Connect with us

Provider

Dukung Visi Indonesia Emas 2045, IOH dan Wadhwani Foundation Jalin Kemitraan Strategis

Published

on

NEW DELHI, bursabisnis.id – Guna mendukung visi Indonesia Emas 2045, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Wadhwani Foundation menjalin kemitraan strategis melalui Nota Kesepahaman (MoU).

Penandatanganan ini berlangsung dalam Forum CEO Indonesia-India, hasil kolaborasi antara Confederation of Indian Industry (CII) dan Kadin Indonesia, yang bertepatan dengan kunjungan Presiden Prabowo Subianto ke India dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan India ke-76.

Dalam kemitraan ini, Indosat dan Wadhwani Foundation bermitra selama tiga tahun, dengan nilai investasi sebesar Rp3,5 triliun, dengan tujuan untuk memberdayakan satu juta talenta digital dan 100 ribu wirausahawan Indonesia melalui pelatihan keterampilan digital.

Inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Indosat terhadap transformasi Indonesia menjadi negara maju pada 2045 mendatang.

Kerja sama ini menghadirkan platform pelatihan berbasis AI dari Wadhwani Foundation dengan dua program utama, yakni Job Ready yang akan membantu talenta digital dalam meningkatkan keterampilan soft skill yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Selanjutnya, program Ignite, yakni menumbuhkan pola pikir kewirausahaan guna mencetak pemimpin bisnis masa depan dan mendorong inovasi, guna mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menyoroti pentingnya kerja sama ini, President dan CEO Wadhwani Foundation Ajay Kela mengatakan, kolaborasi ini adalah bukti nyata dari komitmen pihaknya ntuk mendorong pertumbuhan ekonomi di negara berkembang, sekaligus membuka lebih banyak peluang kerja berkualitas bagi generasi muda.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, bahwa Indonesia menjadi perhatian utama pihaknya, karena potensi besar generasi muda yang dinamis dan terus berkembang.

“Dengan visi yang sejalan dalam pemberdayaan generasi muda, Indosat adalah mitra yang ideal untuk memperluas dampak positif kami. Pemahaman Indosat tentang kebutuhan lokal dan jaringan luasnya sangat melengkapi teknologi AI kami, yang dirancang untuk membantu wirausahawan dan pencari kerja membangun keterampilan yang relevan untuk bersaing di pasar global,” ujar Ajay Kela, Kamis 30 Januari 2025.

Di tempat yang sama, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, prioritas utama pihaknya adalah membekali generasi muda dengan keterampilan dan sumber daya yang mereka perlukan untuk menghadapi transformasi global yang terus berkembang.

Ia juga menambahkan,lemitraan Indosat dengan Wadhwani Foundation menggabungkan keunggulan global dalam pelatihan berbasis AI, dengan jangkauan luas serta pemahaman mendalam tentang kebutuhan lokal.

“Melalui kolaborasi ini, kami menciptakan koneksi yang membuka peluang bagi setiap individu untuk maju dan berkembang. Ini adalah wujud nyata dari tujuan besar Indosat untuk memberdayakan Indonesia,” kata Vikram Sinha.

Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat keterampilan angkatan kerja Indonesia, tetapi juga mempererat hubungan strategis antara Indonesia dan India. Dengan pemberdayaan talenta digital dan wirausahawan muda, inisiatif ini menjadi langkah nyata dalam mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih maju dan terkoneksi secara global.

 

 

 

 

 


Laporan : Mirkas

Provider

Telkomsel Berikan Harga Khusus dan Gratis Biaya PSB IndiHome

Published

on

By

MAKASSAR, bursabisnis.id – Telkomsel kembali memberikan promo harga khusus dan biaya gratis Pasang Sambungan Baru (PSB), untuk beragam pilihan paket Jaringan Internet Unlimited (JITU 1) bagi calon pelanggan yang melakukan registrasi IndiHome melalui Digital Channel yakni aplikasi MyTelkomsel, Landing Page tsel.id/nasional, web Telkomsel dan Sobat IndiHome.

Manager Household Operations Telkomsel Region Sulawesi, Karlina Rivai mengatakan, pihaknya terus menghadirkan beragam paket IndiHome yang lengkap secara konsisten, harga yang terjangkau serta layanan internet berkecepatan tinggi.

Lebih lanjut, Karlina Rivai menambahkan, hadirnya promo paket JITU 1 melalui digital channel Telkomsel menjawab kebutuhan tersebut, dan menjadikan nilai tambah dalam menghadirkan pengalaman digital tanpa batas melalui ragam solusi dan layanan yang customer-centric.

“Registrasinya pun melalui digital channel, sehingga lebih mudah, efektif dan efisien. Calon pelanggan mendapatkan promo harga khusus,” ujar Karlina Rivai.

Ia juga menjelaskan, pelanggan dapat memilih salah satu dari beberapa varian paket JITU 1 yang tersedia, seperti paket JITU – 1P untuk layanan internet (fixed broadband), paket JITU 1 – 2P Internet Phone untuk bundle layanan internet dan telepon rumah dengan akses berlangganan Disney+ Hotstar, paket JITU – 2P Internet TV untuk bundle internet dan ragam channel IPTV/TV interaktif serta bonus langganan platform streaming IndiHome TV, Sea Today, Disney+ Hotstar, Catchplay, WeTV, iFlix, dan Vidio, serta paket JITU 1 – 3P untuk bundle internet, telepon rumah, dan ragam channel IPTV.

“Kami juga memberikan promo bebas biaya PSB baik untuk 30 Mbps, 50 Mbps dan 100 Mbps,“ jelas Karlina.

Melalui registrasi di digital channel, pelanggan dapat memilih ragam pilihan paket JITU 1 tersebut dengan harga berlangganan mulai Rp.265 ribu/bulan, dengan bonus telepon rumah hingga 100 menit (lokal/interlokal), serta mendapatkan kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 50 Mbps. IndiHome juga menyediakan promo paket High Speed JITU 1 untuk kecepatan internet 100 Mbps, dengan harga berlangganan Rp. 395 ribu/bulan, dan bonus langganan platform streaming IndiHome TV, Disney+ Hotstar, dan MAXstream.

“Saat ini, IndiHome di wilayah Regional Sulawesi yang juga mencakup Maluku Utara, telah menghadirkan konektivitas internet menggunakan jaringan fiber optik yang tersebar di 91 kota. Kami berharap, hadirnya promo paket JITU 1 melalui registrasi digital channel dapat menambah penetrasi jumlah pelangga, dan Telkomsel bersama IndiHome akan terus berinovasi serta mendukung berbagai aktivitas dan hiburan digital keluarga di rumah,“ tutup Karlina.

 

 

 

 


Laporan : Mirkas

Continue Reading

Provider

PLN Dianggap Kurang Berikan Informasi, Terkait Kenaikan Tarif Biaya Listrik

Published

on

By

Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Aimah Nurul Anam saat kunjungan kerja di Bali. -foto:dpr.go.id-

BALI, Bursabisnis.id – Pemberian layanan listrik oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) atau dinilai masih belum optimal.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Aimah Nurul Anam pada saat kunjungan kerja reses Komisi VI DPR RI dalam rangka evaluasi terhadap pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) dan ketahanan energi, di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN Abdi Mustakim, Direktur Distribusi PT. PLN Adi Priyanto beserta jajaran dan Direktur Utama PT. Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan beserta jajaran.

Mufti membeberkan sejumlah temuan yang diperoleh dirinya. Pertama, terkait sering padamnya aliran listrik di sejumlah daerah, khususnya di Bali. Hal itu mengakibatkan para turis mengeluhkan alat elektronik mereka menjadi rusak karena sering padamnya aliran listrik.

“Buka sedikit aja Tiktok di medsos, di Google, di Bali itu sering kali listrik mati itu. Bahkan, dampaknya banyak sekali turis yang datang, mereka mengeluhkan elektronik mereka rusak karena listriknya tidak stabil, nah ini kenapa bisa terjadi,” ujarnya sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Kemudian, yang kedua, permasalahan ketidakstabilan daya listrik yang dialami langsung oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P tersebut. Di mana rumah tinggal yang dia tempati berada tidak jauh dari Gedung Parlemen, yakni di daerah Senayan, Jakarta Pusat.

“Kami merasakan, kebetulan rumah saya di deket kantor, di Senayan, itu sering kali listrik itu naik turun, bahkan beberapa elektronik suka rusak, usut punya usut elektroniknya rusak karena daya listriknya yang suka turun. Kami coba tanyakan PLN di wilayah tempat kami tinggal, kemudian diperbaiki dan tidak ada masalah, tapi daya mati terjadi terus menerus,”

Dan yang terakhir, Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur II tersebut, menyebut PT. PLN kurang dalam memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya terkait dengan kenaikan biaya tarif listrik.

“Terus hari ini sedang ramai soal kenaikan tarif listrik. Kami ingin mendapat penjelasan itu, ketika kami di luar ditanya media tidak bisa jawab, sering kali PLN kalau tarif listrik sembunyi-sembunyi itu, tiba-tiba malam besok naik Pak,” jelas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Mufti berharap agar PT. PLN lebih responsif terhadap berita-berita up to date atau terkini yang terjadi di masyarakat terkait dengan pelayanan listrik.

“Harapan kami kalau ada berita-berita itu di-cover (direspon). Saya ngga tahu (PLN) punya tim untuk itu gak, sehingga menurut kami perlu dimitigasi,” tutup Mufti.

Sumber : dpr.go.id
Penulis : Tam

Continue Reading

Provider

Sukses Kawal Konektivitas dan Layanan Digital Pelanggan, Trafik Broadband Telkomsel Capai 11,6 Persen

Published

on

By

Jakarta, Bursabisnis.id-Telkomsel berkomitmen mengawal kenyamanan konektivitas dan layanan digital pelanggan. Komitmen ini dibuktikan melalui capaian trafik broadband hingga 11, 6 persen dibanding rerata hari biasa 2022, atau melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode Natal dan Tahun Baru (NARU) 2022-2023 ini didorong oleh peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekitar 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce yang turun hingga 0,3 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen). Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

Saki menambahkan, seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022-2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen. Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

Pada kesempatan yang sama, General Manager Network Assurance Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan,  khusus di wilayah Sulawesi selama momen perayaan NARU 2022-2023, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital, berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 14,17 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13,8persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya dengan total payload mencapai 5,04petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di periode NARU 2022-2023 tersebut didorong oleh peningkatan pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial hingga 30,33 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 12,38 persen, video streaming sekira 36,91 persen, mobile gaming1,72 persen, akses browsing12,38persen, dan layanan e-commerce0,9 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit seperti WhatsApp 9,59 persen, TikTok 21,30 persen, Instagram 7,19 persen, YouTube 11,20persen dan Facebook 22,63 persen. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 1,73 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 2,01 persen.

Adapun wilayah dengan kenaikan tertinggi momen NARU 2022/2023 yakni Toraja Utara 46,93 persen, Tana Toraja 40,4 persen, Mamasa 17,41 persen, Siau Tagulandang Biaro16,55 persen dan Kepulauan Sangihe 13.96 persen.

Selama momen NARU 2022/2023, Telkomsel menegaskan komitmennya  memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital berkat langkah antisipatif yang telah dilakukan, terutama di 493Point of Interest(POI) di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Secara keseluruhan, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS(COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

“Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil, andal, merata, dan setara di sepanjang momen Hari Raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 dapat mendampingi masyarakat untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru. Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan. Kami berharap dapat terus melampaui batas dalam menghadirkan beragam solusi inovatif yang akan semakin membuka lebih banyak peluang bagi seluruh masyarakat guna mengoptimalkan beragam potensi kemajuan,” pungkas Saki.(ER)

 

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Bisnis Media Sentosa - Bursabisnis.ID