Connect with us

Ekonomi Mikro

Ini Cara Hj Nirna Lachmuddin Membangun Public Trust

Published

on

Hj Nirna Lachmuddin, S.Pd

DUA periode duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan partai yang berbeda, tentu bukanlah hal yang mudah diraih.

Periode pertama tahun 2009 – 2014 menjadi anggota parlemen diusung Partai Bulan Bintang (PBB). Kemudian periode 2014-2018, kembali terpilih sebagai  anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara dengan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Hanya saja dia tidak menyelesaikan masa tugasnya sampai akhir periode tahun 2018, karena pindah ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada tahun 2017 sebagai persiapan masuk calon anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra.

Hj Nirna Lachmuddin memberikan bantuan kepada warga

Itulah sekilas figur Hj Nirna Lachmuddin,S.Pd, sosok perempuan tangguh yang sukses berkarir di dunia politik dan mampu memberikan warna tersendiri bagi dunia perpolitikan di jasirah Sultra.

Pasca tidak masuk ke senayan, Hj Nirna sibuk mengelola bisnis tenunan Sulawesi Tenggara di Rumah Kreatif Hj Nirna.

Untuk mengenal lebih dekat Hj NirnaLachmuddin, wartawan TenggaraNews.com menemuinya di Rumah Kreatif Hj Nirna yang terletak di bilangan Mayjen S.Parman, Kemaraya, Kota Kendari.

Semasa masih duduk di bangku kuliah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Haluoleo (UHO), Hj Nirna bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Namun Tuhan berkehendak lain. Dua kali mengikuti tes calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun selalu kandas. “Tuhan punya kehendak lain, sehingga saya belum diberi jalan untuk menjadi PNS,” ujar alumniUHO tahun 1997 ini mengawali perbincangan.

Sebelum di wisuda,Hj Nirna ternyata sudah mulai bekerja di Asuransi Bumi Putra Cabang Kendari selama 10 tahun, terhitung sejak tahun 1993 sampai 2003.

“Saya memang lama menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, maklum keterbatasan kemampuan orang tua kala itu. Kalau saya minta uang kuliah, terus orang tua bilang belum ada. Saya langsung cuti kuliah dan itu beberapa kali terjadi saya terpaksa cuti. Saya tak mau memberatkan orang tua saat itu,” ungkapnya.

Hj Nirna juga menceritakan, bahwa selama masa kuliah untuk membantu meringankan beban ekonomi keluarga, dia biasa jualan baju, sepatu dan tas. “Kadang teman-teman kuliah minta beli sepatu atau tas yang saya pakai. Mereka tertarik modelnya. Bagi saya, bisnis bukan hal baru saya tekuni seperti sekarang ini,” tukasnya.

Hingga kemudian Hj Nirna mendapat tawaran bekerja di Asuransi Bumi Putra Cabang Kendari. Di sinilah awal mula, Hj Nirna mendapat banyak pengetahuan dan relasi dengan banyak orang. Setiap hari menemui orang dengan berbagai karakter yang berbeda-beda.

Bicara produk asuransi, intinya adalah membangun kepercayaan kepada klien. Dan ternyata karier Hj Nirna di Asuransi Bumi Putra terbilang woow…

H. Ishak Ismail 

Dalam beberapa tahun kemudian, Hj Nirna mendapat posisi strategis di Asuransi Bumi Putra. Ibu tiga anak ini diamanahkan  sebagai supervisor dengan membawahi 2 kabupaten, yakni Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton.

Setiap pekan,Hj Nirna harus bolak balik Kendari-Muna dan Buton. “Dua hari di Muna dan dua hari di Buton. Hingga kemudian Allah mempertemukan jodoh dan langsung menikah,” ungkapnya.

Hj Nirna Lachmuddin kemudian menikah dengan salah seorang pengusaha kawakan di Sultra, H.Ishak Ismail, SH atau lebih dikenal dengan sebutan Anak Lorong.

Dari hasil perkawinan H.Ishak Ismail dengan Hj Nirna, lahirlah dua putra bernama   Muhamad Rizky, Muh Ilham Juluborita dan seorang putri yang biasa dipanggil Nasya Anawulanggu.

Setelah menikah, perjuangan keluarga Ishak dan Nirna terbilang keras untuk membangun usaha. “Lika liku merintis usaha  penuh perjuangan. Jatuh bangun tanpa mengenal rasa lelah. Alhamdulillah ikhtiar yang kuat memberikan hasil,” kata Hj Nirna yang saat ini aktif sebagai pengurus Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Provinsi Sultra.

Dalam perjalanannya kemudian, H.Ishak Ismail mendapat amanah  menjadi pengurus Partai Bulan Bintang (PBB) Provinsi Sultra di bawah kepemimpinan Almarhum H. Halaka.

Dari sinilah kisah awal mula Hj Nirna mengenal dunia politik. “Saat suami saya menjabat pengurus Partai Bulan Bintang, saya kemudian ditawarkan masuk bursa  calon anggota legislatif. Alhamdulillah lolos duduk di kursi DPRD Sultra untuk periode 2009 sampai 2014.

Saat duduk sebagai wakil rakyat di parlemen, kepuasan batin yang dirasakan Hj Nirna yang tidak bisa dinilai dengan materi,  adalah mampu menjawab aspirasi masyarakat.

Misalnya, masyarakat menginginkan agar jalan dibenahi. Lalu aspirasi itu diperjuangkan dan berhasil pada tahun anggaran berikutnya. “Nah ini yang betul-betul memberikan kepuasan, karena sebagai wakil rakyat hanya bisa memperjuangkan aspirasi. Sementara yang berhak mengeksekusi bukan legislatif tetapi eksekutif dalam hal ini pemerintah,” terangnya.

Setelah periode 2009-2014 di DPRD Provinsi Sultra berakhir, Hj Nirna pindah partai. Ini sebabkan adanya konflik interest di kubu Partai Bulan Bintang ketika itu.

Hj Nirnah kemudian masuk ke Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Sultra. Meski sudah pindah partai, Hj Nirna kembali masuk menduduki kursi parlemen, walaupun dalam status Pergantian Antar Waktu (PAW).

Ini menandakan bahwa, keterpilihan Hj Nirna Lachmuddin di parlemen karena sosok figur yang dilihat rakyat, bukan partainya. “Walaupun partai berbeda, tapi rakyat masih tetap memberikan dukungan politik sehingga saya bisa duduk kembali di DPRD Provinsi Sultra untuk periode 2014-2017,” ujarnya.

Hj Nirna tidak menyelesaikan masa baktinya di DPRD Sultra sampai tahun 2019, karena dia kembali pindah ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hj Nirna juga mendaftar sebagai calon anggota DPR RI dari Dapil Sultra.

Sukses di dunia politik, bagi Hj Nirna Lachmuddin ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi, antara lain pertama, dukungan internal dari keluarga.

 

Rumah Kreatif Hj Nirna selalu ramai dikunjungi

“Alhamdulillah dukungan keluarga, terutama suami sangat besar dalam karier politik saya. Suportnya sangat luar biasa sehingga saya bisa duduk di kursi DPRD Sultra selama dua periode,” ungkapnya.

Kedua, menurut Hj Nirna yang juga aktif sebagai pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sultra, tetap menjaga integritas diri sehingga tidak terpengaruh dengan hal-hal lain yang bukan kewenangan sebagai anggota parlemen.

“Anggapan orang awam bahwa politik itu kotor, itu bisa terjadi karena menghalalkan segala cara. Nah sebagai keterwakilan kaum perempuan di parlemen, saya berusaha menjaga citra diri agar terhindar hal-hal yang tak diinginkan. Saya fokus pada pengabdian diri kepada masyarakat,” jelasnya.

Ketiga,  Hj Nirna banyak belajar dari pengalaman saat bekerja di Asuransi Bumi Putra, yakni menjaga kepercayaan. “Menjaga kepercayaan yang diberikan masyarakat itu penting dijaga dengan baik. Nah saya banyak hikmah pembelajaran saat bekerja di perusahaan asuransi, terutama bagaimana itu menjaga kepercayaan dan cara menghadapi masyarakat,” bebernya.

Pasca tak lagi di parlemen, Hj Nirna terjun ke dunia bisnis tenunan Sultra. Sehari-hari Hj Nirna berada di Rumah Kreatif Hj Nirna yang terletak di Jalan Mayjen S.Parman, Kemaraya, Kota Kendari.

“Bicara soal bisnis, bukan hal yang baru bagi saya. Hanya memang lama ditinggalkan karena kesibukan di DPRD. Sekarang saya kembali lagi mengelola bisnis tenunan khas Sultra dan aneka souvenir,” bebernya.

Hj Nirna membuka galeri Rumah Kreatif, tujuannya untuk mengakomodir para pelaku UMKM yang memproduksi tenunan dan oleh-oleh khas Sultra, baik itu souvenir maupun jajanan.

“Para pelaku UMKM yang mempunyai produk dapat bekerjasama dengan manajemen Rumah Kreatif untuk memasarkan produknya. Tentu kerjasama disini saling menguntungkan,” ujar Hj Nirna Lachmuddin mengakhiri perbincangan.

 

Laporan : Rustam Dj

 

Kurikulum Vitae

Nama                  : Hj.Nirna Lachmuddin, S.Pd

Nama Panggilan : Hj. Nirna

Lahir di                : Kendari, 12 Desember 1968

Anak                    : Pertama dari 7 Bersaudara

Nama Suami      : H. Ishak Ismail, SH

Sapaan Akrab    : Anak Lorong

Nama Bapak      : Lachmuddin

Nama Ibu            : Hj. Djumariah

Nama Anak         :

Muhammad Rizky,  lahir 3-1-2005

Muh Ilham Juluborita, lahir 1-8-2006

Nasya Anawulanggu, lahir 6-10-2008

 

Karir Politik

  1. Anggota DPRD Provinsi Sultra Periode 2009-2014 dari Partai Bulan Bintang
  2. Anggota DPRD Provinsi Sultra Periode 2014-2018 dari Partai Hanura
  3. Pengurus DPD PDIP Provinsi Sultra

 

Riwayat Pendidikan

Tamat SD tahun 1981

Tamat SMP Negeri 1 Kendari Tahun 1984

Tamat SMA Negeri 1 Kendari Tahun 1987

Tamat S1 di UHO Tahun 1997

 

Pengalaman Organisasi

 

Pengurus BKMT Provinsi Sultra Tahun 2011-2016

Pengurus PW IPEMI Provinsi Sultra Tahun 2017 sampai sekarang

Pengurus HIPMI Provinsi Sultra Tahun 2001-2004

 

Continue Reading
Advertisement

UKM

Pelaku UMKM Sukses Gelar Event Semarak Wisata Kuliner Segitiga Tapak Kuda

Published

on

By

Kawasan kuliner Segitiga Tapak Kuda Kota Kendari.-foto:ist-

KENDARI, Bursabisnis.id – Pelaku UMKM kota Kendari sukses menggelar event Semarak Wisata Kuliner Segitiga Tapak Kuda selama 2 hari di bilangan By Pass.

Ratusan pengunjung datang menikmati beragam produk kuliner yang jajakan 20 tenan UMKM sejak Jumat sore hingga Sabtu malam (21-22 Juni 2024).

Selama event kuliner digelar, pengunjung di hibur dengan 5 band indie lokal asal Kota Kendari.
Tak hanya itu, panitia juga menampilkan artis bukota Yoda Indonesian Idol.

Salah satu panitia penyelenggara Fadly Azis, mengaku gembira atas terselenggarannya event ini.

“Alhamdulillah event ini dapat menarik minat ratusan pengunjung untuk berkunjung di kawasan wisata kuliner Tapak Kuda,” ujarnya.

Menurut Fadly, event ini mengangkat isu keberlanjutan melalui produk-produk UMKM lokal yang berkualitas dengan konsep outdoor yang instagramable, dengan menyajikan beragam pilihan kuliner, doorprize, photo booth, merchandise, talent competition, dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Fadly juga mengungkapkan, artis bintang tamu Yoda Indonesian Idol berhasil memanjakan penonton yang hadir, dengan penampilan memukau bersama band-band indie lokal ternama seperti Geol Rock Band, Therapy Band, Rail Road Clash Band, Noktah Band, After Death Band.

Sementara itu, Ketua panitia event Semarak Wisata Kuliner Segitiga Tapak Kuda, Abang Danang mengatakan, kawasan kuliner segitiga Tapak Kuda merupakan tempat yang strategis dengan suasana outdoor, nyaman untuk bersantai bersama teman maupun keluarga.

“Kami optimistis ke depan akan semakin banyak event sejenis akan hadir disini,” kata Abang Danang.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam kesuksesan kegiatan ini, termasuk media partner Tribunnews.com, Zonasultra com, Sultratop.com, Kendariaktual.com, Bursabisnis.id dan Sultra 24 jam, Claro Kendari, Zahra Syahriah Kendari, Anoa Production, Segitiga Management, Surya Nation Kendari, Xi Xie Kosmetik, dan LT men yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa. Keberhasilan event-event ini tidak akan terwujud tanpa kontribusi dan dukungan dari semua pihak yang terlibat,” tutup Abang Dananto.

Penulis : Icha
Editor : Tam

 

Continue Reading

UKM

Indonesia dan Rumania Sepakat Kerjasama Berbasis UMKM

Published

on

By

Salah satu jenis produk kerajinan UMKM yang banyak diminati pasar internasional. -foto:ist-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel didampingi oleh Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ratih Megasari Singkarru menerima kunjungan delegasi Republik Rumania, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta .

Dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia memandang Rumania sebagai pasar potensial untuk produk Indonesia, karena negara ini diberkati dengan populasi lebih dari 19 juta orang, posisinya yang strategis di dekat Laut Hitam (Marea Neagra), serta pertumbuhan ekonominya yang positif dalam beberapa tahun terakhir.

Rachmat Gobe mengungkapkan, Pelabuhan Constanta yang terletak di dekat Laut Hitam dapat menjadi pintu masuk yang strategis bagi produk-produk Indonesia.

Berkaitan itu, kedua negara sepakat untuk menandatangani Nota Kesepemahaman (MoU) Kerja Sama Sister Ports antara Indonesian Port Cooperation (IPC) II dan NC MPA SA Constanta Port pada Februari 2020.

Atas dasar itu Indonesia dan Rumania akan tingkatkan kerjasama ekonomi berbasis UMKM. “Kedua negara dapat mendorong kerjasama ekonomi berbasis UMKM. Salah satu program Indonesia adalah pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang bertumpu pada ekonomi kreatif berbasis UMKM, diharapkan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Rumania dapat memperkuat juga Kerjasama ekonomi berbasis UMKM,” papar Gobel sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dia menjelaskan, penguatan ekonomi keluarga menjadi bagian dari upaya Indonesia untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem, karena Menurut Politisi Fraksi Partai NasDem ini, pada saat berbicara tentang kemiskinan ekstrem, maka sasarannya adalah keluarga atau rumah tangga miskin.

Indonesia dan Rumania memiliki kerja sama ekonomi yang baik, yaitu dalam bidang perdagangan, karena kedua negara menunjukkan surplus bagi Indonesia. Bagi Indonesia, Rumania merupakan pasar yang sangat potensial dan terletak pada posisi yang strategis dan hubungan perdagangan kedua negara stabil.

Di bidang penanaman modal, data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam lima tahun terakhir, dari tahun 2017 hingga tahun 2022, menunjukkan peningkatan investasi Rumania di Indonesia yang cukup signifikan. Sementara sektor jasa menjadi sektor utama yang banyak mendapatkan investasi dari Rumania, diikuti oleh investasi di bidang industri makanan, pemukiman, kawasan industri dan perkantoran.

Ada pun delegasi Republik Rumania, yang hadir pada pertemuan ini adalah Chair of the Romania – Indonesia Parliamentary Friendship Group Stefan Musoiu; Member of Romania – Indonesia Parliamentary Friendship Group Christine Thellmann; Member of the Commission for Foreign Policy Ben-Oni Ardelean; Duta Besar Rumania untuk RI, Dan Adrian Balanescu.

Sumber : dpr.go.id
Penulis : Icha
Editor : Tam

Continue Reading

UKM

Sebanyak 20 Tenan UMKM Kuliner akan Meriahkan Event Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024

Published

on

By

KENDARI, Bursabisnis.id – Diperkirakan 20 tenan pelaku UMKM kuliner di Kota akan menggelar event Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 selama 2 hari.

Selama event inj berlangsung mulai tanggal 21 sampai 22 Juni 2024, pengunjung akan dihiburdengan artis ibukota dan band-band lokal asal Kendari.

Hal ini disampaikan panitia penyelenggara Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024, Fadly Azis pada Rabu,19 Juni 2024.

“Dalam rangka meramaikan Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 yang digelar selama 2 hari ini, selain dihibur artis ibukota, tentunya juga menghadirkan para pelaku UMKM kuliner segitiga tapak kuda yang berjumlah sekitar 20 tenant dengan menu-menu yang beragam lezat dan pastinya dengan harga terjangkau,” ujar Fadly.

Fadly membeberkan, pertunjukan musik artis ibukota yang bakal menghibur di Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 ini adalah salah satu jebolan pencarian bakat ternama Yoda, Indonesian Idol yang juga saat ini sebagai vokalis band fenomenal ternama Stinky.

Dan tak ketinggalan band-band lokal juga talent yang akan turut menghibur dan memeriahkan seperti Geol Rock, Theraphy Band dan Master Ceremony (MC) Princess Piranha yang tentunya bakalan menghidupkan suasana dengan gaya karakter nya yang khas.

Selaku panitia penyelenggara Fadly Azis mengajak masyarakat Kendari maupun dari luar Kendari untuk datang dan menyaksikan kemeriahan acara yang bertajuk “Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024” yang dibuka pada Jumat Sore pukul 16.00 WITA hingga selesai.

Mengusung konsep kuliner outdoor city yang nyaman untuk bersantai bersama teman atau keluarga.

“Untuk warga Kendari, silahkan datang saksikan kemeriahannya karena bakal ada kejutan dan menangkan hadiahnya di venue karena bakalan seru dengan berbagai games diantaranya seperti kuis, dan lain-lain,” pungkas Fadly Azis.

Penulis : Icha

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.