Connect with us

Ekonomi Mikro

Grand Opening Wisata Kuliner KUMKM di Kawasan PLUT

Published

on

Asisten I Setda Provinsi Sultra, Sarifuddin Safaa meresmikan Kawasan Wisata Kuliner KUMKM di Kota Kendari

KENDARI, Bursabisnis.id – Pusat Kuliner Kendari yang berada di kawasan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM), dibangun tanpa menggunakan alokasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sultra.

” Meski tak menggunakan APBD, tapi kami berkeyakinan kawasan wisata kuliner ini mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah untuk Sultra,” kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sultra, Hery Alamsyah, saat memberikan sambutan di hadapan undangan grand opening pusat kuliner Kendari, Senin (9/9/2019) malam di kawasan PLUT KUMKM.

Kawasan wisata kuliner ini dibangun Bank Sultra kerjasama dengan pengusaha kuliner di atas lahan PLUT milik Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sultra.

“Dinas Koperasi memberikan ruang sekaligus memfasilitasi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Harapan pemerintah, setelah usaha berjalan dengan baik, dapat berkontribusi terhadap PAD, ” harap Hery yang disambut applause hadirin.

Hery mengungkapkan, dari 34 provinsi di Indonesia, hanya ada 17 provinsi yang mendapat program PLUT KUMKM. Sultra, masuk dalam 17 provinsi dimaksud. Untuk kabupaten, baru Wakatobi yang masuk dalam program PLUT KUMKM. “Karena tidak semua provinsi dan kabupaten masuk program PLUT KUMKM, saya berharap agar seluruh fasilitas yang sudah ada dirawat dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Sultra, La Ode Muhammad Mustika, mengatakan kehadiran pusat kuliner di tengah Kota Kendari, dapat membuka lapangan pekerjaan baru sehingga angka pengangguran di Sultra dapat berkurang.

“Bank Sultra hadir untuk berkontribusi terhadap pembangunan di daerah. Seperti halnya kehadiran kami di pusat kuliner Kendari, dalam rangka memfasilitasi pelaku usaha kuliner melalui bantuan dana kemitraan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, fisik bangunan kawasan wisata kuliner yang berada tepat di bagian belakang gedung PLUT KUMKM dibangun atas pembiayaan Bank Sultra. Area bangunan ini mampu menampung 300 orang, dengan 30 tenan kuliner.

Para pelaku kuliner di pusat kuliner ini, menyewa kepada pihak ketiga dalam hal ini PT Satu Tiga Lima Sejahtera yang telah menandatangani kontrak kerjasama dengan Pemda. Pihak ketiga ini selanjutnya berkontribusi PAD kepada Pemda Sultra.

Lain lagi dikemukakan Asisten I Setda Provinsi Sultra, Sarifuddin Safaa saat membuka secara resmi pusat kuliner KUMKM Kendari. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sultra senantiasa memfasilitasi bagi pelaku UMKM.

“Kawasan kuliner ini sangat baik dan nyaman untuk dikunjungi. Saya harapkan agar pelaku usaha kuliner, pengunjung dan pihak pengelola menjaga kawasan ini dengan baik dan tertib. Jaga selalu kebersihan, sebab ini bagian dari icon kota, ” ujarnya.

Grand opening kuliner KUMKM ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan sejumlah pejabat Pemprov Sultra, Bank Sultra dan pihak sponsor.

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi Mikro

Ekspor Plywood Ke AS Mengalami Kenaikan

Published

on

By

SAMARINDA, bursabisnis.id – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Samarinda kembali memfasilitasi ekspor plywood asal Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak 77,952 meter kubik dengan nilai ekonomis Rp. 752,4 juta dengan tujuan negara Amerika Serikat.

“Dukungan pemerintah daerah dan kerjasama petani dan pelaku usaha yang sinergis, sehingga produk berkualitas dan pasar dapat terus berkelanjutan, ” ungkap Agus Sugiyono, Kepala Karantina Pertanian Samarinda saat menyerahkan surat kesehatan tumbuhan atau phytosanitary certificate (PC) kepada PT. KARP sebagaimana dilansir di situs pertanian.go.id.

Menurut Agus dalam kondisi ekonomi yang melemah akibat wabah pandemi global, Plywood tetap rutin diekspor ke Amerika Serikat, karena permintaan negara tersebut akan produk olahan asal sub sektor kehutanan ini tidak pernah surut malahan meningkat.

Fasilitasi ekspor berupa jaminan keamanan dan kesehatan sesuai standar internasional ini merupakan persyaratan negara tujuan ekspor. Serangkaian tindakan karantina berupa perlakukan fumigasi guna memastikan kayu maupun produk olahan kayu tersebut sehat, aman dan diterima negara tujuan.

Agus juga menyampaikan, data ekspor Plywood yang difasilitasi pihaknya ke USA selama kuartal pertama tahun 2020 sebanyak 596,56 meter kubik dengan nilai ekonomis Rp 5,56 miliar. Hal ini  meningkat sebanyak 8 % dibanding periode sama tahun 2019 yang hanya berhasil mencatat sebanyak 550,48 ton dengan perolehan nilai ekonomi Rp. 5,13 miliar.

Sementara untuk tujuan ekspor Cina, India, Philipina, Singapura dan Thailand pada periode masa pandemi atau Januari hingga April 2020’sebanyak 4.914,62 meter kubik atau setara dengan nilai ekonomi Rp 49,89 milyar.

Penguatan Sistem Perkarantinaan

Dari tempat terpisah Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil, menjelaskan selain menjalankan perannya sebagai fasilitator pertanian di perdagangan internasional, pihaknya juga memfasilitasi ekspor produk dari sektor kehutanan dan perikanan.

Hal ini tentunya disesuaikan dengan persyaratan negara tujuan. “selain kayu asal kehutanan, ada madu, juga rumput laut asal sektor perikanan juga kami fasilitasi,” tuturnya.

Untuk itu, kelengkapan sarana, prasarana serta SDM yang menunjang telah disiapkan.”Laborarorium uji yang terakreditasi dan SDM pejabat karantina pertanian dengan penguasaan teknis yang mumpuni menjadi ujung tombak layanan perkarantinaan,” jelas Jamil.

Selain itu, penguatan kesisteman lain yang disiapkan adalah digitalisasi layanan, penguatan fungsi pengawasan dan penindakan serta peningkatan kerjasama dalam sinkronisasi aturan dan protokol ekspor dengan negara tujuan baru.

“Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) yakni untuk melakukan pengawasan dan pengendalian keamanan dan mutu pangan juga pakan asal produk pertanian sekaligus mendorong peningkatan ekspornya,” tutup Jamil.

Laporan : Rustam

 

Continue Reading

OTOMOTIF

Astra Motor Gelar Promo Potongan Harga

Published

on

By

MAKASSAR, bursabisnis.id  – Astra Motor Makassar selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah SulselBarTra dan Ambon gelar Promo untuk konsumen yang ingin membeli skutik (skuter matik) Honda Scoopy, Genio, BeAT dan Vario 125. Promo dari Astra Motor Makassar ini akan dikemas dalam tema Promo Lebaran Lebih Mudah  Lebih Hemat, beli sepeda motor Honda bisa dari rumah serta mendapatkan promo potongan jutaan rupiah untuk periode 1 sampai  31 Mei 2020.

Promo Lebaran berlaku khusus untuk konsumen yang hendak melakukan pembelian sepeda motor Honda di wilayah Sultra dan Ambon. Manager Marketing Astra  Motor Makassar untuk wilayah Sultra dan Ambon Adrian Arlim,  mengatakan promo ini adalah bentuk apresiasi kami untuk pencinta Sepeda Motor Honda di Sultra dan Ambon, Astra Motor Makassar memberikan kesempatan bagi konsumen yang  hendak membeli Sepeda Motor Honda dengan berbagai promo menarik yaitu potongan hingga jutaan rupiah untuk pembelian Honda Scoopy, Genio, BeAT dan Vario 125.

“Selain memberikan berbagai promo menarik, masyarakat yang ingin memiliki Sepeda Motor Honda gausah takut ribet, karena bisa dilakukan dari rumah. Cukup dengan layanan aplikasi MotorkuX yang bisa di download di handphone, sudah bisa melakukan pembelian motor dan sparepart. Melalui promo ini, beli motor Honda jadi #LebihMudah#LebihHemat. Tinggal   4   hari   lagi   sebelum   periode   promo   ini    berakhir, jadi ayo serbu promonya jangan sampai ketinggalan, “ ujarnya.

Bagi konsumen yang hendak membeli sepeda motor Honda bisa menggunakan aplikasi motorkuX yang dapat diunduh melalui Playstore/Appstore di handphone konsumen. MotorkuX mempunyai fitur-fitur yang tentunya memberikan manfaat dan keuntungan bagi konsumen Sepeda Motor Honda sepeti membeli sepeda motor Honda serta Booking Service menjadi salah satu fitur yang dapat digunakan melalui aplikasi MotorkuX.

 

Tidak hanya itu, melalui aplikasi MotorkuX konsumen  akan mudah mendapatkan informasi produk dan program promo , konsumen juga akan mudah melakukan transaksi dengan mendapatkan informasi form-form pengajuan pembelian sepeda motor dan syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam pembelian motor.

Dalam aplikasi ini, terdapat games seru petualang motor (time trial) dan Trivia quiz. Program lainnya, pengumpulan poin dari service booking. Serta, dari games yang dimainkan lalu poin yang terkumpul, dapat ditukarkan dengan voucher belanja, makanan, hingga voucher hiburan.

 

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading

Entrepreneur

Pelaku UMKM Terdampak Covid Bisa Konsultasi Hukum Secara Online

Published

on

By

JAKARTA, bursabisnis.id – Kementerian  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) bekerja sama dengan Hukumonline Group menyediakan layanan konsultasi hukum gratis, bagi pelaku koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) yang usahanya terdampak pandemi Covid-19, melalui platform digital yang disediakan oleh Justika.com.

Penandatanganan kerja sama Kemenkop dan UKM  dengan Hukum Online dan Justika.com melalui video conference di Jakarta pertengahan Mei 2020. Informasi ini dikutip dari situs berita depkop.go.id.

Saat penandatanganan, Menkop dan UKM, Teten Masduki  menjelaskan, akibat pandemi Covid-19, banyak koperasi dan pelaku UMKM yang usahanya mengalami kesulitan ekonomi dan berpotensi terjerat masalah hukum dengan pihak ketiga.

Oleh karena itu, pihak Kemenkop dan UKM bermaksud untuk memfasilitasi koperasi dan pelaku UMKM dengan layanan konsultasi hukum gratis yang akan disediakan oleh Hukum Online dan Justika.com.

“Pada situasi pandemi Covid-19 ini, UMKM dan koperasi sebagai penyokong ekonomi nasional juga terdampak. Masalah yang dihadapi bisa merembet ke masalah hukum, mulai dari kredit macet, pegawai yang dirumahkan, pembatalan kontrak, yang dampaknya juga dapat berpengaruh pada kehidupan keluarga pelaku usaha,” kata Teten.

Teten mengatakan bahwa kementeriannya telah sepakat bekerja sama dengan Hukumonline dan Justika untuk melindungi koperasi dan UKM dalam bidang hukum.

“Kami tidak mengeluarkan anggaran sama sekali untuk kerja sama ini. Terima kasih kepada Hukumonline dan Justika yang telah bersedia membantu koperasi dan UKM untuk layanan hukum,” katanya.

Laporan : Rustam Dj

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.