Connect with us

KULINER

Hadiri Sertijab Kepala BI, Ali Mazi Promosi Kuliner Tradisional

Published

on

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mempromosikan sejumlah kuliner khas bumi anoa kepada Gubernur Bank Indonesia dan tamu undangan yang menghadiri upacara pelantikan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sultra, Senin 4 Januari 2019 di Claro Hotel Kendari.

Ali Mazi menyebutkan, bahwa Sultra kaya akan kuliner tradisional. Diantaranya, ada sinonggi yang merupakan kuliner khas Suku Tolaki, ada juga Kasuami dari Wakatobi dan Kabuto asal Kabupaten Muna serta sejumlah kuliner tradisional lainnya.

“Insha Allah, nanti saat kunjungan kerja (Kunker) lagi di Sultra, kita akan sama-sama menikmati cita rasa kuliner khas Sultra pak Gubernur BI,” ujar Ali Mazi.

Selain kuliner, lanjut Gubernur Sultra, bumi anoa juga memiliki kekayaan alam dan potensi pariwisata. Tak hanya itu saja, seni dan budaya pun merupakan salah satu kekayaan daerah yang terus terjaga.

Sementara itu, Gubernur BI, Perry Warjiyo mengungkapkan, bahwa dirinya sudah mencicipi beberapa kuliner khas Sultra yang disebutkan oleh Gubernur Sultra tadi.

“Saya sudah menikmati kuliner-kuliner tradisional yang Pak Gubernur sebutkan tadi, dan Sultra memang kaya akan kuliner,” ungkap Perry Warjiyo.

Selain itu, kata dia, panorama dan potensi pariwisata Sultra juga sangat kaya, dan hal tersebut memberikan kesenangan dan kenyamanan bagi siapa pun yang berkunjung di Sultra ini.

“Tidak hanya itu, keramahtamahan juga membuat saya semakin senang dan beta di Sultra,” kata Perry Warjiyo.

 

 

Laporan: Ikas

Fokus

EO Milhanah dan The Park Kendari Inisiasi Event Kampung Ramadhan 2023

Published

on

By

Kendari, Bursabisnis.id-Event Organizer (EO) Milhanah dan The Park Kendari menginisiasi event Kampung Ramadhan 2023.

Event ini diselenggarakan di pelataran Mall The Park Kendari, Sabtu 25 Maret 2023.

Marketing Promosi event Kampung Ramadhan Egy Diah mengatakan,  event ini diselenggarakan dengan melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kendari.

“Kami berharap event ini bisa sekaligus mempromosikan produk khas UMKM Sultra,” kata Egy, kepada awak media di Kendari, Sabtu, 25 Maret 2023.

Adapun tenant yang dilibatkan dalam event ini yakni sebanyak 25 tenant. Produk yang dipasarkan berupa produk kuliner seperti takjil hingga kudapan tradisional khas Ramadhan.

Harganya pun dibanderol bervariasi, mulai Rp 10 ribu hingga 30 ribu.

“Ada es teh, ada sambal-sambalan, ada ayam geprek, ada nasi goreng, ada siomay-siomay, ada dimsum, tahu bakso, sama prasmanan,” kata Egy.

Kampung Ramadhan sendiri diselenggarakan selama 25 hari, dimulai dari jam 3 sore sampai jam 10 malam.

“Tujuan dari adanya Kampung Ramadhan yaitu agar suasana buka puasa jauh lebih menarik. 25 hari kita laksanakan disini,” ujar Egy.

 

 

Penulis: Mery Oktavia

 

Continue Reading

Ekonomi Mikro

Dorong Gerakan Peduli Pangan Lokal, ISMI Muda Gelar Silabis Bersama Komunitas Sepeda di Kendari

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dan ISMI Muda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengkampanyekan gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan, dengan pemanfaatan bahan lokal.

Dalam rangka mendorong gerakan tersebut, ISMI dan ISMI Muda Sultra bersama beberapa komunitas sepeda menggelar silaturahmi bisnis (Silabis) menyambut HUT RI ke-76, Minggu (15/8/2021), di Cafe Langit, Jalan Martandu nomor 99, Anduonohu. Dimana pemilik cafe tersebut merupakan salah satu pengurus ISMI Sultra, Rachmi Nurma SP (Owner Angkasa Nikmat).

Agenda tersebut diawali dengan bersepada bersama komunitas sepeda di Kendari. Ketua ISMI Sultra, Hugua nampak hadir dalam Silabis menyambut HUT RI itu.

Ketua ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, sebagai organisasi yang menaungi pengusaha muslim, ISMI Muda terus bergerak dalam mendorong eksistensi para pelaku usaha.

Lebih lanjut, alumni SMAN 1 Kendari ini menjelaskan, ISMI Muda terus memikirkan dan berupaya mendorong sinergitas antara pengurus dan masyarakat umum, untuk saling mendapatkan pelatihan upgrade produk sehingga mendapatkan nilai lebih yang dapat bersaing dengan produk lain di pasaran.

“Dan tak kalah pentingnya, anggota (pengurus ISMI Muda) dapat sambil belajar bisnis dengan konsep ekonomi Islam untuk menjalankan bisnisnya, sebagai konsep anti krisis dalam segala kondisi. Apalagi saat ini kita semua menghadapi pandemi Covid-19, dimana konsep ini pastinya membawa dampak positif bagi roda perekonomian masyarakat umum,” ujar pria berkaca mata itu, saat ditemui disela-sela kegiatan Silabis.

Agung Hari Bowo juga mengungkapkan, gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan dengan pemanfaatan bahan lokal merupakan salah satu program yang menjadi andalan kedepannya. Salah satunya yaitu menciptakan produk unggulan mie asli Kendari yang menyehatkan, dan terbuat dari bahan tepung singkong atau sagu.

Untuk menunjang pemasarannya, kata Agung, pihaknya juga merancang pembuatan galeri produk-produk ISMI yang disertai logo ISMI pada setiap tempat yang menjadi usaha anggota.

Co-Founder PT Vision Idea Synergy Kendari ini berharap, ISMI Muda Sultra dapat membawa pengurusnya untuk amanah. Menurutnya, hancurnya sebuah bisnis berawal dari tidak amanah.

“Maka dari itu, mari kita saling mempererat kekeluargaan dengan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan, agar senantiasa diberikan jalan benar dan diridhai Allah SWT dalam menjalankan roda perekonomian di Sultra,” pungkasnya.

 

Liputan : ikas

Continue Reading

HOTEL

Ragam Menu Nusantara Disajikan di Teras Ramadhan Claro Kendari

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Hotel Claro Kendari kembali menghadirkan “Teras Ramadhan” tahun ini, yang akan di laksanakan di Skypool lantai 2 Claro Kendari, dengan mengusung tema “All You Can Eat”.

“Teras Ramadhan hadir kembali tahun ini untuk anda, cuma Rp125.000 per orang, bisa makan banyak sepuasnya,” ujar Public Relation (PR) Executive Hotel Claro Kendari, Wiwi, Rabu (14/4/2021)

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, pihaknya menyediakan beragam menu berbuka puasa khas nusantara, mulai dari hidangan khas Jawa Tengah, Sumatra, Manado, Betawi, Makassar, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Tenggara dan aneka selera nusantara lainnya.

Selain itu, kata Wiwi, pihaknya juga menyediakan Japan dan Korean Food. Ada pula neka girengan, takjil, dan es duk-duk.

“Tentunya dengan kualitas rasa dan pelayanan yang tidak usah diragukan lagi” kata Wiwi. Selaku Public Relation Executive dalam release yang kami terima pada 14/4/2021

Wiwi menambahkan, bagi yang ingin menikmati sajian makanan tersebut, pengunjung dapat membeli voucher di resepsionis.

“Ada promo mulai 1-13 April, yakni hanya membayar Rp 110 ribu. Hemat banget kan. Jadi tunggu apa lagi, buruan dapatkan vouchernya dan dapatkan penawaran istimewanya,” tambahnya.

Liputan: Ikas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.