reading

FASHION

Aleesya El Humayrah Raih Prestasi Membanggakan di Top Model Runway Sultra 2024

Published

on

By

Aleesya El Humayrah dari Kendari (kiri) bersama Jihan dari Kolaka Utara (kanan) peserta Top Model Runway Sultra 2024. -foto:dok.pribadi-

KENDARI, Bursabisnis.id –  Aleesya El Humayrah yang saat ini masih tercatat sebagai siswi SMP Negeri 9 Kendari, memperlihatkan raut wajah gembira, saat panitia menyebut nomor 39 dinyatakan sebagai  pemenang Best Pose 3 diajang Runway Modelling Competition Casual Trendy Mix N Match (Ready To Wear) untuk kategori remaja pada event Top Model Runway Sultra 2024.

Nomor 39 adalah nomor urut yang dikenakan Aleesya saat berkompetisi di catwalk Waterpark Citraland Kendari pada Minggu, 3 November 2024 malam.

Event regional Sulawesi Tenggara (Sultra) ini digelar ARE ACADEMY and ENTERTAINMENT.

Ada  80 peserta Top Model Runway Sultra 2024 ikut berkompetisi dalam ajang bergengsi ini. Mereka terdiri dari anak-anak, remaja dan dewasa yang berasal dari berbagai kabupaten di Sultra, seperti dari Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Bombana. Kemudian Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Muna dan Kabupaten Kolaka serta Kolaka Utara.

“Alhamdulillah bisa meraih piala Best Pose 3. Terima kasih atas dukungan kedua orang tua dan saudara semua,” kata Aleesya El Humayrah yang juga saat ini mendapat amanah sebagai ketua Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) SMP Negeri 9 Kendari.

Perjuangan Aleesya meraih prestasi Best Pose 3, tentu bukanlah hal yang mudah. Sebelum perform di grand final Top Model Runway Sultra 2024, Aleesya harus mengikuti serangkaian workshop yang digelar Are Academy selama 3 hari.

Mulai dari Workshop yang dilaksanakan di Poll Same Boutique Kendari. Kemudian dilanjutkan di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, lalu di pelataran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari yang beralamat di Jalan Balai Kota.

Dalam workshop tersebut, seluruh peserta Top Model Runway Sultra 2024, memperoleh ilmu pengetahuan tentang teknik catwalk, casting, presenting dan acting.Di ajang ini juga diadakan casting -presenter untuk MEK tv dan pemilihan brand ambassador Jims Honey Bags.

Event ini menjadi perhatian publik, sebab event skala regional Sultra ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra H. Belli Tombili SE,M.Si.

“Even Top Model Runway Sultra 2024 tentu sangat menarik dalam rangka mendukung perkembangan dunia pariwisata, khususnya untuk dunia fashion di Sultra,” ujar Belli Tombili saat membuka event Top Model Runway Sultra 2024.

Belli Tombili juga mengakui reputasi ARE ACADEMY and ENTERTAINMENT yang telah banyak melahirkan bakat- bakat modelling yang bisa berkompetisi sampai tingkat nasional.

Hadir dalam event Top Model Runway Sultra 2024 diantaranya Amir Malik Ketua Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Provinsi Sultra, owner Anto’s Salon, owner Natasha, owner Clasic Salon dan pimpinan MEKtv serta lainnya.

Sementara itu, Ir Rahman Ashar Founder ARE ACADEMY and ENTERTAINMENT menyampaikan terima kasih atas semua dukungan pihak. “Terima kasih semua dukungannya sehingga event ini bisa terselenggara,” ujarnya.

 

Penulis  : Icha
Editor    : Tam

 

 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Bisnis Media Sentosa - Bursabisnis.ID