Connect with us

KOMUNITAS

Jurnalis Jalan-jalan, Komunitas yang Gemar Berwisata

Published

on

Bagian I

KENDARI, BursaBisnis.id -Terpesona dengan potensi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tujuh pemuda yang sehari-harinya berprofesi sebagai pewarta, mengunjungi beberapa destinasi di beberapa daerah di bumi anoa. Projek ini kemudian diberi nama “Jurnalis Jalan Jalan (J3)”. Petualangan ini dilaksanakan selama lima hari, dengan menyusuri rute Konsel, Butur, Muna, Buton, Baubau. lalu menyeberang ke Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Muna Barat, Muna dan Konsel lalu kembali ke Kendari.

selain jalan-jalan, para jurnalis ini juga bermaksud mengeksplor objek wisata di Sultra, yang belum diketahui publik. Sehingga, wisatawan baik itu domestik maupun manca negara mengetahui bahwa daerah ini kaya akan potensi wisata. Melalui projek ini, para kuli pena yang tergabung dalam J3 berharap, tingkat kunjungan wisatawan kian menunjukan peningkatan yang drastis.

Yah kita berharap Sultra bisa menjadi daerah tujuan untuk berwisata. Daerah ini kaya loh dengan potensi wisata, hanya kurang dipasarkan saja ke publik,” ungkap Azwirman, salah satu anggota Jurnalis Jalan Jalan.

Setiap daerah yang dikunjungi, kata dia, pihaknya langsung memotret destinasi di kawasan tersebut kemudian diposting ke sosial media (sosmed). Alhasil, banyak warga Sosmed yang mengagumi objek wisata tersebut, dan mempertanyakan lokasinya sembari menyatakan ingin berkunjung. Menurut dia, hal ini menunjukan bahwa masih banyak kawasan wisata di bumi anoa yang belum diketahui publik.

Ditambahkan lelaki bujang ini, Sosmed merupakan media atau pasar yang cepat dan tepat, untuk memperkenalkan potensi dan program wisata di Sultra. Dirinya berharap, agar semua pihak bisa membantu pemerintah dalam pengembangan sektor pariwisata, karena imbasnya akan dirasakan oleh masyarakat.

Melalui pariwisata, peluang kerja bagi tenaga kerja lokal bisa tercipta. Makanya, kita harus mendukung penuh upaya pemerintah, dalam mengembangkan sektor pariwisata di Sultra, jangan hanya mau menikmati hasil saja,” tambahnya.

Hanya saja, kata dia, beberapa objek wisata yang dikunjungi masih membutuhkan pembenahan, baik dari sisi infrastruktur maupun peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab, hal ini akan menjadi penentu berkembang atau tidaknya sektor pariwisata di daerah. Olehnya itu diperlukan sinergitas yang baik antara pemerintah, swasta dan masyarakat setempat.

“Rata-rata yang kami kunjungi memang masih kurang diperhatikan pemerintah. Ada juga yang dibentuk oleh masyarakat setempat dengan hasil kreativitas, kini tinggal menunggu support pemerintah daerah dari sisi peningkatan infrastruktur pendukung, serta pembinaan terhadap masyarakat lokal, agar lebih siap mengahadapi dan menerima wisatawan yang berkunjung,” bebernya.

Fadhil, yang juga turut dalam perjalanan itu mengungkapkan, bahwa ekspedisi wisata itu merupakan yang pertama tapi bukanlah yang terakhir, karena pihaknya mengagendakan akan kembali mengunjungi destinasi lainnya, yang tersimpan di beberapa daerah dan belum diketahui publik. Hal ini penting untuk dilanjutkan, karena tidak cukup jika hanya pemerintah yang bertindak, anak muda bahkan siapa pun harus tutur terlibat.

Ketgam: Anggota Jurnalis Jalan Jalan berpose bersama salah satu juri rawat Keraton Buton.

“Kami masih akan teru berjalan, menyusuri semua kekayaan alam dan budaya serta sejarah yang tersimpan di Sultra, dan hal ini harus dieksplor lebih jauh lagi,” ujarnya.

Dikatakan pemuda itu, perjalanan yang cukup melelahkan selama sepekan, akhirnya terbayarkan dengan keindahan alam dan kekayaan sejarah serta budaya yang dimiliki sultra. Projek Jurnalis Jalan Jalan dilaksanakan atas swadaya para pewarta yang ikut dalam perjalanan tersebut. Dimasa mendatang, pihaknya berharap Pemda dan pihak swasta bisa mensupport program ini.

“Kita sih berharap projek ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, agar bisa membantu memasarkan pariwisata Sultra,” katanya.

Adapun beberapa objek wisata yang dikunjungi yakni Benteng Keraton Buton di Kota Baubau, Puncak Buton Tengah,Permandian Wakumoro dan Goa pra sejarah Liang Kabori serta Puncak Wakila di Kabupaten Muna.

“Kami tidak bisa mengunjungi semua objek wisata di daerah yang kami lalui, karena terbatas dari sisi anggaran dan waktu,” pungkasnya (Bersambung)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi Mikro

Dorong Gerakan Peduli Pangan Lokal, ISMI Muda Gelar Silabis Bersama Komunitas Sepeda di Kendari

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dan ISMI Muda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengkampanyekan gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan, dengan pemanfaatan bahan lokal.

Dalam rangka mendorong gerakan tersebut, ISMI dan ISMI Muda Sultra bersama beberapa komunitas sepeda menggelar silaturahmi bisnis (Silabis) menyambut HUT RI ke-76, Minggu (15/8/2021), di Cafe Langit, Jalan Martandu nomor 99, Anduonohu. Dimana pemilik cafe tersebut merupakan salah satu pengurus ISMI Sultra, Rachmi Nurma SP (Owner Angkasa Nikmat).

Agenda tersebut diawali dengan bersepada bersama komunitas sepeda di Kendari. Ketua ISMI Sultra, Hugua nampak hadir dalam Silabis menyambut HUT RI itu.

Ketua ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, sebagai organisasi yang menaungi pengusaha muslim, ISMI Muda terus bergerak dalam mendorong eksistensi para pelaku usaha.

Lebih lanjut, alumni SMAN 1 Kendari ini menjelaskan, ISMI Muda terus memikirkan dan berupaya mendorong sinergitas antara pengurus dan masyarakat umum, untuk saling mendapatkan pelatihan upgrade produk sehingga mendapatkan nilai lebih yang dapat bersaing dengan produk lain di pasaran.

“Dan tak kalah pentingnya, anggota (pengurus ISMI Muda) dapat sambil belajar bisnis dengan konsep ekonomi Islam untuk menjalankan bisnisnya, sebagai konsep anti krisis dalam segala kondisi. Apalagi saat ini kita semua menghadapi pandemi Covid-19, dimana konsep ini pastinya membawa dampak positif bagi roda perekonomian masyarakat umum,” ujar pria berkaca mata itu, saat ditemui disela-sela kegiatan Silabis.

Agung Hari Bowo juga mengungkapkan, gerakan peduli pangan lokal asli Indonesia menuju kemerdekaan dan ketahanan pangan dengan pemanfaatan bahan lokal merupakan salah satu program yang menjadi andalan kedepannya. Salah satunya yaitu menciptakan produk unggulan mie asli Kendari yang menyehatkan, dan terbuat dari bahan tepung singkong atau sagu.

Untuk menunjang pemasarannya, kata Agung, pihaknya juga merancang pembuatan galeri produk-produk ISMI yang disertai logo ISMI pada setiap tempat yang menjadi usaha anggota.

Co-Founder PT Vision Idea Synergy Kendari ini berharap, ISMI Muda Sultra dapat membawa pengurusnya untuk amanah. Menurutnya, hancurnya sebuah bisnis berawal dari tidak amanah.

“Maka dari itu, mari kita saling mempererat kekeluargaan dengan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan, agar senantiasa diberikan jalan benar dan diridhai Allah SWT dalam menjalankan roda perekonomian di Sultra,” pungkasnya.

 

Liputan : ikas

Continue Reading

Entrepreneur

Usai Dilantik, ISMI Muda Sultra Fokus Lakukan Hal ini

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id — Pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Muda Orwil Sulawesi Tenggara (Sultra) telah resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan pada rangkaian kegiatan Silabis ke 12 yang digelar di Banda Aceh, pada 15-16 Juni 2021 lalu.

Usai dilantik, kini Orwil ISMI Muda Sultra tengah fokus untuk menindaklanjuti hasil Silabis di Aceh.

Ketua Orwil ISMI Muda Sultra, Agung Hari Bowo mengatakan, Silabis memberikan banyak manfaat dalam pengembangan potensi daerah.

Bahkan, lanjut Agung, melalui agenda silaturahmi tersebut, pihaknya memaparkan potensi bumi anoa di hadapan Ketua Umum DPP ISMI, Ilham Habibie dan pengusaha se-Indonesia yang menghadiri kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Co-Founder PT. Vision Idea Sinergy Kendari ini menyebutkan, adapun yang menjadi fokus organisasi yang dipimpinnya itu saat ini adalah mewujudkan MoU antara Kemenkop dengan ISMI berupa UKM Teknosa.

Kemudian, kata Agung, mewujudkan program one village one industri kerjasama dengan Pemkab dan PemKot masing masing Orwil, membantu koperasi ISMI untuk mendapatkan kemudahan permodalan dari LPDB, membantu para pengurus dan anggota ISMI untuk mendapatkan kemudahan dalam
erizinan usaha dan bantuan dan akses permodalan upgrade produk UKM anggota ISMI.

“Tentu untuk mewujudkan semua program tersebut, kita akan melibatkan departemen departemen terkait yang ada di ISMI Muda Sultra, ” ujar alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, Rabu (30/6/2021).

 

 

Liputan: ikas

Continue Reading

KOMUNITAS

Disaksikan Gubernur, Arsjad Rasjid Serahkan Kendaraan Operasional untuk Kadin Sultra

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Calon Ketua Umum (Caketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid serahkan bantuan kendaraan operasional untuk Kadin Sultra.

Penyerahan kendaraan operasional tersebut dilakukan secara simbolis dan disaksikan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, Senin (10/5/2021) di Rujab Gubernur Sultra.

Dalam penyerahan bantuan itu, Arsjad Rasjid diwakili oleh Ketum Kadin Sultra, Anton Timbang. Kemudian diterima oleh salah satu pengurus Kadin Sultra.

Anton Timbang mengatakan, penyerahan kendaraan operasional itu merupakan bentuk komitmen Arsjad Rasjid dalam mendukung kerja-kerja organisasi Kadin Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Ketum Kadin Sultra, Anton Timbang bersama pengurus Kadin Sultra pose bersama usai penyerahan kendaraan operasional dari Arsjad Rasjid. Foto: Ikas.

Anton Timbang juga menyebutkan, selain kendaraan operasional, Arsjad Rasjid juga menyerahkan puluhan handphone untuk pengurus Kadin kabupaten/kota di bumi anoa.

“Kami (Kadin Sultra) mengucapkan terima kasih atas perhatian dan support Pak Arsjad Rasjid terhadap Kadin Sultra,” ungkap pengusaha kawakan tersebut.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil pleno yang diikuti seluruh pengurus Kadin Sultra, mayoritas pengurus menyatakan dukungan kepada Arsjad Rasjid.

Sehingga, secara kelembagaan, Kadin Sultra memutuskan untuk mendukung Presiden Direktur PT. Indika Energy itu pada pagelaran musyawarah nasional (Munas) Kadin Indonesia, yang akan digelar di Bali, pada 1 sampai 4 Juni 2021 mendatang.

Keputusan pleno tersebut diperkuat dengan deklarasi dukungan kepada Arsjad Rasjid di Hotel Claro Kendari.

Untuk diketahui, Kadin Sultra memiliki tiga hak suara pada Munas Kadin Indonesia

 

 

Liputan: Rustam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.