Connect with us

Ekonomi Mikro

Jelang Idul Adha, Pasar Sapi Potong Masih Lesu

Published

on

JAKARTA, bursabisnis.id – Pasar sapi potong pada Iduladha kali ini diperkirakan tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya. Pelaku usaha harus menghadapi margin yang makin mengecil di tengah melemahnya permintaan hewan kurban.

Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Nanang Purus Subendro mengatakan penurunan permintaan bisa lebih besar dari 10 persen seperti yang diramal pemerintah.

Hal ini setidaknya terlihat dari stok di pedagang yang masih cukup besar meski perayaan Iduladha makin dekat. “Saat injury time ini kami harap-harap cemas. Di kota-kota besar saya mendapat laporan pasokan masih besar meski stok sudah dikurangi. Dari yang awalnya 300 ekor sapi, kini dikurangi jadi 200 ekor, tetapi masih ada yang separuhnya belum terjual,” kata Nanang, Jumat (16/7/2021) sebagaimana dilansir dari laman Bisnis.com.

Nanang mengatakan hal ini tidak terlepas dari melemahnya daya beli masyarakat dan terhambatnya mobilitas selama PPKM Darurat. Omzet penjualan hewan kurban diperkirakan bisa terkoreksi sampai 60 persen sebagai imbas dari permintaan yang turun serta margin keuntungan yang berkurang.

Nanang mengatakan harga sapi lokal cenderung bergerak naik sejak akhir tahun lalu sebagai imbas dari tingginya harga sapi eks-impor. Dia mengatakan harga tinggi sapi bakalan asal Australia membuat pelaku usaha enggan mendatangkan hewan ternak tersebut untuk digemukkan.

Akibatnya, permintaan sapi lokal meningkat dan berpengaruh pada populasi. Pada akhir 2020, harga sapi lokal masih berada di kisaran Rp43.000 sampai Rp45.000 per kilogram hidup. Kini harga telah menyentuh Rp47.000 sampai Rp50.000 per kilogram hidup.

Nanang mengatakan harga pakan dan biaya operasional yang tinggi turut memengaruhi harga akhir sapi potong. “Harga sudah tinggi karena naiknya biaya pakan dan operasional ditambah dengan permintaan yang lemah membuat kami akhirnya mempersempit margin keuntungan,” kata dia.

Terpisah, Direktur Eksekutif Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong (Gapuspindo) Joni P. Liano mengemukakan beberapa perusahaan anggota asosiasi menyediakan sapi kurban yang berasal dari sapi bakalan eks-impor. Berbeda dengan sapi lokal, sapi eks-impor untuk kurban hanya diperkenankan dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH).

“Namun permintaan sendiri memang lebih banyak sapi lokal. Di feedloter 20 sampai 30 persen sapi yang digemukkan adalah sapi lokal. Karena persyaratan sapi eks-impor harus dipotong di RPH, konsumen kurang berkenan meski hewannya laik. Banyak yang merasa afdal jika dipotong di lokasi kurban,” ujar Joni.

Dia mengatakan harga sapi bakalan Australia masih stabil tinggi dan belum memperlihatkan penurunan. Joni menjelaskan harga sapi bakalan saat tiba di Indonesia masih berada di kisaran Rp56.000 sampai Rp57.000 per kg hidup saat tiba di Indonesia.

Sementara harga final sapi setelah digemukkan menjadi Rp50.000 sampai Rp53.000 per kg hidup. “Stok di Australia masih sangat terbatas dan permintaan dari negara lain seperti Vietnam dan China relatif meningkat. Karena itu kami harap pemerintah segera membuka izin impor dari Brasil sebagai alternatif agar usaha penggemukan bisa berlanjut,” katanya.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), impor sapi bakalan jantan dengan kode HS 01022919 mengalami kenaikan dari US $134,58 juta pada periode Januari–Mei 2020 menjadi US$165,72 juta. Meski secara nilai naik, terdapat penurunan volume impor, dari 49.206 ton pada Januari–Mei 2020 menjadi 44.576 ton pada 2021.

Laporan : Leesya

Continue Reading
Advertisement

UKM

Pelaku UMKM Sukses Gelar Event Semarak Wisata Kuliner Segitiga Tapak Kuda

Published

on

By

Kawasan kuliner Segitiga Tapak Kuda Kota Kendari.-foto:ist-

KENDARI, Bursabisnis.id – Pelaku UMKM kota Kendari sukses menggelar event Semarak Wisata Kuliner Segitiga Tapak Kuda selama 2 hari di bilangan By Pass.

Ratusan pengunjung datang menikmati beragam produk kuliner yang jajakan 20 tenan UMKM sejak Jumat sore hingga Sabtu malam (21-22 Juni 2024).

Selama event kuliner digelar, pengunjung di hibur dengan 5 band indie lokal asal Kota Kendari.
Tak hanya itu, panitia juga menampilkan artis bukota Yoda Indonesian Idol.

Salah satu panitia penyelenggara Fadly Azis, mengaku gembira atas terselenggarannya event ini.

“Alhamdulillah event ini dapat menarik minat ratusan pengunjung untuk berkunjung di kawasan wisata kuliner Tapak Kuda,” ujarnya.

Menurut Fadly, event ini mengangkat isu keberlanjutan melalui produk-produk UMKM lokal yang berkualitas dengan konsep outdoor yang instagramable, dengan menyajikan beragam pilihan kuliner, doorprize, photo booth, merchandise, talent competition, dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Fadly juga mengungkapkan, artis bintang tamu Yoda Indonesian Idol berhasil memanjakan penonton yang hadir, dengan penampilan memukau bersama band-band indie lokal ternama seperti Geol Rock Band, Therapy Band, Rail Road Clash Band, Noktah Band, After Death Band.

Sementara itu, Ketua panitia event Semarak Wisata Kuliner Segitiga Tapak Kuda, Abang Danang mengatakan, kawasan kuliner segitiga Tapak Kuda merupakan tempat yang strategis dengan suasana outdoor, nyaman untuk bersantai bersama teman maupun keluarga.

“Kami optimistis ke depan akan semakin banyak event sejenis akan hadir disini,” kata Abang Danang.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam kesuksesan kegiatan ini, termasuk media partner Tribunnews.com, Zonasultra com, Sultratop.com, Kendariaktual.com, Bursabisnis.id dan Sultra 24 jam, Claro Kendari, Zahra Syahriah Kendari, Anoa Production, Segitiga Management, Surya Nation Kendari, Xi Xie Kosmetik, dan LT men yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa. Keberhasilan event-event ini tidak akan terwujud tanpa kontribusi dan dukungan dari semua pihak yang terlibat,” tutup Abang Dananto.

Penulis : Icha
Editor : Tam

 

Continue Reading

UKM

Indonesia dan Rumania Sepakat Kerjasama Berbasis UMKM

Published

on

By

Salah satu jenis produk kerajinan UMKM yang banyak diminati pasar internasional. -foto:ist-

JAKARTA, Bursabisnis.id – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel didampingi oleh Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ratih Megasari Singkarru menerima kunjungan delegasi Republik Rumania, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta .

Dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia memandang Rumania sebagai pasar potensial untuk produk Indonesia, karena negara ini diberkati dengan populasi lebih dari 19 juta orang, posisinya yang strategis di dekat Laut Hitam (Marea Neagra), serta pertumbuhan ekonominya yang positif dalam beberapa tahun terakhir.

Rachmat Gobe mengungkapkan, Pelabuhan Constanta yang terletak di dekat Laut Hitam dapat menjadi pintu masuk yang strategis bagi produk-produk Indonesia.

Berkaitan itu, kedua negara sepakat untuk menandatangani Nota Kesepemahaman (MoU) Kerja Sama Sister Ports antara Indonesian Port Cooperation (IPC) II dan NC MPA SA Constanta Port pada Februari 2020.

Atas dasar itu Indonesia dan Rumania akan tingkatkan kerjasama ekonomi berbasis UMKM. “Kedua negara dapat mendorong kerjasama ekonomi berbasis UMKM. Salah satu program Indonesia adalah pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang bertumpu pada ekonomi kreatif berbasis UMKM, diharapkan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Rumania dapat memperkuat juga Kerjasama ekonomi berbasis UMKM,” papar Gobel sebagaimana dilansir dari laman dpr.go.id pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dia menjelaskan, penguatan ekonomi keluarga menjadi bagian dari upaya Indonesia untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem, karena Menurut Politisi Fraksi Partai NasDem ini, pada saat berbicara tentang kemiskinan ekstrem, maka sasarannya adalah keluarga atau rumah tangga miskin.

Indonesia dan Rumania memiliki kerja sama ekonomi yang baik, yaitu dalam bidang perdagangan, karena kedua negara menunjukkan surplus bagi Indonesia. Bagi Indonesia, Rumania merupakan pasar yang sangat potensial dan terletak pada posisi yang strategis dan hubungan perdagangan kedua negara stabil.

Di bidang penanaman modal, data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam lima tahun terakhir, dari tahun 2017 hingga tahun 2022, menunjukkan peningkatan investasi Rumania di Indonesia yang cukup signifikan. Sementara sektor jasa menjadi sektor utama yang banyak mendapatkan investasi dari Rumania, diikuti oleh investasi di bidang industri makanan, pemukiman, kawasan industri dan perkantoran.

Ada pun delegasi Republik Rumania, yang hadir pada pertemuan ini adalah Chair of the Romania – Indonesia Parliamentary Friendship Group Stefan Musoiu; Member of Romania – Indonesia Parliamentary Friendship Group Christine Thellmann; Member of the Commission for Foreign Policy Ben-Oni Ardelean; Duta Besar Rumania untuk RI, Dan Adrian Balanescu.

Sumber : dpr.go.id
Penulis : Icha
Editor : Tam

Continue Reading

UKM

Sebanyak 20 Tenan UMKM Kuliner akan Meriahkan Event Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024

Published

on

By

KENDARI, Bursabisnis.id – Diperkirakan 20 tenan pelaku UMKM kuliner di Kota akan menggelar event Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 selama 2 hari.

Selama event inj berlangsung mulai tanggal 21 sampai 22 Juni 2024, pengunjung akan dihiburdengan artis ibukota dan band-band lokal asal Kendari.

Hal ini disampaikan panitia penyelenggara Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024, Fadly Azis pada Rabu,19 Juni 2024.

“Dalam rangka meramaikan Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 yang digelar selama 2 hari ini, selain dihibur artis ibukota, tentunya juga menghadirkan para pelaku UMKM kuliner segitiga tapak kuda yang berjumlah sekitar 20 tenant dengan menu-menu yang beragam lezat dan pastinya dengan harga terjangkau,” ujar Fadly.

Fadly membeberkan, pertunjukan musik artis ibukota yang bakal menghibur di Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024 ini adalah salah satu jebolan pencarian bakat ternama Yoda, Indonesian Idol yang juga saat ini sebagai vokalis band fenomenal ternama Stinky.

Dan tak ketinggalan band-band lokal juga talent yang akan turut menghibur dan memeriahkan seperti Geol Rock, Theraphy Band dan Master Ceremony (MC) Princess Piranha yang tentunya bakalan menghidupkan suasana dengan gaya karakter nya yang khas.

Selaku panitia penyelenggara Fadly Azis mengajak masyarakat Kendari maupun dari luar Kendari untuk datang dan menyaksikan kemeriahan acara yang bertajuk “Semarak Kuliner Segitiga Tapak Kuda 2024” yang dibuka pada Jumat Sore pukul 16.00 WITA hingga selesai.

Mengusung konsep kuliner outdoor city yang nyaman untuk bersantai bersama teman atau keluarga.

“Untuk warga Kendari, silahkan datang saksikan kemeriahannya karena bakal ada kejutan dan menangkan hadiahnya di venue karena bakalan seru dengan berbagai games diantaranya seperti kuis, dan lain-lain,” pungkas Fadly Azis.

Penulis : Icha

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.