Connect with us

Investasi

BPJS Ketenagakerjaan Jelaskan Perkembangan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – BPJS Ketenagakerjaan mengungkapkan perkembangan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang merupakan program jaminan sosial baru bagi korban PHK.

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan Pramudya Iriawan Buntoro menuturkan pihaknya tengah mempersiapkan aspek regulasi teknis JKP di level menteri, yang merupakan turunan dari PP Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan JKP.

“Kami sedang melakukan koordinasi regulasi dengan K/L untuk mendapatkan aturan operasional yang lebih teknis lagi pada level aturan menteri,” ujarnya dalam konferensi pers Laporan Keuangan dan Laporan Pengelolaan Program (Audit) BPJS Ketenagakerjaan 2020, Senin (31/5/2021) sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia.com.

Saat ini, aturan teknis yang sudah diselesaikan adalah Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pendaftaran Peserta dan Pelaksanaan Rekomposisi Iuran dalam Program JKP.

Sementara itu, pihaknya tengah mempersiapkan sinergi regulasi dengan Kementerian keuangan. “Saat ini kami sedang koordinasi intensif dengan Kementerian keuangan untuk membahas mengenai aturan Menteri Keuangan sebagai landasan operasional ini, itu dari sisi regulasi,” imbuhnya.

Sejalan dengan itu, BPJS Ketenagakerjaan juga mempersiapkan infrastruktur operasional dari sisi internal, termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP), sistem, maupun regulasi internal. Salah satunya, integrasi data dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Integrasi data dengan BPJS Kesehatan untuk program JKN ini pun masih on progress prosesnya. Harapannya nanti di Juni ini kami bisa sama-sama memastikannya, karena salah satu kriteria yang eligible menerima JKP adalah mengikuti program JKN,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin mengungkapkan ada empat tantangan program JKP. Pertama, meningkatkan jumlah peserta JKP lantaran program anyar ini lahir di tengah tren penurunan kepesertaan akibat pandemi covid-19.

“Tantangannya adalah bagaimana akselerasi jumlah peserta agar banyak orang yang bisa menikmati JKP, karena JKP dilahirkan sebagai satu insentif bagi peserta,” ujarnya.

Kedua, tantangan dari sisi kepatuhan lantaran syarat mendapatkan fasilitas JKP adalah membayar iuran paling sedikit 12 bulan dalam 24 bulan. Mereka juga wajib membayar iuran selama enam bulan berturut-turut sebelum terkena PHK.

Selain itu, untuk pemberi kerja atau perusahaan skala menengah besar wajib mendaftarkan pekerja dalam empat program jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKM). Selain itu, pekerja juga wajib terdaftar sebagai peserta JKN yang yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Sedangkan, pekerja untuk usaha kecil dan mikro wajib diikutsertakan sekurang-kurangnya dalam program JKK, JHT, dan JKM oleh BPJS Ketenagakerjaan serta JKN oleh BPJS Kesehatan.

“Bagi yang patuh nanti otomatis tanpa tambahan iuran, jadi perusahaan akan bayar seperti biasa, tapi oleh pemerintah ditambahkan iuran 0,22 persen dan sebagian iuran JKK dan JKM yang dibayarkan seperti biasanya akan dilakukan rekomposisi iuran,” ujarnya.

Ketiga, integrasi dengan data JKN. Keempat, tantangan hubungan kerja karena sebagian besar pekerja merupakan tenaga kontrak atau outsourcing.

“Itu minimal empat tantangan yang dihadapi JKP, namun kami optimis dengan program baru ini akan men-trigger kepatuhan kepesertaan jaminan sosial, bukan hanya di BPJS Ketenagakerjaan tapi juga JKN, karena yang mau diciptakan JKP ini adalah ekosistem jaminan sosial yang baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, iuran JKP sebesar 0,46 persen dari upah pekerja/buruh per bulan. Total iuran itu bersumber dari iuran pemerintah sebesar 0,22 persen dan rekomposisi iuran sebesar 0,24 persen. Detailnya, rekomposisi iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar 0,14 persen dan rekomposisi iuran Jaminan Kematian (JKM) sebesar 0,10 persen.

Sedangkan, manfaat yang diterima peserta JKP meliputi uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja. Manfaat dalam bentuk uang tunai diberikan sebesar 45 persen dari upah untuk tiga bulan pertama dan 25 persen dari upah untuk tiga bulan berikutnya. Namun, pemerintah membatasi jangka waktu pemberian manfaat uang tunai selama enam bulan.

Laporan : Leesya

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROPERTY

Kerja Keras Berbuah Prestasi Gemilang, PT SDP Dianugerahi Gold Category FIABCI Indonesia-REI Excelent Award 2023

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Kerja keras dan konsisten dalam memberikan yang terbaik bagi customer berbuah prestasi gemilang bagi PT Swarna Dwipa Property (SDP).

Bagaimana tidak, PT SDP terpilih sebagai pengembang rumah subsidi terbaik se-Indonesia pada FIABCI Indonesia–REI Excellence Award tahun ini, di Jakarta, Kamis 14 Desember 2023.

Penghargaan bergengsi yang diraih PT SDP itu adalah yang ketiga kalinya dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut, yakni mulai 2021, 2022 dan 2023.

Setelah meraih Silver Category pada 2021 dan Gold Category serta Platinum Category pada 2022 lalu, perusahaan property yang berkantor pusat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) ini kembali meraih Gold Category pada 2023 ini.

Penghargaan yang diterima PT SDP ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi tinggi perusahaan yang bergerak di bidang properti tersebut, dalam menghadirkan rumah subsidi terbaik untuk masyarakat.

PT Swarna Dwipa Property raih Gold Category pada FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2023. Foto : ist.

Keberhasilan PT SDP meraih penghargaan bergengsi itu juga bentuk pengakuan atas prestasi luar biasa, dalam menciptakan proyek-proyek berkualitas tinggi.

Dalam sambutannya, CEO PT SDP, Roni Sianturi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berkontribusi dalam meraih prestasi itu.

“Penghargaan ini tidak hanya menjadi bukti keunggulan proyek-proyek kami, tetapi juga cermin dari dedikasi dan kerja keras tim yang berusaha memberikan yang terbaik untuk konsumen,” ujar Roni Sianturi.

Lebih lanjut, Roni menjelaskan, pihaknya terus berupaya membuktikan kepada publik sebagai perusahaan terbaik di industri properti dengan komitmen terhadap kualitas, inovasi, dan keberlanjutan.

“Penghargaan ini tidak hanya menjadi pijakan sukses, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri properti di Indonesia,” jelasnya.

Roni Sianturi menambahkan, dengan catatan prestasi yang luar biasa ini, maka PT Swarna Dwipa Property semakin mengukuhkan posisinya sebagai pengembang properti terkemuka, yang mampu menghasilkan proyek-proyek unggulan dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

“Harapan besar tersemat untuk masa depan, dimana inovasi dan kualitas tetap menjadi fokus utama perusahaan ini dalam menghadirkan lingkungan hunian yang berkualitas, dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya.***

Continue Reading

Maskapai

Pemda Mubar Bakal Hidupkan Kembali Mobilitas Penerbangan di Bandara Sugimanuru

Published

on

By

MUBAR : BURSABISNIS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di Bandara Sugimanuru.

Pemerintah setempat bakal kembali mendatangkan pesawat Citilink dengan rute Raha – Makassar dan sebaliknya, juga akan membuka rute baru Raha – Kendari dan sebaliknya.

“Kami berkomitmen akan kembali menghidupkan mobilitas penerbangan di bandara Sugimanuru,” kata Bahri, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat. Jumat, 23 November 2023.

Bupati Bahri akan menyiapkan dana blok shit sebesar Rp1,5 miliyar untuk menunjang operasional penerbangan. Saat ini pihaknya hanya menunggu Surat kesediaan Pemerintah Daerah Kabupaten Muna untuk ikut bersama-sama menyiapkan dana blok shit.

Dimana perusahaan penerbangan Citilink meminta dana blok shit sebesar Rp3 milyar. Untuk menutupi dana yang diminta tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat bakal menyiapkan masing-masing Rp 1,5 Miliyar.

“Kita tinggal tunggu surat kesediaan Pemerintah Kabupaten Muna untuk membantu menyediakan dana blok shit. Masing-masing Rp 1,5 Miliyar,” kata Bahri

“Intinya kami Pemda Mubar sangat berkomitmen agar penerbangan ini bisa kembali beroperasi untuk menghidupkan roda perekonomian,” lanjutnya.

Setelah itu kata Bahri, pihaknya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) serta akan mengeluarkan Surat Edaran dimana seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya dalam melakukan kegiatan diluar daerah harus melalui bandara Sugimanuru.

“Kita akan mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan bandara Sugimanuru. Komitmen dalam melakukan perjalanan dinas, bisnis, wisata dan usaha lainnya dengan mengutamakan transportasi udara,” pungkasnya.

 

Laporan : Hasan Jufri

Publisher : Phoyo

Continue Reading

Investasi

Generasi Muda Memiliki Peran Besar, Perlu Persiapan Keahlian

Published

on

By

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA, Bursabisnis.id – IdeaFest kembali hadir dengan mengundang lebih dari 100 (seratus) pembicara untuk menginspirasi generasi muda.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan turut hadir menjadi pembicara pada hari terakhir IdeaFest yang digelar di Jakarta Convention Center dengan topik bertajuk “Many Responsibilities, One Statesman: Navigating the Changing Waves of Governance.”

Menko Luhut menceritakan lika-liku perjalanan karirnya, kesempatan-kesempatan yang didapatkan, tantangan yang dihadapi, hingga membuka peluang edukasi bagi generasi muda. Indistrialisasi, digitalisasi, interkoneksi, distribusi ekonomi, dan yang paling penting adalah edukasi.

Enam hal tersebut merupakan pilar bagi masa depan Indonesia yang perlu dipahami generasi muda.

Menko Luhut menyampaikan bahwa aspirasi generasi muda sangat dibutuhkan untuk masa depan bangsa.

“Your voice matter. Suara kalian itu sangat penting. Perbaiki negeri untuk generasi muda, untuk anak-anak muda seperti kamu. Kalian itu 53%. Jadi nanti pemilihan umum yang akan datang, kamu yang akan atur negeri ini. Generasi saya itu adalah generasi yang akan selesai, banyak kekonyolan yang generasi saya lakukan, kalian jangan tiru itu. Tiru yang bagus-bagusnya saja. Saya titipkan,” pesan Menko Luhut sebagaimana dilansir dari laman maritim.go.id pada Senin, 2 Oktober 2023.

Menko Luhut menyampaikan bahwa generasi muda memiliki peran besar di Indonesia, perlu adanya persiapan diri dengan keahlian-keahlian yang dibutuhkan di masa depan seperti 6 (enam) pilar yang sudah disebutkan.

Integritas juga merupakan sifat penting yang patut dimiliki generasi muda yang di masa mendatang akan menjadi pemimpin negara.

“Jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Kita harus mencontoh kesederhanaan dari Pak Jokowi. Kita harus belajar kesederhanaan karena sebagai pemimpin harus memberikan contoh,” ujar Menko Luhut.

“Tiap generasi tentu punya masanya sendiri. Saya titip pada kalian. Republik kita ini banyak yang bisa dibuat bagus, tapi generasimu yang akan mainkan peran paling besar. Saya berharap supaya kalian memilih dengan benar, memilih representasi orang-orang di parlemen yang akan datang,” lanjut Menko Luhut.

Besar harapan Menko Luhut pada generasi muda untuk berani menghadapi tantangan, terbuka untuk belajar hal-hal baru untuk memperkaya diri akan ilmu dan potensi yang tidak terbatas.

“Masa depan negeri ini ada di tangan kita semua. Bekerjalah dengan hati, selesaikan studimu dengan bagus, jangan terpengaruh dengan pikiran yang tidak bagus,” tutup Menko Luhut.

 

Penulis : Rustam

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.