Connect with us

Ekonomi Mikro

Dorong Gerakan Peduli Pangan Lokal, ISMI Muda Gelar Silabis Bersama Komunitas Sepeda di Kendari

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id — Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dan ISMI Muda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengkampanyekan gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan, dengan pemanfaatan bahan lokal.

Dalam rangka mendorong gerakan tersebut, ISMI dan ISMI Muda Sultra bersama beberapa komunitas sepeda menggelar silaturahmi bisnis (Silabis) menyambut HUT RI ke-76, Minggu (15/8/2021), di Cafe Langit, Jalan Martandu nomor 99, Anduonohu. Dimana pemilik cafe tersebut merupakan salah satu pengurus ISMI Sultra, Rachmi Nurma SP (Owner Angkasa Nikmat).

Agenda tersebut diawali dengan bersepada bersama komunitas sepeda di Kendari. Ketua ISMI Sultra, Hugua nampak hadir dalam Silabis menyambut HUT RI itu.

Ketua ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, sebagai organisasi yang menaungi pengusaha muslim, ISMI Muda terus bergerak dalam mendorong eksistensi para pelaku usaha.

Lebih lanjut, alumni SMAN 1 Kendari ini menjelaskan, ISMI Muda terus memikirkan dan berupaya mendorong sinergitas antara pengurus dan masyarakat umum, untuk saling mendapatkan pelatihan upgrade produk sehingga mendapatkan nilai lebih yang dapat bersaing dengan produk lain di pasaran.

“Dan tak kalah pentingnya, anggota (pengurus ISMI Muda) dapat sambil belajar bisnis dengan konsep ekonomi Islam untuk menjalankan bisnisnya, sebagai konsep anti krisis dalam segala kondisi. Apalagi saat ini kita semua menghadapi pandemi Covid-19, dimana konsep ini pastinya membawa dampak positif bagi roda perekonomian masyarakat umum,” ujar pria berkaca mata itu, saat ditemui disela-sela kegiatan Silabis.

Agung Hari Bowo juga mengungkapkan, gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan dengan pemanfaatan bahan lokal merupakan salah satu program yang menjadi andalan kedepannya. Salah satunya yaitu menciptakan produk unggulan mie asli Kendari yang menyehatkan, dan terbuat dari bahan tepung singkong atau sagu.

Untuk menunjang pemasarannya, kata Agung, pihaknya juga merancang pembuatan galeri produk-produk ISMI yang disertai logo ISMI pada setiap tempat yang menjadi usaha anggota.

Co-Founder PT Vision Idea Synergy Kendari ini berharap, ISMI Muda Sultra dapat membawa pengurusnya untuk amanah. Menurutnya, hancurnya sebuah bisnis berawal dari tidak amanah.

“Maka dari itu, mari kita saling mempererat kekeluargaan dengan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan, agar senantiasa diberikan jalan benar dan diridhai Allah SWT dalam menjalankan roda perekonomian di Sultra,” pungkasnya.

 

Liputan : ikas

UKM

Sebanyak 20 Tenan UMKM Kuliner akan Meriahkan Event Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024

Published

on

By

KENDARI, Bursabisnis.id – Diperkirakan 20 tenan pelaku UMKM kuliner di Kota akan menggelar event Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 selama 2 hari.

Selama event inj berlangsung mulai tanggal 21 sampai 22 Juni 2024, pengunjung akan dihiburdengan artis ibukota dan band-band lokal asal Kendari.

Hal ini disampaikan panitia penyelenggara Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024, Fadly Azis pada Rabu,19 Juni 2024.

“Dalam rangka meramaikan Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 yang digelar selama 2 hari ini, selain dihibur artis ibukota, tentunya juga menghadirkan para pelaku UMKM kuliner segitiga tapak kuda yang berjumlah sekitar 20 tenant dengan menu-menu yang beragam lezat dan pastinya dengan harga terjangkau,” ujar Fadly.

Fadly membeberkan, pertunjukan musik artis ibukota yang bakal menghibur di Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 ini adalah salah satu jebolan pencarian bakat ternama Yoda, Indonesian Idol yang juga saat ini sebagai vokalis band fenomenal ternama Stinky.

Dan tak ketinggalan band-band lokal juga talent yang akan turut menghibur dan memeriahkan seperti Geol Rock, Theraphy Band dan Master Ceremony (MC) Princess Piranha yang tentunya bakalan menghidupkan suasana dengan gaya karakter nya yang khas.

Selaku panitia penyelenggara Fadly Azis mengajak masyarakat Kendari maupun dari luar Kendari untuk datang dan menyaksikan kemeriahan acara yang bertajuk “Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024” yang dibuka pada Jumat Sore pukul 16.00 WITA hingga selesai.

Mengusung konsep kuliner outdoor city yang nyaman untuk bersantai bersama teman atau keluarga.

“Untuk warga Kendari, silahkan datang saksikan kemeriahannya karena bakal ada kejutan dan menangkan hadiahnya di venue karena bakalan seru dengan berbagai games diantaranya seperti kuis, dan lain-lain,” pungkas Fadly Azis.

Penulis : Icha

Continue Reading

KOMODITI

Badan Pangan Nasional Tetap HET Beras Medium dan Premium

Published

on

By

Harga beras di Sulawesi di kisaran Rp 12.500 sampai Rp 14.900 per Kilogram.-foto:ist-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) resmi menetapkan Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium dan premium.

Melalui Perbadan Nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Perbadan Nomor 7 Tahun 2023 tentang HET Beras, harga beras medium, dan beras premium diatur berdasarkan wilayah.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, penetapan regulasi ini menguatkan kebijakan relaksasi yang telah diberlakukan melalui Keputusan Kepala NFA sebelumnya.

Arief menegaskan, penyesuaian HET beras tidak terpisahkan dari upaya stabilisasi pasokan dan harga beras.

Sebagai informasi, di dalam Perbadan ini, Pemerintah mengatur HET beras berdasarkan wilayah.

Untuk wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatera Selatan, HET beras medium Rp 12.500 per kilogram (Kg) dan HET beras premium Rp 14.900 per Kg.

Wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kepulauan Bangka Belitung, HET beras medium Rp 13.100 per Kg dan HET beras premium Rp 15.400 per Kg.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat, HET beras medium Rp 12.500 per Kg dan HET beras premium Rp 14.900 per Kg.

Wilayah Nusa Tenggara Timur, HET beras medium Rp 13.100 per kg dan HET beras premium Rp 15.400 per kg.

Untuk wilayah Sulawesi, HET beras medium Rp 12.500 per Kg dan HET beras premium Rp 14.900 per Kg.

Selanjutnya, wilayah Kalimantan, HET beras medium Rp 13.100 per kg dan HET beras premium Rp 15.400 per Kg.

Wilayah Maluku, HET beras medium Rp 13.500 per Kg dan HET beras premium Rp 15.800 per Kg, dan yang terakhir wilayah Papua, HET beras medium Rp 13.500 per Kg dan HET beras premium Rp15.800 per Kg.

Laporan : Icha
Editor : Tam

Continue Reading

UKM

Supaya Naik Kelas, Pemda Muna dan Indomaret Kerjasama Latih Pelaku UMKM

Published

on

By

Peserta Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM 2024.-foto:phoyo-

MUNA, Bursabisnis.id – Plt Bupati Muna, Drs Bachrun Labuta membuka pelatihan Kewirausahaan Mandiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Rabu, 5 Juni 2024.

Kegiatan pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM digelar atas kerjasama antara Pemerintah daerah (Pemda) Muna melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret).

Saat pembukaan turut hadiri Sekda Muna, Eddy Uga, Kadis Koperasi dan UKM, Hajar Sosi, pimpinan cabang Indomaret, Ahmad Suyanto, serta Koordinator Rumah BUMN PLN Raha, Sitti Muzdalifah dan beberapa kepala OPD terkait.

Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM 2024 mengusung tema”Strategi Peningkatan Kualitas Produk Menuju UMKM Naik Kelas”.

Plt Bupati Muna Drs. Bachrun Labuta mengatakan, dengan adanya kegiatan ini semoga para pelaku UMKM lebih kreatif dan inovatif menciptakan produk yang dihasilkan.

Menurutnya, pebisnis itu harus pandai mensugesti calon pembeli agar bisa meminati apa yang kita tawarkan.

“Bisnis adalah cara mencari uang. Menjadi pebisnis itu harus jujur. Terhormatlah kita menjadi seorang pedagang sebab Rasulullah juga seorang pedagang,”tegasnya.

Di tempat yang sama, Kadis Koperasi dan UKM kabupaten Muna, Hajar Sosi berharap agar, Produk UMKM bisa masuk diseluruh gerai Indomaret agar bisa naik kelas dan memiliki daya saing.

Kata dia, sebelum kegiatan ini dilaksanakan terlebih dahulu Dinas Koperasi dan UKM mengajukan proposal kepada Indomaret untuk melakukan pelatihan sehingga pelaku UMKM yang ada di Muna bisa mengetahui syarat, sehingga produk yang dimiliki bisa masuk di perusahaan jaringan pengecer waralaba Indonesia itu.

“Jadi kami harapkan kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ilmu yang diperoleh bisa di implementasikan agar kedepan bisa naik kelas,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Indomaret, Ahmad Suyanto menyampaikan, kegiatan pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM telah berjalan 11 tahun, tujuannya guna mendukung program pemerintah kabupaten dan kota demi memajukan produk lokal.

Kata dia, produk UMKM untuk bisa masuk digerai Indomaret harus memiliki kriteria.

“Tujuan diadakan pelatihan agar produk UMKM ada pembenahan jika semua syarat telah terpenuhi maka produk tersebut bisa diajukan ke pusat,” ungkapnya.

“Proses pengajuan terhadap produk UMKM itu memakan waktu sebulan, kita daftarkan dulu produknya kemudian diajukan ke pusat. Jika sudah mendapatkan izin maka produk tersebut bisa dipajang. Untuk saat ini produk UMKM Muna yang telah berhasil dipajang di gerai Indomaret Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah adalah olahan kacang mete,” pungkasnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pelatihan UMKM ini bisa menambah varian produk baru, agar bisa dipajang digerai Indomaret sehingga para wisatawan bisa menikmati olahan lokal kabupaten Muna.

Penulis : Phoyo
Editor : Tam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.