Connect with us

Ekonomi Mikro

Kolaborasi BI, OJK dan Bank Sultra Dorong UMKM Go Digital dan Go Export Melalui Expo 2022

Published

on

KENDARI, bursabisnis.id – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Bank Sultra dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkolaborasi mendorong usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) tumbuh berkembang melalui pemanfaatan sarana teknologi secara online (Go digital) dan menembus pasar ekspor (Go Export) melalui UMKM Sultra Expo 2022.

Agenda yang mengusung tema ‘UMKM Sultra Unggul: Go Digital, Go Export’ ini akan digelar di Lapangan eks MTQ Kendari, pada 20 hingga 23 Juli 2022.

Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, pihaknya menyediakan 44 booth untuk diisi para pelaku UMKM di bumi anoa.

Selain itu, kata dia, berbagai kegiatan juga akan memeriahkan expo tersebut, diantaranya talkshow bertajuk generasi milenial penggerak UMKM, yang dilaksanakan secara hybrid, offline dan online.

Ditambahkannya, rangkaian kegiatan lainnya yakni fashion show tenun Sultra, kunjungan ke booth UMKM dan QRIS experience.

“Akan ada sekitar 44 booth UMKM yang ada di expo nanti,” ujar Doni Septadijaya, Selasa 19 Juli 2022.

Di tempat yang sama, Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan OJK untuk memeriahkan UMKM Sultra Expo 2022.

Arjaya Dwi Raya menyebutkan, adapun kegiatan yang dimakud diantaranya memfasilitasi Kemenkumham tentang edukasi perseroan untuk UMKM pada 21 Juli 2022.

Kemudian, lanjutnya, OJK juga akan memberikan edukasi terkait tips pecegahan pinjaman online (Pinjol) ilegal.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latief mengatakan, pihaknya juga akan melakukan launching Bank Sultra Mobile dan kartu debit Bank Sultra pada UMKM Sultra Expo tersebut.

“Expo ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan Rossa dan Waode Heni pada launching Bank Sultra Mobile. Ini sebagai bentuk keseriusan kami,” ucapnya.


Liputan : Ikas

Ekonomi Mikro

WKPT Sultra Kunjungi Rumah BUMN PLN Muna, Desain Olahan Kayu Jati Jadi Perhatian

Published

on

By

MUNA, BursaBisnis.id – Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (WKPT) Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs. Arifin, SH. M.Hum bersama rombongan mengunjungi Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN Muna, Rabu 27 Juli 2022.

Dalam kunjungannya itu, salah satu desain produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kerajinan tangan olahan kayu jati berupa vas bunga menjadi perhatian.

Sebaiknya kata dia, Rumah BUMN binaan UIW PLN Sulselrabar segera mendaftarkan produk tersebut ke Direktor Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI) Kementrian Hukum dan Hak asasi manusia agar mendapatkan hak ciptanya.

“Ini kan belum didaftar saya sarankan agar segera di daftarkan ke Ditjen KI agar desain display nya ini tidak diambil oleh orang lain,”jelasnya

“Adanya Rumah BUMN di Kota Raha sangat kita suport karena dengan adanya ini dapat meningkatkan kreatifitas seseorang. Ini bagian dari industri,”tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Sitti Muzdalifah menjelaskan adanya Rumah BUMN bisa menghimpun pelaku UMKM di Kabupaten Muna untuk selalu bersinergi dengan semua pihak.

Terkait kehadiran WKPT bersama rombongan dirumah BUMN menurutnya, sesuatu yang luar biasa memberikan output, suport yang nantinya akan mengikut sertakan salah satu produk unggulan BUMN olahan kayu jati di event yang akan digalar di Kota Kendari. Semoga produk tersebut nantinya bisa didaftarkan di Ditjen KI Kemenkumham RI.

Saat ini lanjutnya, jumlah produk unggulan olahan UMKM di Kabupaten Muna sebanyak 56 dan sudah teregister.

“Alhamdulillah kalau untuk Izin PIRT dan NIB sudah ada semua tapi untuk produk yang terlabeli halal baru sebagian,”tandasnya

Laporan : Phoyo

Continue Reading

KOMODITI

Best Farmer Indonesia Ekspor Jagung 50 Ton ke Singapura

Published

on

By

Best Farmer Indonesia mengekspor komoditi jagung ke Singapura

KENDARI, bursabisnis.id – Setelah sukses mengekspor komoditi mente ke Tiongkok, kini CV Best Farmer Indonesia yang dipimpin  Steven Stenly kembali mengekspor jagung.

Kali ini tujuan ekspor ke Negara Singapura pada Kamis, 21 Juli 2022.

Perusahaan yang berada di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara itu mengirim dua kontainer jagung dengan berat total kurang lebih 50 ton.

“Hari ini kami melakukan pengiriman jagung sebanyak dua kontainer dengan berat masing-masing sebesar 24,2 ton,” ujar Steven.

Steven merincin nilai dari dua kontainer jagung yang dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini mencapai Rp400 juta.

“Nilai dalam rupiah itu kurang lebih Rp200 jutaan per kontainernya. Ke depannya akan ada sekitar sepuluh kontainer yang akan dikirim lagi ke luar negeri,” bebernya.

Dalam menjalankan roda bisnisnya, CV Best Farmer Indonesia bekerja sama dengan CV Sengkang Duta Comoditi selaku suplayer.

“Jadi memang kami bersama Pak Kama, selaku suplayer yang membantu saya selama ini untuk suplai. Jika yang sebelumnya kacang mete, yang kali ini adalah jagung. Nanti beberapa kontainer kita akan suplai ke Surabaya. Ke depannya, kami akan melakukan ekspor ke Singapura,” imbuhnya.

Dalam perdagangan ini, CV Best Farmer Indonesia bekerja sama dengan Kadin Sultra karena perusahaan ini berada di bawah naungan Kadin Sultra yang dipimpin oleh Anton Timbang.

Laporan : Leesya 

Continue Reading

Ekonomi Mikro

Resmi Dibuka, UMKM Sultra Expo 2022 Libatkan 66 Pelaku Usaha

Published

on

By

KENDARI, bursabisnis.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi resmi membuka UMKm Sultra Expo 2022, di pelataran eks MTQ Kendari, Kamis 21 Juli 2022.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sultra, Doni Septadijaya menyebutkan, expo ini diikuti 66 pelaku UMKM yang terdiri dari kriya, fashion dan makanan.

Lebih lanjut, Doni Septadijaya mengatakan,  melalui kegiatan tersebut diharapkan UMKM Sultra bisa naik kelas.

“Dalam artian bukan hanya melakukan usaha, tetapi juga meningkatkan level. Seperti yang belum digital menjadi go digital agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” katanya.

Menurut Doni Septadijaya, apabila kualitasnya sudah mencapai standar yang baik, maka pihaknya bisa mendorong para pelaku UMKM tersebut menjadi komunitas unggulan ekspor Sultra.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan, UMKM Sultra Expo merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, BI, OJK dan Bank Sultra dalam rangka pengembangan UMKM bumi anoa, sesua dengan tema yang diusung yakni “UMIM Sultra Unggul, Go Digital  Go Expo”.

Olehnya itu,  Ali Mazi menyampaikan apresiasi atas kerja keras panitia, BI, OJK dan Bank Sultra sehingga expo tersebut terselenggara.

“Selaras yang disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, bahwa pengembangan UMKM perlu kita dorong bersama sebagai sumber penggerak pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi XI DPR RI, Bahtra Banong mengajak seluruh pihak terus mendorong pertumbuhan UMKM lokal, sehingga bisa menembus pasar nasional hingga dunia.

Menurutnya, membeli produk lokal merupakan bentuk dukungan terhadap tumbuh kembangnya UMKM.

“Selain itu, pemerintah juga harus bisa melahirkan kebijakan yang arahnya untuk membantu pelaku UMKM kita terus eksis dan berdaya saing,” ujarnya.


Liputan : Ikas

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 PT. Tenggara Media Perkasa - Bursabisnis.ID Developer by Green Tech Studio.